sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar Tenses: Apa itu Future Perfect Tense?

Seperti namanya, future perfect tense yang akan kita dalami pada artikel tutorial bahasa Inggris ini merupakan salah satu pecahan kelompok tense, yakni future tense. Sebagai salah satu kelompok future tense, future perfect tense memiliki pengertiannya yang unik, bahkan bila dibanidngkan dengan materi pelajaran bahasa Inggris lainnya.

Pengertian dari future perfect tense yang unik tersebut akan kita simak bersama dalam poin setelah paragraf ini. Setelah menyimak pengertian dalam poin di bawah ini, kita akan melihat contoh-contoh penerapan future perfect tense dalam kalimat, percakapan, dan contoh soal serta pembahasannya dalam tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris serupa.

Penjelasan Mengenai Future Perfect Tense

Future perfect tense menggambarkan sesuatu yang di masa yang akan datang sudah selesai dilakukan. Sama seperti kelompok tense yang sudah kita pelajari sebelumnya, future perfect tense dikategorikan berdasarkan rumusnya, yakni positive, negative, dan interrogative. Tabel berikut ini memuat komponen dalam rumus masing-masing bentuk future perfect tense:

Future Perfect Tense Komponen
Positive Subject + will have + verb 3
Negative Subject + will not have + verb 3, atau

Subject + won’t have + verb 3

Interrogative Will + subject + have + verb 3 + … ?

Untuk mengetahui dengan lebih jelas penggunaan ketiga bentuk future perfect tense di atas, pertama-tama kita akan melihat contoh penerapan future perfect tense dalam kalimat pada poin berikut ini.

Contoh Penerapan Future Perfect Tense Dalam Kalimat

Tiga contoh kalimat acuan dalam poin ini melambangkan masing-masing kategori future perfect tense yang sudah dijelaskan di tabel sebelumnya. Untuk mempermudah pengertian dari masing-masing contoh kalimat acuan, kami menyediakan arti bahasa Indonesia, bold pada komponen future perfect tense, dan garisbawah pada keterangan waktu future perfect tense.

Setelah menyimak masing-masing dari contoh kalimat di bawah ini, kita juga berkesempatan melihat penjelasannya, yakni tentang pelajaran future perfect tense itu sendiri:

1. She will have arrived at home by 18:30 (Dia akan sudah tiba di rumah pada pukul 18:30).

Penjelasan: Bentuk positive dari future perfect tense dalam kalimat ini ditunjukkan dari komponen “will have” yang langsung menyambung dengan komponen verb 3-nya, yakni “arrived” (tiba, dari asal verb 1arrive”). “By 18:30” (pada pukul 18:30) adalah keterangan waktu yang digunakan.

2. They won’t have stolen our credit card tomorrow (Mereka tidak akan mencuri kartu kredit kami lagi besok).

Penjelasan: Adanya komponen “won’t have” sesudah “they” (mereka, yang adalah subject kalimat) dan sebelum “stolen” (mencuri, verb 3 dari bentuk verb 1-nya, yakni “steal”), menunjukkan inilah kalimat future perfect tense yang berbentuk negative. Sementara itu, “tomorrow” (besok) adalah keterangan waktunya.

3. Will you have eaten your breakfast by 08:30? (Akankah kamu sudah makan sarapan pada pukul 08:30?)

Penjelasan: Inilah contoh kalimat future perfect tense yang berbentuk interrogative, dengan tanda tanya di belakangnya, komponen “will” di awal, dan “have” serta verb 3eaten” (sudah makan, dari verb 1 eat”, makan) yang mengapit “you” (kamu) sebagai subject kalimat. Keterangan waktu yang digunakan pada kalimat ini adalah “by 08:30” atau pada pukul 08:30.

Contoh Penerapan Future Perfect Tense Dalam Percakapan

Berikutnya, contoh percakapan acuan yang terdapat pada poin ini juga memiliki panduan yang kurang lebih sama dengan poin contoh kalimat sebelumnya, yakni arti bahasa Indonesia pada tiap baris dialognya, bold pada komponen future perfect tense, dan garisbawah pada keterangan waktu future perfect tense.

Penjelasan lengkap mengenai pelajaran future perfect tense juga tersedia setelah contoh percakapan yang berikut ini:

Rika and Rina’s Mother: Rika, Rina, will you guys have cleaned your rooms by tonight?

(Ibu Rika dan Rina: Rika, Rina, akankah kalian membersihkan kamar kalian malam ini?)

Rika: Mom, I think Rina won’t have arrived here at home by tonight!

(Rika: Bu, aku pikir Rina belum akan tiba di sini di rumah malam ini!)

Rika and Rina’s Mother: *shakes her head* My, my, what sort of jobs did she do?

(Ibu Rika dan Rina: *menggeleng-gelengkan kepalanya* Ya ampun, dia lagi mengerjakan pekerjaan apa, sih, sebenarnya?)

Rika: She will have done a large-scaled international project around the next 2 hours from now. So, perhaps, she will be here at around… Nine?

(Rika: Dia akan menyelesaikan proyek internasional berskala besar sekitar 2 jam dari sekarang. Jadi, mungkin, dia akan ada di sini sekitaran pukul… Sembilan?)

Rika and Rina’s Mother: Nine o’clock at night… Wow, that’s quite late!

(Ibu Rika dan Rina: Jam sembilan malam… Lama sekali!)

By tonight” (malam ini) seperti yang terdapat pada baris percakapan pertama dan kedua dari contoh percakapan di atas bukan waktu yang langsung terjadi saat itu juga, meskipun ada unsur “ini” dalam arti bahasa Indonesianya. Karena masih akan terjadi di masa depan (dan memiliki asumsi di masa depan sudah terselesaikan), maka jadilah ini bagian dari future perfect tense.

Future perfect tense pertama yang akan kita pelajari adalah bentuk interrogative, yang ditunjukkan dari komponen “will” dan “have” serta verb 3 cleaned” (membersihkan, dari verb 1 clean” yang berarti bersih) yang mengapit subject, yakni “you guys” (kalian).

Dalam baris kedua, kita melihat adanya bentuk negative dari future perfect tense, mengingat ada komponen “won’t have” sebelum komponen verb 3-nya, yakni “arrived”. Rina sebagai subject yang dibicarakan belum akan tiba.

Lanjutan dari pelajaran future perfect tense dalam contoh percakapan di atas adalah dalam baris menjelang akhir percakapan, yakni bentuk positive future perfect tense. Hal ini dibuktikan dengan komponen “will have” yang berada sebelum komponen verb 3-nya, yakni “done” (melakukan, dari asal verb 1do”). Sementara itu, keterangan waktu yang digunakan adalah “around the next 2 hours from now” (sekitar 2 jam ke depan dari sekarang).

Contoh Soal dan Pembahasan Future Perfect Tense Dalam Tes TOEFL Atau Tes-Tes Bahasa Inggris Sejenis

Sebagaimana materi future tense lainnya, future perfect tense kerap hadir sebagai contoh soal yang meminta kita menentukan benar-salahnya sebuah kalimat dalam soal. Meskipun sama-sama memiliki bentuk positive, negative, dan interrogative, future perfect tense lebih sering hadir sebagai contoh soal yang meminta kita merampungkan bagian kalimat yang rumpang dengan panduan kata dalam kurung daripada soal yang meminta kita mengubah bentuk kalimat.

Semua variasi kemunculan future perfect tense di atas dapat kita lihat lewat contoh soal yang terdapat dalam poin ini. Bersamaan dengan arti bahasa Indonesianya, kita berkesempatan untuk mengetahui jawaban benarnya dalam bold serta penjelasan mengenai jawaban benar di akhir masing-masing contoh soal di bawah ini:

1. Mark this statement as true (T) or false (F):

They will have been there at around 2p.m. Answer: T

(1. Tandai pernyataan ini sebagai benar (B) atau salah (S):

Mereka akan ada di sana sekitaran pukul 2 siang. Jawaban: B)

Catatan: Mengingat dalam konteks contoh kalimat sekitar pukul 2 siang belum terjadi, dan kondisi ketibaan mereka akan terselesaikan dalam masa depan, maka menggolongkannya dalam future perfect tense sudah benar. Bentuk future perfect tense will have” harus diikuti dengan verb 3. Dalam hal ini, “been” (ada) sebagai verb 3 dari verb 1 asalnya, yakni “be” (menjadi) adalah benar. Karena itu, jawaban dari contoh soal ini adalah “T” atau “True”.

2. I won’t have _______ (be) here tomorrow if he’s not with me.

a. be b. to be c. was being d. been

(2. Aku tidak akan ________ (ada) di sini besok bila ia tidak bersamaku.

a. ada b. berada c. tadinya berada d. berada)

Catatan: Adanya “won’t have” merupakan identifikasi awal bahwa inilah contoh soal yang melibatkan future perfect tense. Ingat, verb yang mengikuti “will”, “will not”, atau “won’t have” adalah verb 3 murni tanpa ada tambahan “to” seperti pilihan b atau “was” pada pilihan c. Bukan juga verb 1 seperti pada pilihan a. Karenanya, pilihan yang benar untuk contoh soal kedua ini adalah d. been.

Kini, setelah kita mengetahui 3 kategori future tense, termasuk future perfect tense dalam artikel ini, kita akan mulai menjajaki pelajaran tense yang berbeda pada artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya. Pelajaran tense yang akan kita jajaki berikutnya tergolong dalam past tense, yakni past continuous tense.

Seperti apa pelajarannya? Simak, ikuti, dan baca saja artikel tutorial bahasa Inggris dari kami yang selanjutnya!

Tenses

Artikel Lainnya

Grammar Tenses: Apa itu Simple Present Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Simple Past Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Simple Future Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Present Perfect Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Present Perfect Continuous Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Present Continuous Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Past Perfect Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Past Perfect Continuous Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Past Future Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Past Future Perfect Tense?

 

Grammar: Apa itu Passive Voice (Kalimat Pasif)?
Perfect Tense: Past Perfect vs Present Perfect vs Future Perfect
Verb: Apa itu Main Verb + Auxiliary Verb?
Grammar-Adverb: Apa itu Amplifiers Adverb?
Grammar-Noun: Apa itu Uncountable Noun?
Grammar-Pronoun: Relative Pronoun vs Interrogative Pronoun
Grammar: Apa itu Prepositional Phrase?
Grammar-Adjective: Apa itu Degree of Comparison?
Grammar-Adjective: Apa Itu Adjective?
Apa itu Compound Word?


 
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs
List Kata Kerja yang Diikuti Gerund dan Infinitive
39 Regular Verbs & Contoh Kalimatnya
33 Irregular Verbs & Contoh Kalimatnya
Apa itu Cause Effect?
Apa itu Conjunction? Coordinating, Correlative, Subordinating Conjunction?