sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar-Noun: Apa itu Common Noun?

Kata Benda Umum

Omong-omong tentang “common”, yang secara harafiah artinya umum atau biasa, kita pasti sering mendengarnya. Siapa sangka, materi common noun yang tergolong dalam kelompok noun ini unik dibandingkan materi bahasa Inggris lainnya, bahkan dari sisi penjelasannya?

Penjelasan mengenai common noun dalam poin selanjutnya artikel ini mengantarkan kita pada contoh penerapan common noun dalam kalimat, percakapan, maupun melihat wujudnya sebagai contoh soal sekaligus pembahasannya pada tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris sejenis. Karena itu, mari, kita baca ulasan penjelasan common noun berikut ini!

Penjelasan Mengenai Common Noun

Common noun hampir mirip dengan pengertian harafiahnya, yakni kata-kata yang sering kita gunakan, bahkan tanpa kita sadari. Hal ini karena common noun menunjuk pada sesuatu yang umum dan jangkauannya luas.

Karena umum dan luasnya cakupan common noun, maka sangat banyak common noun yang dapat dijumpai dalam kalimat. Beberapa common noun misalnya, “student”, “friend”, “book”, “table”, dan masih banyak lagi. Supaya artiannya tidak ke mana-mana, common noun biasanya dibatasi dengan articles (“a”, “an”, “the”) atau quantifier (“many”, “plenty”, dan lain-lain).

Poin berikutnya dalam artikel ini menggambarkan secara lebih jelas mengenai penerapan common noun dalam kalimat. Learners, bersiaplah untuk belajar lebih mengenainya!

Contoh Penerapan Common Noun Dalam Kalimat

Tiga contoh kalimat yang terdapat pada poin ini semuanya mengandungi common noun, yang berarti dapat kita jadikan acuan untuk mempelajari common noun. Selain dilengkapi dengan arti, masing-masing dari ketiga contoh kalimat dalam poin ini memiliki tanda bold untuk common noun yang dimaksud, garisbawah pada articles atau quantifiers-nya, dan penjelasan mengenai pelajaran common noun pada masing-masing contoh kalimat yang ada di bawah ini:

1. A friend is sending us love letters today (Seorang teman mengirimi kami surat cinta hari ini).

Penjelasan:Friend” (teman) dalam contoh kalimat ini adalah common noun, karena tidak menunjuk secara spesifik teman yang mana dan yang bernama siapa, hanya disebut sebagai teman saja. Supaya “friend” tidak ke mana-mana, ada article a” yang menandakan temannya hanya berjumlah satu.

2. They live somewhere in a city (Mereka tinggal di suatu kota).

Penjelasan: Ini adalah salah satu kalimat yang pasti menunjukkan keberadaan common noun, yakni ada kata “somewhere” (di suatu (tempat)) atau sejenisnya. Common noun-nya sendiri adalah “city” (kota), karena tidak jelas apa nama kotanya, ukuran besar-kecilnya kota, dan letak negara tempat kota itu berada. Karena ada article a”, maka satu-satunya yang jelas adalah kota itu hanya berjumlah satu.

3. Her mother gives her many books for her birthday gift (Ibunya memberikannya banyak buku sebagai hadiah ulang tahunnya).

Penjelasan: Common noun dapat berbentuk plural, dan salah satu contohnya adalah “books” (buku) yang terdapat dalam kalimat ini. Sementara itu, quantifier yang melekat padanya adalah “many”. Namun, karena tidak jelas berapa banyak bukunya, apa genre dan isi bukunya, dan sebagainya, maka “books” termasuk common noun.

Demikian yang dapat kita pelajari dari common noun di dalam kalimat. Bagaimana dengan percakapan? Yuk, learners, lanjut saja ke poin berikutnya untuk mengenal penggunaan common noun lebih jauh.

Contoh Penerapan Common Noun Dalam Percakapan

Seperti dalam artikel tutorial bahasa Inggris sebelumnya, panduan dalam poin contoh percakapan sama dengan poin dalam contoh kalimat. Dalam artikel common noun ini, common noun ditandai dengan bold, dan articles atau quantifiers ditandai dengan garisbawah. Keduanya hadir untuk menemani arti dalam tiap baris percakapan dalam membuat learners sekalian menjadi lebih paham tentang common noun.

Seperti biasa pula, selain arti, penjelasan lengkap mengenai common noun pun akan tersedia setelah kita melihat pemaparan contoh percakapan yang berikut ini:

James: I think the students must’ve dropped the balls and an orange somewhere here.

(James: Mungkin murid-murid menjatuhkan bolanya dan jeruk di sekitar sini.)

Anne: Oh, really? They were hiding around the tree, so, I don’t think they did that.

(Anne: Oh, ya? Mereka bersembunyi di sekitar pohon itu, jadi, menurutku mereka tidak melakukannya.)

Security Staff 1: Principal! Someone has just given us a parcel.

(Staf Keamanan 1: Pak Kepala Sekolah! Seseorang telah membawa parsel pada kita.)

James: Ask them what that is.

(James: Tanyai mereka apa itu.)

Security Staff 2: There are many candies with plenty of bottles inside. I saw it by my own self!

(Staf Keamanan 2: Ada banyak permen dengan berbagai botol di dalamnya. Saya melihatnya sendiri!)

Baik “students” (murid-murid), “balls” (bola), “orange” (jeruk), “tree” (pohon), maupun “parcel” (parsel), tidak ada yang berbicara secara spesifik siapa nama muridnya, kelas berapa, bolanya jenis apa, jeruk dan pohon yang mana, atau parsel seperti apa dan namanya apa. Karena itu, semuanya adalah common noun.

Untuk membuat artian dari common noun itu tidak melebar ke mana-mana, maka ada article a”, “an”, dan “the” di depan tiap common noun. Imbuhan quantifiers semacam “many” pada “candies” (permen) dan “plenty (of)” pada “bottles” (botol) juga ditambahkan sehingga paling tidak jumlah kasarnya kelihatan, sekalipun mungkin tidak jelas permen dan botol yang mana, milik siapa, jenis atau mereknya apa, dan jumlah persisnya ada berapa.

Selain itu, bila kita melihat lagi contoh percakapan di atas, semakin jelas common noun menjadi kata-kata yang sering muncul, tidak hanya dalam kalimat, namun juga dalam percakapan sehari-hari. Sebelum membaca artikel ini, mungkin kita tidak menyadari, namun sekarang setelah ada tanda bold dan garisbawah, kita jadi menyadarinya, ya, learners?

Contoh Soal dan Pembahasan Common Noun Dalam Tes TOEFL Atau Tes-Tes Bahasa Inggris Lainnya

Setelah kita mengetahui penjelasan common noun dan mempelajari contoh-contoh penerapan common noun dalam kalimat maupun percakapan, kini saatnya bagi kita untuk mempelajari wujudnya dalam soal-soal tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris sejenis.

Pertama, common noun dapat muncul sebagai contoh soal written expression yang meminta kita memilih penggunaan kata, yakni common noun, yang salah. Kedua, common noun dapat juga muncul sebagai soal yang menanyakan pada kita apakah struktur kalimat sudah benar atau salah. Kedua contoh soal tersebut ada dalam poin ini, berikut dengan arti dalam tiap contoh soalnya.

Learners sekalian juga dapat mengetahui jawaban yang benar dengan tanda bold yang kami sediakan. Di akhir tiap contoh soal di bawah ini, learners juga dapat menyimak pembahasan mengenai jawaban yang benar:

1. Choose the wrong alphabet:

They finally found a keys inside the gigantic manor last 3 days.

A          B           C           D

(1. Pilih alfabet yang salah:

Mereka akhirnya menemukan sebuah kelompok kunci di dalam mansion raksasa 3 hari lalu.)

A          B           C           D

Catatan: Tidak ada yang salah dengan pembalikan urutan prosedur (pilihan a). Pilihan b tidak salah, karena bentuk past selaras dengan keadaan “last 3 days” (3 hari lalu). Pilihan d juga tidak salah, karena dengan demikian, mansion raksasa yang dimaksud hanya ada satu.

Meskipun common noun tidak jelas apa, milik siapa, di mana, jumlahnya, dan lain-lain, pemakaiannya harus selaras dengan article atau quantifier di depannya. Karena “keys” bentuk plural, maka seharusnya memakai quantifier many”, bukan article a”. Karena itu, pilihan b salah dan merupakan pilihan yang harus kita pilih.

2. Mark this statement as true (T) or false (F):

Their hands hit the table so hard. Answer: T

(2. Tandai pernyataan ini sebagai benar (B) atau salah (S):

Tangan mereka memukul meja dengan keras. Jawaban: B)

Catatan: Tidak ada yang salah dari penggunaan “table” sebagai common noun dan article the” yang berada sebelumnya. Selain itu, juga tidak ada yang salah dari “so hard”, penggunaan lain dari “hardly” untuk “dengan keras”. Karenanya, jawaban dari soal ini adalah “T” atau “True”.

Demikian pelajaran common noun yang dapat kita petik. Artikel selanjutnya akan membahas mengenai kelompok noun lainnya, yakni compound noun. Buat learners yang penasaran tentang pelajaran compound noun, yuk, ikuti dan baca artikel tutorial bahasa Inggris berikutnya dari kami!

Artikel Terkait

 

Artikel Lainnya

Grammar-Noun: Apa itu Uncountable Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Proper Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Countable Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Concrete Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Compound Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Common Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Collective Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Abstract Noun?
Grammar-Noun: Compound vs Collective Noun
Grammar-Noun: Concrete vs Abstract Noun

 

Grammar-Verb: Apa itu Infinitive Verb?
Grammar Tenses: Apa itu Future Perfect Continuous Tense?
Grammar-Verb: Perbedaan Auxiliary Verbs vs Light Verbs
Grammar-Adverb: Apa itu Downtoners Adverb?
Figure of Speech: Simile
Grammar Tenses: Apa itu Past Future Perfect Tense?
Grammar-Pronoun: Apa itu Indefinite Pronoun?
Grammar-Pronoun: Mengenal Apa Itu Pronouns
Grammar: Apa itu Prepositional Phrase?
Grammar-Verb: Apa itu Imperative Verb?


 
Apa Itu Collective Noun?
Verb Tenses: Berbeda Waktu, Berbeda Pula Kata Kerjanya
Mengenal Lebih Jauh “Simple Past Tense”
Adverb of Frequency: Always, Usually, Often, Sometimes, Never
Apa itu Phrasal Verbs?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object