sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar-Adverb: Purpose Adverb

Halo, learners! Seperti yang dijanjikan pada artikel sebelumnya, kita akan membahas mengenai purpose adverb, yakni kelompok pelajaran bahasa Inggris yang juga tergolong dalam adverbs, dalam artikel ini.

Kita akan melihat secara umum penjelasan mengenai purpose adverb dalam poin selanjutnya pada artikel ini. Setelah itu, kita akan bersama-sama melihat bagaimana contoh purpose adverb diterapkan dalam kalimat, percakapan, serta contoh soal dan pembahasannya dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris serupa.

Penjelasan Mengenai Purpose Adverb

Purpose adverb atau yang disebut juga dengan adverb of purposes merupakan kelompok adverb yang menjelaskan tujuan atau sebab-akibat dari sesuatu. Secara umum, purpose adverb dibagi menjadi 2 jenis, yakni prepositional dan infinitive adverb.

For”, “because of”, “given (that)”, dan lain-lain merupakan beberapa contoh prepositional purpose adverb. Sementara itu, yang tergolong dalam infinitive adverb adalah apapun yang didahului dengan “to”, “in order”, “so as”, dan sebagainya.

Beberapa purpose adverb lain, seperti “hence”, “therefore”, “as a result”, dan lain-lain, lebih baik digunakan di awal kalimat. Jadi, kalaupun terpaksa menghubungkan purpose adverb semacam ini dengan “and” atau konjungsi lain, lebih baik memisahkannya dengan tanda titik, mengingat naturnya yang lebih sesuai diletakkan di depan kalimat.

Contoh Penerapan Purpose Adverb dalam Kalimat

Setelah kita mengetahui penjelasan secara umum tentang purpose adverb di atas, kita akan bergerak pada contoh penerapannya dalam kalimat. Contoh kalimat di bawah ini tidak hanya memberikan kita arti pada masing-masing contohnya, namun juga mengandungi penjelasan mengenai purpose adverb dan hal yang dijelaskan oleh purpose adverb yang ada.

Supaya memudahkan dalam belajar, purpose adverb dalam contoh-contoh kalimat ini dinyatakan dalam bold. Sementara itu, bila learners sekalian menemui garisbawah, maka itu adalah frasa yang dipengaruhi oleh purpose adverb. Ini dia contoh kalimat yang akan kita pelajari bersama:

1. Given the facts that he finished earlier, can he still get a place? (Karena dia selesai lebih dahulu, bisakah dia tetap mendapat tempat?)

Penjelasan: Ini contoh “given (that)” (karena, mengetahui) sebagai prepositional purpose adverb yang dapat diselipi dengan frasa lainnya, yakni “the facts” (faktanya, kadang tidak perlu dimasukkan dalam kalimat terjemahan bahasa Indonesianya). Selain itu, prepositional purpose adverb ini juga menjelaskan kenyataan “he finished earlier” (dia selesai lebih dahulu).

2. She feels she must be perfect in order to succeed (Dia merasa dia harus sempurna supaya sukses).

Penjelasan: Dalam contoh kalimat ini, “in order” (supaya) adalah infinitive purpose adverb yang digunakan untuk menjelaskan tujuan yang ingin dicapai dari kesempurnaan, yakni “to succeed” ((menjadi) sukses).

3. I’ve been familiar with the gaming industry since my Elementary School years until now. Hence, I believe I am qualified for this gaming job (Saya telah mengenal industri permainan sejak masa SD hingga sekarang. Karena itu, saya yakin saya memiliki kualifikasi untuk pekerjaan permainan ini).

Penjelasan: Beberapa purpose adverb tidak dapat berjalan dengan 1 kalimat saja, dan “hence” (karena itu) merupakan salah satunya. Dalam contoh kalimat ini, “hence” digunakan untuk menjelaskan akibat dari kalimat sebelumnya, yakni “I believe I am qualified for this gaming job” (saya yakin saya memiliki kualifikasi untuk pekerjaan permainan ini).

Itulah beberapa contoh kalimat yang dapat kita pelajari mengenai purpose adverb. Bagaimana dengan contoh penerapannya dalam percakapan? Simak poin di bawah ini, yuk!

Contoh Penerapan Purpose Adverb dalam Percakapan

Percakapan yang terdiri dari serangkaian kalimat merupakan contoh penerapan purpose adverb yang akan kita lihat setelah melihat contoh dalam kalimat pada poin sebelumnya.

Hampir mirip dengan contoh kalimat poin sebelumnya, akan ada arti yang menyertai tiap baris percakapan, bold yang menunjukkan penggunaan purpose adverb, garisbawah yang menunjukkan kata atau frasa yang dipengaruhi purpose adverb, serta penjelasan mengenai purpose adverb dan hubungannya pada contoh percakapan.

Berikut ini adalah contoh percakapan yang kita gunakan untuk belajar purpose adverb:

Boss: Jean, I notice you made 50% errors today. Therefore, before we give you the first warning in writing, I would like to know your reasons. (Jean, saya melihat Anda membuat 50% kesalahan hari ini. Karena itu, sebelum kami memberikanmu peringatan pertama yang tertulis, saya ingin tahu alasan Anda).

Jean: Let me see… *looks at her mistakes* I made these for a purpose of executing the third and all consecutive commands. (*melihat pada bagian yang disalahkan* Saya membuat ini untuk tujuan mengeksekusi perintah ketiga dan seterusnya).

Boss: You can’t make significant errors just to make the program running. Remember, the company counts on you. (Anda tidak boleh membuat kesalahan hanya untuk membuat program berjalan Ingat, perusahaan bergantung padamu.)

Jean: I understand, Boss. (Saya mengerti, Bos.)

Dari contoh percakapan di atas, kita dapat melihat prepositional maupun infinitive purpose adverb dapat digunakan untuk menjelaskan kata tunggal sebagaimana juga frasa dalam contoh penerapan pada kalimat di poin sebelumnya.

Hal ini ditunjukkan dengan “for (a purpose) of” (dengan tujuan (dari)) yang menjelaskan keadaan “executing” (mengeksekusi) dan “to” (untuk) yang menjelaskan akibat “make” (membuat), yakni membuat program berjalan. Selain itu, adanya “for (a purpose) of” (untuk (sebuah tujuan) dari) juga menyatakan prepositional adverb yang dapat diselipi dengan frasa lain, yakni “a purpose” ((sebuah) tujuan).

Selain itu, “therefore” ((oleh) karena itu) dapat digunakan sebagai purpose adverb untuk menggantikan “hence”. Biasanya, purpose adverb ini ada dalam kalimat-kalimat yang lebih formal, seperti kalimat si bos dalam contoh percakapan pada poin ini.

Contoh Soal dan Pembahasan Purpose Adverb pada Tes TOEFL Maupun Tes-Tes Bahasa Inggris Sejenis

Setelah mengetahui contoh-contoh penerapan praktisnya dalam kalimat dan percakapan, kini saatnya kita mengenal wujud purpose adverb dalam tes, yakni TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris yang serupa.

Dalam aneka tes semacam ini, purpose adverb kerap muncul sebagai soal yang mengharuskan kita merampungkan bagian kalimat yang rumpang. Ada kalanya bagian kalimat ini kita lengkapi tanpa panduan kata dalam tanda kurung, ada kalanya kita diberi panduan kata dalam tanda kurung sebagai acuan untuk melengkapi kalimat.

Kedua contoh soal beserta artinya di bawah ini mengilustrasikan bagaimana purpose adverb muncul. Supaya kita lebih mudah mengetahui jawaban yang benar, jawaban benar akan di-bold dan akan ada pembahasan untuk tiap contoh soal di bawah ini:

1. This step should be done ______ for you to continue.

a. in order        b. so that        c. in case        d. so as

(1. Langkah ini harus dilakukan _______ kamu dapat melanjutkan.

a. supaya        b. supaya        c. semisal         d. sebagaimana)

Catatan: Dari arti atau terjemahannya, kita langsung dapat mengeliminasi 2 pilihan yang salah, yakni pilihan jawaban c dan d. Karena “so that” (supaya) sudah ada kata penghubung “that”, maka seharusnya tidak perlu ada “for”, jadi pilihan b juga salah. Karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah a. in order.

2. There is one error at the beginning. ___________ (result), we have to start over.

a. As results        b. Consequently        c. Consequent        d. However

(2. Ada satu kesalahan di awal. _________ (hasil), kita harus mulai dari awal.

a. Sebagai hasil        b. Hasilnya        c. Konsekuen         d. Namun)

Catatan: Dua pilihan salah dan tidak lengkap yang dapat kita eliminasi adalah pilihan a dan c. Pilihan d salah, karena kesalahan akan membuat seseorang mulai (ulang) dari awal, bukan sebaliknya. Karena itu, jawaban yang benar untuk contoh soal ini adalah b. Consequently.

Demikianlah hal yang dapat kita pelajari dari purpose adverb. Masih berkaitan dengan adverb, artikel selanjutnya akan mengajak kita untuk mempelajari superlative adverb. Ingin tahu seperti apa pelajarannya? Simak saja artikel tutorial bahasa Inggris dari kami yang selanjutnya!

Adverb

Artikel Lainnya

Grammar-Adverb: Time Adverb
Grammar-Adverb: Superlative Adverb
Grammar-Adverb: Purpose Adverb
Grammar-Adverb: Place Adverb
Grammar-Adverb: Manner Adverb
Grammar-Adverb: Frequency Adverb
Grammar-Adverb: Emphasizers Adverb
Grammar-Adverb: Downtoners Adverb
Grammar-Adverb: Amplifiers Adverb
Grammar-Adverb: Comparative Adverb

 

Sentences: Run-On Sentence
Grammar-Verb: Light Verb
Sentences: Parenthetical Expressions
Apa itu Sentence Modifier?
Grammar-Noun: Collective Noun
Grammar: Apa Itu Determiner?
Verb Mood: Indicative, Imperative, Subjunctive, dan Infinitive
Grammar-Verb: Irregular Verb
Grammar Tenses: Simple Past Tense
Clauses: Independent Clause dan Dependent Clause


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Quantifier: Perbedaan Many, Much dan A Lot Of
Aturan Menggabung Kalimat Bahasa Inggris
Clauses: Adjective Clause
Sentence Structure: Complex Sentence
Sentences: Imperative Sentence (Kalimat Perintah)
Phrases: Noun Phrase
Phrases: Verb Phrase
Verb: Present Participle
Verb: Main Verb+Auxiliary Verb
Grammar-Verb: Modal Verb