sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Figure of Speech: Apa itu Metaphor?

Sebagaimana materi tutorial bahasa Inggris sebelumnya, yakni hyperbole, metaphor juga termasuk dalam figure of speech.

Selain itu, metaphor juga memiliki pengertiannya tersendiri, yang akan kita lihat pada poin selanjutnya dari artikel ini.

Setelah menyimak pengertian dari metaphor pada poin di bawah ini, kita akan melanjutkan pembelajaran pada contoh penerapan metaphor dalam kalimat, percakapan, maupun contoh soal dan pembahasannya dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris yang sejenis.

Penjelasan Mengenai Metaphor

Sebuah metaphor memodifikasi kata atau frasa tertentu sehingga makna tersiratnya menjadi lebih kuat. Kategori metaphor sendiri dibagi menjadi implied metaphor, dead metaphor, dan mixed metaphor.

Implied metaphor merupakan jenis metaphor pada umumnya, yakni yang membuat cerita pengandaian lewat perbandingan, sehingga maknanya menjadi tersirat. Dead metaphor, di sisi yang lain, merupakan metaphor yang sifatnya sudah banyak digunakan, sehingga keindahan makna tersiratnya berkurang. Sementara itu, mixed metaphor merupakan metaphor gabungan antara implied dan dead metaphor.

Contoh Penerapan Metaphor Dalam Kalimat

Tiga nomor contoh kalimat yang terdapat pada poin ini akan menjadi acuan kita untuk belajar lebih banyak tentang metaphor. Untuk memudahkan kita belajar, ketiga contoh kalimat dalam poin ini tidak hanya disertai arti bahasa Indonesianya saja, namun juga tanda bold pada bagian yang terkena metaphor dan garisbawah untuk hal-hal yang membantu menjelaskan metaphor.

Seperti biasa, penjelasan lebih jauh mengenai pelajaran metaphor tersedia setelah masing-masing dari contoh kalimat di bawah ini:

1. The world is a battlefield, and, you have to be able to attack and defense equally. (Dunia ini adalah medan perang, dan, kamu harus bisa menyerang dan bertahan sama baiknya).

Penjelasan: Contoh kalimat dengan implied metaphor ini membandingkan “a battlefield” (medan perang) dengan “attack and defense” (menyerang dan bertahan) sebagai salah satu aspeknya.

Bukan benar-benar menyerang dan bertahan a la di film-film perang, namun makna ini mengimplikasikan “kamu” yang harus kuat dan seimbang (atau “equally”) untuk sukses di dunia.

2. Quick! The time is running out (Cepat! Waktunya habis).

Penjelasan: Di masa lalu, “running out” (waktunya habis) seharusnya memperindah makna tersirat dari “the time” (waktunya), yakni waktu yang seolah-olah berlari makin lama makin cepat dan makin habis. Namun, karena sudah terlalu banyak digunakan, maka jadilah ini bagian dari dead metaphor.

3. Get up, for the early bird gets the first worm (Bangunlah, karena orang yang bangun di pagi hari akan mendapat ulat pertama kalinya).

Penjelasan: Contoh kalimat ini mengandungi penerapan mixed metaphor. Ada gabungan dari dead metaphor (“early bird”, seharusnya makna tersiratnya orang (bagaikan burung) yang bangun di pagi hari, namun sudah banyak digunakan) dan implied metaphor (“gets the first worm” atau akan mendapat ulat pertama kalinya, yang mengimplikasikan makna tersirat mendapat sarapan, giliran, atau hal-hal yang baik terlebih dahulu, bukan benar-benar ulat sungguhan).

Contoh Penerapan Metaphor Dalam Percakapan

Metaphor sering juga digunakan dalam percakapan untuk memperindah percakapan, termasuk yang terdapat pada contoh percakapan acuan kita ini. Agar lebih mudah dalam memahami contoh percakapan yang ada, kami telah menyediakan panduan yang sama dengan poin sebelumnya pada contoh kalimat.

Panduan tersebut meliputi arti bahasa Indonesia, bold pada letak metaphor, dan garisbawah pada hal-hal yang dijelaskan oleh metaphor. Setelah menyimak contoh percakapan di bawah ini, kita pun berkesempatan untuk belajar lebih banyak penjelasan mengenai metaphor:

Hina: Since when Pia falls in love with Kacung?

(Hina: Sejak kapan Pia jatuh cinta dengan Kacung?)

Rika: From the moment we shopped at the supermarket, I think? I don’t really recall that.

(Rika: Sejak kami berbelanja di supermarket, mungkin? Aku tidak terlalu ingat.)

Bell: *thinks for a moment* She is dangerous when with her idol—you know—her possessiveness is a dangerous time bomb.

(Bell: *berpikir sesaat* Dia berbahaya bila bersama idolanya—kamu tahu—sikap posesifnya seperti bom waktu yang membahayakan.)

Rika: Ugh, so true! Daydreaming about Kacung is the bread and butter for her; something she always does with a blazing happiness!

(Rika: Ugh, benar sekali! Melamun tentang Kacung adalah mentega dan roti buatnya; sesuatu yang dia selalu lakukan dengan kegembiraan yang meletup-letup!)

Rina: That’s scary! I wish we haven’t offended her.

(Rina: Menakutkan sekali! Aku harap kita tidak membuatnya tersulut.)

Mungkin bila kita melihat baris pertama dialog dari contoh percakapan di atas, kita akan heran, bagaimana bisa “falls in love” (jatuh cinta) menjadi metaphor? Sebenarnya, dulunya ini bermakna lebih indah, karena cinta seolah sebuah benda yang bisa jatuh. Karena sudah terlalu banyak digunakan, jadilah frasa yang dibantu jelaskan oleh “Pia” ini dead metaphor.

Berikutnya pada baris ketiga contoh percakapan, kita melihat adanya perbandingan dari “her possessiveness” (sikap posesifnya) dengan “a dangerous time bomb” (bom waktu yang membahayakan). Bukan secara persis mengatakan Pia sama dengan bom waktu, tetapi adanya pengandaian pada kalimat dialog Bell ini menunjukkan implied metaphor atau metaphor bermakna tersirat yang dapat kita pelajari.

Untuk mixed metaphor yang adalah campuran dari implied sekaligus dead metaphor, kita dapat melihatnya pada baris keempat dialog contoh percakapan. Dari sana, ada “bread and butter” (mentega dan roti(nya)), dead metaphor yang dibantu penjelasannya oleh “daydreaming about Kacung” (melamun tentang Kacung). Dead metaphor yang sama kemudian juga dipakai untuk menjelaskan implied metaphor, yakni “a blazing happiness” (kegembiraan yang meletup-letup).

Sekadar informasi, “bread and butter” sendiri sempat menjadi frasa yang memperindah makna tersirat untuk kegiatan (misalnya “daydreaming about Kacung”) yang seolah seperti mentega dan roti kelengketannya, namun sekarang sudah banyak yang menggunakannya. Selain itu, “a blazing happiness” membandingkan kegembiraan (“happiness”) dengan api yang membara atau meletup-letup (“(a) blazing”).

Contoh Soal dan Pembahasan Metaphor Dalam Tes TOEFL Maupun Tes-Tes Bahasa Inggris yang Sejenis

Dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris yang sejenis, materi metaphor kerap muncul sebagai contoh soal yang meminta kita mengisi bagian kalimat yang rumpang. Bagian rumpang yang dapat kita isi bisa hanya satu atau tiga bagian secara sekaligus.

Dua contoh soal yang ada pada poin ini merupakan contoh soal yang dapat kita jadikan acuan untuk belajar. Untuk memudahkan pembelajaran, kita tidak hanya belajar arti bahasa Indonesianya saja, melainkan juga jawaban benarnya lewat tanda bold dan pembahasan mengenai tiap jawaban benar dari contoh-contoh soal di bawah ini:

1. You should include your main thoughts in the ______ of your essay.

a. main b. head c. physique d. body

(1. Kamu harus mencantumkan pemikiran utamamu dalam bagian ________ dari esaimu.

a. utama b. kepala c. fisik d. tubuh)

Catatan: Bila pilihan a yang dipilih, maka pemikiran hanya sebatas bagian pengantar saja. Apalagi bila pilihan b yang dipilih, maka pemikiran hanya sebatas poin-poin dari esai saja. Jadi, pilihan a, b, bersama dengan pilihan c yang tidak pernah bersatu dengan “of your essay” (dari esaimu), adalah pilihan salah yang tidak dapat kita pilih.

Karena itu, jawaban yang benar untuk melengkapi bagian rumpang, sehingga menjadi dead metaphor, adalah d. body. “Body of your essay” (bagian tubuh dari esaimu) seharusnya pernah menjadikan makna tersirat dari esai yang seolah memiliki tubuh menjadi indah, namun hal itu sudah banyak digunakan untuk saat ini.

1. Her mouth is the Batmobile _________; once it ______, it will _____ very fast.

Which of the following word group is correct?

a. car, has stopped, run      b. car, has started, stop      c. engine, has started, run      d. engine, has stopped, stop

(2. Mulutnya adalah _________ Batmobile; sekalinya ______, itu akan ________ amat kencang.

Kelompok kata di bawah yang mana ini yang benar?

a. mobil, sudah berhenti, berjalan     b. mobil, sudah mulai, berhenti      c. mesin, sudah mulai, berjalan     d. mesin, sudah berhenti, berjalan)

Catatan: Hal yang dihubungkan dengan energi yang terdapat dalam mulut (atau “mouth”) adalah “engine” atau mesin. Kemudian, lihat clue very fast” (amat kencang) di akhir kalimat yang memandu kita untuk memilih jawaban yang benar pada bagian rumpang kedua dan ketiga.

Selanjutnya, bandingkan hal tersebut dengan pilihan jawaban yang ada. Karena yang paling dekat dengan “very fast” adalah “has started” dan “run”, jadi pilihan c. engine, has started, run-lah yang harus kita pilih untuk menjadi implied metaphor yang membandingkan mulutnya (“her mouth”) dengan cara kerja mesin Batmobile serta elemen mesin (“has started” dan “run”) dengan tepat.

Itu dia serba-serbi metaphor sebagai bagian dari figure of speech. Pelajaran bahasa Inggris berikutnya juga berkaitan dengan figure of speech, yakni simile. Terus ikuti dan simak artikel tutorial bahasa Inggris dari kami untuk mengenal lebih jauh tentang pelajaran simile dalam artikel selanjutnya.

 

Grammar-Noun: Concrete vs Abstract Noun
Grammar Tenses: Apa itu Simple Present Tense?
Grammar-Verb: Apa itu Full Verb (Kata Kerja Penuh)?
Sentences: Apa itu Parenthetical Expressions?
Grammar Tenses: Apa itu Past Perfect Continuous Tense?
Pidato Bahasa Inggris: Pemanasan Global (Global Warming)
Grammar-Verb: Apa itu Modal Verb?
Grammar-Pronoun: Apa itu Relative Pronoun?
Clauses: Apa itu Adjective Clause?
Interjection (Kata Seru) dalam Bahasa Inggris


 
Apa itu Cause Effect?
Perbedaan Kalimat Imperative Vs Exclamatory
Apa itu Syntax?
Preposition (Preposisi dalam Bahasa Inggris)
Figure of Speech: Simile
Figure of Speech: Apa itu Metaphor?
Figure of Speech: Apa itu Hyperbole?
English Spelling
Parts of Speech (The Eight Parts of Speech)
Four Sentence Types (Jenis-Jenis Kalimat)