sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Frasa untuk Mengekspresikan Kebahagiaan (Phrases for Expressing Happiness)

Manusia adalah makhluk yang penuh dengan perasaan. Dimulai dari rasa senang sampai rasa marah, manusia punya caranya masing-masing untuk mengekspresikan. Bahasa adalah salah satu cara untuk mengekspresikan perasaan tersebut.

Di dalam Bahasa Inggris terdapat frasa-frasa dan idiom untuk mengungkapkan perasaan. Kali ini kita akan belajar frasa untuk mengungkapkan rasa senang atau kebahagiaan dalam Bahasa Inggris. Mari kita langsung lihat saja frasa-frasanya.

I am happy

Frasa ini adalah frasa yang paling umum untuk mengekspresikan kebahagiaan. Kata “I” bisa diganti dengan subjek yang lain. Berikut adalah contoh penggunaannya:

  • I am happy that you came home early. (Aku senang kamu pulang lebih awal)
  • We were happy when seeing our parents happy. (Kami bahagia ketika melihat orangtua kami bahagia)

Pleased as punch

Gunakan frasa ini ketika kita merasa senang setelah menyelesaikan sesuatu atau ketika sesuatu yang baik terjadi kepada kita. Contoh:

  • I was pleased as punch after winning a race. (Aku sangat senang setelah memenangkan perlombaannya)
  • They are pleased as punch because their daughter is coming home. (Mereka sangat senang karena anak perempuan mereka akan pulang)

On cloud nine

Secara harfiah, frasa ini berarti “di langit sembilan”. Frasa ini berfungsi untuk menyatakan kebahagiaan. Berikut adalah contoh penggunaannya:

  • Daisy was on cloud nine when she learnt of her promotion. (Daisy sangat senang ketika mengetahui tentang kenaikan pangkatnya)
  • We were on cloud nine when knowing that the company accepted our proposal. (Kami sangat senang ketika mengetahui bahwa perusahaan menerima proposal kami)

Jump for joy

“Jump for joy” (melompat karena senang) adalah frasa untuk mengekspresikan kebahagiaan karena melompat adalah salah satu reaksi untuk mengungkapkan rasa senang. Contoh:

  • David jumped for joy when he scored a last-minute goal and made his team win the match. (David melompat kegirangan saat dia mencetak gol di detik-detik terakhir dan membuat timnya memenangkan pertandingan)
  • I jumped for joy when eating my favorite food. (Saya sangat senang ketika memakan makanan kesukanan saya)

On top of the world

Rasa bahagia bia membuat kita merasa sedang berada di puncak dunia. Itulah mengapa frasa “on top of the world” (berada di puncak dunia) bisa dipakai untuk mengekspresikan kebahagiaan. Mari kita lihat contohnya dalam kalimat:

  • We are on top of the world. Our brother just got selected for national volleyball team. (Kami sangat senang. Saudara kami baru saja terpilih menjadi bagian tim bola voli nasional)
  • Meghan is on top of the world because her boyfriend proposed her. (Meghan sangat senang karena kekasihnya melamarnya)

In seventh heaven

Frasa Bahasa Inggris selanjutnya untuk mengekspresikan rasa senang adalah “in seventh heaven”. Berikut adalah contohnya:

  • Mike was in seventh heaven. He got accepted into Oxford University. (Mike sangat senang. Dia diterima di Universitas Oxford)
  • She was in seventh heaven when leaning that she got a perfect mark in the English test. (Dia sangat senang ketika mengetahui bahwa dia mendapatkan nilai sempurna dalam tes Bahasa Inggris)

Over the moon

Kita juga bisa menggunakan frasa “over the moon” ketika kita merasa bahagia dan ingin mengungkapkannya. Contoh penggunaan dalam kalimat:

  • James is over the moon when Tina replied his message. (James sangat senang ketika Tina membalas pesannya)
  • I am over the moon because I am going to New York this Sunday. (Aku sangat senang karena aku akan pergi ke New York hari Minggu ini)

Grin from ear to ear

“Grin from ear to ear” maksudnya adalah kita tersenyum sangat lebar atas kebahagiaan yang sedang kita rasakan. Contoh:

  • Adam complimented her look in the morning, so Diana is grinning from ear to ear now. (Adam memuji penampilannya pagi ini, jadi Diana sangat senang)
  • I am grinning from ear to ear for the positive feedback I got from my boss. (Saya sangat senang atas umpan balik positif yang saya terima dari bos saya)

Happy camper

Frasa ini digunakan untuk menunjukkan bahwa seseorang merasa senang. Apabila subjeknya jamak, frasanya menjadi “happy campers”. Beberapa contoh penggunaannya dalam kalimat:

  • We were happy campers to be eating our favorite meal together. (Kami senang memakan makanan kesukaan kami bersama-sama)
  • Living in this city made me a happy camper. (Tinggal di kota ini membuatku merasa senang)
  • She is not a happy camper after losing her dog. (Dia tidak senang setelah kehilangan anjingnya)

Music to one’s ear

Ketika kita mendengarkan sesuatu yang membuat kita bahagia, kita bisa menggunakan frasa “music to one’s ears” untuk mengekspresikan kebahagian tersebut. Sesuatu yang “music to one’s ears” (lagu di telinga seseorang) adalah sesuatu yang menyenangkan untuk didengarkan oleh seseorang. Mari kita lihat contohnya:

  • The compliment from my boss is like music to my ears. (Pujian dari bosku seperti lagu di telingaku)
  • The news about him winning the election was music to our ears. (Berita tentang dia memenangkan pemilu adalah lagu di telinga kami)

Jaw drop

Frasa ini bisa dipakai dalam dua konteks, yaitu positif dan negatif. Dalam konteks positif, frasa ini untuk mengungkapkan kebahagiaan. Contoh:

  • His jaw dropped when seeing her for the first time. (Dia senang ketika pertama kali bertemu dengannya)
  • After completing the project, their jaws dropped. (Setelah menyelesaikan projeknya, mereka senang)

Best day ever

“Best day ever” adalah frasa pengungkap rasa senang yang cukup sering dipakai. Gunakan frasa ini ketika kita mengalami hari yang membahagiakan. Contoh:

  • We went to the amusement park. It was the best day ever! (Kami pergi ke taman hiburan. Hari itu sungguh menyenangkan!)
  • Today was the best day ever because I got my college acceptance letter. (Hari ini adalah hari yang menyenangkan karena aku mendapatkan surat penerimaan perguruan tinggi)

Like a dog with two tails

Anjing mengekspresikan rasa senangnya dengan menggoyangkan ekornya. Itulah mengapa frasa “like a dog with two tails” (seperti seekor anjing dengan dua ekor) dipakai untuk mengungkapkan kebahagiaan. Contoh:

  • Robert is like a dog with two tails. He just got a new car. (Robert senang sekali. Dia baru saja mendapatkan mobil baru)
  • A: You look like a dog with two tails. What happened? (Kamu senang sekali. Apa yang terjadi?)
    B: I passed my driving test. (Aku lulus tes mengemudi)
    A: Congratulations! (Selamat!)

Full of the joys of spring

Frasa ini secara harfiah berarti “penuh dengan sukacita musim semi”. Musim semi banyak membuat orang-orang bahagia karena di musim ini bunga-bunga dan tanaman kembali bermekaran, dan suhu udara menghangat. Itulah mengapa frasa “full of the joys of spring” digunakan untuk mengungkapkan rasa senang dan rasa antusias. Berikut contoh penggunaannya:

  • Raina feels full of the joys of spring because she is starting to work in a new company. (Raina merasa bahagia karena ia akan mulai bekerja di perusahaan baru)
  • They felts full of the joys of springs as their name was announce as the winner. (Mereka bahagia karena nama mereka diumumkan sebagai pemenang)

Paint the town red

Selain diasosiasikan dengan keberanian, warna merah juga dihubungkan dengan kebahagiaan. Oleh karena itu, frasa “paint the town red” bisa dipakai untuk mengungkapkan kebahagiaan. Frasa ini dipakai dalam konteks kita sangat bahagia dan akan merayakan kebahagian tersebut dengan orang lain atau merayakannya dengan pergi ke suatu tempat untuk bersenang-senang. Contoh:

  • Everybody seems to paint the town red after knowing that the national football team won the championship. (Setiap orang terlihat bahagia setelah mengetahui bahwa tim sepak bola nasional memenangkan kejuaraan)
  • A: Sasha and I are going to paint the town red tomorrow’s night. Do you want to come with us? (Sasha dan aku akan bersenang-senang besok malam. Apakah kamu ingin ikut?)
    B: Why not? (Mengapa tidak?)
    A: Great! (Bagus!)

Walking on air

Frasa ini untuk menjelaskan ketika kita sangat senang sehingga kita merasa seperti melayang. Contoh penggunaan dalam kalimat:

  • We have been walking on air ever since we got the bonus from our boss. (Kami sangat senang semenjak kami mendapatkan bonus dari bos kami)
  • I am walking on air because I get the highest point in my class on a math exam. (Aku sangat senang karena aku mendapatkan nilai tertinggi di kelas dalam ulangan matematika)

Have a whale of a time

Karena paus (whale) adalah mamalia terbesar di dunia, paus digunakan dalam idiom ini untuk mewakili rasa kebahagiaan yang tiada tara. Mari kita lihat contohnya:

  • Amanda had a whale of a time at her birthday party last night. (Amanda sangat senang di pesta ulang tahunnya kemarin malam)
  • I love hanging out with my friends. I always have a whale of a time when I am with them. (Aku suka bermain dengan teman-temanku. Aku selalu senang setiap bersama mereka)

Tickled pink

Frasa ini digunakan saat kita senang terhadap sesuatu. “Tickled pink” menjelaskan seseorang yang bersuka cita akan sesuatu sehingga mereka bersinar dengan kebahagiaan. Contoh:

  • We were tickled pink when the kids gave us ice cream. (Kami sangat senang ketika anak-anak memberi kami es krim)
  • He is tickled pink about his engagement. (Dia sangat senang akan pertunangannya)

A joy to behold

“A joy to behold” adalah sesuatu yang mendatangkan kebahagiaan. Contoh:

  • The movie was a joy to behold. It was full of warmth and beauty. (Filmnya membuat bahagia. Itu penuh dengan kehangatan dan keindahan)
  • My children are truly a joy to behold. (Anak-anakku benar-benar membuatku bahagia)

Be in a transport of delight

Ini adalah frasa lain untuk mengungkapkan rasa kebahagiaan yang tiada tara. Contoh:

  • Ahmad is in a transport of delight for his daughter’s wedding. (Pak Ahmad bahagia sekali akan pernikahan putrinya)
  • I was in a transport of delight when graduating with perfect GPA. (Aku sangat senang ketika diwisuda dengan nilai IP sempurna)

Weep for joy

Terkadang seseorang bisa menangis karena sangat bahagia. Dalam konteks ini, kita bisa menggunakan frasa “weep for joy”. Contoh:

  • I was weeping for joy after learning that I got a scholarship. (Aku menangis bahagia setelah mengetahui bahwa aku mendapatkan beasiswa)
  • Ella and Bobby were weeping for joy because their sister went home safely. (Ella dan Bobby menangis bahagia karena saudari mereka pulang dengan selamat)

Itu tadi frasa-frasa untuk mengekspresikan kebahagiaan. Di lain kesempatan kita akan mempelajari frasa Bahasa Inggris untuk mengungkapkan perasaan lainnya. Sembari menunggu, yuk kita coba membuat kalimat kita sendiri dengan frasa-frasa yang sudah kita pelajari hari ini.

 

Frasa/Kalimat untuk Meminta Maaf dalam Bahasa Inggris
Frasa yang Sering Digunakan dalam Mode/Fashion
Frasa Bahasa Inggris yang Digunakan untuk Menanyakan Informasi
Contoh Expressing Admiration (Kekaguman) dalam Percakapan Part I
Kalimat-Kalimat dalam Presentasi (Useful Phrases for Presentation)
Ungkapan & Percakapan untuk Menyatakan Persetujuan (Expressing Agreement)
Frasa/Kalimat Bahasa Inggris yang Cuma Ada di Australia
Frasa/Kalimat yang Sering Digunakan di Hotel
Cara Mengungkapkan Larangan (Expressing Prohibition)
Cara Mengutarakan Penyesalan dalam Bahasa Inggris