sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar-Pronoun: Reflexive Pronoun

Kata Ganti Diri Sendiri

Artikel tutorial bahasa Inggris kali ini juga belajar mengenai pronoun atau kata ganti makhluk hidup. Namun, kelompoknya berbeda dengan pelajaran pronoun sebelumnya, yakni tentang reflexive pronoun.

Reflexive pronoun memiliki pengertian yang berbeda dibandingkan pronoun lainnya, sehingga contoh-contoh penerapannya dalam kalimat, percakapan, dan contoh soal serta pembahasannya pun berbeda. Ada baiknya kita menyimak terlebih dahulu penjelasan mengenai reflexive pronoun sebagai pengantar ke contoh-contoh berikutnya yang satu ini.

Penjelasan Mengenai Reflexive Pronoun

Secara umum, reflexive pronoun, atau yang disebut juga dengan reflexive, adalah pronoun apapun yang digunakan ketika subjek orang atau makhluk hidup pemicu aktivitas atau aksi tertentu juga merupakan penerimanya. Pola reflexive pronoun selalu pronoun dasar yang sudah berubah bentuk ditambah imbuhan “-self” (untuk singular) atau “-selves” (untuk plural).

Jadi, contoh-contoh singular reflexive pronoun, seperti “myself”, “yourself”, “herself”, “himself”, atau “itself” selalu menunjuk pada satu individu makhluk hidup. Sementara itu, contoh-contoh plural reflexive pronoun semacam “yourselves”, “ourselves”, atau “themselves” merupakan reflexive pronoun untuk menunjuk pada 2 atau lebih individu makhluk hidup secara bersamaan. Dalam beberapa kasus, ada kalanya juga reflexive pronoun diselipi dengan kata “own”.

Kita akan melihat penggunaan reflexive pronoun seperti penjelasan itu dengan lebih jelas ketika kita melihat pada poin selanjutnya, yakni contoh penerapan reflexive pronoun dalam kalimat.

Contoh Penerapan Reflexive Pronoun Dalam Kalimat

Supaya learners sekalian makin memahami pelajaran reflexive pronoun, kami telah menyediakan 4 contoh kalimat dalam poin ini. Adapun keempat contoh kalimat telah disertai dengan arti dalam bahasa Indonesia, bold untuk reflexive pronoun, dan garisbawah untuk aksi atau aktivitas yang dipengaruhi oleh reflexive pronoun.

Tidak hanya berhenti sampai di sana, keempat contoh kalimat di bawah ini juga disertai dengan pelajaran atau penjelasan tentang reflexive pronoun di bagian akhirnya:

1. You should do your parts by yourself (Kamu harus mengerjakan bagianmu sendirian).

Penjelasan: Dari contoh kalimat ini, “yourself” ((kamu) sendirian) sebagai singular reflexive pronoun digunakan untuk menjelaskan subjek “kamu” (“you” atau “your”) yang sama dan harus mengerjakan aktivitas atau aksi “do your parts” (mengerjakan bagianmu).

2. She became stressed to remove problems by her own self (Dia menjadi tertekan untuk menghilangkan permasalahannya sendirian).

Penjelasan: Ini adalah contoh kalimat yang menggunakan singular reflexive pronoun dengan sisipan “own” di tengah-tengah “her” dan imbuhan “-self”, sehingga menjadi “her own self” ((dia) sendirian). Guna dari sisipan “own” adalah memperkuat kesan “dia sendirian” sebagai dia yang sama dan harus mengerjakan aktivitas atau aksi “remove problems” (menghilangkan permasalahan(nya)).

3. We need to get motivated ourselves to get ahead (Kami harus memotivasi diri kami sendiri untuk maju).

Penjelasan:Ourselves” (diri kami sendiri) dalam contoh kalimat ini merupakan plural reflexive pronoun yang digunakan untuk menjelaskan, diri kami sendiri adalah kami yang sama dan juga melakukan aksi atau aktivitas “get motivated” (memotivasi).

4. They reflect their attacks on their own selves (Mereka memantulkan serangan ke diri mereka sendiri).

Penjelasan: Contoh kalimat ini memperlihatkan plural reflective pronoun yang terdiri dari “their” dan imbuhan “-selves” yang disisipi dengan “own”. Guna dari sisipan “own” adalah memperkuat kesan mereka yang sama dan melakukan aksi atau aktivitas “reflect their attacks” (memantulkan serangan (mereka)).

Contoh Penerapan Reflexive Pronoun Dalam Percakapan

Inti pelajaran yang sudah dijelaskan pada contoh kalimat di atas juga berlaku untuk penerapan reflexive pronoun dalam percakapan, dan kita akan melihat penjelasan lebih lanjut dan lengkapnya setelah menyimak contoh percakapan acuan secara penuh.

Agar memudahkan dalam menyimak, panduannya pun kami buat hampir sama, yakni ada arti pada tiap baris dialog, tanda bold untuk menandai reflexive pronoun, dan garisbawah untuk aksi atau aktivitas yang dipengaruhi reflexive pronoun. Berikut ini adalah contoh percakapan yang akan kita jadikan acuan:

Rika: Look! She seems to mumble by her own self. What is she up to?

(Rika: Lihat! Dia kelihatannya bergumam sendirian. Dia sedang ngapain sebenarnya?)

Mistress: *on her phone* I have to clean these entire dishes myself. Woe is me!

(Pembantu Perempuan: *di teleponnya* Aku harus mencuci semua piring ini sendirian. Kasihan aku, ya!)

Bell: Wow… Whoever her owners are, they must be crazy!

(Bell: Wah… Siapapun majikannya, mereka pasti gila!)

Rika: Yes, and I think, it is their own selves’ responsibilities to change!

(Rika: Ya, dan aku pikir, adalah tanggungjawab mereka untuk berubah!)

Rina: Sis, look over there! *points to the owners wearing expensive things while lazing around* They are being greedy themselves. They shouldn’t be like this!

(Rina: Kak, coba lihat ke sana! *menunjuk pada para majikan yang memakai barang mewah sambil malas-malasan* Mereka sendiri orang-orang rakus. Seharusnya mereka tidak begini!)

Keberadaan “her own self” dan “myself” ((aku) sendirian) seperti yang ada pada contoh percakapan di atas hanya menunjuk pada satu orang, yakni si pembantu perempuan. Dalam contoh percakapan di atas, si pembantu perempuan melakukan aktivitas “mumble” (bergumam) dan “clean these entire dishes” (mencuci semua piring ini).

Karena majikan si pembantu perempuan kemungkinan ada 2 atau lebih orang, maka reflexive pronoun yang digunakan berbentuk plural, yakni “their own selves” dan “themselves” (diri mereka sendiri), masing-masing pada 2 baris percakapan terakhir. Dalam hal “themselves”, aktivitas yang dilakukan para majikan tersebut adalah “being greedy” (menjadi rakus atau serakah).

Ada yang menarik dari bagian “their own selves”, yakni dapat menjadi bentuk possessive. Hal ini dikarenakan “responsibilities to change” (tanggungjawab untuk berubah) adalah aktivitas berupa karakter, sikap, atau perilaku yang diharapkan Rika ada pada para majikan si pembantu.

Contoh Soal dan Pembahasan Reflexive Pronoun Dalam Tes TOEFL Atau Tes-Tes Bahasa Inggris Sejenis

Biasanya, dalam tes TOEFL atau tes serupa yang menguji kemampuan berbahasa Inggris, materi reflexive pronoun muncul dalam soal yang mengharuskan kita menentukan benar-salahnya sebuah kalimat. Alternatifnya, reflexive pronoun juga muncul sebagai soal yang meminta kita merampungkan bagian kalimat yang rumpang dengan kata dalam kurung sebagai pemandu.

Kedua macam kemunculan soal reflexive pronoun tersebut tercermin dalam contoh soal yang ada dalam artikel ini. Contoh soal dalam artikel ini juga disertai arti bahasa Indonesia, bold pada jawaban yang benar, dan penjelasan tentang jawaban benarnya. Semua itu dapat kita simak dalam uraian contoh di bawah ini:

1. Mark this statement as true (T) or false (F):

You’ll get to know your personality by your own selves. Answer: T

(1. Tandai pernyataan ini sebagai benar (B) atau salah (S):

Kamu akan mengetahui kepribadianmu dari kamu sendiri. Jawaban: B)

Catatan: Tidak ada masalah dengan sisipan “own” di antara “your” dan “selves”. Bila tidak disisipi “own” pun, makna bahasa Indonesianya tetap sama, yakni “kamu (semua) sendiri”. Karena tidak ada kesalahan dalam struktur atau penggunaan reflexive pronoun atau komponen grammar yang lain, maka jawabannya adalah “T” atau “True”.

2. He can talk through things ________ (his).

a. himself       b. his own self       c. him own self       d. his selves

(2. Dia dapat berkata-kata tentang banyak hal _________ (dia).

a. oleh dia sendiri        b. dari dia sendiri       c. dia dari sendiri       d. dia-dia sendiri)

Catatan: Pilihan yang sudah pasti salah adalah d, karena “he/his” sifatnya singular dan harusnya imbuhannya adalah “-self”. Kendati demikian, pilihan c juga salah, karena bila ada tambahan “own” di tengah-tengahnya, jadinya “his own self”, bukan “him own self”. “His own self” seperti pada pilihan b sendiri hanya tepat bila ada “by” di depannya. Karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah a. himself.

Demikianlah hal yang dapat kita pelajari dari reflexive pronoun. Selanjutnya, kita akan belajar tentang kelompok relative pronoun. Seperti namanya, ini juga merupakan kelompok pronoun.

Tapi, bagaimana dengan detail pelajaran relative pronoun? Daripada galau atau penasaran, lebih baik kita simak dan baca saja, yuk, artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya dari kami!

Artikel Lainnya

Grammar-Pronoun: Demonstrative Pronoun
Grammar-Pronoun: Relative Pronoun
Grammar-Pronoun: Reflexive Pronoun
Grammar-Pronoun: Reciprocal Pronoun
Grammar-Pronoun: Possessive Pronoun
Grammar-Pronoun: Personal Pronoun
Grammar-Pronoun: Interrogative Pronoun
Grammar-Pronoun: Indefinite Pronoun
Grammar-Pronoun: Relative Pronoun vs Interrogative Pronoun
Grammar-Pronoun: Demonstrative Pronoun vs Indefinite Pronoun

 

Grammar-Verb: Gerund
Grammar-Conjunction: Correlative Conjunction
Grammar-Noun: Compound Noun
Grammar-Verb: Indicative Verb
Phrases: Noun Phrase
Grammar-Verb: Apa itu Verbs?
Grammar Tenses: Past Future Continuous Tense
Grammar Tenses: Future Continuous Tense
Grammar-Adverb: Emphasizers, Amplifiers, Downtoners (Intensifier Adverbs)
Grammar-Noun: Common Noun


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Sentences: Run-On Sentence
Quantifier: Perbedaan Many, Much dan A Lot Of
Apa itu Sentence Modifier?
Aturan Menggabung Kalimat Bahasa Inggris
Clauses: Adjective Clause
Sentence Structure: Complex Sentence
Sentences: Imperative Sentence (Kalimat Perintah)
Phrases: Verb Phrase
Verb: Present Participle
Verb: Main Verb+Auxiliary Verb