sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Frasa yang Sering Digunakan dalam Mode/Fashion

PHRASES USED IN FASHION

Fashion, mode, gaya berbusana, dan yang saat ini sering dilakukan oleh banyak kalangan dengan menjamurnya social media adalah OOTD atau Outfit of The Day. Well, perempuan khususnya memang tidak bisa lepas dari dunia fashion atau mode. Setiap kesempatan dan waktu perempuan tentu ingin terlihat sempurna dalam hal penampilan. Meskipun dewasa ini, tidak menutup kemungkinan bahwa pria pun mulai mempertimbangkan fashion.

Nah pembaca, rasanya jika ingin belajar tentang bahasa Inggris secara keseluruhan patut kiranya kita mempelajari tentang frasa, idiom, atau kata yang berkaitan dengan dunia fashion. Seberapa penting sih sebenarnya hal tersebut harus kita pelajari? Mungkin beberapa pembaca merasa kurang tertarik dengan pembahasan kali ini? Well, coba dipikirkan lagi deh. Orang luar itu sebenarnya cukup paham tentang fashion dibandingkan orang Indonesia. Sebagian besar dari mereka sudah mengenakan fashion yang super proper di setiap kesempatan. Jadi gak ada salahnya jika anda mengetahui beberapa frasa berikut ini, sehingga ketika anda berbincang dengan mereka dan pembahasan menyerempet fashion atau gaya busana anda tidak merasa awkward.

Tapi selain memiliki makna sebenarnya frasa tentang fashion juga sering loh digunakan untuk menggambarkan hal lain atau bermakna berbeda untuk menjelaskan hal lain yang disebut dengan idiom. Masih bingung? Agar anda lebih mudah memahami hal tersebut yuk simak ulasan kami berikut ini yang akan menjelaskan tentang beberapa frasa, idiom, maupun kata yang berkaitan dengan fashion. Hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi anda nantinya jika ingin berbahasa Inggris dengan lancar.

Frasa tentang Fashion

Lingkup tentang fashion ini memang sebenarnya luas banget, tapi ya kurang lebih berkaitan dengan busana dan style yang biasa kita gunakan. Berikut beberapa kata yang mungkin akan sering anda dengar berkaitan dengan fashion :

  • Apparel : pakaian (kata lain yang digunakan untuk menggambarkan baju selain clothes, clothing, garments).

You have a great choice of picking up an apparel. (Anda memiliki selera yang baik dalam memiliki pakaian).

  • Trendy : trendi (mendeskripsikan seseorang yang memiliki selera fashion tinggi dan up to date atau kekinian)

She looks so trendy in her black floral dress. (Dia terlihat sangat trendi dengan gaun hitam berbunganya.)

  • Fashion victim : korban fashion (frasa yang digunakan untuk mendiskripsikan seseorang yang mengikuti fashion atau memakai gaya baju tanpa mempertimbangkan apakah model gaya baju tersebut cocok untuk dia atau tidak)

Did you saw Jessica yesterday? I guess she is a fashion victim, wearing that tacky blouse to the party. (Apakah kau melihat Jessica kemarin? Kurasa dia korban fashion, mengenakan blus norak itu ke tempat pesta.)

  • Accessories : aksesoris

Your accessories looks so cute Viv, where did you buy that? (Aksesorismu terlihat sangat lucu Viv, dimana kau membelinya?)

  • Clothes stall : kios pakaian

I saw multiple clothes stall across the street. (Aku melihat berbagai kios pakaian di seberang jalan.)

  • Must have : istilah ini merujuk kepada benda bisa berupa baju atau barang atau aksesoris yang wajib untuk kita miliki di lini fashion kita.

This round bag is a must have item of the year. Cute, cheap, but never failed your fashion statement. (Tas bundar ini adalah barang yang wajib dimiliki di tahun ini. Lucu, murah, tapi tidak akan pernah membuat tampilanmu gagal.)

  • Catwalk / runway : panggung atau tempat untuk model memperagakan baju desainer.

The model walks in a runway just like a goddess with that wedding dress. (Model itu berjalan di atas panggung seperti dewi dengan mengenakan gaun pernikahan itu.)

  • Fashion icon : Ikon atau tokoh penting dunia mode (fashion)

There might be a lot of fashion icon in the world but Donatella Versace is still the most iconic one. (Mungkin ada banyak ikon fashion di seluruh dunia tapi Donatella Versace masih tetap menjadi salah satu yang paling ikonik.)

Selain beberapa frasa di atas, seringkali orang luar juga menggunakan idiom yang berhubungan dengan dunia fashion untuk menjelaskan sesuatu yang memiliki makna lain.

Contoh :

  • Air your dirty laundry : idiom yang memiliki makna tentang membicarakan hal pribadi atau sensitif kepada orang lain yang tidak terlibat sama sekali.

Don’t air your dirty laundry on social media just to gain a fame or likes, it will bounce back at you and made you suffer one day. (Jangan menceritakan rahasia pribadimu di media sosial untuk meraih popularitas dan likes, itu akan berbalik ke arahmu dan membuatmu menderita suatu hari nanti.)

  • Birthday suit : idiom untuk menggambarkan seseorang yang tidak berbusana atau nyaris telanjang.

I heard that Sean sleeps in his birthday suit. (Aku dengan Sean tidur tanpa menggunakan baju.)

  • Burn a hole in your pocket : anda ingin menghabiskan uang dengan cepat.

What is she doing? Buying this whole stuff here and there, is she going to burn a hole in her pocket? (Apa yang dia lakukan? Membeli berbagai barang disana sini, apakah dia ingin menghabiskan uangnya dengan cepat?)

  • Cut from the same cloth : memiliki banyak kemiripan

Me and Jena is like a cut from the same cloth. (Aku dan Jena memiliki banyak sekali kemiripan.)

Beberapa idiom lain yang juga memiliki makna sangat berjauhan contohnya sebagai berikut ini:

  • Dressed to kill artinya pakaian anda terlihat sangat cantik dan menawan.
  • Fits like a glove artinya adalah memiliki pakaian yang cocok dan sesuai.
  • Give someone the shir off your back artinya adalah untuk menjadi orang yang baik dan dermawan
  • Have a card up your sleeve artinya anda memiliki rencana rahasia
  • Have ants in your pants artinya seseorang yang tidak bisa diam
  • Line you own pockets artinya mendapatkan uang dengan cara tidak baik.

 

Frasa/Ekspresi/Kalimat yang Digunakan saat Mau Menyewa Apartment
Phrases: Apa itu Verb Phrase?
Frasa/Kalimat Bahasa Inggris yang Digunakan dalam Debat
Frasa/Kalimat yang Digunakan untuk Memberi Arah
Grammar-Phrases: Apa itu Adjective Phrases?
Frasa/Kalimat yang Digunakan Performance Review
Frasa/Kalimat Sopan yang Digunakan oleh Resepsionis di Hotel
Frasa Bahasa Inggris dalam Menyampaikan Pendapat
Frasa/Kalimat yang Digunakan untuk Membuka Pertemuan
Frasa/Kata/Kalimat yang Biasa Digunakan dalam American English