sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar Tenses: Apa itu Present Perfect Continuous Tense?

Artikel tutorial bahasa Inggris kita kali ini akan menggiring learners sekalian untuk belajar tentang satu lagi kelompok present tense dalam bahasa Inggris, yakni present perfect continuous tense.

Salah satu pelajaran bahasa Inggris yang termasuk dalam kelompok tense sekaligus present tense ini memiliki pengertiannya tersendiri yang terdapat pada poin selanjutnya.

Pengertian mengenai present perfect continuous tense akan kita simak bersama pada poin di bawah ini.

Sesudahnya, kita akan melihat penerapannya dalam contoh-contoh kalimat, percakapan, maupun contoh soal dan pembahasannya pada tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris lainnya.

Penjelasan Mengenai Present Perfect Continuous Tense

Present perfect continuous tense memiliki fungsi utama untuk menjelaskan atau menanyakan tentang kejadian yang di masa lalu terjadi dan terus berlanjut sampai sekarang atau ke depannya.

Karena itu, keterangan waktu semacam “recently”, “lately”, “since/for”, dan sebagainya, dapat saja muncul pada present perfect continuous tense.

Secara umum, present perfect continuous tense memiliki bentuk positive, negative, dan interrogative, dan ketiga bentuk tersebut dijelaskan lebih lanjut dalam tabel di bawah ini:

Present Perfect Continuous Tense Komponen
Positive Subject + has/have been + verb –ing, atau

I/you/we/they’ve + been + verb -ing

Negative Subject + has/have not been + verb -ing, atau

I/you/we/they’ve + not been + verb –ing, atau

Subject + has/haven’t been + verb –ing

Interrogative Has/have + subject + been + verb -ing + … ?

Contoh Penerapan Present Perfect Continuous Tense Dalam Kalimat

Sebagai permulaan, mari kita lihat bagaimana present perfect continuous tense diterapkan dalam berbagai contoh kalimat.

Supaya kita lebih mudah melihat dan mempelajari contoh kalimat acuan dalam poin ini, kami memberikan panduan berupa arti bahasa Indonesia, tanda bold untuk present perfect continuous tense, dan tanda garisbawah untuk keterangan waktu dari present perfect continuous tense.

Penjelasan dari present perfect continuous tense juga dapat kita simak setelah menyimak tiap contoh kalimat di bawah ini:

1. The Red Team have been running for 2.5 hours (Tim Merah sudah pernah sedang berlari selama 2,5 jam).

Penjelasan: Contoh kalimat present perfect continuous tense ini berbentuk positive dengan bukti “have been running” (sudah pernah sedang berlari, dari asal verb run”, lari) sebagai komponennya bersamaan dengan “The Red Team” (Tim Merah) sebagai subject-nya. Keterangan waktunya sendiri ditunjukkan dari “for 2.5 hours” (selama 2,5 jam).

2. Marie hasn’t been contributing for us recently (Marie belum pernah sedang berkontribusi untuk kami akhir-akhir ini).

Penjelasan: Bukti dari bentuk negative pada contoh kalimat present perfect continuous tense dengan Marie sebagai subject-nya ini adalah komponen “hasn’t been contributing” (belum pernah sedang berkontribusi, dari asal verb contribute”, kontribusi). Contoh kalimat ini juga dijelaskan oleh keternagan waktu “recently” (akhir-akhir ini).

3. Have you been thinking of your loved ones lately? (Sudah pernah sedangkah kamu memikirkan orang-orang yang kamu cintai belakangan ini?)

Penjelasan: Bentuk interrogative pada contoh kalimat present perfect continuous tense ini dibuktikan dengan adanya komponen “have” di awal kalimat dan “been thinking” (sudah pernah sedang(kah) memikirkan, dari asal verb think”, pikir). Contoh kalimat dengan “you” (kamu) sebagai subject ini juga memiliki “lately” (belakangan ini) sebagai keterangan waktunya.

Contoh Penerapan Present Perfect Continuous Tense Dalam Percakapan

Setelah mempelajari contoh-contoh kalimat pada poin sebelumnya, kini kita akan mempelajari present perfect continuous tense dalam contoh percakapan.

Contoh percakapan acuan yang terdapat pada poin ini memiliki arti bahasa Indonesia dalam tiap baris dialognya, tanda bold pada present perfect continuous tense, garisbawah pada keterangan waktu, serta penjelasan pelajaran present perfect continuous tense di akhir contoh percakapan.

Semuanya itu bertujuan sehingga contoh percakapan di bawah ini mudah untuk kita pelajari. Berikut ini adalah contoh percakapan yang akan kita pelajari:

Bell: I’ve been concentrating on this puzzle for a long time… This was so difficult!

(Bell: Aku sudah pernah sedang berkonsentrasi pada puzzle ini untuk waktu yang lama… ini sangat sulit!)

Pia: That puzzle was surely too hard! Has Cath arrived, though?

(Pia: Puzzle itu memang susah dipecahkan! Omong-omong, sudahkah Cath tiba?)

Bell: I doubt it. After all, she hasn’t been visiting our place lately!

(Bell: Mungkin, ya. Lagipula, dia belum pernah sedang mengunjungi tempat kami belakangan ini!)

Millie: Eh…? Has she been training herself since last month?

(Millie: Eh…? Dia ‘kan sudah pernah sedang melatih dirinya sendiri sejak bulan lalu?)

Bell: Wow, I think that’s new information for me.

(Bell: Wah, itu informasi yang baru untukku.)

Melalui pembacaan baris pertama contoh percakapan di atas, kita melihat adanya bukti bentuk positive pada present perfect continuous tense, yakni “’ve been concentrating” (sudah pernah sedang berkonsentrasi, dari asal verb concentrate”, konsentrasi) yang melebur dengan subject I” (aku) dan menyambung dengan keterangan waktunya, yakni “for a long time” (untuk waktu yang lama).

Selanjutnya, dalam baris ketiga contoh percakapan, kita menemui bentuk negative dari kalimat dialog present perfect continuous tense.

Bentuk negative ini dibuktikan dengan adanya “hasn’t been visiting” (belum pernah sedang mengunjungi, dari asal verb visit”) yang menyambung dengan subject-nya, yakni “she”, dan keterangan waktunya, yakni “lately”.

Baris keempat contoh percakapan memberikan kita pelajaran kalimat dialog present perfect continuous tense yang berbentuk interrogative.

Bentuk ini dibuktikan dengan adanya “has” yang ditaruh di awal kalimat, menyambung dengan “she” sebagai komponen subject, dan “been training” (sudah pernah sedang melatih, dari asal verb train”) sebagai komponen present perfect continuous tense lainnya.

Sementara itu, “since last month” (sejak bulan lalu) menjadi keterangan waktu yang membuat kalimat dialog menjadi lebih jelas.

Contoh Soal dan Pembahasan Present Perfect Continuous Tense Dalam Tes TOEFL Atau Tes-Tes Bahasa Inggris Sejenis

Soal present perfect continuous tense dalam tes TOEFL maupun tes-tes lain yang menguji kecakapan berbahasa Inggris kerap muncul sebagai bentuk pilihan kalimat yang menggunakan present perfect continuous tense dengan salah tanpa menyebut bentuknya secara spesifik.

Selain pemilihan kalimat yang benar, materi present perfect continuous tense juga dapat muncul sebagai soal yang mengharuskan kita menentukan benar-salahnya sebuah kalimat.

Bersamaan dengan arti bahasa Indonesia jawaban benarnya dalam bold, dan penjelasan jawaban benarnya, kedua contoh kalimat di bawah ini dapat kita jadikan acuan sehingga sukses menghadapi jenis soal serupa dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris serupa:

1. Choose the wrong sentence:

a. Recently, I’ve been getting my first manuals in my organization.
b. They have not been completing their homework since then.
c. Aria haven’t been arriving at the airport lately.
d. You have been remembering that song for one week.

(1. Pilih kalimat yang salah:

a. Akhir-akhir ini, aku sudah pernah sedang mendapatkan berbagai manual pertamaku dalam organisasi.
b. Mereka belum pernah sedang menyelesaikan pekerjaan rumah mereka sejak lama.
c. Aria belum pernah sedang tiba di bandara belakangan ini.
d. Kamu sudah pernah sedang mengingat lagu itu selama satu minggu.)

Catatan: Bila kita melihat keterangan waktunya saja dari semua pilihan dalam contoh soal pertama ini, maka mungkin kita akan kesulitan menemukan kalimat yang salah. Karena itu, periksalah pasangan “have” yang melekat pada subject.

Karena pilihan c subject-nya adalah nama orang, dan nama orang setara dengan he/she/it, maka “have/haven’t” bukan kata yang tepat untuk melanjutkannya. Maka, pilihan c menjadi pilihan kalimat yang salah dan harus kita pilih.

2. Mark this statement as true (T) or false (F):

The Blue Team has been appointing Niki as their captain lately. Answer: T

(2. Tandai pernyataan ini sebagai benar (B) atau salah (S):

Tim Biru sudah memilih Niki sebagai ketua mereka belakangan ini. Jawaban: B)

Catatan: Tidak ada yang salah dengan keterangan tambahan semacam “as their captain” (sebagai ketua mereka) selain keterangan waktu semacam “lately” (belakangan ini), selama komponen grammar-nya benar.

The Blue Team” (Tim Biru, subject) dianggap sebagai satu kesatuan, karenanya komponen present perfect continuous tense has been appointing” (sudah memilih, dari asal verb appoint”) benar. Karena itu, jawaban dari contoh soal kedua ini adalah “T” atau “True”.

Itu dia serba-serbi present perfect continuous tense yang dapat kita pelajari. Selanjutnya, kita akan belajar materi present tense lainnya, yakni present perfect tense.

Ingin tahu seperti apa materi present perfect tense? Simak dan baca artikel tutorial bahasa Inggris dari kami yang selanjutnya!

Tenses

Artikel Lainnya

Grammar Tenses: Apa itu Simple Present Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Simple Past Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Simple Future Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Present Perfect Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Present Perfect Continuous Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Present Continuous Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Past Perfect Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Past Perfect Continuous Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Past Future Tense?
Grammar Tenses: Apa itu Past Future Perfect Tense?

 

Grammar-Adverb: Apa itu Amplifiers Adverb?
Speech: Apa itu Direct Speech (Kalimat Langsung)?
Grammar-Adjective: Attributive Adjectives – Part 2
Grammar Tenses: Apa itu Past Future Perfect Continuous Tense?
Grammar-Verb: Apa itu Full Verb (Kata Kerja Penuh)?
Grammar-Noun: Common Noun vs Proper Noun
Clauses: Apa itu Adjective Clause?
Figure of Speech: Simile
Grammar: Apa itu Preposition?
Grammar-Pronoun: Apa itu Reciprocal Pronoun?


 
Apa itu Phrasal Verbs?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs