sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar-Determiner: Apa itu Indefinite Determiner?

Kalau kita belajar mengenai definite determiner pada artikel lalu, kini kita belajar tentang satu lagi kelompok determiner yang berkaitan dengan definite determiner. Namanya pun hampir sama, yakni indefinite determiner.

Meskipun namanya hampir sama, ada perbedaan antara penjelasan indefinite determiner dengan definite determiner. Karena itu, contoh-contoh penerapannya dalam kalimat, percakapan, maupun contoh soal dan pembahasan pada tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris lainnya juga berbeda-beda.

Namun, sebelum menyimak contoh-contohnya, ada baiknya kita melihat penjelasan indefinite determiner pada poin berikut ini:

Penjelasan Mengenai Indefinite Determiner

Bila definite article (“the”) merupakan bagian dari definite determiner, maka indefinite article (“a” atau “an”) merupakan salah satu bagian kecil dari indefinite determiner. Selain indefinite article, indefinite determiner juga terdiri atas berbagai kata yang menyatakan sesuatu dalam jumlah atau bentuk “tertentu, namun tidak dapat dipastikan,”

Berbagai kata indefinite determiner yang menyatakan jumlah atau bentuk tertentu tersebut misalnya “some” atau “any”. “Some” atau “any” dalam indefinite determiner dapat diletakkan di bagian kalimat manapun, dan harus dibedakan dengan “some” atau “any” pada “somewhere”, “anywhere”, “anyhow”, “somehow”, dan lain-lain.

Contoh penerapan indefinite determiner pada kalimat-kalimat dalam poin di bawah ini memperlihatkan dengan lebih jelas penggunaan indefinite determiner. Jadi, learners, siap untuk menapaki poin selanjutnya?

Contoh Penerapan Indefinite Determiner Dalam Kalimat

Seperti contoh penerapan pada artikel-artikel sebelumnya, contoh penerapan indefinite determiner dalam contoh kalimat di bawah ini memiliki 3 panduan utama, yakni arti dalam tiap contoh kalimat, bold pada indefinite determiner, dan garisbawah pada kata atau frasa yang dipengaruhi oleh indefinite determiner.

Setelah contoh kalimat di bawah ini, kita akan menyimak penjelasannya. Harapannya, learners sekalian dapat benar-benar menjadikan contoh kalimat di bawah ini acuan untuk belajar mengenai dan memahami indefinite determiner:

1. An error is occurred in my computer (Sebuah kesalahan terjadi dalam komputer saya).

Penjelasan:An” (sebuah) dalam contoh kalimat ini adalah contoh indefinite article yang merupakan sebagian kecil dari indefinite determiner. Dalam hal ini, “an” membatasi arti “error” (kesalahan) yang terletak pada komputer, di mana kesalahan ini tidak diketahui persisnya apa dan berapa.

2. I’d love to drink some hot chocolate, please (Aku ingin minum minuman cokelat panas, ya).

Penjelasan: Sebagai indefinite determiner yang menyatakan jumlah tertentu yang tidak pasti, “some” (beberapa) di sini membatasi “hot chocolate” (minuman cokelat panas) dalam jumlah takaran tertentu saja.

3. Have you got any name tags? (Apakah kamu memiliki penanda nama apapun?)

Penjelasan:Any” (apapun) pada “name tags” (penanda nama) dalam contoh kalimat ini bukan hanya menyatakan penanda nama dalam jumlah tertentu yang tidak pasti, namun contoh kalimat seperti ini juga dapat digunakan pada situasi yang menggunakan penanda nama dengan lebih dari 2 jenis yang berbeda bentuk.

Demikian contoh penerapan indefinite determiner dalam kalimat. Untuk selanjutnya, kami akan mengajak learners sekalian melihat contoh penerapannya dalam hal yang lebih lengkap, yakni percakapan.

Contoh Penerapan Indefinite Determiner Dalam Percakapan

Tiap baris dialog yang terdapat pada contoh percakapan poin ini akan dilengkapi dengan arti untuk memudahkan kita mengikuti alurnya dengan baik. Selain itu, ada bold sebagai penanda indefinite determiner dan garisbawah untuk menandai kata atau frasa yang dipengaruhi oleh indefinite determiner.

Tidak lupa, agar kita benar-benar memahami indefinite determiner, ada penjelasan sesudah contoh percakapan. Namun, sebelum melangkah ke penjelasannya, alangkah baiknya kita menyimak contoh percakapan yang mengandungi indefinite determiner berikut ini:

Niki: Hey, have you guys got any keychain for gaming?

(Niki: Hei, apakah kalian sudah memiliki gantungan kunci untuk bermain permainan?)

Joe: Did you mean a keychain which appearance is similar to an ice cream?

(Joe: Apakah maksudmu gantungan kunci yang tampilannya mirip dengan es krim?)

Niki: Not an ice cream, it’s a torch-shaped keychain!

(Niki: Bukan es krim, tetapi itu adalah gantungan kunci berbentuk obor!)

Rina: Torch-shaped keychain? Wait, I think I’ve got some of them.

(Rina: Gantungan kunci berbentuk obor? Tunggu, sepertinya aku punya beberapa.)

Niki: That’s cool! Now, I can truly master of my mobile game.

(Niki: Keren! Sekarang, aku bisa benar-benar menguasai permainan telepon pintarku.)

Contoh percakapan di atas mengandungi 3 indefinite determiner sekaligus, yakni indefinite article berupa “a” dan “an”, “some (of)”, serta “any”. Untuk indefinite article, “a” digunakan untuk “keychain” (gantungan kunci) dan “torch” (obor), karena keduanya berawal dengan huruf mati. Sementara itu, “ice cream” (es krim) menggunakan “an”, karena awalannya huruf hidup.

Kata yang dipengaruhi indefinite article juga dapat tersambung dengan kata lain untuk menjelaskan kata lainnya, seperti “-shaped” (berbentuk) pada “torch” untuk menjelaskan “keychain”.

Sebagai indefinite determiner, “some” selalu merujuk pada sesuatu yang berjumlah lebih dari 2, meskipun jumlah persisnya tidak pasti. Seperti yang terdapat pada contoh percakapan, “some” dapat ditambahi “of” untuk memperjelas makna. Ada kalanya bentuk atau wujud yang ditunjuk pun tidak langsung pada objeknya, seperti kata “them” (dari mereka) yang secara tidak langsung merujuk pada “keychain” yang dicari Niki.

Any” sebagai satu lagi indefinite determiner yang menjelaskan sesuatu yang tidak dapat dipastikan selalu diikuti dengan kata singular, seperti “keychain” pada baris dialog pertama. Alasannya, jumlahnya saja tidak jelas, dan “any” itu hanya merujuk pada kelompok “keychain” itu saja.

Kini, kita telah mengetahui contoh penerapan indefinite determiner pada kalimat dan percakapan, sebagaimana juga pengertian atau penjelasannya. Bagaimana wujudnya sebagai contoh soal dan pembahasan di tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris serupa? Simak ulasannya pada poin berikut ini!

Contoh Soal dan Pembahasan Indefinite Determiner Dalam Tes TOEFL Atau Tes-Tes Bahasa Inggris Serupa

Ketika menghadapi tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris yang serupa, indefinite determiner muncul dalam 2 wujud contoh soal yang hampir mirip jenisnya dengan definite determiner pada artikel sebelumnya. Kedua wujud itu adalah melengkapi bagian kalimat yang rumpang dan written expression untuk memilih pilihan yang salah.

Bold yang digunakan pada poin ini menandakan jawaban yang benar untuk tiap 2 contoh soal yang ada. Bersamaan dengan arti pada tiap contoh soal, kami juga akan memberikan poin pembahasan tersendiri untuk jawaban benar, sehingga learners sekalian akan makin pandai memecahkan contoh soal seperti yang ada di bawah ini:

1. ____ of you may not understand what we’re trying to say.

a. Any     b. Some     c. A little     d. There

(1. _____ dari kalian mungkin tidak mengerti apa yang hendak kami katakan.

a. Apapun     b. Beberapa     c. Sedikit     d. Ada)

Catatan: Seperti kebanyakan contoh soal pilihan ganda, kita lihat dahulu pada pilihan jawaban yang sudah pasti tidak bisa dipilih, yakni pilihan jawaban c dan d. Pilihan a hanya digunakan untuk benda, bukan manusia. Karena “you” pasti manusia, maka pilihan b. some merupakan jawaban yang tepat.

2. Choose the wrong answer:

An newspaper has been tear down into small pieces.

A     B     C     D

(2. Pilih jawaban yang salah:

Sebuah koran telah tersobek-sobek menjadi beberapa bagian yang kecil.)

A     B     C     D

Catatan: Selain “university”, “universe”, dan semacamnya yang memiliki awalan huruf berbeda antar tertulis dengan ucapan, kata berawalan n seperti “newspaper” (koran) juga dapat mengecoh, terutama pada aneka soal written expression TOEFL seperti contoh ini.

Namun, kita harus ingat, bahkan saat diucapkan pun, “newspaper” tetap berawalan huruf mati, karena itu kita harus memilih a sebagai pilihan jawaban untuk soal “memilih jawaban yang salah” semacam ini.

Sekian pelajaran mengenai indefinite determiner. Karena masih ada satu lagi kelompok determiner, yaitu quantifier, kita akan tuntaskan pelajarannya dalam artikel mendatang. Karena itu, ikuti dan baca terus artikel tutorial bahasa Inggris dari kami, supaya tidak ketinggalan pelajaran bahasa Inggris yang dijamin membuat learners sekalian makin pintar!

Determiner

Artikel Lainnya

Grammar: Perbedaan Definite vs Indefinite Determiner
Grammar: Apa Itu Determiner?
Grammar-Determiner: Apa itu Quantifiers?
Grammar-Determiner: Apa itu Indefinite Determiner?
Grammar-Determiner: Apa itu Definite Determiner?

 

Grammar-Conjunction: Apa itu Subordinating Conjunction?
Grammar-Noun: Common Noun vs Proper Noun
Grammar-Verb: Apa itu Linking Verb?
Grammar-Pronoun: Relative Pronoun vs Interrogative Pronoun
Grammar-Adverb: Apa itu Purpose Adverb?
Grammar: Apa itu Noun Clause?
Grammar-Noun: Apa itu Abstract Noun?
Grammar-Comparison Adverb: Comparative vs Superlative
Quantifier: Perbedaan Many, Much dan A Lot Of
Grammar-Conjunction: Apa itu Correlative Conjunction?


 
Apa itu Phrasal Verbs?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs