sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Idiom tentang ‘Personality’

Di dalam hidup, kita pasti akan menemukan berbagai macam orang dengan berbagai macam personality atau sifat. Mengetahui kata, frasa, atau idiom yang tepat dalam bahasa Inggris untuk mendeskripsikan sifat mereka akan sangat membantu terutama ketika kita sedang menceritakannya kepada orang lain.

Artikel ini akan membahas idiom-idiom bahasa Inggris tentang sifat-sifat orang. Mempelajari idiom-idiom ini akan membuat bahasa Inggris kita terdengar seperti native speaker (penutur asli). Mari kita lihat saja idiom-idiomnya:

  • Born optimist

Seseorang yang born optimist adalah orang yang selalu berpikir positif.

Contoh: In time like this we need someone who is born optimist to cheer us up and give us hope. (Di saat seperti ini kita butuh seseorang yang terlahir optimis untuk menghibur dan memberikan kita harapan)

  • Culture vulture

Culture vulture adalah orang yang sangat menyukai seni dan budaya. Misal: sastra, musik, lukisan, dsb.

Contoh: Just because I love listening to music it doesn’t mean I am a culture vulture. (Hanya karena saya suka mendengarkan musik bukan berarti saya sangat menyukai seni dan budaya)

  • Eager beaver

Eager beaver adalah idiom untuk mendeskripsikan seseorang yang bekerja dengan sangat keras, terkadang terlalu antusias, untuk mengerjakan sesuatu dan mencapai tujuannya.

Contoh: Tina has been learning Japanese for two months now because she wants to study in Japan. She even asks her Japanese teacher for extra exercises. She’s such an eager beaver. (Tina belajar bahasa Jepang sudah dua bulan karena dia ingin belajar di Jepang. Dia bahkan meminta latihan tambahan kepada guru bahasa Jepangnya. Dia sangat antusias)

  • Early bird

Early bird adalah idiom untuk menjelaskan orang yang suka lebih awal , khususnya orang yang suka bangun lebih awal di pagi hari.

Contoh: The appointment was at nine o’clock, but Dave already came at eight. What an early bird! (Janjinya pukul sembilan, tetapi Dave sudah datang pukul delapan. Betapa awal!)

  • Nerd

Apabila kita mempunyai teman yang sangat tertarik dengan sains atau teknologi, utamanya komputer, kita bisa mendeskripsikan teman kita tersebut dengan kata “nerd”.

Contoh: For most of his life, he has been considered as a nerd for his interest in physics. (Di dalam hidupnya, dia dianggap sebagai kutu buku atas ketertarikannya pada fisika)

  • Chatterbox

Chatterbox adalah kata untuk mendeskripsikan orang yang suka berbicara.

Contoh: Dad won’t stop talking about trivia things. He’s a real chatterbox. (Ayah tidak mau berhenti berbicara tentang hal-hal yang tidak penting. Dia benar-benar seorang pengoceh)

  • Cold fish

Cold fish kebalikannya dari emosional. Orang yang tidak emosional, tidak perasa, atau keras hati disebut sebagai cold fish.

Contoh: We all cried when watching this sad movie, except Maya whose face was straight when watching it because she is a cold fish. (Kami semua menangis ketika menonton film sedih ini, kecuali Maya yang wajahnya tetap datar ketika menonton karena dia tidak perasa)

  • Party animal

Orang yang suka dan sering menghadiri pesta disebut dengan party animal.

Contoh: I’m not a party animal because I hate partying. (Saya buka pencinta pesta karena saya benci berpesta)

  • Lone wolf

Kita menggunakan idiom lone wolf untuk mendeskripsikan orang yang suka menyendiri dan tidak suka bersosialisasi. Selain lone wolf, orang tipe ini bisa disebut juga dengan lone bird.

Contoh: I’m sure Risa will be okay alone since she is a lone wolf. (Saya yakin Risa akan baik-baik saja sendirian karena dia penyendiri)

  • Dark horse

Dark horse adalah sebutan untuk orang yang memiliki kemampuan atau kekuatan lebih dari yang ia tunjukkan dan orang lain tidak menyadari akan kemampuan tersebut.

Contoh: Who would have thought Steve would be the dark horse that led the team to victory? (Siapa sangka Steve akan menjadi kuda hitam yang mengantarkan tim menuju kemenangan?)

  • Bright spark

Orang yang cerdas bisa disebut dengan bright spark.

Contoh: We are very glad that Lucy joins our English group. She is a bright spark that can help us improve our English skill. (Kita sangat senang Lucy bergabung dengan grup bahasa Inggris kita. Dia orang cerdas yang bisa membantu kita meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita)

  • Man of his word/ woman of her word

Man of his word (untuk laki-laki) atau woman of her word (untuk perempuan) adalah idiom untuk menjelaskan orang yang selalu menepati janjinya.

Contoh: If I were you, I would trust Joanna because she is woman of her word. (Jika aku adalah kamu, aku akan mempercayai Joanna karena ia suka menepati janji)

  • Cheapskate

Orang yang sangat pelit atau sangat jarang mengeluarkan uangnya untuk sesuatu bisa disebut dengan cheapskate.

Contoh: I don’t want to hang out with Luke anymore. He’s such a cheapskate! I always have to pay for everything. (Aku tidak ingin nongkrong dengan Luke lagi. Dia sangat pelit. Aku selalu harus membayar semuanya)

  • Gold digger

Gold digger adalah orang yang tertarik dengan orang lain karena hartanya. Dengan kata lain, gold digger adalah orang matre atau mata duitan.

Contoh: Roy dates Zoe only to get her money. He’s a gold digger. (Roy mengencani Zoe hanya untuk mendapatkan uangnya. Dia mata duitan)

  • Nosy parker

Orang yang suka ingin tahu urusan orang lain dan tertarik untuk mencari tahu informasi tentang orang lain disebut dengan nosy parker.

Contoh: Look at that nosy parker over there trying to eavesdrop what that lady and that man are saying! (Lihat orang ingin tahu sebelah sana mencoba menguping apa yang sedang dikatakan wanita dan pria itu)

 

Kata Mutiara Bahasa Inggris tentang Suami
English Idiom: Idiom untuk Anak-Anak
Cara Mengekspresikan Simpati dalam Bahasa Inggris
English Idiom: Idiom yang Mengandung Nama Binatang
Mengekspresikan Sakit, Lega, Senang dalam Bahasa Inggris
Idiom / Ungkapan tentang Pain & Relief
Bagaimana Menanggapi Tawaran Pekerjaan Lewat E-Mail
Quotes Bahasa Inggris tentang Motivasi
Quotes tentang Ibu (about Mothers)
English Idiom: Idiom Tentang Cinta