sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Idiom Jangan Menyerah

Di dalam bahasa Inggris terdapat cukup banyak idiom atau frasa yang bisa digunakan untuk menyemangati diri sendiri atau orang lain untuk jangan menyerah. Kali ini kita akan mempelajari idiom dan frasa tentang jangan menyerah tersebut melalui tulisan di bawah ini. Mari kita lihat langsung saja tulisannya:

  1. Hang in there

“Hang in there” adalah frasa untuk menyemangati seseorang untuk terus berusaha dan mencoba dan jangan menyerah walaupun sulit. Kita bisa menerjemahkan frasa ini ke dalam bahasa Indonesia menjadi “bertahanlah”. Contoh: I know it is hard, but you’ve got to hang in there, mate! (Aku tahu ini sulit, tetapi kamu harus bertahan, kawan!)

  1. Stick with it

Idiom “stick with it” artinya melanjutkan sesuatu terutama setelah mengalami kegagalan. Contoh: I really want to be a doctor, so I have to stick with it. (Saya sungguh ingin menjadi dokter, jadi saya harus tetap melanjutkannya)

  1. Give it some time

“Give it time” biasanya digunakan untuk menyemangati seseorang untuk bersabar dan tetap melakukan atau berada pada sesuatu yang kita yakin dengan berjalannya waktu, sesuatu tersebut akan membaik. Contoh: Don’t give up. Things will get better if you give it some time. (Jangan menyerah. Semuanya akan membaik jika kamu memberi waktu)

  1. Don’t throw in the towel just yet

“Throw in the towel” artinya adalah berhenti mencoba melakukan sesuatu karena kita pikir kita akan gagal. Untuk itu, “don’t throw in the towel just yet” bisa diterjemahkan menjadi “jangan dulu menyerah” atau “jangan dulu berhenti mencoba”. Contoh: It was just the first try. Don’t throw in the towel just yet. (Itu baru percobaan pertama. Jangan dulu menyerah)

  1. Keep the faith a while longer

“Keep the faith” artinya mempercayai sesuatu atau seseorang dalam keadaan sulit untuk melakukannya. Dengan kata lain, apabila kita “keep the faith”, kita masih yakin bawah sesuatu akan membaik. Contoh: Team X has been playing poorly, but its fans keep the faith a while longer and still believe the team will turn the table at the last minutes. (Tim X bermain dengan buruk, tetapi penggemarnya tetap percaya dan yakin bahwa tim akan membalikkan keadaan di menit terakhir)

  1. Don’t jump ship just yet

Idiom “jump ship” berarti mengabaikan atau meninggalkan sesuatu begitu saja. Oleh karena itu, “don’t jump ship just yet” bisa diartikan menjadi “jangan menyerah terlebih dahulu.” Contoh: You are almost there. Please don’t jump ship just yet. (Kamu hampir berhasil. Tolong jangan menyerah terlebih dahulu)

  1. Carry on

Mungkin bagi sebagian besar dari kita sudah tidak asing lagi dengan frasa ini. “Carry on” artinya adalah untuk terus melakukan sesuatu dan tidak menyerah. Contoh: This week was the hardest for me, but I will carry on. (Minggu ini adalah minggu tersulit bagiku, tetapi aku tidak akan menyerah)

  1. Soldier on

“Soldier on” adalah tetap melakukan atau mencoba sesuatu walaupun sesuatu tersebut sulit. Contoh: We have encountered so many problems, but we soldier on. (Kami telah berhadapan dengan banyak masalah, tetapi kami tidak menyerah)

  1. Stand one’s ground

Apabila kita stand our ground, itu berarti kita tidak kabur dari situasi dan menghadapinya dengan berani. Kata “one’s” pada “stand one’s ground” bisa diganti dengan pronoun atau kata ganti kepunyaan, seperti my, your, our, her, his, its, their, John’s, Tina’s, dsb. Contoh: We have to stand our ground in order to win. (Kita harus bertahan untuk menang)

  1. Hold one’s ground

“Hold one’s ground” memiliki fungsi dan arti yang sama dengan “stand one’s ground”, yakni untuk tidak menyerah dan menghadapi sesuatu dengan berani. “One’s” pada “hold one’s ground” juga bisa diganti dengan kata ganti kepunyaan. Contoh: You have to hold your ground or you will lose your chance. (Kamu harus bertahan atau kamu akan kehilangan kesempatanmu)

  1. Hammer away

“Hammer away” adalah terus melakukan dan mencoba sesuatu. Contoh: She needs to keep on hammering away to get perfect score at the exam. (Dia harus terus berusaha untuk mendapatkan nilai sempurna di ujian)

  1. Plough on

Apabila kita plough on, itu berarti kita terus mencoba melakukan sesuatu walaupun itu sulit dan butuh perjuangan yang besar dan panjang untuk melakukannya. Contoh: They need to plough on with the plan because I think it is a perfect plan and they will achieve their goal with it. (Mereka harus tetap melakukan rencananya karena manurut saya itu adalah rencana yang sempurna dan mereka akan mencapai tujuan mereka dengan rencanna itu)

  1. Never give up

“Never give up” adalah frasa yang paling umum dipakai untuk menyemangati seseorang untuk jangan menyerah. Frasa ini berarti “jangan pernah menyerah” dalam bahasa Indonesia. Contoh: Never give up because the finish line is right in front of you. (Jangan pernah menyerah karena garis akhir tepat ada di depanmu)

  1. Never back down

“Never back down” memiliki fungsi dan arti yang sama dengan “never give up”, yakni “jangan pernah menyerah.” Contoh: Despite all the difficulties, she is never back down and keeps trying. (Walau dengan segala kesusahan, dia tidak pernah menyerah dan terus mencoba)

Itulah beberapa frasa dan idiom tentang jangan menyerah. Semoga tulisan ini tidak hanya bisa membantu kita meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita saja, tetapi juga bisa menyemangati diri kita sendiri untuk tidak menyerah.

 

English Idiom: Memuji dalam Bahasa Inggris
Idiom Bahasa Inggris tentang Teman
Quotes Bahasa Inggris tentang Olahraga
English Idiom: Idiom yang Berkaitan dengan Sakit
Kata Mutiara Bahasa Inggris tentang Anak Rantau
Quotes Bahasa Inggris tentang Bersyukur
Kumpulan Quotes Bahasa Inggris tentang Semangat
Frasa/Kalimat yang Digunakan untuk Memberi Saran
Frasa/Kata/Kalimat untuk Mengekspresikan Keterkejutan
Idiom atau Ungkapan Bahasa Inggris yang Menggunakan Makanan pada Kalimatnya