sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Frasa/Kata/Kalimat untuk Mengungkapkan Pendapat/Opini

Phrases Used to Express Opinion

Dalam bahasa Inggris ada berbagai expression atau ungkapan untuk berbagi pendapat yang berbeda, seperti mengungkapkan pendapatan dengan kuat atau tegas atau mengungkapkan pendapat yang netral. Jika kita merasa pendapat kita sangat kuat terhadap suatu hal, kita dapat mengungkapkannya dengan cara yang tegas dan bahasa yang tajam. Namun apabila kita tidak yakin atau belum merasa jelas terhadap suatu hal, kita dapat menggunakan kata dan ungkapan yang lebih halus dan netral.

Setiap perasaan dan pemikiran kita atas suatu pendapat memiliki cara pengungkapannya masing-masing. Begitu juga dengan situasi di mana kita mengungkapkannya. Ada ungkapan khusus untuk dipakai dalam pergaulan sehari-hari, ada pula ungkapan yang lebih pantas digunakan dalam situasi formal seperti rapat perusahaan, forum terbuka umum, atau ketika membuat tulisan akademik.

Di bawah ini adalah beberapa ungkapan yang bisa digunakan secara tersendiri atau sebagai frasa pembuka, dalam mengungkapkan pendapat dalam bahasa Inggris.

A. Giving Opinions (Memberikan Pendapat)

In my view, from my point of view, atau in my opinion adalah ungkapan yang sering digunakan dalam bahasa Inggris tertulis yang berkarakteristik formal.  Beberapa ungkapan yang serupa namun untuk situasi lisan adalah sebagai berikut:

  1. I (really) think that … = Saya (betul-betul) berpikir bahwa …
  2. I believe (that) … = Saya percaya (bahwa) …
  3. I’m sure that … = Saya yakin bahwa …
  4. In my opinion / My opinion is …  = Dalam pendapat saya / Pendapat saya adalah …
  5. I agree with … = Saya setuju dengan …
  6. I feel that … = Saya merasa bahwa …
  7. I guess/imagine … = Saya kira …
  8. I reckon/suppose … = Saya rasa …
  9. To my mind … = Dalam pikiran saya …
  10. If you ask me … = Jika Anda bertanya pada saya …
  11. To be honest (with you) … = Sejujurnya …
  12. As far as I’m concerned … = Sejauh yang saya ketahui …

CATATAN:

  • I think / believe (that) / I’m sure: Untuk mengungkapkan pendapat personal secara sederhana.

I think that he’s leaving the country for college is better for his career later. (Saya pikir dia meninggalkan negara ini untuk kuliah akan lebih baik untuk karirnya kelak.)

  • In my view / opinion: Untuk memberi pendapat berdasarkan posisi kita dalam menilai suatu hal.

In my opinion, students should have breakfast every day because it’s important to gain maximum focus at school. (Menurut pendapat saya, murid-murid harus sarapan setiap hari karena itu penting untuk mendapatkan fokus yang maksimal di sekolah.)

  • I guess / imagine: Untuk mengungkapkan pendapat atas suatu hal yang didasarkan pada pandangan pribadi yang berbentuk dugaan atau perkiraan.

I guess bumpy roads in this rural area can lead to traffic accidents. (Saya kira jalan bergelombang di pedesaan ini dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.)

  • I agree with: Untuk menyatakan bahwa kita setuju atau sejalan dengan suatu pendapat.

I agree with you that children must learn how to accept defeat since early stage. (Saya setuju denganmu bahwa anak-anak harus belajar menerima kekalahan sedari dini.)

  • To my mind: Digunakan untuk menekankan bahwa ini adalah pendapat kita sendiri.

To my mind the quality of Indonesian local musicians is comparable to international musicians. (Dalam pikiran saya kualitas musisi lokal Indonesia bisa dibandingkan dengan musisi mancanegara.)

  • Reckon: Biasanya untuk mengungkapkan pendapat tentang apa yang mungkin akan terjadi.

I reckon there will be traffic jam at 9 pm, so we should go earlier. (Saya rasa akan terjadi macet pukul 9 malam, jadi kita harus pergi lebih awal.)

  • Feel: Untuk mengungkapkan pendapat pribadi yang kuat.

I feel that I shouldn’t enroll for medical school this year. (Saya merasa bahwa saya seharusnya tidak mengambil kuliah kedokteran tahun ini.)

  • If you ask me: Untuk mengungkapkan pendapat secara kritis.

If you ask me, it’s illogical to spend so much money on makeup only. (Jika Anda bertanya pada saya, menghabiskan banyak uang hanya untuk riasan wajah itu tidak beralasan.)

  • To be honest (with you ): Untuk mengungkapkan pendapat secara kritis tanpa terdengar kasar.

To be honest (with you), you posting such hateful comments on social media might be bad for your own online reputation. (Sejujurnya, mengunggaj komentar kebencian di media sosial seperti itu akan berakibat buruk bagi reputasimu di dunia maya.)

  • As far as I’m concerned : Digunakan untuk mengungkapkan pendapat yang mungkin berbeda dengan pendapat orang lain.

As far as I’m concerned, we’ve reached the conclusion on this matter and there shouldn’t be another emergency meeting. (Sejauh yang saya ketahui, kita sudah mencapai kesimpulan pada masalah ini dan tidak perlu lagi ada rapat darurat lain.)

B. Expressing Strong Opinion (Mengungkapkan Pendapat yang Kuat)

  1. Without a shadow of doubt, … = Tanpa sedikitpun keraguan, …
  2. I really don’t think … = Saya tidak berpikir bahwa …
  3. Quite the opposite, … = Justru sebaliknya, …
  4. To be perfectly frank, … = Terus terang saja, …

CONTOH:

  • Without a shadow of doubt, I think this presidential election shouldn’t be this chaotic. (Tanpa sedikitpun keraguan, saya pikir pemilihan presiden ini tidak perlu jadi kacau balau begini.)
  • I really don’t think that leaving the home from such a gentle age would be good for her independence. (Saya tidak berpikir bahwa dengan dia meninggalkan rumah sejak usia belia itu akan baik untuk kemandiriannya.)
  • Quite the opposite, I think skipping the breakfast is okay as long as we have proper meal at lunch time. (Justru sebaliknya, saya pikir melewatkan sarapan itu tidak apa-apa selama kita mendapat makanan yang cukup saat makan siang.)
  • To be perfectly frank, his asking for money when you’re short of it is a terrible idea. He never pays you back. (Terus terang saja, dia memintaimu uang saat kamu sedang kekurangan itu bukan ide yang baik. Dia tidak pernah mengembalikannya.)

C. Expressing Strong Neutral (Mengungkapkan Pendapat yang Netral)

  1. Fair enough. = Cukup adil.
  2. I can accept that. = Saya bisa menerimanya.
  3. I’m not an expert on this, but their opinion might be true or false. = Saya bukan ahlinya, tapi mungkin pendapat mereka bisa benar atau salah.
  4. Let’s agree to disagree on this. = Saya setuju bahwa kita tidak perlu sama-sama setuju dalam hal ini.

 

Frase/Kalimat Bahasa Inggris tentang Kesimpulan (Conclusion) dalam Presentasi
Cara Memberikan dan Menanyakan Pendapat dalam Bahasa Inggris
Cara Mengekspresikan Ekspektasi dalam Bahasa Inggris
Cara Mengungkapkan Harapan dalam Bahasa Inggris
Kumpulan Quotes Bahasa Inggris tentang Pendidikan (Education)
Cara Menyatakan Belasungkawa dalam Bahasa Inggris
Ekspresi/Kalimat untuk Customer Service dalam Bahasa Inggris
Cara Mengungkapkan Gagasan yang Berlawanan dalam Bahasa Inggris
Memperlihatkan Rasa Puas Dan Rasa Tidak Puas dalam Bahasa Inggris
Macam-macam Kata Tanya dalam Bahasa Inggris (8W+1H)