sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

How To Express Disappointment (Mengekspresikan Kekecewaan)

Menyuarakan kekecewaan sah-sah saja. Namun ada hal-hal yang tetap harus diperhatikan seperti misalnya pada siapa Anda merasa kecewa, atau hal apa yang mengecewakan Anda.

Hal inilah yang perlu diperhatikan jika kita berada di lingkungan kantor, yang mana pergaulannya tidak bisa seluwes di lingkungan teman akrab atau keluarga sendiri. Saat berada bersama teman-teman akrab atau di tengah-tengah keluarga, Anda mungkin bisa saja mengatakan terus terang dan apa adanya tentang kekecewaan Anda pada mereka.

Namun hal yang sama tidak bisa sefrontal itu dilakukan di lingkungan kantor. Bagaimanapun ada batas tak kasat mata yang harus dihargai tiap warga kantor, baik sesama rekan kerja maupun bawahan dan atasan.

Ungkapan Kekecewaan dalam Bahasa Inggris

  • What a pity / What a shame

What a pity merupakan ungkapan yang formal. Jika diterjemahkan berarti sayang sekali. Begitu juga dengan kata what a shame yang sama-sama berarti sayang sekali.

Contoh kalimat :

    • I couldn’t join her birthday party last night, what a pity (Saya tidak bisa datang ke pesta ulang tahunnya semalam, sayang sekali)
    • What a shame I couldn’t win the game today (Sayang sekali saya tidak bisa memenangkan pertandingan hari ini)
  • How disappointing / That’s so disappointing

How disappointing dan that’s disappointing berarti sungguh mengecewakan atau betapa mengecewakannya. Kata ini termasuk dalam cara formal menyampaikan rasa kecewa.

Contoh kalimat :

The proposal we worked together as a team couldn’t make it to the final assessment, how disappointing (Proposal yang kita kerjakan bersama satu tim gagal sebelum penilaian akhir, sungguh mengecewakan)

  • That’s too bad

That’s too bad termasuk cara formal mengungkapkan kekecewaan yang jika diterjemahkan berarti begitu buruk.

Contoh kalimat :

Andi: I heard from your mother that you’re appointed as one of debate members (Saya dengar dari ibumu kamu ditunjuk sebagai salah satu anggota debat)

Bella: No, I didn’t make it since I lost in the preliminary round (Tidak, saya gagal karena kalah di babak penyisihan)

Andi: That’s too bad (Itu buruk sekali)

  • What a bummer / Bummer / Bummer days

Bummer berarti sesuatu yang mengecewakan Anda sementara jika Anda mengalami kekecewaan selama beberapa hari karena suatu hal, Anda menyebutnya dengan bummer days atau hari-hari yang mengecewakan. What a bummer yang jika diterjemahkan berarti benar-benar atau betapa mengecewakan. Ketiga kata ini merupakan kata nonformal.

Contoh kalimat :

He forgot about my birthday which is a bummer (Dia lupa tentang hari ulang tahunku yang mana sangat mengecewakan)

  • It was a real let-down / What a let-down

Kedua ungkapan di atas sama-sama berarti bahwa hal tersebut benar-benar mengecewakan.

Contoh kalimat :

I couldn’t believe they won’t make part 2 of this movie. It was a real let-down. (Saya tidak percaya mereka tidak akan membuat bagian kedua dari film itu. Benar-benar mengecewakan)

  • It didn’t live up to my expectation

It didn’t live up to my expectation berarti bahwa sesuatu hal tidak sesuai dengan harapan Anda. Kalimat ini termasuk cara formal untuk mengekspresikan kekecewaan.

Contoh kalimat :

He recommended this restaurant for its spicy food but it didn’t live up to my expectation (Dia merekomendasikan restoran ini untuk makanan pedasnya tapi tidak sesuai dengan harapanku)

  • That stinks

That stinks termasuk bahasa slang atau nonformal. Artinya kira-kira berarti hal itu menyebalkan.

Contoh kalimat :

I don’t like the music at that club. That stinks (Saya tidak suka musik di klub itu. Mengecewakan)

  • Burst one’s bubble

Burst one’s bubble jika diartikan berarti merasa kecewa karena sesuatu. Suatu hal ini menghancurkan kesenangan seseorang yang semestinya bisa terwujud. Namun karena suatu hal kesenangan ini gagal dan berujung pada kekecewaan. Ungkapan ini termasuk ke dalam bahasa slang. Untuk itu perhatikan penggunaannya sehari-hari.

Contoh kalimat:

I don’t want to burst your bubble but he’s not going to come since he has to work today (Saya tidak ingin mengecewakanmu tapi dia tidak akan datang karena dia harus bekerja hari ini)

  • Soul sucking

Soul sucking bisa juga diartikan muram atau sesuatu hal yang membuat seseorang merasa muram. Dengan kata lain merasa kecewa. Ungkapan ini termasuk dalam bahasa slang.

Contoh kalimat :

I have to watch this movie series again and again. It’s going to be a soul sucking. (Saya harus menonton seri film ini lagi dan lagi. Ini akan sangat mengecewakanku)

  • Butt-hurt

Butt-hurt berarti kecewa atau tersinggung, ungkapan ini hanya digunakan sesama teman dekat karena termasuk dalam bahasa slang.

Contoh kalimat :

She gets all butt-hurt when we talk about her boyfriend (Dia merasa kecewa dan tersinggung saat kita membicarakan pacarnya)

Beberapa kata di atas merupakan contoh ungkapan ekspresi kekecewaan dalam bahasa Inggris baik formal maupun nonformal. Selain contoh ungkapan di atas, Anda juga dapat membentuk kalimat untuk mengekspresikan kekecewaan. Kalimat seperti ini memiliki pola tersendiri. Perhatikan penjelasan di bawah ini.

  1. I wish I + Simple Past

Penggunaan pola I wish I + Simple Past dimaksudkan untuk menggambarkan kekecewaan saat ini. Pola ini sama halnya dengan pola pengandaian untuk mengungkapkan sesuatu yang Anda harapkan. Pola ini digunakan saat Anda ingin mengungkapkan rasa kecewa pada diri sendiri.

Contoh kalimat :

    • I wish I had enough money to buy that laptop (Andaikan saya punya cukup uang untuk membeli laptop itu)
    • I wish I spoke Korean so that I don’t need to read the subtitle anymore (Seandainya saya bisa berbicara bahasa Korea agar tidak perlu membaca terjemahannya lagi)
  1. I wish I + Past Perfect

Pola kalimat I wish I + Past Perfect ini digunakan untuk mengekspresikan rasa kecewa terhadap sesuatu di masa lalu. Polanya hampir sama dengan kalimat pengandaian di masa lalu untuk mengungkapkan hasil yang berbeda di masa lalu.

Contoh kalimat :

    • I wish I had learnt Japanese language harder in school (Seandainya saya belajar bahasa Jepang dengan giat saat di sekolah)
    • I wish I had done my job well back then (Seandainya saya melakukan tugasku dengan baik saat itu)
  1. If only I + Simple Past

Pola kalimat ini maknanya hampir sama dengan pola kalimat I wish I + Simple Past, sama-sama mengungkapkan rasa kecewa pada masa kini.

Contoh kalimat :

    • If only I liked physics and math (Seandainya saja saya menyukai fisika dan matematika)
    • If only I had a motorcycle (Seandainya saja saya memiliki sebuah motor)
  1. If only I + Past Perfect

Pola kalimat yang ini hampir sama dengan pola kalimat I wish I + Past Perfect. Sama-sama menggambarkan rasa kecewa pada pengalaman di masa lalu.

Contoh kalimat :

    • If only I had told him about the matter earlier (Seandainya saja saya memberitahunya tentang hal itu sebelumnya)
    • If only I had read that book few months before (Seandainya saja saya telah membaca buku itu beberapa bulan sebelumnya)
  1. Why didn’t + Subject + Verb ?

Saat ini mengekspresikan rasa kecewa pada orang lain selain diri Anda sendiri, maka Anda dapat menggunakan pola ini.

Contoh kalimat :

    • Why didn’t you tell me about that problem earlier? (Kenapa kamu tidak memberitahuku tentang hal itu sebelumnya?)
    • Why didn’t they buy that house? (Kenapa mereka tidak membeli rumah itu?)
  1. How am/was I supposed to + Verb ?

Pola kalimat ini juga digunakan untuk mengekspresikan kekecewaan pada orang lain. Pola kalimat ini mungkin lebih menggambarkan kondisi dimana Anda tidak habis pikir dengan permintaan atau keinginan seseorang pada Anda sendiri.

Contoh kalimat :

    • How am I supposed to go there when my ankle is hurt ? (Bagaimana caranya saya bisa ke sana saat pergelangan kakiku sedang sakit?)
    • How am I supposed to call you when I run out of balance ? (Bagaimana caranya saya menelponmu saat saya kehabisan pulsa?)

Itulah contoh-contoh ungkapan untuk mengekspresikan rasa kecewa baik formal maupun nonformal. Meski begitu saat Anda memutuskan untuk mengungkapkan kekecewaan Anda pada seseorang jangan terburu-buru. Karena pada akhirnya ketika Anda terburu-buru dan masih dikuasai rasa amarah misalnya yang rugi hanyalah Anda. Anda tentu tidak ingin merusak hubungan baik dengan seseorang bukan ?

 

Percakapan Inggris: Ekspresi untuk Menarik Perhatian Seseorang (Getting Attention)
Ungkapan/Ekspresi Ketidaksetujuan (Expressing Disagreement)
How To Express Thank You (Mengungkapkan Rasa Terima Kasih)
Kata, Kalimat, atau Ungkapan yang Mengekspresikan Rasa Penasaran
Kata-kata yang Digunakan untuk Mengungkapkan Kekecewaan
Kalimat atau Kata Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Kesakitan
Mengekspresikan Rasa Girang dalam Bahasa Inggris
Idiom untuk Mengekspresikan Feeling (Perasaan)
Kalimat Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Harapan dan Mimpi
How To Express Disappointment (Mengekspresikan Kekecewaan)