sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar-Noun: Apa itu Countable Noun?

Kata Benda Dapat Dihitung

Beberapa learners mungkin telah banyak melihat bentuk ini sebelumnya tanpa disadari. Karena itu, dalam kesempatan tutorial bahasa Inggris kali ini, kita akan belajar tentang countable noun, yang merupakan salah satu kelompok noun dalam materi bahasa Inggris.

Seperti biasa, sebelum melangkah pada contoh-contoh penerapan countable noun dalam kalimat, percakapan, dan contoh soal maupun pembahasannya dalam tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris sejenis, kita akan melihat penjelasan serba-serbi countable noun, yang dapat kita simak pada poin selanjutnya dari artikel ini.

Penjelasan Mengenai Countable Noun

Seperti namanya, countable noun adalah noun apapun yang dapat ditafsirkan dengan mudah menggunakan angka. Jadi, countable noun digunakan untuk menjawab pertanyaan “how many?” atau “berapa banyak (jumlahnya)?”

Karena dapat dinyatakan dalam angka, maka berbagai contoh countable noun, seperti “cup”, “house”, “lamp”, “cat”, “motorbike”, dan lain-lain selalu memiliki bentuk singular atau plural. Bentuk singular countable noun selalu diawali dengan article, sementara bentuk plural-nya selalu diawali dengan quantifier many” atau “several” atau angka-angka dalam bahasa Inggris, seperti, “two”, “twelve”, “three”, “ten”, dan seterusnya.

Kita akan mempelajari penggunaan countable noun lebih jauh pada poin berikutnya dalam artikel ini, yang membahas tentang contoh penerapan countable noun dalam kalimat.

Contoh Penerapan Countable Noun Dalam Kalimat

Berbagai contoh kalimat di bawah ini memperlihatkan penggunaan countable noun dalam bentuk singular maupun plural. Sebagai panduan, kami menandai countable noun dengan bold, article dan quantifier atau angka-angka dengan garisbawah, serta memberikan arti bahasa Indonesia yang terdapat pada tiap contoh kalimat yang ada.

Selain itu, supaya pelajaran countable noun makin meresap pada ingatan learners sekalian, kami juga menyediakan penjelasan dalam tiap contoh kalimat berikut ini:

1. There is a lamp inside my house (Ada sebuah lampu di dalam rumahku).

Penjelasan: Dalam contoh kalimat ini, “lamp” (lampu) dapat ditafsirkan dengan mudah menggunakan angka, karenanya termasuk countable noun. Karena awalan “lamp” adalah huruf mati, dan dalam konteks kalimat ini, “lamp”-nya hanya satu buah (bentuk singular), maka article yang menemani countable noun ini adalah “a”.

2. My family own three cats with their own equipment (Keluargaku memiliki 3 kucing dengan peralatan mereka masing-masing).

Penjelasan:Three” (tiga), angka yang melekat pada noun berikutnya, merupakan tanda bahwa noun berikutnya pastilah countable noun yang dapat ditafsirkan dengan mudah menggunakan angka. Bila kita lihat contoh kalimat ini, countable noun yang ada berbentuk plural, yakni “cats”, karena bilangan angkanya lebih dari dua.

3. Many motorbikes are parking inside that area (Banyak sepeda motor parkir di dalam area itu).

Penjelasan:Motorbikes” (sepeda motor) dalam contoh kalimat ini merupakan countable noun dengan bentuk plural. Untuk countable noun dalam bentuk plural semacam ini, maka kita dapat menggunakan quantifier many” untuk menyatakan jumlah yang pasti lebih dari dua, namun belum pasti diketahui persisnya berapa, sebagai alternatif dari “several”.

Demikian yang dapat kita pelajari lewat contoh kalimat yang mengandungi countable noun. Poin artikel ini selanjutnya akan membawa kita pada pembahasan yang lebih lengkap, yakni belajar countable noun lewat contoh percakapan.

Contoh Penerapan Countable Noun Dalam Percakapan

Contoh percakapan yang akan kita gunakan untuk belajar countable noun pada poin ini menyertakan arti dalam tiap baris dialognya beserta penjelasan di akhir contoh percakapan, yang akan menolong kita dalam memahami materi countable noun dalam bahasa Inggris.

Sebagai tambahan, kami telah menandai beberapa hal penting, misalnya bold untuk countable noun dan garisbawah untuk article, quantifier, atau angka-angka sebelum countable noun yang terdapat pada sepanjang contoh percakapan di bawah ini:

Rika and Rina’s Mom: We’ve just got an order from one of our most loyal customer.

(Ibu Rika dan Rina: Kita baru saja mendapat sebuah pesanan dari salah satu pelanggan kita yang paling setia.)

Rika: Cup-based orders, aren’t they? Great! We have several cups inside our kitchen, right, Rina?

(Rika: Pesanan tentang cangkir, ‘kan? Bagus! Kita punya beberapa cangkir di dalam dapur kita. Ya, ‘kan, Rina?)

Rina: Right! *reads again about their customer’s order* Sis, it seems that they order twelve cups and ten plates.

(Rina: Benar! *kemudian membaca lagi pesanan pelanggan mereka* Kak, sepertinya mereka memesan 12 cangkir dan 10 piring.)

Rika: Wow, that’s quite a lot! Let me help you in packing.

(Rika: Wah, banyak sekali! Mari kubantu mengemas.)

Rina: Thanks, Sis! You’re such a wonderful sister.

(Rina: Terima kasih, Kak! Kakak benar-benar kakak yang baik.)

Learners, mari kita teliti contoh percakapan di atas dari baris yang paling atas. Di sana, ada “order” (pesanan) sebagai countable noun, mengingat jumlahnya yang dapat dinyatakan dalam angka. Karena hanya ada satu “order” (untuk countable noun berbentuk singular), dan “order” diawali dengan huruf hidup, maka article yang melekat padanya adalah “an”.

Dalam contoh percakapan, Rika tidak yakin berapa persisnya “cups” (cangkir) yang ada dalam dapur keluarganya, namun ia yakin ada banyak cangkir. Karena itu, quantifierseveral” digunakan untuk menandai countable noun berbentuk plural yang melekat padanya, yakni “cups”.

Ada kalanya pula countable noun didahului dengan angka, seperti “twelve” (dua belas) pada “cups” dan “ten” (sepuluh) pada “plates” (piring). Ini gunanya untuk menjelaskan “cups” dan “plates” benar-benar merupakan countable noun, dan dalam hal contoh kalimat ini, keduanya adalah countable noun berbentuk plural karena bilangan angkanya lebih dari dua.

Contoh Soal dan Pembahasan Countable Noun Dalam Tes TOEFL Atau Tes-Tes Bahasa Inggris Lainnya

Ketika kita menghadapi soal-soal tes TOEFL atau tes-tes serupa yang menguji kecakapan berbahasa Inggris, maka countable noun dapat muncul sebagai salah satu materi yang diujikan. Ada 2 versi wujud soal countable noun.

Pertama, countable noun dapat muncul sebagai contoh soal yang meminta kita merampungkan bagian kalimat yang rumpang. Kedua, countable noun juga dapat muncul sebagai contoh soal yang meminta kita memilih penggunaan kalimat ber-countable noun yang salah secara kombinasi countable noun dengan article atau quantifier-nya.

Dua contoh soal yang terdapat dalam poin ini melukiskan masing-masing tipe soal countable noun dalam tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris serupa. Selain arti pada tiap contoh soalnya, learners sekalian juga akan mengetahui jawaban yang benar lewat tanda bold yang kami sediakan dan pembahasan di akhir contoh soal berikut ini:

1. He lives inside an upper-floored room inside an apartment. He lives inside a _________.

a. suite      b. rooftop      c. penthouse      d. studio room

(1. Dia tinggal di ruang atas dalam apartemen. Dia tinggal di dalam __________.

a. kamar mewah      b. atap genteng      c. emperan      d. kamar tipe studio)

Catatan: Ruang atas tidak selalu mewah, demikian juga kamar tipe studio. Karena itu, pilihan a dan d dalam contoh soal ini pasti salah. Selain itu, seorang penghuni apartemen tidak mungkin memiliki kamar yang tergantung di atap genteng, karena itu, pilihan b pasti salah. Jadi, jawaban yang benar untuk contoh soal ini adalah c. penthouse.

2 Which of these following sentences is wrong?

a. I have so much apples to share.
b. There are several mugs left inside our living room.
c. We bought three rods and two balls at a sport center yesterday.
d. A pin is needed to clip our documents.

(2. Kalimat yang mana di bawah ini yang salah?

a. Saya memiliki banyak apel untuk dibagikan.
b. Ada beberapa mug yang tertinggal di dalam ruang tamu kami.
c. Kami membeli 3 tongkat dan 2 bola dalam sebuah pusat olahraga kemarin.
d. Sebuah pembatas diperlukan untuk menyatukan dokumen-dokumen kami.)

Catatan: Ingat-ingat natur countable noun saat hendak menjawab contoh soal ini, yakni dapat dinyatakan dengan angka. Karena itu, pilihan c dan d pasti salah. Pilihan b juga bukan pilihan yang dapat kita pilih, karena “several mugs” sudah benar secara gramatikal. Karena pilihan a seharusnya menggunakan “many” atau “several” sebelum “apples”, jadilah pilihan ini yang harus kita pilih untuk kalimat yang salah.

Demikian pelajaran tentang countable noun yang dapat kita ambil. Selanjutnya, kita juga akan membahas materi kelompok noun lainnya yang masih berhubungan dengan artikel tutorial bahasa Inggris lalu, yakni tentang proper noun.

Seperti apa hubungannya dan pelajarannya? Untuk menjawab hal itu, tidak ada salahnya kita ikuti dan baca artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya dari kami!

Noun

Artikel Lainnya

Grammar-Noun: Apa itu Uncountable Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Proper Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Countable Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Concrete Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Compound Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Common Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Collective Noun?
Grammar-Noun: Apa itu Abstract Noun?
Grammar-Noun: Compound vs Collective Noun
Grammar-Noun: Concrete vs Abstract Noun

 

Grammar-Adverb: Apa itu Purpose Adverb?
Grammar Tenses: Apa itu Past Future Perfect Tense?
Grammar-Adjective: Mengenal Attributive Adjectives
Grammar: Apa itu Infinitive without To?
Grammar Tenses: Apa itu Past Perfect Continuous Tense?
Grammar-Determiner: Apa itu Indefinite Determiner?
Grammar-Pronoun: Apa itu Indefinite Pronoun?
Grammar Tenses: Apa itu Future Continuous Tense?
Grammar: Apa itu Preference?
Verb: Apa itu Present Participle?


 
Apa itu Phrasal Verbs?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs