sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar-Pronoun: Reciprocal Pronoun

Kata Ganti Timbal Balik

Reciprocal pronoun yang terdapat pada artikel tutorial bahasa Inggris kali ini merupakan salah satu kelompok pronoun yang muncul pada pelajaran bahasa Inggris maupun dalam kalimat serta percakapan sehari-hari. Karenanya, reciprocal pronoun menjadi materi yang perlu kita pahami dan pelajari.

Poin selanjutnya dalam artikel ini memberikan penjelasan umum tentang reciprocal pronoun. Setelah penjelasan umum di bawah ini, kita akan melihat contoh-contoh penerapan reciprocal pronoun dalam kalimat, percakapan, serta wujudnya dalam contoh soal tes TOEFL atau tes bahasa Inggris sejenis berikut dengan pembahasannya.

Penjelasan Mengenai Reciprocal Pronoun

Reciprocal pronoun merupakan pronoun atau kata ganti yang merujuk pada dua atau lebih orang atau hewan (atau makhluk hidup) sekaligus yang melakukan aksi yang sama. Secara umum, ada 2 reciprocal pronoun, yakni “each (one of the) other” dan “one another”.

Each other” digunakan untuk menjelaskan dua atau lebih makhluk hidup yang melakukan sesuatu secara bergantian dan dengan timbal balik. Sementara itu, “one another” biasanya hanya digunakan untuk sesuatu yang dilakukan dua makhuk hidup atau lebih secara bergantian tanpa harus ada hubungan timbal baliknya.

Lebih banyak mengenai penggunaan reciprocal pronoun dalam kalimat dapat kita simak pada poin berikutnya dalam artikel ini, yakni tentang contoh penerapannya dalam kalimat.

Contoh Penerapan Reciprocal Pronoun Dalam Kalimat

Mengingat ketiga contoh kalimat yang terdapat dalam poin ini memiliki reciprocal pronoun, maka ketiganya akan kita jadikan acuan dalam belajar reciprocal pronoun. Dalam menjadikannya acuan, kita akan dibantu dengan arti bahasa Indonesia untuk tiap contoh kalimat, tanda bold untuk reciprocal pronoun, dan garisbawah untuk aktivitas yang dipengaruhi atau dijelaskan oleh reciprocal pronoun.

Setelah masing-masing contoh kalimat berikut ini, kita juga menyimak penjelasan mengenai pelajaran reciprocal pronoun itu sendiri:

1. They fell in love with each other (Mereka saling jatuh cinta satu dengan yang lainnya).

Penjelasan: Dalam contoh kalimat ini, “each other” sebagai reciprocal pronoun digunakan untuk menjelaskan aksi saling jatuh cinta antara satu dengan yang lainnya. Dalam hal ini, yang saling jatuh cinta antara satu dengan yang lainnya ada 2 orang, maka disebut “they” (mereka).

2. That massive group is following one another to the assigned path (Kelompok besar itu mengikuti satu dengan yang lainnya ke jalan yang sudah ditentukan).

Penjelasan:One another” dalam contoh kalimat ini digunakan untuk menjelaskan tentang aktivitas “is following” (mengikuti) yang dilakukan oleh sekelompok besar orang, atau orang-orang dengan jumlah yang banyak. Dari sini, kegiatan mengikuti tidak harus ada respons timbal balik, karenanya menggunakan reciprocal pronoun one another”.

3. Those three people whisper to one another after listening to that record (Ketiga orang itu berbisik satu dengan yang lainnya setelah mendengar rekaman itu).

Penjelasan: Ada kalanya reciprocal pronoun dapat memiliki imbuhan, seperti “to one another” pada contoh kalimat ini. Dalam contoh kalimat ini, aktivitas dari 3 orang adalah “whisper” (berbisik), yakni saling berbisik tanpa harus memerlukan respons dari bisikan itu secara timbal baliknya.

Selain orang, reciprocal pronoun juga berlaku untuk makhluk hidup lain, seperti hewan. Contoh percakapan dalam poin setelah ini memperlihatkan penerapan reciprocal pronoun untuk manusia sekaligus hewan.

Contoh Penerapan Reciprocal Pronoun Dalam Percakapan

Panduan yang digunakan untuk memahami contoh percakapan dalam poin ini tetap sama dengan yang terdapat pada contoh kalimat, yakni bold untuk reciprocal pronoun dan garisbawah untuk aktivitas yang dijelaskan oleh reciprocal pronoun.

Sementara itu, arti bahasa Indonesia juga tetap digunakan untuk tiap baris percakapan, sehingga kita akan lebih memahami alur percakapan yang akan kita jadikan acuan. Sesudah contoh percakapan berikut ini, kita juga akan menyimak penjelasan lengkap dari reciprocal pronoun, yang akan membuat kita makin memahami reciprocal pronoun:

Hina: Look! Those squirrels are hugging each other. How cute!

(Hina: Lihat! Tupai-tupai itu saling berpelukan satu dengan yang lain. Benar-benar lucu, ya!)

Millie: Yes, Hina! Aww~ See? Now, they seem to say random sweet things to each other!

(Millie: Ya, Hina! Aww~ Lihat? Sekarang, mereka kelihatannya saling berkata-kata manis satu dengan yang lainnya!)

Sasha: *whispers, while observing Hina and Millie quietly* You see there? They talk to one another.

(Sasha: *berbisik, sambil mengamati Hina dan Millie diam-diam* Kamu lihat itu? Mereka berbicara satu dengan yang lainnya.)

Ciara: *whispers back to Sasha* Indeed they are… Wait, what are they, talking one another at this time?

(Ciara: *berbisik kembali pada Sasha* Memang mereka begitu… Tunggu, kok bisa mereka berbicara satu dengan yang lain di waktu seperti ini?)

Sasha: I’ve got no idea. Note down what they are saying, in case we need them.

(Sasha: Aku tidak tahu. Kamu catat saja apa yang mereka katakan, barangkali kami membutuhkannya.)

Lewat melihat contoh percakapan di atas, kita tahu baik “each other” maupun “one another” dapat ditambahi dengan imbuhan “to”.

Bila suatu aktivitas melekat pada “each other”, maka aktivitas tersebut dilakukan 2 makhluk hidup atau lebih dengan timbal balik. Jadi, kejadian tupai yang saling memeluk satu dengan yang lain adalah sama-sama balas-membalas dalam memeluk dalam waktu bersamaan.

Hal yang sama juga berlaku untuk kejadian yang seperti mengatakan hal manis bersamaan (“say random sweet things”), dalam hal ini, kedua ekor tupai nampak saling berbalas-balasan dalam mengatakan hal-hal manis kepada pasangannya.

Sementara itu, “one another”, baik dengan atau tanpa “to” di depannya, digunakan untuk hal-hal yang diduga tidak ada timbal baliknya. Dalam konteks contoh percakapan di atas, “talk” dan “talking” (berbicara) sama-sama diduga oleh Sasha dan Ciara sebagai hal yang tidak memiliki timbal balik, meskipun sebenarnya ada. Karena itu, reciprocal pronoun one another” digunakan.

Sejauh ini, kita sudah belajar tentang penjelasan umum reciprocal pronoun dengan contoh-contohnya dalam kalimat serta percakapan. Selanjutnya, kita akan belajar contoh soal dan pembahasan reciprocal pronoun dalam tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris lainnya.

Contoh Soal dan Pembahasan Reciprocal Pronoun Dalam Tes TOEFL Atau Tes-Tes Bahasa Inggris yang Sejenis

Dalam tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris yang serupa dengan itu, reciprocal pronoun hadir dalam bentuk soal yang mengharuskan kita melengkapi bagian kalimat yang rumpang dengan benar. Reciprocal pronoun juga dapat hadir sebagai contoh soal yang mengharuskan kita menentukan benar-salahnya sebuah kalimat soal.

Dua contoh soal beserta arti bahasa Indonesianya dalam poin berikut ini mengilustrasikan wujud reciprocal pronoun yang berbeda-beda dalam tes kecakapan bahasa Inggris. Sebagai tambahan dari mengetahui bentuk soalnya, kita akan dituntun pada jawaban yang benar dengan tanda bold yang menyertainya, beserta pembahasan jawaban yang benar untuk masing-masing contoh soal di bawah ini:

1. You have to bow _________ before starting the match.

a. to one another       b. to each other       c. each other       d. one another

(1. Kamu harus membungkuk ____________ sebelum memulai pertandingan.

a. satu dengan yang lain        b. kepada satu dengan yang lain        c. masing-masing di antara satu dengan yang lain       d. satu dengan yang lain)

Catatan: Seperti biasa, kita mulai mengeliminasi pilihan jawaban yang salah atau kurang lengkap, yakni pilihan c dan d. Pilihan a salah, karena “to one another” hanya boleh digunakan ketika salah satu tidak wajib untuk membungkuk. Persoalannya, konteks kalimat ini adalah harus saling berbalas-balasan dalam membungkuk (atau memberi hormat). Jadi, pilihan yang benar adalah b. to each other.

2. Mark this statement as true (T) or false (F):

We comment to each other by our own selves. Answer: F

(2. Tandai pernyataan ini sebagai benar (B) atau salah (S):

Kami saling mengomentari satu dengan yang lain dengan diri kami sendiri. Jawaban: S)

Catatan: Selain boros kalimat, keberadaan “by our own selves”, “us”, “ourselves”, atau sejenisnya perlu diwaspadai untuk kalimat apapun yang mengandungi “each other”. Keberadaan kata atau frasa demikian tidak pernah bersanding dengan “each other”. Karenanya, jawaban dari contoh soal ini adalah “F” atau “False”.

Itulah serba-serbi pelajaran reciprocal pronoun yang dapat kita ambil. Kita akan lanjut mempelajari reflexive pronoun dalam artikel berikutnya. Supaya makin menguasai topik-topik bahasa Inggris, alangkah baiknya kita menyimak dan membaca artikel tutorial bahasa Inggris dari kami yang berikutnya!

Artikel Lainnya

Grammar-Pronoun: Demonstrative Pronoun
Grammar-Pronoun: Relative Pronoun
Grammar-Pronoun: Reflexive Pronoun
Grammar-Pronoun: Reciprocal Pronoun
Grammar-Pronoun: Possessive Pronoun
Grammar-Pronoun: Personal Pronoun
Grammar-Pronoun: Interrogative Pronoun
Grammar-Pronoun: Indefinite Pronoun
Grammar-Pronoun: Relative Pronoun vs Interrogative Pronoun
Grammar-Pronoun: Demonstrative Pronoun vs Indefinite Pronoun

 

Sentence: Negative Sentence (Kalimat Negatif)
Grammar-Adverb: Emphasizers Adverb
Grammar-Adjective: Apa itu Nominal Adjectives?
Grammar: Preference
Phrases: Adverb Phrase
Grammar-Noun: Proper Noun
Grammar Tenses: Future Perfect Continuous Tense
Grammar-Verb: Linking Verb
Grammar-Determiner: Quantifiers
Grammar-Comparison Adverb: Comparative vs Superlative


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Sentences: Run-On Sentence
Quantifier: Perbedaan Many, Much dan A Lot Of
Apa itu Sentence Modifier?
Aturan Menggabung Kalimat Bahasa Inggris
Clauses: Adjective Clause
Sentence Structure: Complex Sentence
Sentences: Imperative Sentence (Kalimat Perintah)
Phrases: Noun Phrase
Phrases: Verb Phrase
Verb: Present Participle