sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar-Pronoun: Apa itu Interrogative Pronoun?

Kata Ganti Penanya

Dear learners, dalam artikel tutorial bahasa Inggris kali ini, mari kita belajar tentang hal berbeda dari kelompok pronoun, yakni interrogative pronoun. Bila dibandingkan dengan indefinite pronoun dalam artikel sebelumnya, sekaligus berbagai pelajaran bahasa Inggris sebelumnya, interrogative pronoun memiliki keunikannya tersendiri.

Kita akan menyimak uraian keunikan interrogative pronoun tersebut pada poin selanjutnya dari artikel ini, yakni tentang penjelasan interrogative pronoun. Penjelasan ini juga yang akan kita jadikan patokan untuk belajar contoh penerapannya dalam kalimat, percakapan, maupun contoh soal dan pembahasannya pada tes TOEFL atau tes bahasa Inggris sejenis.

Penjelasan Mengenai Interrogative Pronoun

Seperti namanya yang berkesan ada unsur interogasi (pertanyaan)-nya, interrogative pronoun merupakan pronoun yang digunakan untuk bertanya.

Jadi, contoh kelompok kata dalam kategori interrogative pronoun pun semacam “whose/whom/who”, “which”, “whose”, “what”, dan sebagainya. Dalam beberapa kasus khusus, interrogative pronoun dapat memiliki imbuhan “-ever”, seperti “whomever”, “what(so)ever”, “whichever”, dan sebagainya.

Kita akan melihat lebih banyak penerapan interrogative pronoun dalam poin selanjutnya dari artikel ini, yakni tentang contoh penerapan interrogative pronoun dalam kalimat.

Contoh Penerapan Interrogative Pronoun Dalam Kalimat

Berbagai contoh kalimat yang ada dalam poin ini akan kita jadikan acuan untuk belajar interrogative pronoun. Pemberian bold pada interrogative pronoun, garisbawah untuk klausa yang dipengaruhi interrogative pronoun, beserta arti di setiap contoh kalimat dimaksudkan untuk mempermudah kita dalam melihat penggunaan interrogative pronoun dalam kalimat sekaligus mengerti isi dari kalimat yang akan kita jadikan acuan.

Sementara itu, penjelasan tentang pelajaran interrogative pronoun yang akan kita pelajari setelah tiap contoh kalimat di bawah ini akan membuat kita makin memahami pelajaran interrogative pronoun itu sendiri. Ingin lebih menguasai interrogative pronoun? Simak contoh kalimat berikut ini:

1. What do you think about that guy? (Apa yang kamu pikirkan tentang pria itu?)

Penjelasan: Kata “what” (apa) merupakan interrogative pronoun dalam contoh kalimat ini. Dalam contoh kalimat ini, yang ditanyakan adalah pemikirannya (“do you think”, berupa “sesuatu hal” sebagai objek utamanya), bukan tentang “pria itu” sebagai orang kelihatan yang menjadi objek utamanya.

2. I’ll take whichever one of the clothes suit me best (Aku akan mengambil salah satu baju dari manapun yang sesuai denganku).

Penjelasan: Karena “whichever” ((yang) manapun) dalam kalimat ini terbentuk dari kata “which” (yang mana), yakni interrogative pronoun untuk menanyakan benda, maka sebaiknya kalimatnya pun menjelaskan tentang benda. Dalam contoh kalimat ini, kata yang dipengaruhi “whichever” adalah “one of the clothes” (salah satu dari baju) yang adalah benda.

3. I think he said he was stuck at traffic jam or whatsoever it is (Aku pikir dia mengatakan mengalami kemacetan di jalan atau apapun itu).

Penjelasan: Terkadang, sebuah interrogative pronoun dapat memiliki tambahan “so” di tengah-tengah kata dasarnya dan imbuhan “-ever”, seperti pada “whatsoever” di contoh kalimat ini. Hal tersebut untuk menunjukkan ketidakpedulian akan sesuatu, seperti kemungkinan ingatan soal dia yang mengalami kemacetan di jalan pada contoh kalimat ini.

Contoh Penerapan Interrogative Pronoun Dalam Percakapan

Kita akan lebih mahir mempelajari interrogative pronoun bila kita juga mempelajari contoh percakapan selain contoh kalimat. Karena itu, contoh percakapan beserta arti pada tiap baris dialognya dalam artikel ini menjadi penting untuk kita simak.

Bold pada interrogative pronoun dan garisbawah pada kata atau klausa yang dipengaruhi interrogative pronoun menjadi panduan yang akan menuntun kita lebih memahami interrogative pronoun. Selain itu, setelah contoh percakapan berikut ini, kita juga berkesempatan untuk mempelajari interrogative pronoun lebih dalam lagi:

Rika: I’ll go to Mount Buller next 3 months. Who wants to accompany me?

(Rika: Aku akan pergi ke Gunung Buller 3 bulan lagi. Siapa yang bersedia menemaniku?)

Disco: MountWhat? Er, I mean, what kind of mountain?

(Disco: Gunung… Apa? Er, maksudku, gunung macam bagaimana?)

Rika: I’ll give some nice incentives for whosoever wants to accompany me. This is going to be a great experience!

(Rika: Aku akan memberikan beberapa insentif menarik untuk siapapun yang bersedia menemaniku. Ini akan menjadi pengalaman yang hebat!)

Millie: I’m in! I’ll take on whatever challenges on that mountain.

(Millie: Aku ikut! Aku akan menerima tantangan apapun yang ada di gunung itu.)

Rika: Cool! Please bookmark your calendar on August 23.

(Rika: Bagus! Tolong tandai kalendermu pada 23 Agustus.)

Melalui contoh percakapan di atas, kita melihat interrogative pronoun apapun yang mengandungi “who” (siapa), seperti “who” di baris dialog pertama dan “whosoever” (siapapun) di baris tengah dialog, pasti merujuk pada orang. Hal ini diperjelas dengan klausa “wants to accompany” (bersedia menemani) setelah masing-masing interrogative pronoun, yang berarti menunjuk pada orang siapa(pun) yang bersedia menemani.

Masih tentang interrogative pronoun, apapun yang mengandungi “what” (apa), baik itu “what” sendiri atau “whatever” (apapun), seperti masing-masing pada baris percakapan kedua dari atas dan baris yang hampir menuju akhir, pasti menunjuk pada benda atau “sesuatu hal”. Dalam hal ini, “what” pada “mount” atau “(kind of) mountain” ((jenis) gunung) menanyakan apa nama atau jenis gunungnya. Sementara itu, “whatever” pada “challenges” (tantangan) menunjuk pada sesuatu hal, yakni tantangan, yang bukan merupakan orang kelihatan.

Sampai titik ini, kita telah mengerti penjelasan umum interrogative pronoun beserta contoh penerapannya dalam kalimat dan percakapan. Berikutnya, kita lihat interrogative pronoun sebagai contoh soal dan pembahasan pada tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris sejenis.

Contoh Soal dan Pembahasan Interrogative Pronoun Dalam Tes TOEFL Atau Tes-Tes Bahasa Inggris Sejenis

Biasanya, interrogative pronoun muncul dalam bentuk soal yang mengharuskan kita melengkapi bagian kalimat yang rumpang, termasuk dalam tes TOEFL atau tes serupa yang menguji kecakapan berbahasa Inggris. Selain itu, interrogative pronoun juga kerap muncul sebagai soal yang mengharuskan kita menandai kalimat sebagai benar atau salah.

Adapun contoh soal dalam poin ini memperlihatkan pada kita variasi kemunculan interrogative pronoun dalam ujian atau tes kecakapan bahasa Inggris. Bersamaan dengan arti dan jawaban benarnya dalam bold, kita pun dapat menyimak penjelasan mengenai jawaban benar dari masing-masing 2 contoh soal di bawah ini, sehingga nilai tes kita akan semakin baik:

1. My papers are gone. I wonder _____ took it.

a. whose     b. who      c. whom      d. whoever

(1. Kertas-kertasku hilang. Aku heran ______ ya, yang mengambilnya.

a. milik siapa      b. siapa      c. milik siapa      d. siapapun)

Catatan: Meskipun bukan kalimat pertanyaan, kalimat yang berawalan “I wonder … “ seperti pada contoh kalimat ini harus dibaca dengan nada bertanya. Karenanya, interrogative pronoun-nya pun harus interrogative pronoun yang ditujukan untuk pertanyaan, yakni interrogative pronoun bentuk dasar.

Dalam contoh kalimat ini, yang merupakan interrogative pronoun berbentuk dasar adalah pilihan b. who. Karena itu, pilihan b-lah yang harus kita pilih untuk melengkapi bagian kalimat yang rumpang.

2. Mark this statement as true (T) or false (F):

I’ll take on whichever it takes to succeed. Answer: F

(2. Tandai pernyataan ini sebagai benar (B) atau salah (S):

Saya akan mengambil jalan manapun supaya bisa sukses. Jawaban: S)

Catatan: Interrogative pronoun yang mengandungi “which”, termasuk “whichever”, hanya boleh digunakan untuk menyatakan hal yang bisa dipilih. Karena konteks kalimatnya berbicara mengenai jalan “apapun” secara bebas, maka penggunaan “whichever” menjadi kurang tepat. Jadi, jawaban dari contoh soal ini adalah “F” atau “False”.

Demikianlah yang dapat kita pelajari mengenai interrogative pronoun. Masih tentang kelompok pronoun, kita akan belajar tentang personal pronoun dalam artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya.

Pronoun

Artikel Lainnya

Grammar-Pronoun: Apa itu Demonstrative Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Relative Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Reflexive Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Reciprocal Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Possessive Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Personal Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Interrogative Pronoun?
Grammar-Pronoun: Apa itu Indefinite Pronoun?
Grammar-Pronoun: Relative Pronoun vs Interrogative Pronoun
Grammar-Pronoun: Demonstrative Pronoun vs Indefinite Pronoun

 

Grammar-Adverb: Emphasizers, Amplifiers, Downtoners (Intensifier Adverbs)
Future Tense: Simple Future vs Future Continuous
Grammar-Adverb: Apa itu Place Adverb?
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: “Asal Mula Grammar”
Grammar-Noun: Apa itu Abstract Noun?
Sentences: Apa itu Imperative Sentence (Kalimat Perintah)?
Grammar Tenses: Apa itu Future Continuous Tense?
Grammar-Comparison Adverb: Comparative vs Superlative
Perfect Tense: Past Perfect vs Present Perfect vs Future Perfect
Grammar Tenses: Apa itu Present Perfect Tense?


 
Apa itu Phrasal Verbs?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs