sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar-Adverb: Apa itu Time Adverb?

Yak! Akhirnya, kita sampai juga pada pembahasan akhir dari kelompok adverb yang terdapat pada pelajaran bahasa Inggris. Salah satu anggota kelompok adverb tersebut adalah time adverb.

Penjelasan Mengenai Time Adverb

Time adverb, atau yang disebut juga dengan adverb of time, merupakan bentuk adverb yang menjelaskan waktu dari sesuatu yang terjadi. Kategori waktu dalam time adverb sendiri tidak hanya soal pertanyaan “when” (kapan), tetapi juga “how long” (berapa lama) dan “frequency” (frekuensi atau seberapa sering) sesuatu terjadi.

Selain ketiga pertanyaan tersebut, kelompok kata semacam “yet” atau “still” juga dapat menjadi time adverb. Kata-kata ini digunakan ketika seseorang tidak yakin mengenai kapan, berapa lama, atau seberapa sering sesuatu terjadi. Karena natur kata yang sama demikian, ini menambah satu kategori lagi dalam time adverb, yakni time adverb yang tidak pasti.

Agar lebih jelas, alangkah baiknya kita melangkah pada contoh penerapan time adverb pada kalimat. Karena itu, yuk, learners, mari membaca poin berikutnya!

Contoh Penerapan Time Adverb dalam Kalimat

Dari penjelasan mengenai time adverb di atas, kita mengetahui ada 4 kategori time adverb. Keempat kategori tersebut tercermin dalam contoh penerapan kalimat-kalimat dalam poin ini.

Seperti biasa, tiap contoh kalimat dilengkapi dengan arti dan penjelasan. Selain itu, supaya memudahkan untuk melihat time adverb dan yang dipengaruhinya, time adverb akan di-bold, sementara itu yang dipengaruhi time adverb akan digarisbawahi.

Berikut adalah contoh kalimat yang mengandungi time adverb dan dapat kita pelajari:

1. We’ll start looking for your files tomorrow (Kami akan mulai mencari file-mu besok).

Penjelasan:Tomorrow” (besok) merupakan time adverb jenis “when” yang paling sering digunakan. Dalam contoh kalimat ini, yang akan dilakukan besok adalah “looking for your files” (mencari file-mu).

2. She has been working here since 3 years ago (Dia telah bekerja di sini sejak 3 tahun lalu).

Penjelasan:Since” (sejak) pada “since 3 years ago” (sejak 3 tahun lalu) merupakan time adverb jenis “how long” yang tidak dapat diukur rentang jarak hari, minggu, atau bulannya dari sekarang ini. Dalam contoh kalimat ini, yang sudah dilakukan sejak 3 tahun lalu adalah “has been working here” (sudah bekerja di sini).

4. Please clean these dishes daily (Tolong cuci piring-piring ini tiap hari).

Penjelasan:Daily” (tiap hari) merupakan time adverb jenis “frequency” yang juga sering digunakan. Dalam contoh kalimat ini, yang harus dilakukan tiap hari adalah “clean these dishes” (mencuci piring-piring ini).

5. My soul mate is yet to come (Jodohku sedang datang).

Penjelasan:Yet” (masih atau sedang) merupakan time adverb yang menandakan ketidakpastian, namun yang mengatakan percaya hal tersebut akan datang. Dalam contoh kalimat ini, kedatangan “my soul mate” (jodohku) belum pasti datangnya kapan, namun yang mengatakan percaya jodohnya pasti sedang datang.

Jadi, itulah keempat contoh kalimat yang dapat kita pelajari dan mengandungi time adverb. Selanjutnya, kita akan belajar mengenai contoh penerapan time adverb dalam percakapan.

Contoh Penerapan Time Adverb dalam Percakapan

Contoh percakapan yang mengandung time adverb di bawah ini akan memberikan kita gambaran yang lebih luas mengenai natur time adverb itu sendiri. Agar memudahkan, tiap baris percakapan dilengkapi dengan arti.

Selain itu, ingat, bila menemukan bold, maka itulah time adverb. Bila ada garisbawah, itulah hal yang dipengaruhi oleh time adverb. Penjelasan akan tersedia setelah contoh percakapan berikut ini:

Kacung: Tomorrow will be the 5th year of my deceased wife’s day(Besok akan menjadi peringatan tahun kelima kepergian almarhum istriku…)

Pia: (What…?! Kacung had a wife?) Kacung, please tell me about your wife… Like, how long you’ve been together? ((Apa…?! Kacung pernah punya istri?) Kacung, tolong ceritakan aku soal istrimu… Misalnya, berapa lama kalian sudah bersama?)

Kacung: We’ve been together since 9 years ago… Or, the first year of her illness. I almost always go back and forth to hospital just to see her. (Kami sudah bersama sejak 9 tahun lalu… Atau, tahun pertama dari penyakitnya. Aku hampir selalu bolak-balik rumah sakit hanya untuk menjenguknya.)

Rina: That’s… Sad. *looks on Kacung and his deceased wife’s activity photos* Anyway, Kacung… I am intrigued with that park’s image. (Itu… Sedih. *kemudian melihat pada foto aktivitas Kacung dan almarhum istrinya* Oh ya, Kacung… Aku penasaran dengan foto taman itu.)

Kacung: That was supposed to be “Our Eden”’s prequel, our self-directed film that is yet to be realized. Too bad, my wife died before the film airs. (Itu harusnya prekuel “Our Eden”, film yang kami sutradarai sendiri yang hendak tayang. Sayang, istriku meninggal sebelum filmnya tayang.)

Dari contoh percakapan di atas, time adverb tidak selamanya ditempatkan di belakang kalimat, seperti pada “since 9 years ago” (sejak 9 tahun lalu). Ada kalanya time adverb ditaruh di bagian depan, seperti pada “tomorrow” (besok). Ada kalanya pula time adverb ditaruh di bagian tengah, seperti “almost always” (hampir selalu) dan “yet” (masih).

Peletakkan “tomorrow” (besok) di bagian awal kalimat memperkuat kesan mendalam dari kejadian peringatan 5 tahun kematian istri Kacung. Karena sifatnya belum terjadi saat ini, maka “will be” (akan) digunakan setelah tomorrow. Hal ini berbeda dengan “since 9 years ago” yang menjelaskan kebersamaan Kacung dengan istrinya yang sudah berlalu yang menggunakan “have been” atau bentuk ketiga masa lampau.

Kata “almost” (hampir) pada time adverb almost always” (hampir selalu) mengindikasikan frekuensi yang mendekati. Berapa persisnya mendekati tidak tahu, yang penting sedikit lagi bisa disetarakan dengan selalu atau “always”. Ini mirip dengan “yet” yang melekat pada “to be realized” (direalisasikan atau hendak tayang), bedanya, “yet” lebih tidak pasti lagi.

Kini setelah mengetahui contoh penerapan dalam kalimat dan percakapan, kita akan bergerak pada contoh soal dan pembahasan time adverb pada tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris sejenis.

Contoh Soal dan Pembahasan Time Adverb pada Tes TOEFL Maupun Tes Bahasa Inggris Sejenis

Dalam tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris sejenis, time adverb sering muncul sebagai soal yang mengharuskan kita memilih kalimat yang menggunakan time adverb dengan benar. Alternatifnya, bentuk soal yang lazim seperti pilihan ganda untuk melengkapi kalimat dengan panduan dalam kurung dapat juga muncul.

Kedua contoh soal beserta artinya di bawah ini mengilustrasikan wujud time adverb. Agar lebih mudah dipelajari, jawaban yang benar di-bold dan penjelasan akan memuat alasan mengapa jawaban atas contoh-contoh soal di bawah ini adalah yang benar:

1. Which sentence uses the right “almost”?

a. We’re almost always visiting their home.
b. We always almost visit that place.
c. We almost are always getting there.
d. We always are almost going inside.

(1. Kalimat mana yang menggunakan “hampir” dengan benar?

a. Kami hampir selalu mengunjungi rumahnya.
b. Kami selalu hampir mengunjungi tempat itu.
c. Kami hampir selalu berangkat ke sana.
d. Kami selalu hampir pergi ke dalam.)

Catatan: Dari terjemahannya, kita dapat mengeliminasi dua pilihan jawaban salah, yakni pilihan b dan d. Secara susunan grammar, pilihan c juga salah, sehingga tidak dapat dipilih. Karena itu, jawaban yang benar adalah pilihan a.

2. They are __________ (100%) doing their homework diligently.

a. often        b. always        c. seldom         d. occasionally

(2. Mereka ____________ (100%) mengerjakan PR mereka dengan rajin.

a. sering         b. selalu        c. jarang        d. kadang-kadang)

Catatan: Kapanpun pertanyaan dengan panduan dalam kurung ini muncul, selalu perhatikan yang ada dalam kurung, apapun itu. Seratus persen (100%) selalu “always”, apapun variasi frequency time adverbs yang ada. Karena itu, jawaban yang tepat adalah b. always.

Itulah serba-serbi pelajaran time adverb yang dapat kita petik. Dalam artikel berikutnya, kita akan mulai mempelajari sesuatu yang berbeda, yakni kelompok “articles”…

Jangan heran dulu, learners! “Articles” yang dimaksud bukan artikel seperti tulisan yang sering kita lihat. Ini juga merupakan rangkaian tutorial bahasa Inggris dengan komponen pelajaran yang berbeda. Penasaran seperti apa jenis “articles”-nya? Yuk, simak terus artikel tutorial bahasa Inggris kami!

Adverb

Artikel Lainnya

Grammar-Adverb: Apa itu Time Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Superlative Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Purpose Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Place Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Manner Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Frequency Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Emphasizers Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Downtoners Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Amplifiers Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Comparative Adverb?

 

Grammar: Apa itu Prepositional Phrase?
Grammar-Pronoun: Relative Pronoun vs Interrogative Pronoun
Verb -ing: Perbedaan Gerund vs Present Participle
Grammar-Pronoun: Mengenal Apa Itu Pronouns
Grammar-Determiner: Apa itu Quantifiers?
Grammar-Noun: Apa itu Proper Noun?
Grammar: Apa itu Compound Sentence?
Grammar-Pronoun: Apa itu Personal Pronoun?
Grammar-Adjective: Nominal Adjectives – Part 2
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund


 
Apa itu Phrasal Verbs?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs
List Kata Kerja yang Diikuti Gerund dan Infinitive