sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar Tenses: Simple Present Tense

Setelah mempelajari simple future tense dan simple past tense pada artikel sebelumnya, kini kami akan mengajak learners sekalian untuk mempelajari tentang simple present tense. Meski sama-sama terhitung dalam simple tense atau kategori tense, simple present tense memiliki ciri khasnya sendiri yang tertuang dalam poin penjelasan artikel ini.

Poin penjelasan tentang simple present tense dalam artikel ini untuk selanjutnya akan memandu kita dalam lebih memahami bagaimana simple present tense diterapkan dalam contoh-contoh kalimat, percakapan, maupun contoh soal dan pembahasannya dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris lainnya.

Penjelasan Mengenai Simple Present Tense

Simple present tense merupakan jenis tense yang sering muncul dalam tata bahasa Inggris. Fungsi dari simple present tense sendiri bervariasi. Tidak hanya menerangkan kejadian yang dilakukan dalam frekuensi tertentu pada saat ini, namun juga dapat menyatakan fakta atau menggambarkan atau menanyakan tentang perasaan.

Sebagaimana tense lainnya, simple present tense memiliki 3 bentuk, yakni positive, negative, dan interrogative. Tabel berikut ini memuat komponen yang terdapat dalam ketiga bentuk simple present tense:

Simple Present Tense Komponen
Positive Subject + verb 1, atau

Subject + verb 1 + -s/-es, atau

Subject + am/is/are, atau

Subject + ‘m/‘s/’re

Negative Subject + do/does not + verb 1, atau

Subject + do/doesn’t + verb 1, atau

Subject + am/is/are not, atau

Subject + ‘m/‘s/’re not, atau

Subject + is/aren’t

Interrogative Do + subject + verb 1 + … ?, atau

Am/is/are + subject + verb 1 + … ?

Contoh Penerapan Simple Present Tense Dalam Kalimat

Banyaknya penggunaan simple present tense dalam tata bahasa Inggris juga didukung dengan banyaknya kalimat yang menggunakan simple present tense. Dari sekian banyak contoh kalimat yang ada, contoh-contoh kalimat yang terdapat dalam artikel ini akan kita jadikan acuan untuk belajar simple present tense.

Agar pembelajaran makin mudah, kami menyediakan arti bahasa Indonesia, tanda bold untuk simple present tense, dan garisbawah untuk hal-hal yang membantu memperjelas fungsi simple present tense. Penjelasan tentang simple present tense juga tersedia setelah masing-masing contoh kalimat di bawah ini:

1. We eat complete Bento sets in a Japanese restaurant (Kami makan set Bento penuh di sebuah restoran Jepang).

Penjelasan: Contoh kalimat positive simple present tense ini memperlihatkan fungsi untuk menjelaskan kegiatan “eat” (makan) dari “we” (kami, subject) yang terjadi saat ini. Secara khusus, kegiatannya adalah “eat complete Bento sets” atau “makan set Bento penuh”.

2. They aren’t doctors (Mereka bukanlah dokter).

Penjelasan: Contoh kalimat negative simple present tense dengan “they” (mereka) sebagai subject dan “aren’t” (bukan(lah)) sebagai komponen tambahannya ini menjelaskan fungsi fakta yang tidak terbantahkan, yakni kenyataan mereka bukan dokter (“They aren’t doctors”).

3. Are you fond of spiders? (Apakah kamu menyukai laba-laba?)

Penjelasan: Untuk menjalankan fungsi menanyakan tentang perasaan, kita dapat menggunakan kata seperti “fond” (menyukai) pada contoh kalimat interrogative simple present tense ini. Adapun komponen selain “fond” dari contoh kalimat simple present tense yang interrogative ini adalah “you” (kamu) sebagai subject dan “are” sebagai komponen tambahannya.

Contoh Penerapan Simple Present Tense Dalam Percakapan

Kini, setelah mempelajari dan mengetahui contoh-contoh penerapan simple present tense dalam kalimat, kita akan bergerak pada contoh penerapannya dalam percakapan.

Dalam membantu memahami contoh percakapan dalam poin ini, kami akan memberikan panduan berupa arti bahasa Indonesia di tiap baris dialog, tanda bold pada simple present tense, dan tanda garisbawah pada hal penjelas fungsi simple present tense.

Kita pun akan dibantu dengan penjelasan pelajaran simple present tense yang terdapat di akhir contoh percakapan berikut ini:

Pia: *points to the little boy in Millie’s embrace* He is… Charlotte’s younger brother?

(Pia: *menunjuk pada anak laki-laki kecil di pelukannya Millie* Dia… Adiknya Charlotte?)

Millie: Nope, completely different kiddo. I do my duties in babysitting.

(Millie: Tidak, anak yang benar-benar berbeda. Aku mengerjakan tanggungjawabku dalam mengerjakan tugas mengasuh anak.)

Minty: Whoa, I don’t know you love kids that much.

(Minty: Wah, aku tidak tahu kamu begitu menyukai anak-anak.)

Millie: Oh, yes, of course! Interacting with them make me feel younger.

(Millie: Oh, ya, tentu saja! Berinteraksi dengan mereka membuatku merasa lebih muda.)

Dari baris pertama dialog contoh percakapan di atas, kita tidak hanya belajar tentang kalimat dialog simple present tense yang bersifat positive, dengan adanya “he” (dia) sebagai subject dan “is” sebagai komponennya. Namun, kita juga mengetahui fungsinya untuk menanyakan kebenaran fakta, yakni “He is Charlotte’s younger brother?” (Dia adiknya Charlotte?), dengan penjedaan berupa titik-titik yang ada setelah “is”.

Kemudian, baris kedua dialog contoh percakapan memperlihatkan kepada kita bentuk positive dari simple present tense, yang dibuktikan oleh “do” (mengerjakan) yang terdapat sesudah “I” (subject). Fungsi yang hendak diterangkan sendiri adalah kejadian yang terjadi saat ini, yakni “do my duties in babysitting” (mengerjakan tanggungjawabku dalam mengerjakan tugas mengasuh anak).

Hal yang menarik untuk dipelajari adalah baris ketiga yang langsung menghubungkan dua fungsi sekaligus. “Don’t know” (tidak tahu) setelah “I” (subject) menjelaskan fungsi kejadian tidak tahu yang terjadi saat ini, sementara “love” (menyukai) setelah “you” (subject) menjelaskan tentang perasaan. Tidak apa-apa mencampurkan banyak fungsi sekaligus dalam simple present tense dalam dialog, asal grammar-nya sesuai atau konsisten dengan rumus komponen yang ada.

Contoh Soal dan Pembahasan Simple Present Tense Dalam Tes TOEFL Maupun Tes-Tes Bahasa Inggris Lainnya

Tidak hanya dalam kalimat atau percakapan, simple present tense juga menjadi salah satu materi yang kerap muncul sebagai contoh soal dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris lainnya. Kemunculan contoh soal simple present tense dapat berupa penentuan benar-salahnya sebuah kalimat atau merampungkan bagian percakapan yang rumpang.

Kedua contoh soal yang terdapat pada poin ini menunjukkan bentuk konkret kemunculan simple present tense dalam tes TOEFL maupun tes-tes penguji bahasa Inggris yang serupa.

Untuk lebih dapat memahami contoh soal yang ada, panduan berupa arti bahasa Indonesia, jawaban benar dalam tanda bold, dan pembahasan mengenai jawaban yang benar kami sediakan untuk membantu learners sekalian mempelajari contoh-contoh soal di bawah ini:

1. Mark this statement as true (T) or false (F):

Emi does know a lot about the Astronomy subject. Answer: F

(1. Tandai pernyataan ini sebagai benar (B) atau salah (S):

Emi benar-benar mengetahui banyak tentang pelajaran Astronomi. Jawaban: S)

Catatan: Grammar merupakan sesuatu yang sangat penting diperhatikan dalam kalimat tertulis. “Know” dan “do/don’t” memang dapat bersatu pada sebuah kalimat tertulis, namun tidak halnya dengan “know” dan “does”. Karena itu, jawaban dari contoh soal pertama ini adalah “F” atau “False”.

2. A: How old ________?
B: C is around 30, D is 24, and I have no idea about E’s age.

a. are they      b. are we      c. were they     d. were we

(2. A: Berapa usia _______?

B: C berusia sekitar 30-an, D berusia 24, dan aku tidak tahu tentang usia E.

a. mereka semua      b. kita semua      c. mereka dulunya      d. kita dulunya)

Catatan: Pilihan b dan d tidak mungkin kita pilih, karena konteks percakapannya adalah A tidak menanyakan tentang orang-orang yang melibatkan baik A maupun B. Pilihan c juga tidak mungkin kita pilih, karena situasi usia yang ditanyakan adalah saat ini (terbukti dengan adanya “is” pada porsi dialog B). Karena itu, jawaban yang benar untuk contoh soal ini adalah a. are they.

Kini, kita telah mempelajari berbagai kategori tense, termasuk simple present tense yang terdapat pada artikel ini. Artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya akan membawa kita untuk mempelajari sesuatu yang baru, yakni active verb.

Seperti apa pelajaran active verb yang akan kita pelajari? Hmmm… Learners, tidak ada salahnya kita melihat, membaca, dan mengikuti paparan artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya!

Artikel Lainnya

Grammar Tenses: Simple Present Tense
Grammar Tenses: Simple Past Tense
Grammar Tenses: Simple Future Tense
Grammar Tenses: Present Perfect Tense
Grammar Tenses: Present Perfect Continuous Tense
Grammar Tenses: Present Continuous Tense
Grammar Tenses: Past Perfect Tense
Grammar Tenses: Past Perfect Continuous Tense
Grammar Tenses: Past Future Tense
Grammar Tenses: Past Future Perfect Tense

 

Sentence: Elliptical Construction
Sentences: Imperative Sentence (Kalimat Perintah)
Grammar-Noun: Compound Noun
Grammar-Verb: Irregular Verb
Grammar-Noun: Countable Noun
Grammar-Adjective: Apa itu Nominal Adjectives?
Grammar-Adverb: Apa itu Adverbs?
Grammar-Verb: Linking Verb
Grammar-Pronoun: Demonstrative Pronoun
Grammar-Determiner: Quantifiers


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


Sentences: Run-On Sentence
Quantifier: Perbedaan Many, Much dan A Lot Of
Apa itu Sentence Modifier?
Aturan Menggabung Kalimat Bahasa Inggris
Clauses: Adjective Clause
Sentence Structure: Complex Sentence
Phrases: Noun Phrase
Phrases: Verb Phrase
Verb: Present Participle
Verb: Main Verb+Auxiliary Verb