sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar-Determiner: Apa itu Quantifiers?

Satu lagi kelompok determiner yang akan kita pelajari dalam artikel ini adalah quantifiers. Dari namanya saja, mungkin kita langsung mengerti adanya keterkaitan quantifiers dengan bilangan atau hitungan.

Kendati demikian, tidak ada salahnya kita belajar lebih lanjut mengenai pengertian quantifiers itu sendiri. Dalam poin-poin selanjutnya, kami juga akan membantu learners sekalian untuk lebih memahami quantifiers dari contoh kalimat, percakapan, dan contoh soal serta pembahasannya dalam tes TOEFL atau tes bahasa Inggris lain yang serupa.

Pengertian Mengenai Quantifiers

Bila dikatakan quantifiers ada kaitannya dengan bilangan atau hitungan, maka itu adalah hal yang benar. Alasannya, quantifiers terbagi menjadi kategori uncountable dan countable. Ada kalanya quantifiers digunakan untuk menjawab pertanyaan “how much?” (untuk uncountable) atau “how many?” (untuk countable).

Selain “much” untuk uncountable dan “many” untuk countable, quantifiers juga terdiri atas berbagai frasa lain yang fungsinya sama, yakni menyatakan uncountable atau countable. Misalnya, ada “a great deal of”, “a little”, “a large number”, dan lain-lain sebagai bentuk uncountable, dan “both (of)”, “either”, “a few”, “a number of”, dan lain-lain untuk countable-nya.

Ada juga beberapa quantifiers yang berfungsi sebagai uncountable sekaligus countable, misalnya, “none of”, “less”, “(at) all”, “a lot of / lots of”, dan sebagainya. Supaya lebih jelas tentang penggunaan aneka quantifiers ini, tidak ada salahnya kita lanjut ke poin selanjutnya, yaitu pemaparan contoh penerapan quantifiers dalam kalimat.

Contoh Penerapan Quantifiers Dalam Kalimat

Berbagai contoh kalimat yang terdapat dalam poin ini mengilustrasikan penggunaan quantifiers dalam fungsi uncountable maupun countable. Kita pun dapat menyimaknya dengan panduan bold untuk quantifiers dan garisbawah untuk kata atau frasa yang dipengaruhi oleh quantifiers, di samping juga arti dari masing-masing contoh kalimat.

Dalam tiap contoh kalimat di bawah ini, ada juga penjelasan mengenai quantifiers yang dapat kita simak untuk mempermudah pembelajaran quantifiers:

1. They suffered a great deal of pain (Mereka menderita sakit yang agak parah).

Penjelasan:Pain” (sakit) yang melekat pada “a great deal of” (agak parah) sebagai uncountable quantifiers dalam kalimat ini tidak dapat ditentukan atau diukur dengan pasti. Karenanya, yang digunakan adalah uncountable quantifiers.

2. Both of them passed the exam (Mereka berdua lulus ujian).

Penjelasan: Dilihat dari terjemahannya, sudah jelas jumlah “them” (mereka), yakni dua. Karena ada dua dan jumlahnya pasti, maka quantifiers yang digunakan dalam contoh kalimat ini adalah countable quantifiers yang menyatakan jumlah dua, yakni “both (of)” (berdua).

3. We don’t have breads at all (Kami sama sekali tidak memiliki roti).

Penjelasan:Breads” (roti) memiliki wujud, dan dapat dihitung dengan pasti. Jadi, dalam hal contoh kalimat ini, “at all” (sama sekali) menjelaskan tentang sesuatu yang countable, yakni “breads”.

4. The steak contains a lot of fat (Daging steak-nya mengandungi banyak lemak).

Penjelasan: Karena “fat” (lemak) merupakan senyawa yang susah (atau mungkin, tidak bisa) dihitung, maka “a lot of” (banyak) sebagai quantifiers dalam contoh kalimat ini menjelaskan mengenai sesuatu yang uncountable, yakni “fat”.

Demikianlah contoh kalimat yang dapat learners sekalian jadikan acuan untuk belajar mengenai quantifiers. Dalam poin selanjutnya, kita akan melihat bagaimana quantifiers ini diterapkan pada contoh percakapan.

Contoh Penerapan Quantifiers Dalam Percakapan

Hampir sama seperti contoh kalimat dalam poin sebelumnya, ada bold sebagai penanda quantifiers dan garisbawah sebagai penanda kata atau frasa yang dipengaruhi quantifiers sebagai “pemandu tetap” kita untuk mempermudah pembelajaran.

Tidak lupa, ada arti dalam tiap baris dialog sekaligus penjelasan quantifiers di akhir contoh kalimat. Supaya makin menguasai materi quantifiers, yuk, simak saja contoh percakapan berikut ini:

Rika and Rina’s Mother: A large number of guests are outside our house! We’d better serve them.

(Ibu Rika dan Rina: Tamu dalam jumlah yang besar berada di luar rumah kita! Mari kita layani mereka.)

Rika: Uh, mom… None of us have decent snacks to be served.

(Rika: Ah, ibu… Tidak ada di antara kami yang memiliki makanan kecil enak untuk dihidangkan.)

Rina: We also have less sugar than ever! What are we going to do?

(Rina: Kami juga memiliki gula yang lebih sedikit dari biasanya! Apa yang harus kami lakukan?)

Rika and Rina’s Mother: *points to the nearest chocolate box* We do have a few grams of caramel-filled chocolates over there. Rika and Rina, go grab those and serve to our guests!

(Ibu Rika dan Rina: *menunjuk pada kotak cokelat yang terdekat* Kita masih punya beberapa gram cokelat isi karamel di sana. Rika dan Rina, pergi dan ambil itu, lalu hidangkan pada tamu-tamu kita!)

Rika and Rina: Roger, Mom!

(Rika dan Rina: Siap, ibu!)

Pertama-tama, kita akan melihat 2 quantifiers yang fleksibel dalam fungsinya sebagai countable sekaligus uncountable, yakni “none of” (tidak ada atau tidak satupun) dan “less”. Dalam contoh percakapan di atas, “none of” digunakan untuk menjelaskan “us” (kami) yang jumlahnya dua, sementara “less” digunakan untuk menjelaskan “sugar” (gula), yakni benda yang tidak dapat dihitung atau diukur dengan mudah.

Kemudian, ada “a large number” (dalam jumlah besar) yang penempatannya cukup spesial, yakni melekat pada “guests” (tamu). Meskipun tamu merupakan orang yang terlihat dan bisa dihitung, bentuk jamak menandakan arti yang setara dengan keramaian. Keramaian tidak bisa dihitung dengan pasti, karenanya menggunakan uncountable quantifiers berupa “a large number”.

Ada juga “a few grams of” (beberapa gram (dari)) yang melekat pada “caramel-filled chocolate” (cokelat isi karamel) yang bisa dihitung jumlahnya menggunakan tangan. Penambahan “grams” (gram) memperjelas kenyataan cokelat isi karamel tersebut dapat ditakar dengan gram, dan karenanya, sesuai dengan fungsi countable quantifiers.

Mengingat quantifier juga muncul dalam berbagai soal TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris serupa, maka memahami quantifier dari penjelasan maupun contoh kalimat dan percakapannya saja belum cukup. Karena itu, mari, kita lanjutkan membaca pada poin terakhir pada artikel ini untuk contoh soal dan pembahasan quantifier pada aneka tes bahasa Inggris.

Contoh Soal dan Pembahasan Quantifier Dalam Tes TOEFL Maupun Tes Bahasa Inggris yang Serupa

Dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris serupa, quantifier kerap muncul sebagai contoh soal yang mengharuskan kita merampungkan kalimat dengan benar. Selain itu, quantifier juga kerap muncul sebagai soal yang mengharuskan kita memilih antara benar atau salah.

Kedua contoh soal dalam poin ini mengilustrasikan soal-soal quantifier yang sering hadir, beserta arti dan jawaban yang benar dalam bold. Dalam akhir tiap contoh soal, kita pun berkesempatan menyimak penjelasan mengapa jawaban dalam contoh-contoh soal di bawah ini adalah yang benar:

1. Over the past years, she has lost ___________ weight.

a. a few         b. a little bit         c. a few of         d. a few pounds of

(1. Selama beberapa tahun terakhir, dia telah kehilangan ____________ berat badannya.

a. sedikit         b. agak sedikit         c. beberapa dari         d. beberapa pon dari)

Catatan:Weight” (berat badan) memiliki ukuran yang pasti, karenanya tidak mungkin menggunakan uncountable quantifiers seperti “a little bit” pada pilihan b. Selain itu, juga tidak mungkin menggunakan pilihan tidak lengkap semacam “a few weight” pada pilihan a. Pilihan c hanya benar bila ada kelanjutan bentuk possessive-nya, yakni “her”. Karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah d. a few pounds of.

2. Mark this statement as true (T) or false (F):

A number of cookies were served on that day. Answer: T

(2. Tandai pernyataan ini sebagai benar (B) atau salah (S):

Kukis dalam jumlah tertentu disajikan hari itu. Jawaban: B)

Catatan:Cookies” ((kue) kukis) jelas bentuk, wujud, dan jumlahnya, sehingga dapat dihitung dan/atau diukur dengan mudah. Karena itu, menggunakan countable quantifiers semacam “a number of” benar, jadi jawabannya adalah “T” atau “True”.

Cukup menyenangkan, bukan, pelajaran mengenai determiner maupun quantifiers sebagai salah satu kelompok determiner dalam artikel ini?

Artikel selanjutnya tidak kalah menarik, karena kita akan membahas sesuatu yang berbeda dari determiner. Apa itu? Simak saja artikel tutorial bahasa Inggris kami yang berikutnya supaya rasa penasaran hilang!

Determiner

Artikel Lainnya

Grammar: Perbedaan Definite vs Indefinite Determiner
Grammar: Apa Itu Determiner?
Grammar-Determiner: Apa itu Quantifiers?
Grammar-Determiner: Apa itu Indefinite Determiner?
Grammar-Determiner: Apa itu Definite Determiner?

 

Phrases: Apa itu Adverb Phrase?
Grammar-Adjective: Mengenal Apa itu Predicative Adjectives
Grammar: Apa itu Preference?
Grammar-Adjective: Apa itu Degree of Comparison?
Grammar-Noun: Apa itu Abstract Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Countable Noun?
Grammar-Verb: Apa itu Regular Verb (Kata Kerja Beraturan)?
Present Tense: Simple Present vs Present Continuous
Grammar-Pronoun: Relative Pronoun vs Interrogative Pronoun
Grammar: Apa itu Passive Voice (Kalimat Pasif)?


 
Apa itu Phrasal Verbs?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs