sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Jawaban Pertanyaan Interview: Describe What You Do In Your Current Position

Selama proses wawancara, pihak perusahaan mungkin akan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pengalaman dan tugas kami di posisi sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk memahami apakah keterampilan di posisi kamu sebelumnya selaras dengan apa yang mereka butuhkan.

Karenanya kamu perlu menjelaskan pengalaman di posisi sebelumnya dengan jelas dan rinci. Agar pihak perusahaan bisa dengan mudah menilai kinerja kamu di tempat kerja sebelumnya. Untuk mempermudah apakah kamu sesuai dengan kriteria mereka atau tidak.

Cara Menjawab Pertanyaan Interview

Ketika sedang melakukan wawancara kerja, pasti kamu akan diminta untuk mendeskripsikan tentang apa yang kamu kerjakan di posisi sebelumnya. Pastikan agar kamu memberikan kesan yang baik dan positif ketika menjawab pertanyaan tersebut.

Simak tips bagaimana menjawab pertanyaan tersebut, diantaranya.

1. Ingat tanggung jawab yang tercantum di resume

Ketika bersiap untuk menjawab pertanyaan tentang posisi di pekerjaan sebelumnya saat wawancara. Pikirkan mengenai tugas dan tanggung jawab yang sudah kamu cantumkan di bagian pengalaman kerja pada resume yang dibuat. Biasanya pihak pewawancara akan menanyakan seputar pengalaman kerja tersebut. Jadi bersiaplah dengan sebaik-baiknya.

2. Hubungkan pengalaman yang dimiliki dengan posisi baru

Setelah memiliki gagasan mengenai tanggung jawab yang sudah sebutkan dalam resume. Kamu bisa mulai menjelaskan pengalaman kerja secara rinci kepada pewawancara. Cobalah untuk mengingat tanggung jawab apa yang tercantum dalam posisi baru ini. Kemudian hubungkan pengalaman kamu saat ini dengan apa yang dibutuhkan di posisi baru tersebut.

Pewawancara menanyakan pertanyaan ini untuk mengetahui apakah pengalaman yang kamu miliki sesuai dengan tanggung jawab yang disyaratkan untuk posisi yang mereka sedang cari. Dengan menjelaskan pengalaman serupa dan menyebutkan pencapaian kamu saat menyelesaikan tanggung jawab tersebut, hal ini mungkin akan memberikan gambaran yang lebih baik tentang kinerja kamu.

3. Jelaskan dengan detail tentang pencapaian kamu

Kamu mungkin sudah banyaj menyelesaikan proyek dan tugas ketika bekerja di posisi sebelumnya. Ketika diminta untuk describe what you do ini your current Position, ada baiknya hanya sebutkan proyek yang bisa membuat pemberi kerja merasa terkesan.

Pilih juga proyek yang memang berhubungan dengan posisi baru yang kamu incar. Agar, pengalaman yang kamu miliki bisa dievaluasi oleh pewawancara.  Apakah sesuai dengan kriteria yang mereka cari atau tidak.

4. Jelaskan bagaimana keterampilan kamu bisa memberi manfaat bagi perusahaan baru

Ketika kamu menjelaskan pengalaman kerja sebelumnya, jelaskan juga bagaimana kamu menggunakan keterampilan dan kualifikasi kamu untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Kamu bisa merinci keterampilan mana yang bisa diterapkan saat menyelesaikan tugas atau proyek tertentu. Misalnya, kamu bisa menyebutkan bagaimana Anda menggunakan keterampilan komunikasi  untuk berkolaborasi dengan klien. Bagaimana kamu mampu memenuhi kebutuhan mereka dan menjawab setiap pertanyaan yang mungkin akan mereka ajukan.

Contoh jawaban pertanyaan interview

Saat menjelaskan tanggung jawab pekerjaan kamu sebelumnya, berikanlah jawaban terperinci dan sedetail mungkin. Kamu bisa juga menggunakan contoh jawaban di bawah ini untuk mengembangkan jawaban atas pertanyaan yang diberikan.

Contoh 1:

Sebagai seorang koordinator marketing

I work to supply my company with a robust online presence through brand awareness and audience conversion. I complete this by creating advertising campaigns and marketing material that have successfully reached our audience. That was created a conversion rate of prospects to customers by 20% in two months. I also use my research skills to conduct regular competitive research to work out ways we will improve and stand out from other companies.”

“Saya bekerja untuk mensuplai perusahaan saya dengan kehadiran online yang intens melalui kesadaran merek dan konversi audiens. Saya menyelesaikannya dengan membuat kampanye iklan dan materi pemasaran yang berhasil menjangkau audiens kami. Itu telah menciptakan tingkat konversi prospek menjadi pelanggan sebesar 20% dalam dua bulan. Saya juga menggunakan keterampilan penelitian saya untuk melakukan penelitian kompetitif reguler untuk mencari cara agar kami dapat meningkatkan dan menonjol dari perusahaan lain. “

Contoh 2:

Sebagai seorang pengembang developer

working as a web developer, I confirm the company’s website is functioning properly, both for users and customers. Employees will report back to me if they see any troubles with the online site which i will be able to use my coding skills to resolve these issues. I regularly scan the online site for any user issues and may provide regular updates and enhancements. I also apply collaborative skills when meeting with the creative team to form sure their front-end design aligns well with my back-end design.”

Bekerja sebagai seorang pengembang web, saya mengonfirmasi bahwa situs web perusahaan berfungsi dengan baik, baik untuk pengguna maupun pelanggan. Karyawan akan melaporkan kembali kepada saya jika mereka melihat ada masalah dengan situs online di mana saya dapat menggunakan keterampilan coding yang saya  miliki untuk menyelesaikan masalah ini. Saya secara teratur memindai situs online untuk setiap masalah pengguna dan mungkin memberikan pembaruan dan peningkatan rutin. Saya juga menerapkan keterampilan kolaboratif saat bertemu dengan tim kreatif untuk memastikan desain front-end mereka selaras dengan desain back-end saya.

Demikian tadi cara menjawab pertanyaan tentang detail pekerjaan atau pengalaman di tempat kerja sebelumnya. Dengan memberikan jawaban yang memuaskan, ini juga turut menjadi nilai tambah untuk kamu yang sedang melamar pekerjaan.

Artikel Lainnya

Cara Menjawab Pertanyaan Interview: What Are Your Hobbies?
Jawaban Pertanyaan Interview: How Much Money Are You Looking to Earn?
Jawaban Pertanyaan Interview: Why do you want to work here?
Menjawab Pertanyaan Alasan Melamar Kerja dalam Bahasa Inggris
Jawaban Interview: How Do You Handle Success?
Apa Yang Harus Dikatakan dalam “Exit Interview”
Pertanyaan Interview: Describe a Difficult Work Situation or Project and How You Overcame It
Menjawab  “What’s Your Biggest Professional Achievement?”
Kalimat-Kalimat Penting Untuk Wawancara Kerja Dalam Bahasa Inggris
Kumpulan Kalimat Bahasa Inggris Untuk Interview Kerja

 

Memperkenalkan Diri dengan Sopan dalam Suatu Wawancara
Percakapan antara Pasien dan Dokter Gigi (Dentist & Patient Conversation)
Pertanyaan dan Jawaban yang Sering Diajukan oleh Angel Investor
Contoh Percakapan Sederhana untuk Anak-Anak
Membuat Janji Bertemu dengan Dosen Lewat SMS / WhatsApp dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan yang Sering Diajukan di Scholarship Interview
Cashier Conversation: Percakapan Kasir dan Pelanggan dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Panggilan Wawancara kepada Pelamar dalam Bahasa Inggris
Percakapan Bahasa Inggris Menawarkan Bantuan (Offering Help)
Dialog Singkat Antara Manager & Sekretaris dalam Bahasa Inggris