sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar-Adverb: Apa itu Comparative Adverb?

Setelah menuntaskan pelajaran adjectives pada 4 artikel lalu, kini kita mulai belajar hal baru, yakni aneka kelompok adverb. Adverb sendiri adalah kata-kata apapun yang mengubah atau memperkuat makna kata-kata, kalimat, klausa, dan lain-lain yang sejenis.

Mulai dari artikel kelima hingga kesepuluh mendatang, kita akan mempelajari kelompok adverb yang berbeda-beda. Kelompok adverb pertama yang akan kita pelajari adalah comparative adverb.

Seperti kelompok adjectives, comparative adverb memiliki penjelasannya tersendiri. Setelah penjelasan, akan ada poin tersendiri tentang contoh-contohnya dalam kalimat, percakapan, maupun tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris sejenis.

Penjelasan Mengenai Comparative Adverb

Comparative adverb adalah adverbs yang digunakan sebagai pasangan pada kalimat perbandingan. Mirip degree of comparison jenis comparative, comparative adverb kerap digunakan untuk memperbandingkan 2 hal.

Comparative adverb terbagi menjadi 3 jenis. Jenis yang pertama diawali dengan “more” dan diakhiri dengan “-ly”. Secara harafiah, imbuhan “-ly” berarti “dengan” atau “dengan cara”. Jenis yang kedua adalah “a lot vs. a bit” (banyak vs. sedikit) dengan modifikasi sesuai konteks kalimat yang ada, dan berfungsi sebagai penguat kesan kata, kalimat, atau klausa tertentu. Jenis yang ketiga diawali dan diakhiri dengan “as” untuk menyatakan sesuatu yang sama atau kurang lebih sama.

Dalam banyak contoh kasus, comparative adverb memiliki unsur “more” dan “than”. Agar lebih jelas mengenai penggunaan comparative adverb, ada baiknya kita melihat contoh-contohnya dalam kalimat pada poin di bawah ini.

Contoh Penerapan Comparative Adverb dalam Kalimat

Sebagaimana degree of comparison yang kerap terkait dengan comparative adverb, comparative adverb cukup sering hadir dalam kalimat. Dari sekian banyak kalimat yang mengandungi comparative adverb, contoh-contoh kalimat dalam poin ini dapat kita jadikan acuan awal untuk belajar comparative adverb.

Supaya lebih memudahkan untuk belajar, kelompok kata yang mengandung comparative adverb ditandai dengan bold. Sementara itu, kata-kata, kalimat, atau klausa yang dipengaruhi akan digaris bawahi.

Ini dia contoh penerapan comparative adverb dalam kalimat yang dapat kita pelajari bersama, beserta arti dan penjelasannya:

1. I wish he’d hug me more tightly (Aku harap dia akan memelukku lebih erat lagi).

Penjelasan: Ini merupakan contoh comparative adverb berakhiran “-ly” dan diawali dengan “more”. Di sini, “more tightly” ((dengan) lebih erat lagi) digunakan untuk menjelaskan klausa sebelumnya, yakni “I wish he’d hug me” (Aku harap dia akan memelukku).

2. These questions are a lot harder than the first ones (Pertanyaan-pertanyaan ini jauh lebih sulit dibandingkan yang pertama-tama).

Penjelasan: Bentuk comparative adverb a lot” (jauh lebih) yang berada di depan “harder” ((lebih) sulit) digunakan untuk memperkuat kesan betapa sulitnya “these questions” (pertanyaan-pertanyaan ini).

3. He has grown much ber than ever (Dia sudah tumbuh lebih kuat dibandingkan sebelumnya).

Penjelasan: Variasi comparative adverb yang diawali dengan “much” dan diakhiri dengan “than” ini merupakan salah satu variasi “a lot vs. a bit”. Seperti contoh nomor 2, ini digunakan untuk memperkuat kesan “ber” (lebih kuat) pada pertumbuhan “dia” dalam contoh.

4. You have to prepare meals as well as drinks (Kamu harus menyiapkan makanan sebagaimana juga minuman).

Penjelasan: Comparative adverb as … as” semacam “as well as” di contoh ini untuk menyatakan dua hal yang sederajat. Dalam hal ini, “meals” (makanan) dan “drinks” (minuman) sama-sama harus “you” (kamu) persiapkan, tidak boleh dipisah dalam pelaksanaannya.

Dalam setting percakapan, contoh-contoh comparative adverb dalam kalimat dapat memiliki variasi yang berbeda, namun tidak lepas dari ketiga jenis yang terdapat dalam penjelasan di poin sebelumnya. Kita akan mempelajarinya dalam poin selanjutnya pada artikel ini.

Contoh Penerapan Comparative Adverb dalam Percakapan

Kalimat dalam contoh percakapan yang akan kita jadikan acuan di bawah ini memiliki comparative adverb yang akan kita telaah lebih lanjut sesudah akhir contoh percakapan. Seiring barisan contoh percakapan, akan ada terjemahan yang membantu kita untuk mengerti isi dari percakapan yang akan kita pelajari bersama.

Agar lebih jelas, comparative adverb dalam contoh percakapan di bawah ini bertanda bold, sementara kata, klausa, atau kalimat yang dipengaruhinya bertanda garis bawah:

Rika: (I feel tense as well as panicking. These challenges are way harder than I could think!) ((Aku merasa tegang sebagaimana juga panik. Tantangan-tantangan ini lebih sulit dari yang kupikirkan!))

Theo: Hey, there. You seem a little bit overworked. (Hei, kamu kelihatannya sedikit lelah.)

Maggie: Rika, cheer up! Those challenges will be least difficult if you do it more happily! (Rika, cerialah! Tantangan-tantangan itu akan menjadi lebih mudah bila kamu melakukannya dengan hati yang lebih senang!)

Rika: Oh, come on. These challenges will take us to a free trip to Milan. No way will I take lightly on these challenges! (Oh, ayolah. Tantangan-tantangan ini akan membawa kita ke liburan gratis ke Milan. Tidak mungkin aku meremehkannya!)

Dari percakapan di atas, kita mengetahui ada 4 variasi comparative adverb yang dapat kita pelajari, dan keempatnya tetap berada dalam ranah variasi comparative adverb.

Pertama, ada “as well as” (sebagaimana juga) yang dalam percakapan berfungsi menjelaskan perasaan “tense” (tegang) dan “panicking” (panik). Dalam hal ini, rasa tegang dan panik yang dialami sama beratnya, jadi comparative adverb yang digunakan adalah “as well as” untuk menyatakan kesetaraan.

Kedua, “way” ((jauh) lebih) pada “harder” dapat menjadi comparative adverb pengganti “a lot” yang artinya sama dengan “way”. Karena sifatnya dapat menggantikan “a lot”, maka ini merupakan jenis comparative adverb yang sifatnya memperkuat kata yang terdapat setelahnya sekaligus subjek atau objek yang terdapat di depannya. Dalam hal ini, “these challenges” (tantangan-tantangan ini) berkesan jauh lebih susah atau “way harder”.

Ketiga, ada “a little bit” untuk “overworked” dan “least” untuk “difficult” yang fungsinya kurang lebih sama dengan “a lot” untuk memperkuat kesan. “A little bit overworked” (Sedikit lelah) merupakan kesan yang lebih lemah dibandingkan “way” atau “a lot”, namun makna dari “overworked” tidak berubah, yakni lelah.

Namun, kehadiran comparative adverb least” (kurang) sebelum “difficult” menjadikan arti “those challenges” (tantangan-tantangan itu) yang “difficult” bukan lagi susah, namun mudah.

Keempat, “more” di depan dan imbuhan “-ly” di belakang untuk “happy” (senang, bahagia, gembira) yang menjadi “more happily” (lebih senang, bahagia, gembira) digunakan untuk menjelaskan frasa “do it” (lakukan (tantangan) itu). Comparative adverb yang ini dapat digunakan bersamaan dengan 2 atau lebih kata di belakangnya. Untuk tujuan contoh, maka yang digunakan hanya 1 kata saja, yakni “happily” (dengan gembira, bahagia, senang).

Kita telah melihat penjelasan comparative adverb serta contoh comparative adverb sehari-hari pada kalimat dan percakapan. Pada poin selanjutnya, kita akan melihat contoh dan pembahasan comparative adverb pada tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris yang serupa.

Contoh dan Pembahasan Soal Comparative Adverb dalam Tes TOEFL maupun Tes-Tes Bahasa Inggris yang Serupa

Comparative adverb merupakan salah satu materi soal yang sering muncul pada tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris sejenis, seperti TOEIC. Dalam tes-tes bahasa Inggris semacam ini, biasanya comparative adverb muncul dalam soal pilihan ganda yang melengkapi bagian rumpang dalam kalimat.

Masih dalam lingkup pilihan ganda dan melengkapi bagian rumpang, biasanya beberapa soal comparative adverb juga menyertakan satu kata dalam tanda kurung. Lalu, kita diminta untuk menjawab bagian rumpang tersebut sesuai dengan kata yang dalam tanda kurung.

Agar lebih jelas, berikut ini adalah contoh soal comparative adverb beserta jawaban yang benar dalam bold, arti, dan pembahasannya:

1. Your voice is too loud. You should speak _______________.

a. more quietly       b. more slowly       c. more loudly       d. more deliberately

(1. Suaramu terlalu keras. Kamu harus bicara ______________.

a. lebih pelan       b. lebih lambat       c. lebih keras       d. lebih perlahan)

Catatan: Pilihan c jelas salah, karenanya kita dapat mengeliminasi pilihan tersebut. Ingat, orang yang berbicara lambat (“slowly”) atau perlahan (“deliberately”) belum tentu suaranya lebih pelan (“more quietly”). Dari kalimat pertama, kita tahu orang tersebut jengkel dengan volume suara yang terlalu keras atau berisik. Maka, jawaban yang benar adalah a. more quietly.

2. After taking a shower, I feel __________ (healthy).

a. much healthier       b. much healthy       c. more healthier       d. much more healthier

(2. Setelah mandi, saya merasa __________ (sehat).

a. lebih sehat        b. lebih sehat saja       c. lebih lebih sehat       d. lebih lebih lebih sehat)

Catatan:Healthy” merupakan kasus khusus untuk bentuk comparatives yang menggunakan imbuhan “-er” di belakangnya. Kalau sudah ada imbuhan “-er”, maka tidak boleh ada “more” di depannya. Jadi, pilihan c dan d pasti salah.

Bila ingin memperkuat kesan “healthier”, maka comparative adverb yang digunakan adalah “much healthier”. Karena itu, jawaban yang benar untuk contoh pertanyaan kedua ini adalah a. much healthier.

Demikianlah pelajaran mengenai comparative adverb. Berikutnya, kita akan mempelajari jenis adverb lain. Penasaran apa jenis adverb yang akan kita pelajari? Simak pembahasannya pada artikel tutorial bahasa Inggris kami selanjutnya!

Adverb

Artikel Lainnya

Grammar-Adverb: Apa itu Time Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Superlative Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Purpose Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Place Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Manner Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Frequency Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Emphasizers Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Downtoners Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Amplifiers Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Comparative Adverb?

 

Grammar Tenses: Apa itu Past Future Perfect Continuous Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Present Perfect Tense?
Speech: Apa itu Indirect Speech (Kalimat Tidak Langsung)?
Grammar Tenses: Apa itu Past Future Continuous Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Future Continuous Tense?
Grammar: Apa itu Infinitive with To?
Grammar-Conjunction: Apa itu Correlative Conjunction?
Grammar-Adjective: Apa Itu Adjective?
Phrases: Apa itu Noun Phrase?
Grammar Tenses: Apa itu Past Continuous Tense?


 
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs
List Kata Kerja yang Diikuti Gerund dan Infinitive
39 Regular Verbs & Contoh Kalimatnya
33 Irregular Verbs & Contoh Kalimatnya
Apa itu Cause Effect?
Apa itu Conjunction? Coordinating, Correlative, Subordinating Conjunction?