sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

How to Say Goodbye

Apakah anda bosan mengatakan selamat tinggal? Mungkin ketika anda ingin mengatakan selamat tinggal kepada orang yang memang akan anda tinggalkan, anda harus mengatakan selamat tinggal dengan lebih bersahabat dan juga lebih menarik sehingga tidak ada kesan buruk. Mungkin selama ini ketika mengucapkan selamat tinggal kita cenderung untuk mengatakan selamat tinggal seperti biasa dan itu membuatnya jadi membosankan.

Jika anda ingin mengatakan selamat tinggal kepada orang dengan tepat dan ingin memberikan kesan yang lebih menarik dan juga lebih bersahabat, maka pada kesempatan kali ini kami ingin mengajak anda untuk mengucapkan selamat tinggal atau yang dalam Bahasa Inggrisnya adalah goodbye menggunakan frasa yang berbeda namun memiliki makna yang sama yaitu selamat tinggal.

Dengan menggunakan frasa di bawah ini, maka anda tidak hanya sekedar mengucapkan selamat tinggal saja. Berikut ini adalah informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai how to say goodbye in english. Simak ulasan lengkapnya ya!

  1. Bye

Ucapan pertama yang bisa anda katakan kepada orang lain jika memang anda ingin mengucapkan selamat tinggal kepada mereka adalah bye. Seperti yang kita tahu bahwa ucapan yang satu ini merupakan ucapan yang singkat, sederhana dan bisa anda gunakan kepada siapapun jika anda ingin mengatakan selamat tinggal kepada orang lain seperti misalnya kepada keluarga, teman, rekan kerja, hingga mitra bisnis anda. Jika anda ingin pergi ke suatu tempat maka anda bisa mengatakan bye.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat menggunakan kata bye jika anda ingin mengatakan selamat tinggal dalam Bahasa Inggris :

    • I will go to Malang city tomorrow, hope we can meet again next time. Bye (Aku akan pergi ke Kota Malang besok, semoga kita bisa bertemu lagi di lain kesempatan. Selamat tinggal)
    • I’ll go buy food first, bye (Aku akan pergi beli makanan dulu, selamat tinggal)
    • I’m going to meet my boyfriend since we haven’t seen each other in a long time. Bye (Aku akan pergi menemui kekasihku karena kita sudah lama tidak bertemu, selamat tinggal)
  1. Bye-Bye

Banyak sekali frasa yang bisa anda gunakan untuk mengatakan selamat tinggal kepada orang lain, selain bye yang sudah kita jelaskan di atas tadi maka anda bisa menggunakan kalimat atau frasa bye-bye untuk mengucapkan selamat tinggal dengan simpel. Jika bye tadi bisa digunakan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada rekan kerja, teman, atau keluarga maka biasanya frasa bye-bye ini digunakan ketika kita ingin mengucapkannya kepada anak-anak.

Terkadang kita mengucapkan selamat tinggal kepada orang dewasa lainnya hanya sebagai ucapan perpisahan. Namun ketika anda ingin mengatakannya pada anak kecil pasti anda menginginkan untuk terlihat lebih menis dan menggemaskan bukan?

Oleh karena itu, jika anda ingin mengucapkan selamat tinggal kepada anak kecil maka anda bisa menggunakan bye-bye ini, namun sebaiknya anda tidak menggunakan frasa ini untuk mengucapkan selamat tinggal kepada orang dewasa.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat menggunakan kata bye-bye jika anda ingin mengatakan selamat tinggal dalam Bahasa Inggris :

    • Bye-bye Arlene, see you next week! Uncle wil bring your favorite cake next week (Selamat tinggal Arlene, sampai berjumpa pekan depan! Paman akan membawa kue kesukaanmu pekan depan!)
    • Bye-bye sweet heart, see you on next month! If you miss me, you can video call dad (Selamat tinggal sayang, sampai berjumpa bulan depan! Jika kamu merindukanku, kamu bisa melakukan panggilan video dengan ayah)
    • Bye-bye Thomas, remember grandma’s message (Selamat tinggal Thomas, ingat pesan nenek)
  1. See you later / See you soon / Talk you later

Jenis frasa yang ketiga yang bisa anda coba untuk ucapkan kepada orang lain ketika anda ingin mengucapkan selamat tinggal adalah see you later / see you soon / talk you later.

Banyak sekali memang frasa yang bisa anda gunakan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada orang lain. 3 frasa dalam Bahasa Inggris ini sangat cocok diucapkan kepada siapa saja, mulai dari jika anda ingin mengucapkan selamat tinggal untuk teman-teman anda, rekan kerja anda, atau mungkin keluarga sekalipun.

Seringkali kita mengucapkan salah satu ungkapan ini sebelum kita mengucapkan bye karena bye ini terdengar biasa dan pendek.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat menggunakan kata see you later / see you soon / talk you later jika anda ingin mengatakan selamat tinggal dalam Bahasa Inggris :

    • It’s time for me and Michael to go. See you later! (Ini waktunya saya dan Michael pergi. Sampai jumpa lagi!)
    • Have a nice day, Vivi. See you later! (Semoga harimu menyenangkan Vivi. Sampai jumpa lagi!)
    • Alright Thalia, talk you later. See ya! (Baiklah Thalia, kita bicara lagi nanti. Sampai jumpa!)
  1. I have got to get going / I must be going

Banyak sekali jenis frasa yang bisa kita ucapakan untuk mengucapkan selamat tinggal. Jika tadi kita sudah membahas 3 alternatif, maka sekarang ini kami akan mengajak anda untuk membahas kata keempat yang bisa anda ucapkan ketika anda ingin mengucapkan selamat tinggal kepada orang lain.

Frasa itu adalah I have got to get going atau I must be going. Kedua frasa dalam Bahasa Inggris ini sangat bagus untuk digunakan ketika anda harus meninggalkan sebuah pertemuan. Karena tidak sopan jika misalnya anda sedang berada di pertemuan kemudian tiba-tiba anda mengatakan “selamat tinggal” begitu saja karena itu terlihat seperti tidak sopan terutama jika diucapkan di tengah percakapan.

Dengan mengatakan I have got to get going atau yang memiliki arti saya harus pergi membuat orang lain yang sedang ajak bicara tahu bahwa anda siap mengucapkan selamat tinggal kepada mereka. Jadi sebeluma anda mengucapkan kata selamat tinggal atau I have got to get going atau I must be going, maka anda bisa mengatakan frasa ini terlebih dulu.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat menggunakan kata I have got to get going atau I must be going, jika anda ingin mengatakan selamat tinggal dalam Bahasa Inggris :

    • So, It was to great to meet with you, but I must be going (Jadi, senang bertemu dengan anda, tetapi saya harus pergi)
    • It was great to talk with you, but I have got to get going Nora (Senang bisa berbicara dengan anda, tetapi saya harus pergi Nora)
  1. I’m off

Jika anda ingin mengatakan selamat tinggal kepada orang lain secara informal, maka anda bisa menggunakan frasa I’m off. Frasa ini merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk memberitahu bahwa orang lain jika anda ingin pergi atau mengucapkan selamat tinggal dengan informal. Mungkin selain mengucapkan I’m off anda juga bisa menyertakan alasan mengapa anda ingin pergi. Anda bisa menggunakan I’m off ini dengan santai.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat menggunakan kata I’m off, jika anda ingin mengatakan selamat tinggal dalam Bahasa Inggris :

    • Anyway, I’m off tomorrow : I have got a busy day tomorrow (Ngomong-ngomong, saya libur besok : Besok adalah hari yang sibuk)
    • I’m off to office (Aku akan pergi ke kantor)
    • Cause tomorrow I’m off to Broklyn (Karena besok aku akan pergi ke Brokyln)
  1. Take it easy

Banyak sekali frasa yang bisa anda gunakan untuk mengucapkan selamat tinggal, selain anda mengucapkan bye, maka anda juga harus mengucapkan kalimat tambahan lainnya. Selain mengatakan yang sudah kami sebutkan di atas, maka anda bisa juga mencoba untuk mengatakan take it easy atau dalam Bahasa Indonesianya adalah santai saja.

Ungkapan take it easy ini merupakan salah satu cara santai untuk mengatakan have a nice day atau semoga harimu menyenangkan. Anda juga bisa menambahkan kalimat ini ketika anda ingin mengucapkan selamat tinggal kepada orang lain.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat menggunakan kata take it easy atau santai saja, jika anda ingin mengatakan selamat tinggal dalam Bahasa Inggris :

    • I have to go tonight, you can continue the task tomorrow. Take it easy! (Saya harus pergi malam ini, tugas itu bisa anda lanjutkan besok saja. Bawa santai!)
    • I have to go, while you keep this and see ya! Take it easy! (Aku harus pergi sementara kamu menyimpan ini dan sampai bertemu! Bawa santai!)
    • Carla and I have to leave this plave, you don’t have to worry. Take it easy! (Carla dan saya harus pergi meninggalkan tempat ini, kamu tidak perlu khawatir. Bawa santai saja!)
  1. It nice to see you again

Frasa yang selanjutnya bisa anda ucapkan ketika ingin mengucapkan selamat tinggal kepada orang lain adalah anda bisa mengatakan it was nice to see you again atau it was nice seeing you.

Jika mungkin ketika kita berbicara dengan orang yang baru saja kita temui maka kita akan mengatakan it’s nice to see you atau yang berarti senang bertemu denganmu.

Namun jika anda ingin pergi atau meninggalkan seseorang itu maka anda bisa mengatakan it was nice to see you again or it was nice seeing you atau yang memiliki arti senang bisa bertemu dengan anda lagi. Anda bisa menggunakan kata ini untuk mengucapkan selamat tinggal kepada seseorang yang mungkin sudah anda kenal.

Atau mungkin jika ini pertama kalinya anda bertemu dengan orang itu, maka anda bisa mengatakan it was nice to meeting you atau senang bertemu dengan anda.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat menggunakan kata it was nice to see you again atau it was nice seeing you, jika anda ingin mengatakan selamat tinggal dalam Bahasa Inggris :

    • It was nice to see you again Putri (Senang bertemu denganmu lagi Putri)
    • It was nice seeing you, Dre (Menyenangkan bertemu denganmu, Dre)

Itu tadi beberapa contoh kalimat yang bisa anda katakan ketika anda ingin mengucapkan selamat tinggal atau goodbye kepada orang-orang yang ingin ditinggalkan.

Sebenarnya banyak sekali alterntif yang bisa anda katakan selain bye atau goodbye yang mungkin terlalu singkat. Selain itu anda juga bisa sekalian mengucapkan alasan mengapa anda pergi sehingga orang yang berkomunikasi dengan anda itu tahu apa alasan anda pergi.

Semoga artikel yang kami sampaikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat juga bagi anda semuanya yang bingung ingin mengucapkan bye atau goodbye seperti apa. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi anda semuanya ya!

Jika anda merasa bahwa artikel ini berguna maka anda bisa membagikannya kepada teman-teman anda ya.

 

Cara Mengatakan Saya Butuh Pertolongan (How to Say Politely I Need Your Help)
How To Say FYI (For Your Information) Nicely
How to Nicely Say Thanks But No Thanks
Cara Mengatakan Bayar Sendiri-Sendiri Ya.. (How To Say At Your Own Expense Nicely)
Cara Mengatakan Kamu Jelek (How to Say Ugly Politely)
“Sampai Jumpa” Dengan Sopan (How To Say Bye Politely In English)
Berbicara “Buruk” dengan Sopan (How to Say Crap Politely)
Cara Mengatakan Tidak Melayani Sumbangan (How to Politely Say No to Donations)
Cara Mengatakan Kamu Berbohong Ya? (How to Say Politely That Someone is Lying)
Mengatakan “Tidak” dengan Sopan (How to Say “No” in English Politely)