sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kalimat Untuk Memberikan Alasan Dalam Bahasa Inggris (Useful Phrases for Giving Reasons)

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda pasti harus mengutarakan suatu alasan yang menjelaskan pilihan yang Anda buat. Sebagai contohnya, ketika kawan-kawan Anda mengajak untuk berjalan-jalan ke museum namun Anda menolak untuk ikut, kemungkinan besar Anda harus bisa memberikan alasan mengapa Anda tidak ingin ikut. Oleh karena itu, memberikan alasan adalah hal yang penting untuk Anda pelajari ketika sedang berusaha untuk menguasai bahasa asing.

Salah satu bahasa asing yang paling penting untuk Anda kuasai adalah bahasa Inggris. Sebab, bahasa Inggris semakin banyak digunakan di seluruh belahan dunia. Oleh karena itu, akan sangat baik jika Anda bisa mengenal beberapa kalimat berguna untuk memberikan alasan dalam bahasa Inggris.

Terdapat beberapa cara untuk memberikan alasan dalam bahasa Inggris, semuanya memiliki arti yang sama yaitu “karena”. Akan tetapi, cara penggunaan mereka berbeda-beda dan harus Anda sesuaikan dengan konteks serta jenis percakapan yang sedang terjadi saat itu. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah berbagai macam cara untuk memberikan alasan serta contoh kalimat yang berguna.

Due to / Owing to (Akibat)

Kedua frasa tersebut memiliki arti yang sama, yaitu “akibat”. Jika Anda menggunakan kedua frasa ini, Anda harus melanjutkannya dengan kata benda. Selain itu, kedua frasa ini biasanya hanya digunakan untuk situasi formal seperti ketika Anda sedang berdebat, memberikan pidato, atau menuliskan laporan. Sangat jarang ketika pembicara bahasa Inggris menyebutkan alasan dengan menggunakan frasa jenis ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sejumlah kalimat berguna yang menggunakan kedua frasa di atas.

Due to the summer heat, a lot of countries are going through a drought season right now (Akibat panasnya musim panas, banyak negara yang melalui musim kekeringan saat ini)

Due to the rise in unemployment percentage, the government has chosen to open up more job opportunities through training programs (Akibat meningkatnya presentase pengangguran, pemerintah telah memilih untuk membuka lebih banyak kesempatan bekerja melalui program pelatihan)

Due to the current situation, all citizens are advised to stay inside their own homes and to minimize physical contact with other people (Akibat situasi saat ini, seluruh masyarakat disarankan untuk tetap berada di dalam rumah mereka masing-masing dan mengurangi kontak fisik dengan orang lain)

Due to the uncertainty of it all, we cannot be certain with our prediction (Akibat tidak jelasnya segala hal, kami tidak bisa yakin dengan prediksi yang kami buat)

Due to the growth of the company, we have decided to recruit more people as soon as possible (Akibat pertumbuhan perusahaan, kami telah memutuskan untuk merekrut lebih banyak orang secepat mungkin)

Owing to the high amount of sales, the band will soon have a world tour concert (Akibat tingginya jumlah penjualan, band tersebut akan segera melaksanakan tur konser keliling dunia)

Owing to the departure of one of their members, the band was reported to take a hiatus for a while (Akibat keluarnya salah satu anggota mereka, band tersebut dikabarkan akan mengambil waktu rehat untuk sementara)

Owing to the deaths of our employees, we have decided to give a paid leave to our remaining employees until the situation dies down (Akibat kematian para karyawan kami, kami telah memutuskan untuk memberikan cuti berbayar kepada karyawan kami yang tersisa hingga situasinya menjadi lebih tenang)

Owing to the recent complaints, the company have decided to take strong actions regarding their mistreatment of their workers (Akibat keluhan baru-baru ini, perusahaan telah memutuskan untuk mengambil tindakan tegas mengenai penganiayaan pekerja mereka)

Owing to the fall of our company’s profit, the director have decided to terminate some of your contracts (Akibat menurunnya keuntungan perusahaan, sang direktur telah memutuskan untuk menghentikan beberapa kontrak kalian)

Due to the fact that / Owing to the fact that (Akibat fakta bahwa)

Memiliki arti yang kurang lebih sama dengan frasa sebelumnya, frasa kali ini memiliki cara penggunaannya yang berbeda. Jika frasa sebelumnya hanya bisa diikuti dengan kata benda, kedua frasa kali ini harus diikuti dengan satu kalimat penuh yang berisikan subjek, verba, dan objek. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sejumlah contoh penggunaannya dalam kalimat yang berguna untuk memberikan alasan dalam bahasa Inggris.

Due to the fact that our boss is currently taking a holiday break, I will be supervising you for the next few weeks (Akibat fakta bahwa bos kita saat ini sedang mengambil cuti libur, saya akan mengawasi kalian untuk beberapa minggu ke depan)

Due to the fact that the people are starting to riot on the street, the president finally decided to lower the price of oil (Akibat fakta bahwa orang-orang mulai membuat kerusuhan di jalanan, presiden akhirnya telah memutuskan untuk menurunkan harga minyak)

Due to the fact that more people are getting infected by the virus, every countries have decided to work together on developing a vaccine as soon as possible (Akibat fakta bahwa semakin banyak orang yang terinfeksi oleh virusnya, semua negara telah memutuskan untuk bekerja sama dalam mengembangkan vaksin secepat mungkin)

Due to the fact that no one has come to complain, I have decided to start implementing the new rules as of today (Akibat fakta bahwa tidak ada yang datang untuk mengeluh, saya telah memutuskan untuk mulai mengimplementasikan peraturan-peraturan baru mulai hari ini)

Owing to the fact that the president have taken a step down from his position, it is now time for the vice president to take his place (Akibat fakta bahwa presiden telah mundur dari posisinya, sekarang adalah waktunya untuk sang wakil presiden mengambil alih kedudukannya)

Owing to the fact that only a small group of people feels satisfied with the current rules, we have decided to held a meeting today (Akibat fakta bahwa hanya ada sekelompok kecil orang yang merasa puas dengan peraturan saat ini, kami telah memutuskan untuk mengadakan rapat hari ini)

Owing to the fact that no one wants to take responsibility of the latest outbreak of the virus, the people have started to riot on the street (Akibat fakta bahwa tidak ada yang ingin mengambil tanggung jawab atas penyebaran virus terakhir, orang-orang telah mulai melakukan kerusuhan di jalanan)

Owing to the fact that the sales of the album has not gone up significantly in the last few weeks, the singer have decided to not held any tour concerts (Akibat fakta bahwa penjualan albumnya belum meningkat secara signifikan dalam beberapa minggu terakhir, sang penyanyi telah memutuskan untuk tidak mengadakan konser keliling dunia)

Owing to the fact that not all students have internet access, some teachers took the initiative to teach home from home (Akibat fakta bahwa tidak semua murid memiliki akses internet, beberapa guru mengambil inisiatif untuk mengajar dari rumah ke rumah)

Because of (Karena)

Frasa yang menjelasankan alasan ini harus diikuti oleh kata benda. Frasa ini juga lebih umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena memiliki bentuk yang tidak formal. Jika Anda menggunakan frasa ini, Anda bisa menaruhnya di awal kalimat. Sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa kalimat berguna yang menggunakan frasa tersebut untuk mengungkapkan alasan dalam bahasa Inggris.

Because of one person, the football match had to be postponed (Karena satu orang, pertandingan sepak bola harus diundur)

Because of bad weather, we didn’t go out today like it was planned (Karena cuaca yang buruk, kami tidak pergi keluar hari ini seperti yang telah direncanakan)

Because of my sister, I had to skip class today (Karena adik perempuan saya, saya harus melewatkan kelas hari ini)

Because of the virus outbreak, I have not come out of my house since three months ago (Karena penyebaran virus itu, saya belum keluar dari rumah saya sejak tiga bulan yang lalu)

Because of that pretty girl, my brother now spends all of his time chasing her (Karena gadis yang cantik itu, kakak laki-laki saya sekarang menghabiskan seluruh waktunya untuk mengejar dia)

Because / Since / As (Karena)

Ketiga kata ini memiliki arti yang sama, yaitu “karena”. Untuk kata because, Anda bisa menggunakannya baik di awal kalimat ataupun di pertengahan kalimat. Sedangkan untuk kedua kata lainnya, Anda hanya bisa menggunakannya di awal kalimat. Berbeda dengan because of, ketiga kata kali ini harus diikuti dengan kalimat penuh yang terdiri dari subjek, verba, dan objek. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa contoh kalimat berguna yang menggunakan ketiga kata di atas untuk memberikan alasan dalam bahasa Inggris.

Because it was raining, we had to wait at the station until the rain stops to come home (Karena hujan, kami harus menunggu di stasiun sampai hujannya berhenti untuk bisa pulang ke rumah)

The director would like to hire more people, because the company is getting more clients lately (Sang direktur ingin mempekerjakan lebih banyak orang, karena perusahaannya mendapatkan semakin banyak klien akhir-akhir ini)

Our team will never give up, because we believe that we could win this basketball match! (Tim kami tidak akan pernah menyerah, karena kami percaya bahwa kami bisa memenangkan pertandingan basket ini!)

Because we are still weak, we will train ourselves everyday to get stronger (Karena kami masih lemah, kami akan melatih diri kami setiap hari agar dapat menjadi lebih kuat)

Since the company is on the verge of bankruptcy, we had to let go of some people (Karena perusahaan sedang berada di ujung tanduk kebangkrutan, kami harus memecat beberapa orang)

Since I never had a boyfriend before, I feel really happy that someone would have an interest in dating me (Karena saya belum pernah memiliki pacar sebelumnya, saya merasa sangat senang bahwa seseorang bisa memiliki ketertarikan untuk mengencani saya)

Since I could never be better that my brother, I will do my best to advance in my own field (Karena saya tidak akan pernah bisa menjadi lebih baik daripada kakak laki-laki saya, saya akan melakukan yang terbaik untuk maju dalam bidang saya sendiri)

Since the final exams will start in a few weeks, we will all start to study harder! (Karena ujian akhir akan mulai dalam beberapa minggu lagi, kita semua akan mulai belajar lebih keras!)

As I was still heartbroken from my last relationship, I never realized that there is someone waiting for me (Karena saya masih patah hati dari hubungan saya yang terakhir, saya tidak pernah menyadari bahwa ada seseorang yang menunggu untuk saya)

As they lose the match last year, they feel more discouraged to go into another match now (Karena mereka kalah pertandingannya tahun lalu, mereka merasa lebih patah semangat untuk mengikuti pertandingan lagi sekarang)

As she is the only girl in the club, she feels uncomfortable voicing her opinions (Karena dia adalah satu-satunya perempuan di klub tersebut, dia merasa tidak nyaman menyuarakan pendapatnya)

As I was late this morning, I have to run a few times around the school (Karena saya telat pagi ini, saya harus berlari beberapa kali mengelilingi sekolah)

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai bagaimana cara untuk mengungkapkan alasan dalam bahasa Inggris dan sejumlah kalimat yang akan berguna untuk melakukannya. Dapat dilihat bahwa terdapat banyak sekali jenis dan cara untuk memberikan alasan dalam bahasa Inggris dan semuanya memiliki cara pakai serta kegunaannya maisng-masing. Semoga Anda dapat menggunakan pengetahuan ini untuk memperkaya kemampuan bahasa Inggris Anda.

 

Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan ketika Menanyakan Arah
Asking & Giving Direction
Useful Phrases for Comparing & Contrasting
Kalimat atau Frasa yang Sering Digunakan untuk Mengungkapkan Perasaan
Contoh Kalimat Politeness
Frasa/Kalimat yang Digunakan untuk Membuka Pertemuan
Frasa/Kalimat Meminta, Memberi, dan Menolak Opini (Ask, Give, Refuse Opinion)
Frasa/Kalimat yang Digunakan dalam Membuka Presentasi
Kata Atau Kalimat Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Kelegaan
Kalimat Ucapan Selamat Tahun Baru dalam Bahasa Inggris beserta Terjemahannya