sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar-Pronoun: Apa itu Indefinite Pronoun?

Kata Ganti Tak Tentu

Halo, learners! Dalam artikel ini, kita akan belajar mengenai satu lagi kelompok pronoun, yakni indefinite pronoun. Indefinite pronoun merupakan satu kategori pronoun yang unik, karenanya memiliki pengertian tersendiri.

Penjelasan umum dari indefinite pronoun dalam poin di bawah ini akan memandu kita sebelum melihat pada contoh-contoh penerapannya dalam kalimat, percakapan, dan contoh soal serta pembahasannya dalam tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris yang sejenis:

Penjelasan Mengenai Indefinite Pronoun

Indefinite pronoun merupakan kata ganti untuk noun apapun atau siapapun yang tidak spesifik. Indefinite pronoun sendiri terbagi atas bentuk singular, plural, serta bentuk yang fleksibel untuk singular dan plural.

Each”, “(any) one”, “(any/some/no/every) body”, dan sebagainya merupakan beberapa contoh singular indefinite pronoun. Bentuk plural indefinite pronoun dapat kita temui pada “all”, “both”, “several”, dan sebagainya. Sementara itu, “more”, “none”, “any”, dan sejenisnya merupakan beberapa contoh indefinite pronoun yang fleksibel sebagai singular atau plural.

Kita akan melihat penggunaan indefinite pronoun dalam poin selanjutnya dari artikel ini, yang membahas tentang contoh-contoh penerapan indefinite pronoun dalam kalimat.

Contoh Penerapan Indefinite Pronoun Dalam Kalimat

Contoh-contoh kalimat yang ada dalam poin ini melukiskan masing-masing 3 kategori dari indefinite pronoun. Agar memudahkan pembelajaran, kami tidak hanya menyediakan arti untuk tiap contoh kalimat yang ada. Namun, kami juga memberikan tanda bold untuk menandai indefinite pronoun dan garisbawah untuk noun yang dipengaruhi indefinite pronoun.

Setelah menyimak masing-masing contoh kalimat di bawah ini, kita juga dapat menyimak mengenai penjelasan untuk masing-masing pelajaran indefinite pronoun:

1. Everyone in this room is dressed in white (Semua orang di ruangan ini memakai baju putih).

Penjelasan:Everyone” (Semua orang) yang terdapat dalam kalimat ini merupakan singular indefinite pronoun untuk menjelaskan tentang “one” (satu (orang)) atau tiap-tiap orang atau per individu yang memakai baju putih.

2. Both of us have done our homework for today (Untuk hari ini, kami berdua sudah mengerjakan PR kami).

Penjelasan: Keberadaan “both” (berdua atau bersamaan) sebagai plural indefinite pronoun dalam contoh kalimat ini menunjuk pada “(of) us” ((dari) kami) sebagai 2 orang sekaligus, bukan per individu atau perseorangan.

3. None of you were answering my questions (Tidak ada dari kalian yang menjawab pertanyaan saya).

Penjelasan:None” (Tidak ada) seharusnya fleksibel sebagai singular atau plural indefinite pronoun. Karena dalam kalimat ini bersambungnya dengan “(of) you” ((dari) kamu (sekalian) atau kalian), maka “none” dianggap sebagai singular indefinite pronoun yang menunjuk pada perseorangan dari “(of) you”.

Jadi, itu dia contoh kalimat dengan indefinite pronoun dan penjelasannya yang dapat kita pelajari. Selanjutnya, kita akan belajar tentang contoh penerapan indefinite pronoun dalam percakapan.

Contoh Penerapan Indefinite Pronoun Dalam Percakapan

Seperti judul artikel ini, contoh percakapan dalam poin ini memperlihatkan penggunaan indefinite pronoun yang akan kita pelajari bersama. Jadi, kita tidak hanya belajar dari arti tiap baris dialognya saja, melainkan kita juga belajar melalui tanda bold sebagai indefinite pronoun dan garisbawah sebagai noun yang melekat pada indefinite pronoun.

Hal lain yang dapat kita pelajari dari contoh percakapan dalam poin ini adalah penjelasan pelajaran indefinite pronoun, yang dapat kita simak setelah contoh percakapan berikut ini:

Bell: Anybody brings a red pen today?

(Bell: Ada yang membawa pena berwarna merah hari ini?)

Millie: Bell, I think we’ve got none. Did you remember the pen should be available tomorrow?

(Millie: Bell, sepertinya kami tidak tahu siapa yang membawa. Apakah kamu ingat seharusnya pena itu ada besok?)

Bell: Hmm… *tries to recall her memories* I don’t think I remember about that.

(Bell: Hmm… *mencoba mengingat-ingat* Aku tidak ingat.)

Millie: All of us will have to jot down notes using that red pen.

(Millie: Kita semua nantinya mencatat menggunakan pena berwarna merah itu.)

Bell: Ah, I see! I think I remember it now.

(Bell: Oh, iya juga, ya? Aku pikir aku mengingatnya sekarang.)

Untuk permulaan, kita akan melihat baris pertama dialog terlebih dahulu, yakni yang mengandungi “anybody” (siapapun) sebagai indefinite pronoun berbentuk singular yang menunjuk pada perseorangan (dinyatakan dengan “body” pada “anybody”), yang mana sesuai dengan natur singular yang hanya menunjuk per bagian atau perorangan saja.

Selanjutnya, bila kita melihat baris kedua, maka kita akan menemukan bagian yang menarik dari “none” (tidak ada). Bila kita amati lebih jauh, maka kita menemukan “none” sebagai indefinite pronoun yang fleksibel antar singular dan plural ini di-bold sekaligus digarisbawahi. Sebenarnya, “none” dalam contoh percakapan ini menunjuk pada banyak orang sekaligus dalam satu kelompok yang tidak membawa pena merah, sehingga bentuk indefinite pronoun-nya menjadi plural.

Dalam porsi dialog Millie yang menjelang akhir percakapan, kita melihat adanya “all” (semua) sebagai indefinite pronoun berbentuk plural dan membantu menjelaskan “(of) us” yang jumlah orangnya pasti 2 atau lebih, sehingga cocok dengan natur plural yang menunjuk apapun atau siapapun yang jumlahnya 2 atau lebih.

Dari contoh penerapan kalimat pada poin sebelumnya dan poin penerapan percakapan dalam poin ini, kesimpulan sementara adalah menggunakan bentuk singular indefinite pronoun untuk menunjuk pada per satu noun, perseorangan, atau semacamnya. Sementara itu, gunakan bentuk plural dalam indefinite pronoun untuk menunjuk pada banyak noun sekaligus (termasuk orang) dalam sebuah kalimat tulis atau percakapan.

Hal yang sama juga berlaku untuk bentuk indefinite pronoun yang fleksibel menjadi singular atau plural, dan juga dalam contoh soal dan pembahasan pada tes kecakapan bahasa Inggris, yang akan dibahas dalam poin artikel ini yang berikutnya.

Contoh Soal dan Pembahasan Indefinite Pronoun Dalam Tes TOEFL Atau Tes Bahasa Inggris Sejenis

Dalam berbagai soal tes kecakapan bahasa Inggris, seperti tes TOEFL atau sejenisnya, indefinite pronoun dapat muncul sebagai soal yang mengharuskan kita melengkapi 2 bagian kalimat yang rumpang. Versi lain yang mungkin muncul adalah indefinite pronoun sebagai soal yang meminta kita memilih kalimat yang menggunakan indefinite pronoun dengan salah.

Versi-versi soal indefinite pronoun tersebut lebih jelas terlihat dalam contoh soal yang ada pada poin ini. Contoh soal dalam poin berikut ini selain menyediakan arti juga memiliki bold pada jawaban yang benar sekaligus pembahasannya, sehingga learners sekalian akan mudah mempelajarinya:

1. ____ of you should pick up things from that pocket until there are ____ left. Which of these word pairs is correct?

a. Each, nobody     b. Anyone, none      c. Anyone, no     d. Each, nothing

(1. _____ kalian harus mengambil barang dari kantong tersebut hingga ________ yang tersisa. Pasangan kata yang mana di bawah ini yang benar?

a. Tiap, tidak ada     b. Siapapun, tidak ada      c. Siapapun, tidak     d. Tiap, tidak ada)

Catatan: Bila menemui contoh soal seperti ini, maka urutan pengisiannya dari kiri ke kanan. Jadi, kata pertama mulai dari kiri, dan demikian bergerak selanjutnya hingga koma dan ke yang paling kanan.

Dalam contoh soal ini, “anyone” hanya boleh digunakan di depan bila kalimatnya pertanyaan, sehingga pilihan yang mengandung kata tersebut, yakni b dan c, kita eliminasi. Karena “thing” adalah benda, jadi “nobody” yang menandakan orang seperti pada pilihan a salah. Mengetahui hal tersebut, maka jawaban yang benar menjadi d. Each, nothing.

2. Which of this following sentence uses the wrong “everyone”?

a. Everyone, please stay calm during crisis!
b. She is the apple of every one’s eyes.
c. Every one of you should write on that white paper sheet.
d. These rules apply for everyone involved in this seminar.

(2. Mana kalimat di bawah ini yang menggunakan “tiap orang” dengan salah?

a. Semuanya, tolong tenang selama krisis!
b. Dia adalah buah apel dari mata semua orang yang menandangnya.
c. Setiap dari kalian harus menulis di atas lembaran kertas putih itu.
d. Peraturan-peraturan ini berlaku untuk semua yang terlibat dalam seminar ini.)

Catatan: Penggunaan “everyone” dan “every one” (terpisah) ini merupakan salah satu materi tes yang menjebak, mengingat kesalahan spasinya yang tidak terlalu kelihatan bagi sebagian dari kita. Untungnya, kita dapat menyiasati ini dengan berpikir “everyone” harus digunakan selama tidak ada “of” di belakangnya.

Dalam contoh soal ini, satu-satunya kalimat yang melanggar aturan “everyone” atau “every one” itu adalah pilihan b, karena pilihan b tidak memiliki “of” di belakangnya, padahal penulisannya “every one”. Karena pilihan b salah, maka pilihan b ini harus kita pilih untuk contoh soal seperti ini.

Kini, kita sudah belajar serba-serbi indefinite pronoun. Bagaimana dengan kelompok pronoun lain? Mari, kita mempelajarinya bersama-sama pada materi interrogative pronoun dalam artikel selanjutnya!

Pronoun

Artikel Lainnya

Grammar-Pronoun: Apa itu Demonstrative Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Relative Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Reflexive Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Reciprocal Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Possessive Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Personal Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Interrogative Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Indefinite Pronoun?
Grammar-Pronoun: Relative Pronoun vs Interrogative Pronoun
Grammar-Pronoun: Demonstrative Pronoun vs Indefinite Pronoun

 

Grammar-Adjective: Nominal Adjectives – Part 2
Apa itu Sentence Modifier?
Clauses: Independent Clause dan Dependent Clause
Grammar-Adverb: Apa itu Frequency Adverb?
Grammar: Apa itu Infinitive without To?
Clauses: Apa itu Adjective Clause?
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: “Asal Mula Grammar”
Grammar-Noun: Apa itu Compound Noun?
Grammar-Adverb: Apa itu Downtoners Adverb?
Sentences: Apa itu Imperative Sentence (Kalimat Perintah)?


 
Apa itu Phrasal Verbs?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs