sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar-Clauses: Apa itu Adverb Clause?

Adverb clause berarti sebuah kata atau kalimat yang terdiri dari subject dan verb yang kemudian berfungsi sebagai pelengkap di dalam sebuah kalimat.

Seringkali adverb clause menjadi sebuah unsur penting di dalam sebuah kalimat dalam menjelaskan hal-hal penting yang mendukung sebuah kejadian, seperti misalnya dimana kejadian tersebut terjadi, mengapa kejadian tersebut terjadi, seberapa besar pengaruh yang diberikan atas kejadian itu, dan bagaimana kejadian tersebut terjadi misalnya.

Kalimat dan kata kata yang digunakan di dalam adverb clause juga bermacam-macam dan memiliki banyak jenis pengaruh terhadap kalimat. Berikut adalah beberapa contoh dari kalimat yang menggunakan adverb clause:

  • Whether you like it or not, you will come to the party with me tomorrow. (Tidak pengaruh apakah kamu suka atau tidak, kamu akan datang ke pesta bersamaku besok.)
  • You will miss the school-bus that is coming in 20 minutes unless you get hurry. (Kamu akan kelewatan bus sekolah yang akan datang 20 menit dari sekarang kecuali kamu cepat bergegas.)
  • Although she has the psychology degree in her bachelor, she still works for her business that she’s been building for two years. (Walaupun dia punya gelar sarjana psikologi, dia tetap bekerja untuk bisnis yang telah ia bangun selama dua tahun.)
  • Before you go there to meet him, you need to know that he already has a girlfriend now. (Sebelum kamu pergi untuk menemuinya, kamu harus tau bahwa dia sudah punya pacar sekarang.)
  • My son can swim in the pool as long as I give him the sun-block lotion. (Anak laki-laki saya dapat berenang di kolam renang asalkan saya memberikannya sunblock.)
  • No matter how many times I try to stop this addiction, I just cannot get over the cigarettes. (Tidak peduli seberapa sering saya mencoba untuk menghentikan adiksi ini, saya tetap tidak bisa berhenti merokok.)
  • If you promise to do something, you need to do it. It’s called integrity. (Kalau kamu berjanji untuk melakukan sesuatu, kamu harus melakukannya. Itu yang dinamakan integritas.)
  • While others choose to have the french fries as the side, Rachel chose to have rice with her steak. It is weird. (Ketika orang lain memilih kentang goreng sebagai makanan, Rachel memilih nasi untuk disajikan bersama dengan steak nya. Itu hal yang aneh.)
  • Her mother doesn’t let her to go watch the movie, even if she’s actually already an adult. (Mama-nya tidak memperbolehkannya pergi menonton film, bahkan ketika dia sudah dewasa.)

  • In order for you to have that ticket, you should go to the theatre much faster than the others. (Untuk kamu dapat bisa mendapatkan tiket itu, kamu harus pergi ke teater lebih cepat dari yang lainnya.)
  • I think she’s going crazy because she loves him very much. (Saya rasa dia bisa menjadi gila karena dia cinta banget sama dia.)
  • She likes the car her husband just bought more than her husband does. (Dia menyukai mobil yang dibeli suaminya lebih dari suaminya menyukai mobil itu.)
  • Once you tell him the truth, I think he will get panic and will not talk to you for a long time. (Sekali kamu memberitahu kenyataan itu kepadanya, saya rasa dia akan menjadi panik dan tidak akan berbicara denganmu untuk waktu yang lama.)
  • I think this is the last time you will see him. He’s going to France tomorrow, as far as I know. (Saya rasa ini adalah yang terakhir kalinya kamu akan melihatnya. Dia akan pergi ke Prancis besok, sejauh yang saya tau.)
  • He ran the race as though his life depended on it. (Dia berlari di perlombaan itu seakan akan hidupnya bergantung dari itu.)
  • Since she will not come for at least 20 minutes from now, I will go and look for food before. (Karena dia tidak akan datang untuk setidaknya 20 menit dari sekarang, saya akan keluar dan mencari makanan sebelum itu.)
  • You must keep practicing until you become the best. (Kamu harus terus menerus berlatih sampai kamu menjadi yang terbaik.)
  • Give me a call when you arrive at your home later. (Telpon saya nanti ketika kamu sudah sampai di rumah.)
  • If you pay your bills on time, you will not have any problem regarding the store credit like you’re having now. (Apabila kamu membayar tagihan kamu tepat waktu, kamu tidak akan mendapatkan masalah terkait masalah kredit di supermarket seperti yang kamu miliki sekarang.)
  • Supposing your husband is cheating on you, will you get mad and ask for a divorce? (Katakanlah suamimu selingkuh, apakah kamu akan marah dan meminta perceraian?)

Contoh dari adverb clause akan menjadi sangat banyak apabila semuanya diperjelas secara lebih rinci, tetapi dapat dilihat bahwa yang menjadi ciri khas dari adverb clause adalah mereka menggunakan subyek dan verb namun kalimatnya berfungsi sebagai kalimat pelengkap.

Kebanyakan dari adverb clause akan berupa kalimat penyambung atau yang sering disebut sebagai conjunction, walaupun pada awalnya akan membingungkan, namun seiring dengan latihan terus menerus, kita akan dengan lebih mudah mengerti penggunaan adverb clause dengan lebih baik lagi dari percakapan sehari-hari atau percakapan yang ada di situasi formal seperti situasi kantor atau situasi email.

Selamat belajar dan selamat berbahasa inggris!

 

Grammar Tenses: Apa itu Past Perfect Continuous Tense?
Grammar-Adverb: Apa itu Time Adverb?
Sentences: Apa itu Imperative Sentence (Kalimat Perintah)?
Grammar-Clauses: Apa itu Adverb Clause?
Grammar-Pronoun: Relative Pronoun vs Interrogative Pronoun
Grammar-Adjective: Nominal Adjectives – Part 2
Grammar-Adjective: Apa itu Degree of Comparison?
Grammar: Apa itu Phrase (Frasa)?
Sentences: Apa itu Declarative Sentence?
Grammar: Apa itu Misplaced Modifiers?


 
Apa Itu Collective Noun?
Verb Tenses: Berbeda Waktu, Berbeda Pula Kata Kerjanya
Mengenal Lebih Jauh “Simple Past Tense”
Adverb of Frequency: Always, Usually, Often, Sometimes, Never
Apa itu Phrasal Verbs?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object