sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar-Adverb: Place Adverb

Dear learners, kita semua pasti mengenal aneka tempat dan lokasi di sekitar kita. Artikel tutorial bahasa Inggris kali ini berhubungan dengan tempat dan lokasi, yang namanya dapat kita lihat pada judul di atas sebagai place adverb.

Seperti artikel-artikel sebelumnya, kita akan mulai mempelajari place adverb sebagai salah satu kelompok adverb ini dari penjelasannya secara umum. Setelah penjelasan, kita akan melihat contoh-contohnya dalam kalimat, percakapan, serta contoh soal dan pembahasannya dalam tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris yang sejenis.

Penjelasan Mengenai Place Adverb

Seperti yang disinggung sebelumnya, place adverb atau yang sering disebut juga dengan adverb of place adalah kelompok adverb yang menyatakan tempat atau letak sesuatu terjadi. Place adverb dapat menjadi kelompok adverb yang berakhir dengan imbuhan “-wards” atau “-where” maupun yang tidak ada imbuhannya.

Khusus yang berakhiran “-where”, kadang juga bisa menjadi atau ditambahi place adverb yang berimbuhan “here”, seperti “somewhere”, atau place adverb lain yang spesial, seperti “else”.

Place adverb yang tidak memiliki imbuhan biasanya sekaligus berfungsi menjelaskan arah atau jarak sebagaimana juga letak sesuatu hal. Ada kalanya pula place adverb sama dengan preposition dalam menjelaskan tempat sesuatu berada.

Keseluruhan variasi place adverb tersebut akan lebih jelas bila kita melihat pada contoh-contoh penerapannya. Untuk permulaan, kita akan melihatnya dalam contoh-contoh kalimat pada poin artikel ini yang selanjutnya.

Contoh Penerapan Place Adverb pada Kalimat

Karena jumlah pembagian kelompok place adverb yang lebih dari satu, maka contoh penerapannya dalam kalimat pun lebih dari satu. Seperti biasa, place adverb akan ditandai dengan bold, sementara garisbawah menunjukkan kata atau frasa yang dipengaruhi oleh place adverb pada contoh kalimat. Berikut adalah contoh penerapan place adverb dalam kalimat beserta arti dan penjelasannya:

1. We will begin this task afterwards (Kita akan mulai tugas ini setelahnya).

Penjelasan:Afterwards” (setelahnya, sesudahnya) merupakan place adverb berakhiran “-wards” yang berasal dari “after” (setelah, sesudah). Ini merupakan place adverb yang terkait dengan penjelasan waktu, yakni untuk “begin this task” (mulai tugas ini).

2. I think we should seek the glasses somewhere else (Aku pikir kita harus mencari kacamatanya di tempat yang lain lagi).

Penjelasan: Karena ada “else” (lagi) setelah “somewhere” (di tempat yang lain), maka “somewhere else” menjadi place adverb yang spesial pada kalimat ini untuk memengaruhi “the glasses” (kacamatanya).

3. When will he continue in studying abroad? (Kapan ia lanjut studi ke luar negeri?)

Penjelasan:Abroad” (ke luar, biasanya ke luar negeri) merupakan place adverb tanpa imbuhan yang menyatakan arah atau jarak dengan letak secara bersamaan. Dalam contoh kalimat ini, letak dari “abroad” adalah tempat untuk “studying” (belajar atau studi).

4. She is always getting behind the news (Dia selalu ketinggalan berita).

Penjelasan: Place adverb behind” (di balik) dalam contoh kalimat ini menjelaskan “the news” (berita) sekaligus “getting” (mendapat). Adanya place adverb yang berperan sekaligus sebagai preposition ini berarti beritanya terletak di balik atau di belakang “she” (dia), sehingga arti yang lebih mudahnya adalah ketinggalan berita.

Demikian contoh penerapan place adverb dalam kalimat yang dapat kita pelajari. Selanjutnya, kita akan bergerak pada contoh penerapan place adverb pada contoh yang lebih lengkap dari kalimat, yakni percakapan.

Contoh Penerapan Place Adverb dalam Percakapan

Percakapan singkat dalam poin ini memiliki dialog yang ber-place adverb dan dapat kita pelajari bersama. Kita tidak hanya belajar tentang arti tiap baris dialognya, namun melalui place adverb yang di-bold, adanya kata dan frasa bergarisbawah sebagai penjelas, dan penjelasan di bagian akhir, akan membuat kita makin menguasai penggunaan place adverb pada percakapan berikut ini:

Rina and Rika’s Mother: You guys are Rina and Rika’s friends? Come on, get in! (Kalian temannya Rina dan Rika? Ayo, silahkan masuk!)

Hina: Whoa… So many old photographs around here! (Wah… Banyak sekali foto-foto lawas di sekitar sini!)

Rika: Rina and I have our own private collection eastwards. Come on, guys, I’ll be your guide! (Rina dan aku memiliki koleksi pribadi kami di bagian timur. Ayo, teman-teman, aku tuntun perjalanan kalian!)

Disco: Hey, hey… Hang on. I think I must’ve located my smartwatch somewhere! (Hei, hei… Tunggu. Sepertinya aku meletakkan jam tangan pintarku di suatu tempat yang lain!)

Rina: Eh…? We’re going through, so, perhaps later? (Eh…? Kita masih terus berjalan, jadi, mungkin nanti saja, ya?)

Kalau kita melihat contoh percakapan di atas, ada “eastwards” (di bagian timur) yang menjelaskan letak “private collection” (koleksi pribadi) dan “somewhere” (di suatu tempat yang lain) yang menjelaskan letak “smartwatch” (jam tangan pintar) sebagai place adverb berimbuhan “-wards” dan “-where” yang dapat kita pelajari.

Ada juga place adverb around” (di sekitar) dan “here” ((di) sini) yang saling berkaitan dalam baris dialog yang menjelaskan mengenai letak “old photographs” (foto-foto lawas). Dalam sebuah percakapan, “around” memang sering digunakan bersama dengan place adverb lainnya. Selain “around here” seperti contoh percakapan dalam artikel ini, ada juga “somewhere around here” (di suatu tempat sekitar sini) yang sering dipakai.

Place adverb lainnya yang muncul pada contoh percakapan di atas adalah place adverb in” (dalam) pada “get in” (masuk (ke dalam)) yang juga berupa preposition, mengingat Hina, Rika, Disco, dan Rina berada di dalam rumah Rika dan Rina saat mereka masuk. Selain itu, place adverb through” (lanjut atau maju terus) yang menjelaskan “going” (pergi atau berjalan) adalah place adverb yang menjelaskan arah dan jarak, karena hubungan arah dan jarak yang dekat dengan pergerakan orang menuju arah atau menempuh jarak tertentu.

Itu dia contoh penerapan place adverb dalam percakapan yang dapat kita pelajari. Poin terakhir artikel ini akan mengajak kita melihat contoh soal dan pembahasan place adverb dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris lainnya yang serupa.

Contoh Soal dan Pembahasan Place Adverb pada Tes TOEFL Maupun Tes-Tes Bahasa Inggris Sejenisnya

Dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris lainnya, place adverb sering muncul sebagai contoh soal melengkapi bagian kalimat yang rumpang. Variasi lain dari melengkapi bagian yang rumpang ini juga muncul dengan melengkapi sesuai bagian kata yang dikurung setelah bagian yang rumpang.

Agar lebih jelas, kita akan melihat 2 contoh soal place adverb beserta arti dan jawaban yang benar dalam bold di bawah ini. Pembahasan pada tiap contoh soal di bawah ini juga tersedia untuk kita yang ingin mendapat nilai lebih baik pada tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris sejenisnya:

1. “Gasp! I forget to locate my book. It is ________ to be sighted!”

a. somewhere        b. nowhere        c. there         d. here

(1. “Ya ampun! Aku lupa menaruh bukuku. Kok _________ kelihatan, ya!?”

a. di mana gitu        b. tidak ada        c. di sana        d. di sini)

Catatan: Karena keempat pilihan jawaban yang ada mengandungi “here”, maka soal seperti ini bisa saja mengecoh. Pilihan c dan d pasti salah, karena place adverb yang kurang lengkap dan salah tempat (“here” dan “there” seringkali diletakkan di bagian belakang kalimat). Pilihan a hanya digunakan ketika seseorang setengah atau sepenuhnya yakin akan peletakan barang tersebut. Karena dalam contoh soal orangnya benar-benar lupa, maka pilihan jawaban yang benar adalah b. nowhere.

2. Turn ______ (round), and you’ll see the supermarket in front of your sight.

a. round        b. rounds         c. around        d. roundabout

(2. _________ (bulat) balik, dan kamu akan melihat supermarket di depan matamu.

a. Bulat         b. Bulat-bulat        c. Putar        d. Ke bundaran (dan))

Catatan: Pilihan a dan b pasti salah, karena tidak membuat perbedaan apapun dari kata dalam kurung. Pilihan d hanya dapat digunakan untuk membahas jalan bundarannya saja, namun bukan untuk mengarahkan orang berputar balik. Karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan c. around.

Itulah serba-serbi place adverb yang dapat kita ambil pelajarannya. Artikel selanjutnya akan membahas mengenai kelompok adverb yang lain, yakni purpose adverb.

Penasaran seperti apa purpose adverb itu? Baca dan ikuti terus artikel tutorial bahasa Inggris dari kami, wahai learners!

Adverb

Artikel Lainnya

Grammar-Adverb: Time Adverb
Grammar-Adverb: Superlative Adverb
Grammar-Adverb: Purpose Adverb
Grammar-Adverb: Place Adverb
Grammar-Adverb: Manner Adverb
Grammar-Adverb: Frequency Adverb
Grammar-Adverb: Emphasizers Adverb
Grammar-Adverb: Downtoners Adverb
Grammar-Adverb: Amplifiers Adverb
Grammar-Adverb: Comparative Adverb

 

Grammar-Noun: Compound Noun
Grammar-Verb: Auxiliary Verbs vs Light Verbs
Grammar: Apa Itu Determiner?
Interjection (Kata Seru) dalam Bahasa Inggris
Grammar: Preference
Quantifier: Count vs Non Count, Large vs Small, Measurement, Comparative
Grammar Tenses: Future Perfect Tense
Grammar-Noun: Countable vs Uncountable Noun
Grammar Tenses: Present Perfect Continuous Tense
Grammar-Determiner: Quantifiers


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Apa itu Compound Word?
Sentences: What is Subject?
Clauses: Independent Clause dan Dependent Clause
Sentences: Parenthetical Expressions
Sentence Structure: Simple Sentence
Sentences: Declarative Sentence
Phrases: Adverb Phrase
Grammar-Verb: Transitive Verb
Grammar: Passive Voice
Grammar-Verb: Intransitive Verb