sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar-Noun: Apa itu Collective Noun?

Kata Benda Kolektif

Dear learners, seperti bagain penutup artikel kedua lalu, kita akan belajar mengenai salah satu kelompok noun, yakni collective noun, pada artikel ini. Seperti tutorial bahasa Inggris yang sudah kita pelajari sebelumnya, collective noun hadir dengan penjelasannya yang unik.

Simak penjelasan mengenai collective noun di bawah ini sebelum melangkah pada contoh-contoh penerapannya, yakni dalam kalimat, percakapan, dan contoh soal serta pembahasan pada tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris lainnya.

Penjelasan Mengenai Collective Noun

Collective noun merupakan noun yang digunakan untuk mengelompokkan anggota yang jumlahnya harus 2 atau lebih. Anggota ini dapat berupa sekelompok makhluk hidup, tempat, atau benda, dan ketiganya merupakan kategori dari collective noun.

Team”, “family”, “committee”, “pack”, dan lain-lain merupakan contoh collective noun yang mengelompokkan makhluk hidup, biasanya manusia atau hewan. Contoh collective noun yang mengelompokkan tempat misalnya “company/enterprise”, “department”, dan lain-lain. Collective noun semacam “shower”, “set”, dan lain-lain digunakan untuk kelompok kategori benda.

Collective noun dapat digunakan berpasangan dengan singular atau plural verbs, tergantung dari konteks kalimatnya. Mengenai penerapan collective noun dalam kalimat ini, kita akan melihatnya pada poin berikutnya dalam artikel ini.

Contoh Penerapan Collective Noun Dalam Kalimat

Dalam contoh kalimat yang terdapat pada artikel ini, tanda bold digunakan untuk menandai collective noun, sementara garisbawah digunakan untuk singular atau plural verbs yang berpasangan dengan collective noun. Semuanya ini dimaksudkan supaya learners sekalian lebih mudah untuk mempelajarinya.

Selain arti yang terdapat pada tiap contoh kalimat dalam poin ini, learners juga akan belajar lebih banyak soal collective noun melalui penjelasan yang ada setelah contoh kalimat. Berikut ini adalah contoh kalimat yang akan kita pelajari:

1. The Tjung family donates their money regularly (Keluarga Tjung menyumbangkan uang mereka secara rutin).

Penjelasan: Dalam contoh kalimat ini, “family” (keluarga) adalah collective noun berkategori makhluk hidup (atau manusia) yang digunakan secara singular. Karena itu, verb yang mengikuti adalah “donates” (menyumbangkan) atau bentuk singular verb.

2. The company decides to give their employees bonuses and annual holidays as well (Perusahaan itu memutuskan untuk memberikan bonus pada karyawan mereka sebagaimana juga liburan tahunan).

Penjelasan:Company” (Perusahaan, nama lain: “Enterprise”), collective noun penanda tempat (usaha) pada kalimat ini, merupakan satu kesatuan atau singular. Karenanya, verb yang mengikuti adalah singular verb, yakni “decides” (memutuskan).

3. They drop many sets of devices over there (Mereka menaruh banyak set perlengkapan di sana).

Penjelasan: Ada kalanya collective noun dan verb bertukar tempat, seperti dalam contoh kalimat ini. Namun, peran keduanya tetap konsisten, yakni “sets” (set, collective noun yang termasuk kategori benda) berbentuk plural, maka verb-nya pun juga berbentuk plural, yakni “drop” (menaruh).

Heran, ‘kan, mengapa singular verb memiliki imbuhan “s” atau “-es”, sementara plural verb tidak? Ini karena perlakuan collective noun secara singular mirip dengan “he”, “she”, “it”, atau individual yang verb-nya harus ditambahi “s” atau “-es”, sementara yang plural perlakuannya mirip dengan “they”, “we”, atau semacamnya yang menunjuk banyak orang sekaligus.

Hal yang sama juga berlaku dalam percakapan. Ingin tahu lebih banyak mengenai contoh penerapan collective noun dalam percakapan? Lihat, yuk, pemaparan poin di bawah ini!

Contoh Penerapan Collective Noun Dalam Percakapan

Agar learners sekalian dapat mengikuti pelajaran collective noun dalam artikel ini dengan mudah, kami menyamakan panduan dengan poin contoh kalimat sebelumnya. Selain ada arti pada tiap baris dialog, bold digunakan untuk menandai collective noun, sementara garisbawah digunakan untuk menandai singular atau plural verbs yang berkaitan dengan collective noun.

Penjelasan dari pelajaran collective noun juga tersedia. Namun, sebelum menyimak penjelasannya, yuk, kita simak dahulu contoh percakapan berikut ini:

Boss: This enterprise needs to reward the most loyal customers. What gifts do you guys recommend?

(Si Bos: Perusahaan ini butuh memberi hadiah pada pelanggan yang paling setia. Hadiah apa yang ingin kalian rekomendasikan?)

The Marketing Head: My department has decided to gift them free annual puzzle-styled magazine.

(Kepala Pemasaran: Departemen saya sudah sepakat untuk menghadiahi mereka majalah tahunan bergaya puzzle yang gratis.)

Boss: What about you, Bell? Have you and your teams decided on something?

(Si Bos: Bagaimana denganmu, Bell? Apakah kamu dan timmu sudah memutuskan suatu hadiah tertentu?)

Bell: Ummm… My teams proposed to give three sets of black velvet-colored shower kit.

(Bell: Ummm… Timku mengajukan ide untuk memberi tiga set peralatan mandi warna hitam beludru.)

Boss: That’s great!

(Si Bos: Itu bagus!)

Baris percakapan pertama memuat “enterprise” sebagai singular collective noun yang menandakan tempat dengan verb-nya yang juga singular, yakni “needs” (butuh). Dalam baris-baris selanjutnya, kita akan melihat betapapun verb yang terkait collective noun berubah bentuk, verbs itu tetap mengikuti singular atau plural-nya collective noun.

Misalnya, “department” (departemen), singular collective noun penanda tempat pada baris percakapan kedua, diikuti dengan bentuk singular verb, yakni “has decided” (sudah memutuskan), bukan “have decided” atau “decided” saja.

Sebaliknya, collective noun berbentuk jamak seperti “teams” (tim, collective noun berkategori makhluk hidup manusia) atau “sets” diikuti dengan bentuk plural verb, yakni masing-masing “decided” (memutuskan) dan “proposed” (mengajukan ide).

Hal menarik lainnya yang dapat kita pelajari dari contoh dialog di atas adalah dalam satu kalimat bisa melekat lebih dari satu collective noun, dan verb-nya pun bisa berkesinambungan. Asalkan, kalimat tetap nyambung dan bermakna, seperti dalam porsi dialog Bell yang artinya bisa diterjemahkan dengan enak.

Contoh Soal dan Pembahasan Collective Noun Dalam Tes TOEFL Atau Tes-Tes Bahasa Inggris Sejenis

Dalam tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris yang sejenis, collective noun kerap muncul sebagai soal yang mengharuskan kita melengkapi bagian kalimat yang rumpang dengan kata dalam kurung sebagai panduannya. Ada kalanya pula collective noun muncul dalam soal written expression, soal penguji pemahaman materi bahasa Inggris yang mengharuskan kita memilih kata yang salah.

Kedua wujud collective noun dalam tes TOEFL atau tes-tes kecakapan bahasa Inggris sejenis itu tercermin dalam 2 contoh soal yang terdapat dalam poin ini. Supaya tidak hanya contoh soal atau artiannya saja yang kita pelajari, jawaban yang benar juga tersedia dalam bentuk bold pada contoh-contoh soal dalam poin ini. Selain itu, di akhir tiap contoh soal berikut ini, ada penjelasan yang membantu kita memahami mengapa jawaban itu adalah jawaban yang benar:

1. They have already lead the packs to _______ (migrate) to safer places.

a. migrate         b. migrates         c. be migrated         d. has migrated

(1. Mereka sudah memimpin kawanan hewan itu untuk _______ (migrasi) ke tempat-tempat yang aman.

a. bermigrasi        b. bermigrasi         c. dimigrasikan        d. sudah bermigrasi)

Catatan: Pilihan b kurang tepat, karena “packs” adalah collective noun berbentuk plural, sementara “migrates” bentuknya singular. Demikian juga dengan pilihan d (“has migrated”) yang bentuknya singular dan berlawanan dengan collective noun yang ada, meskipun bentuknya sudah tepat (bentuk past) mengikuti konteks kalimat.

Pilihan a, meskipun bentuknya sama plural dengan collective noun yang ada, namun kurang tepat karena konteks kalimatnya berbentuk past. Karena itu, jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini adalah c. be migrated.

2. Choose the wrong alphabet:

Due to our department’s fault, our company reimburse half of the amount paid by them.

A         B         C         D

(2. Pilih abjad yang salah:

Karena kesalahan departemen kami, perusahaan kami mengembalikan sebagian dari jumlah yang mereka bayarkan.)

A         B         C         D

Catatan: Tidak ada yang salah dengan membalik struktur kalimat, asal kalimatnya tetap bermakna dengan benar, seperti pada pilihan a atau d. Pilihan c juga benar, karena strukturnya memang porsi (“half”) + “of”, lalu pernyataan jumlah atau “amount”-nya.

Mengingat singular collective noun seperti “company” harus disertai dengan singular verb, maka pilihan b yang “reimburse” saja tanpa menyertakan “s” di belakangnya salah. Karena itu, pilihan b ini harus kita pilih.

Demikian yang dapat kita pelajari dari collective noun. Selanjutnya, kita akan belajar mengenai common noun. Yuk, terus ikuti dan baca artikel tutorial bahasa Inggris dari kami supaya makin menguasai pelajaran bahasa Inggris, termasuk common noun yang akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Noun

Artikel Lainnya

Grammar-Noun: Apa itu Uncountable Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Proper Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Countable Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Concrete Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Compound Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Common Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Collective Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Abstract Noun?
Grammar-Noun: Compound vs Collective Noun
Grammar-Noun: Concrete vs Abstract Noun

 

Grammar-Adverb: Apa itu Amplifiers Adverb?
Grammar: Apa itu Infinitive without To?
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Apa itu Syntax?
Figure of Speech: Simile
Grammar-Adverb: Apa itu Frequency Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Time Adverb?
Apa itu Compound Word?
Grammar-Conjunction: Apa itu Correlative Conjunction?
Grammar: Apa itu Infinitive with To?


 
Apa itu Phrasal Verbs?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs
List Kata Kerja yang Diikuti Gerund dan Infinitive