sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Fakta-fakta Menarik Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Oleh karena itu, terdapat banyak fakta menarik mengenai bahasa Inggris yang dapat diketahui saat ini. Bukan hanya situasinya saat ini, namun juga fakta-fakta bahasa Inggris yang telah ada sejak lama. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sejumlah fakta-fakta menarik bahasa Inggris yang dapat membuat Anda semakin bersemangat mempelajari bahasa Inggris.

1. Sang penulis Shakespeare menambahkan lebih dari 1000 kata ke dalam bahasa Inggris

Melalui tulisannya, sang penulis telah menciptakan lebih dari 1000 kata ke dalam bahasa Inggris yang bahkan hingga saat ini masih digunakan oleh para penutur bahasa Inggris asli dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa kosakata yang telah diciptakan olehnya dan masih digunakan hingga saat ini termasuk:

  • Addiction (Kecanduan) yang memiliki arti secara psikologis atau secara fisik bergantung pada suatu hal, biasanya ketergantungan pada narkoba.
  • Bedazzled (Terpesona) yang memiliki arti terbutakan oleh sesuatu yang sangat luar biasa.
  • Cold-blooded (Berdarah dingin) yang memiliki dua arti, bisa untuk seekor binatang dengan darah dingin (seperti reptil) atau cara untuk mendeskripsikan seseorang yang keji dan tidak memiliki emosi.
  • Swagger (Kesombongan) yang memiliki arti berjalan dengan gaya yang menunjukkan bahwa Anda sombong atau tidak hormat.
  • Break the ice (Memulai percakapan) yang memiliki arti mengurangi ketegangan atau kesunyian dalam sebuah percakapan dengan cara memulai obrolan.

2. Sebagian besar bahasa Inggris berasal dari bahasa Prancis atau Inggris Kuno

Setelah dilakukan penaklukan oleh Norman pada tahun 1066, bahasa Prancis menjadi bahasa yang digunakan oleh para bangsawan di Inggris. Sementara itu, orang-orang biasa dan kelas bawah terus menggunakan bahasa Inggris Kuno yang sebagian besar terbuat dari kosakata Jerman.

3. Bahasa Inggris bukan bahasa resmi Amerika Serikat

Secara teknis, Amerika Serikat tidak memiliki bahasa resmi pada tingkat federal, akan tetapi beberapa negara bagian telah menyatakan bahwa Inggris adalah bahasa resmi mereka. Meskipun bahasa Inggris adalah bahasa yang paling sering digunakan di Amerika Serikat, bahasa ini bukanlah satu-satunya bahasa yang digunakan di sana. Amerika terdiri dari orang-orang dengan latar belakang yang sangat beragam dan berbicara menggunakan begitu banyak bahasa yang luar biasa.

4. Bahasa Inggris sempat memiliki tata bahasa berjenis kelamin

Bukan hanya bahasa Prancis dan Jerman saja yang ternyata memiliki tata bahasa berjenis kelamin, Inggris juga dulunya memiliki peraturan tersebut, namun sekarang tidak lagi. Buku berjudul Gender Shifts in the History of English (Pergeseran Jenis Kelamin dalam Sejarah Bahasa Inggris) menjelaskan bagaimana bahasa Inggris kehilangan peraturan jenis kelamin dalam tata bahasanya seiring waktu berjalan.

5. Bahasa Inggris menggunakan abjad Latin

Abjad latin pada awalnya datang dari abjad Etruscan. Kebetulan ini merupakan abjad yang paling sering digunakan di seluruh dunia dan membuatnya menjadi sangat membantu bagi begitu banyak pelajar bahasa Inggris.

6. Kerajaan Inggris dan iPhone menjadi alasan terbesar tersebarnya bahasa Inggris

Kerajaan Inggris paling berjaya pada periode di antara akhir abad ke-15 hingga ke-17 dan pada tahun 1960-an. Melalui kerajaan yang sangat besar ini, bahasa Inggris juga menjadi tersebar secara global. Selain itu, begitu banyak kemajuan teknologi dan sains telah datang dari negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris, seperti contohnya iPhone.

7. Bahasa Inggris dulunya memiliki 29 huruf

Ternyata bahasa Inggris menjadi semakin kecil seiring waktu berjalan. Sebelumnya bahasa Inggris memiliki 29 huruf di dalam abjadnya, namun sekarang hanya memiliki 26 huruf saja.

8. Bahasa Inggris adalah bahasa resmi penerbangan

Artinya adalah bahasa Inggris merupakan bahasa resmi yang digunakan dalam maskapai penerbangan di seluruh dunia.

9. Ejaan Bahasa Inggris dibuat rumit oleh William Caxton

William Caxton adalah seorang Inggris yang terkenal memulai percetakan pers. Dia mempekerjakan para pekerja Flemish yang mengeja beberapa kosakata sesuai dengan sebagaimana mereka selama ini mengejanya. Sehingga terdapat beberapa ejaan bahasa Inggris yang rumit dan berbeda dari kaidah biasanya.

10. Beberapa kosakata unik dalam Bahasa Inggris

Sebagai bahasa yang paling berkembang dan sering digunakan di seluruh dunia, bahasa Inggris terus menambahkan kosakatanya dari tahun ke tahun. Mungkin ada beberapa hal yang selama ini sulit untuk dijadikan kata-kata, namun ternyata bahasa Inggris dapat mengartikannya. Berikut ini adalah beberapa kosakata yang paling unik dalam bahasa Inggris.

  • Cute aggression (agresi imut) merupakan istilah ketika seseorang ingin memeluk sesuatu dengan begitu kuat. Seperti contohnya ketika Anda ingin memeluk kucing begitu kuat saking lucunya.
  • Ze / Hir adalah pronomina untuk jenis kelamin netral yang secara perlahan mulai terkenal saat ini. Panggilan ini berbeda dari pronomina jenis kelamin He/him (dia laki-laki) atau she/her (dia perempuan).
  • Genderlect merupakan bentuk atau gaya bicara yang digunakan oleh sekelompok jenis kelamin tertentu.
  • Heuristic digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang diajarkan atau dipelajari melalui pengalaman.
  • Bardolatry merupakan panggilan untuk seseorang yang sangat terobsesi dengan Shakespeare.
  • Boffola merupakan lelucon yang memiliki respon tawa yang menggelegar.
  • Mouse Potato merupakan panggilan untuk seseorang yang sering sekali bekerja di depan komputer.
  • Snollygoster merupakan panggilan untuk seseorang yang tidak memiliki prinsip.
  • Petrichor merupakan kosakata yang dapat mendeskripsikan bau setelah hujan.

11. Setiap 2 jam, satu kosakata Inggris baru ditambahkan ke dalam kamus

Para penyunting dari Kamus Inggris Oxford telah mengestimasi bahwa sekitar 4000 kosakata baru telah ditambahkan ke dalam kamus setiap tahunnya.

12. Terdapat 1,5 milyar orang yang menggunakan bahasa Inggris di dunia

Jumlah tersebut merupakan sekitar 20 persen dari populasi dunia saat ini. Sekitar 600 hingga 700 juta dari statistik tersebut merupakan penutur bahasa Inggris yang tidak menggunakannya sebagai bahasa Ibu.

13. Bahasa Inggris memiliki kosakata yang paling banyak

Saat ini diestimasi bahwa terdapat satu juta kata dalam bahasa Inggris dan terus bertambah setiap harinya.

14. Huruf yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris adalah ‘E’

Dilansir dari kamus Oxford, huruf ‘E’ merupakan huruf yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris dan huruf ‘Q’ merupakan huruf yang paling jarang digunakan.

Itulah dia sejumlah fakta-fakta yang sangat menarik mengenai bahasa Inggris dari seluruh dunia sejak dulu hingga sekarang. Semoga fakta-fakta ini akan membuat Anda semakin bersemangat dalam mempelajari bahasa Inggris dan terus melatihnya.

 

Kata Atau Kalimat Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Kelegaan
Percakapan Kasir: Cara Kasir Melayani Pelanggan dalam Bahasa Inggris
Tips Berlaku Sopan dalam Budaya Inggris
Texting Slang: Singkatan-singkatan Bahasa Inggris dalam Perpesanan
Percakapan di Restoran: Cara Menanyakan Bill dalam Bahasa Inggris
Percakapan Job Interview: Menceritakan Pengalaman Kerja & Latar Belakang Pendidikan dalam Bahasa Inggris
25 Teka-teki Populer dalam Bahasa Inggris (English Riddle)
Kesalahan Belajar Bahasa Inggris yang Umum
21 Funny English Proverbs (Peribahasa Bahasa Inggris yang Lucu)
Speaking TOEFL: Tongue Twister, Berlatih Bicara Bahasa Inggris