sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Frasa/Kata/Kalimat yang Digunakan untuk Mengekspresikan Rasa Takut

Phrases Used to Express Fear

Setiap manusia pasti memiliki rasa takut masing-masing akan suatu hal. Rasa takut yang kita miliki adalah hal yang wajar dan siapapun pasti mengalaminya. Misalnya saja rasa takut terhadap gelap, ketinggian, ruangan yang sempit, makhluk gaib dan sebagainya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengekspresikan rasa takut kita dalam bahasa Inggris. Apakah ada perbedaan dalam mengekspresikan rasa takut dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan Inggris? Sepertinya tidak ada perbedaan yang mendasar. Jika seseorang merasa takut reaksi pertama tentu adalah rasa panik. Namun dalam bahasa Inggris juga terdapat beberapa idiom yang biasanya dapat digunakan untuk mengekspresikan seberapa besar rasa takut yang kita alami.

Yuk kita simak penjelasan tentang frasa yang dapat digunakan dalam mengekspresikan rasa takut dengan menggunakan bahasa Inggris berikut ini.

Penjelasan Singkat

Dalam bahasa Inggris rasa takut (fear) bersinonim dengan kata afraid, frightened, dan juga scared. Ada beberapa kata yang juga mengekspresikan rasa takut namun memiliki tingkatan yang lebih tinggi (rasa takut yang berlebihan) contohnya adalah kata-kata seperti horrified, petrified, terrified.

Secara makna sama namun memiliki tingkatan yang lebih tinggi, yakni untuk mengekspresikan rasa takut yang lebih besar. Sedangkan tata bahasa yang digunakan sendiri bisa kita gunakan susunan berikut :

  • Be + scared of/frigthened of/afraid of + plural noun atau -ing clause

Contohnya adalah sebagai berikut :

    • I’m afraid of chicken (saya takut ayam)
    • I’m scared of dark (saya takut akan gelap)
    • I’m terrified of jumping from a high place (saya takut melompat dari tempat yang tinggi)
    • Mom is frightened of snake and mice (ibu takut akan ular dan tikus)
  • Be + frightened/scared by

Biasanya digunakan untuk ekspresi takut yang telah berlangsung sebelumnya atau sudah biasa terjadi (umum terjadi).

    • I was scared by the wind (saya takut dengan angin)
    • I terrified by the dog’s bark (aku ketakutan dengan gonggongan anjing)
    • I don’t like this place, i scared by the dark place (saya tidak suka tempat ini, saya takut akan tempat gelap)

Contoh ekspresi rasa takut lain yang mungkin dapat anda gunakan adalah sebagai berikut:

  • The spider’s web is terrifying that’s why i never went to the warehouse. (jaring laba-laba membuatku takut itulah sebabnya aku tidak pernah mau pergi ke gudang)
  • Don’t shout – you will frighten my little brother. (jangan teriak – kau akan menakuti adik laki-lakiku)
  • Doing bungee jumping is petrifying and absolutely i want to vomit. (melakukan bungee jumping sangat mengerikan dan tentu saja membuatku ingin muntah)
  • I was absolutely petrified of the horror movie. (saya benar-benar ketakutan dengan film horornya)

Penggunaan Idiom

Selain dalam bentuk pernyataan seperti contoh yang telah dijelaskan di atas. Dalam bahasa Inggris kita juga mengenal beberapa idiom atau ungkapan yang biasa digunakan untuk mengungkapkan seberapa besar rasa takut yang kita alami. Idiom serta ungkapan berikut lazim digunakan oleh orang asing untuk mengungkapkan rasa takut mereka, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • That movies made me afraid of my own shadows, i never want to watch it alone. (film itu membuatku ketakutan terhadap bayanganku sendiri, aku tidak mau menontonnya sendirian)
  • That old house made my hair stood on end. (rumah tua itu membuat bulu kudukku berdiri)
  • When the dog bark over me, my heart was hammering. (ketika anjing itu menggonggong padaku, jantungku berdegup kencang)
  • When he went to that old buildings with me and Ami yesterday, he said that one of the hall give him a goose bumps. I agreed with him since i felt that way either. (ketika dia pergi ke bangunan tua itu bersamaku dan Ami kemarin, dia bilang salah satu aula membuatnya merinding. Aku setuju dengannya karena aku juga merasakan hal yang sama)
  • My sister have a phobia of snake, she will broke out in a cold sweat when she saw it especially directly. (adikku punya fobia terhadap ular, dia akan berkeringan dingin jika melihatnya apalagi jika melihat langsung).
  • My Mom is super funny when i drive fast her blood run cold, and as if she want to jump out of the car. (Ibuku sangat lucu sekali, ketika aku menyetir kencang darahnya menjadi dingin (ketakutan sekali), dan seolah dia ingin melompat keluar dari mobil).
  • Don’t do that again, it’s scared me to death. I don’t like to be shocked. (jangan melakukan itu lagi, itu membuatku takut sampai mati (ketakutan setengah mati). Aku tidak suka dikejutkan)
  • It was such a fright, that he jumped out of my skins. (itu sungguh menakutkan, sehingga membuat dia sangat ketakutan (melompat keluar dari kulitnya)
  • When the accident happened in front of my eyes, i was scared stiff and couldn’t do anything instead of shock. (ketika kecelakaan itu terjadi di depan mataku, aku sangat takut dan tidak bisa melakukan apapun selain kaget)
  • Don’t drive to fast in this road, it’s like you’re playing with fire. This road is to risky, there so many animals could cross by and it’s quite dark now. (jangan menyetir terlalu kencang, seperti kau ingin bermain dengan api. Jalannya sangat berisiko, ada banyak hewan yang bisa melintas dan sekarang cukup gelap)

Demikian, contoh kalimat, frasa, serta idiom yang dapat anda gunakan untuk mengungkapkan rasa takut, cemas, atau panik karena suatu hal yang menurut anda menakutkan. Masih ada banyak idiom lain yang bisa anda gunakan, selamat belajar.

 

Tip TOEFL: Aturan Penggunaan Kata Penentu “The”
Frase/Kalimat Bahasa Inggris tentang Kesimpulan (Conclusion) dalam Presentasi
Kalimat Percakapan untuk Meminta, Memberi, Menolak Sesuatu (Asking, Giving, Refusing)
Ungkapan & Percakapan untuk Menyatakan Persetujuan (Expressing Agreement)
25 Kata-kata Motivasi Bahasa Inggris dan Terjemahannya
Frasa/Kata/Kalimat yang Digunakan dalam Perbankan
Frasa Bahasa Inggris yang Digunakan di Academic Writing
Kata, Kalimat, atau Ungkapan Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Selamat Tinggal
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Kebun Binatang
Penggunaan Gerund dalam Kalimat Bahasa Inggris