sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Figure of Speech: Simile

Simile yang akan kita pelajari dalam artikel tutorial bahasa Inggris ini hampir sama dengan metaphor, namun, tetap saja ada beberapa hal yang membuatnya berbeda.

Perbedaan tersebut, bersamaan dengan penjelasan lainnya tentang simile, dapat kita simak pada poin selanjutnya dalam artikel ini.

Poin selanjutnya dalam artikel ini membahas pengertian simile. Setelah membaca pengertian mengenai simile, kita akan belajar tentang contoh-contoh penerapan simile dalam kalimat, percakapan, maupun contoh soal dan pembahasannya dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris lainnya.

Penjelasan Mengenai Simile

Mengingat sama-sama berkaitan dengan pengandaian dan perbandingan, simile sering disalahpahami sebagai metaphor, dan sebaliknya. Padahal, baik metaphor maupun simile memiliki cara dan struktur yang berbeda dalam kalimat tertulis maupun percakapan.

Bila kita melihat adanya “like”, “similar to”, atau “as … as”, itulah tanda simile yang tidak dimiliki metaphor. Dalam ketiga bentuk simile tersebut, biasanya selalu ada subject dan object yang diperbandingkan atau diandaikan, sekalipun letak subject dan object dapat saja tertukar untuk beberapa kasus.

Agar lebih jelas mengenai penggunaan simile, alangkah baiknya kita lanjut membaca poin selanjutnya, yang membahas tentang contoh penerapan simile dalam kalimat.

Contoh Penerapan Simile Dalam Kalimat

Masing-masing dari tiga contoh kalimat yang terdapat pada poin ini melukiskan cara-cara simile diterapkan dalam sebuah kalimat. Selain arti bahasa Indonesia pada tiap contoh kalimat, panduan lain seperti bold pada letak simile dan garisbawah pada subject dan object yang diandaikan atau diperbandingkan juga tersedia sebagai panduan dalam mempermudah pembelajaran kita.

Penjelasan lebih lanjut dari pelajaran simile juga dapat kita lihat setelah menyimak masing-masing contoh kalimat berikut ini:

1. Like a flowing dance movement, she moves gracefully to the hall (Seperti pergerakan tari yang mengalir, dia bergerak dengan luwesnya ke aula).

Penjelasan: Ada kalanya object yang diandaikan ditaruh di depan, seperti “a flowing dance movement” (pergerakan tari yang mengalir), dan subject seperti “she” ditaruh setelahnya, seperti pada contoh kalimat ini. Adanya “like” (seperti) mengindikasikan pelajaran simile yang dapat kita ambil.

2. Your sleepy behavior is similar to a cat (Kelakuanmu yang suka mengantuk mirip kucing).

Penjelasan: Dalam contoh kalimat ini, yang dihubungkan dengan “similar to” (mirip) sebagai simile adalah “your sleepy behavior” (kelakuanmu yang suka mengantuk) sebagai subject dan “a cat” (kucing) sebagai object yang diperbandingkan atau diandaikan.

3. They are as cooperative as penguins (Mereka mudah diajak bekerja sama seperti barisan penguin).

Penjelasan:As … as” sebagai simile dalam contoh kalimat ber-subject they” (mereka) ini mengapit adjective cooperative” (mudah diajak bekerja sama). Sementara itu, object yang diperbandingkan dengan subject adalah “penguins” (barisan penguin).

Contoh Penerapan Simile Dalam Percakapan

Contoh percakapan yang akan kita jadikan acuan untuk belajar simile di bawah ini memiliki panduan yang sama dengan poin sebelumnya mengenai contoh kalimat. Panduan tersebut berupa arti bahasa Indonesia, tanda bold pada simile, dan garisbawah pada subject dan object yang diandalkan.

Di akhir contoh percakapan, kita akan melihat penjelasan lebih jauh mengenai simile. Berikut ini adalah contoh percakapan yang akan kita pelajari bersama:

Millie: I love how the cheesecakes are baked. Those are soft like a sponge.

(Millie: Aku suka cara kue kejunya dipanggang. Kue keju itu lembut seperti spons.)

Myra: Really? How would you describe the flavors, anyway?

(Myra: Benarkah? Omong-omong, Bagaimana kamu mendeskripsikan rasanya?)

Millie: Fantastic! I mean, the flavors are as fresh as newly-baked ones!

(Millie: Mengagumkan! Maksudku, rasanya sesegar yang masih baru dipanggang!)

Bell: Wait what… Did you mean your cheesecake wasn’t new?

(Bell: Tunggu dulu… Maksudmu kue kejumu tidak baru lagi?)

Millie: Errr… *scratches her head* since when I said that?

(Millie: Errr… *menggaruk-garuk kepalanya* Sejak kapan aku mengatakan demikian?)

Bell: You just compared yours with newly-baked ones, a few seconds ago! (My, my… Her forgetfulness is so similar to absent-minded professors!)

(Bell: Kamu baru saja membandingkan milikmu dengan yang masih baru dipanggang, beberapa detik lalu! (Ya ampun… Sifat pelupanya begitu mirip dengan profesor linglung!))

Baris pertama contoh percakapan di atas memperlihatkan kepada kita “like” sebagai simile. “Like” tersebut menghubungkan “those” ((kue keju) itu) sebagai subject dengan “a sponge” (spons) sebagai object yang diperbandingkan atau diandaikan.

Setelah dari baris pertama, selanjutnya kita lihat pada baris ketiga. Dalam baris ketiga contoh percakapan di atas, “as fresh as” (sesegar) merupakan frasa yang terbentuk dari jenis simile as … as”, dan “fresh” (segar) mengisi bagian titik-titiknya. “The flavors” (rasanya) menjadi subject yang diperbandingkan dengan object-nya di sini, yakni “newly-baked ones” (yang masih baru dipanggang).

Dalam baris terakhir dialog pada contoh percakapan di atas pun, kita masih belajar tentang materi simile. Materi simile tersebut terletak pada “similar to” (mirip), yang menghubungkan subject her forgetfulness” (sifat pelupanya) dengan “absent-minded professors” (profesor linglung) sebagai object-nya yang diperbandingkan atau diandaikan.

Kini, kita telah memahami materi simile dari segi penjelasan umum dan contoh penerapannya dalam kalimat maupun percakapan. Dalam poin selanjutnya, kita akan melihat contoh soal dan pembahasan materi simile dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris yang sejenis.

Contoh Soal dan Pembahasan Materi Simile Dalam Tes TOEFL Maupun Tes-Tes Bahasa Inggris Sejenis

Materi simile dapat muncul dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris sejenis sebagai soal yang meminta kita mengisi bagian kalimat yang rumpang. Selain itu, materi simile juga dapat muncul sebagai contoh soal yang meminta kita menilai benar-salahnya kalimat soal.

Dua contoh soal yang terdapat pada poin ini melukiskan wujud kemunculan materi simile yang dapat saja kita jumpai dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris yang sejenis. Bersamaan dengan arti bahasa Indonesianya, kita juga belajar untuk mengetahui jawaban yang benar dari masing-masing soal lewat tanda bold dan pembahasan jawaban benar dari contoh-contoh soal di bawah ini:

1. Her movement is as _____ as snails.

a. graceful      b. lazy       c. slow       d. beautiful

(1. Pergerakannya se______ siput.

a. luwes       b. malas       c. lamban       d. cantik)

Catatan: Mengingat “snails” (siput) bukan hewan yang “graceful” (luwes) seperti pada pilihan a, maka kita tidak dapat memilih pilihan a sebagai pilihan yang benar. Demikian juga dengan pilihan d yang selain belum tentu menggambarkan hewan “snails” juga tidak menggambarkan “movement” (pergerakan).

Lazy” (malas) pada pilihan b dapat mengisyaratkan “movement” yang cepat maupun lamban, sementara “snails” identik dengan lamban. Karena lamban berarti “slow” dalam bahasa Inggris, maka jawaban c. slow adalah yang benar.

2. Mark this statement as true (T) or false (F):

Their exuberance is similar fireworks. Answer: F

(2. Tandai pernyataan ini sebagai benar (B) atau salah (S):

Keceriaan mereka mirip bunga api. Jawaban: S)

Catatan: Mungkin bila kita hanya melihat sekilas kalimat contoh soal kedua ini tidak ada salahnya, karena menggunakan “similar” dan ada subject maupun object yang diperbandingkan atau diandaikan.

Namun, bila kita teliti, tidak ada “to” setelah “similar”. Padahal, yang benar seharusnya “similar to”, baru object yang diperbandingkan. Jadi, jawaban dari contoh soal kedua ini adalah “F” atau “False”.

Demikian pelajaran mengenai simile yang dapat kita ambil. Selanjutnya, kita akan belajar tentang prepositions, satu lagi materi bahasa Inggris yang pastinya penuh dengan pelajaran yang siap memperkaya pengetahuan bahasa Inggris kita. Karena itu, yuk, terus ikuti dan baca artikel bahasa Inggris dari kami!

 

Verb Mood: Indicative, Imperative, Subjunctive, dan Infinitive
Sentence: Apa itu Elliptical Construction?
Sentence Structure: Apa itu Simple Sentence?
Apa itu Sentence Modifier?
Grammar-Adjective: Predicative Adjectives – Part 2
Pidato Bahasa Inggris: Pentingnya KB (The Importance of Family Planning and Birth Control)
Pidato Bahasa Inggris: Calon Ketua OSIS SMA (President of Student Council Election)
Grammar-Adverb: Emphasizers, Amplifiers, Downtoners (Intensifier Adverbs)
Grammar-Conjunction: Apa itu Coordinating Conjunction?
Grammar: Apa itu Fragment Sentence?


 
Apa itu Cause Effect?
Perbedaan Kalimat Imperative Vs Exclamatory
Apa itu Syntax?
Preposition (Preposisi dalam Bahasa Inggris)
Figure of Speech: Simile
Figure of Speech: Apa itu Metaphor?
Figure of Speech: Apa itu Hyperbole?
English Spelling
Parts of Speech (The Eight Parts of Speech)
Four Sentence Types (Jenis-Jenis Kalimat)