sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kata, Kalimat, atau Ungkapan Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Kekaguman

WORDS, SENTENCES, OR PHRASES TO EXPRESS ADMIRATION

Untuk memuji atau mefgvtnyampaikan sebuah perasaan kagum kepada seseorang, bahasa inggris memiliki banyak kata, kalimat, ucapan slang atau bahkan ungkapan untu menyampaikannya; mulai dari bahasa verbal hingga bahasa non verbal juga dapat digunakan untuk semua tipe kalimat yang mengekspresikan kekaguman.

Salah satu contoh klasik ketika seseorang ingin megekspresikan kekaguman kepada seseorang adalah mengatakan “You’re really admirable” atau yang berarti “Kamu sangat dapat dikagumi,” namun di lain itu, masih begitu banyak kata kata atau kalimat yang dapat dipakai untuk menyampaikan hal yang sama, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. I’ve never seen anything like it!

Sebuah kekaguman yang disampaikan karena pembicara melihat sebuah pertunjukkan atau sebuah hasil karya yang ditampilkan oleh orang lain dan pembicara ingin menyampaikan bahwa ia mengagumi apa yang dilakukan atau ada.

Arti harafiah dari kalimat ini adalah untuk menyakinkan lawan bicara bahwa sang pembicara sebelumnya tidak pernah menerima atau melihat hal seperti itu sebelumnya, sebagai contoh di dalam sebuah pameran lukisan, dan pembicara ingin memuji pelukis dan mengatakan hal ini.

Adapun contoh kalimat di dalam percakapan adalah sebagai berikut:

“You are such a really great artist! I’ve already travelled the world to see all of the paintings I could possibly see and I’ve never seen anything like yours!”

(Kamu adalah seorang artis yang sangat hebat. Saya sudah berkeliling dunia dan melihat lukisan yang saya bisa lihat, dan saya tidak pernah melihat yang seperti kamu miliki!)

2. Isn’t that fantastic!

Secara harafiah, kalimat ini berarti “Bukankah itu fantastis!” yang kurang lebih memiliki makna yang sama dengan arti harafiah dari kalimat ini. Ketika seseorang berbicara hal ini, banyak konteks yang dapat membawahinya, salah satu contoh situasi adalah ketika pembicara ingin menyampaikan bahwa sesuatu yang dilihat atau baru saja dilakukannya adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan.

Adapun contoh penggunaan ungkapan ini di dalam kalimat adalah sebagai berikut:

“We’ve actually drove really far through the snow and I could almost see the snow is hitting us so badly. I almost couldn’t see the road and all I could see is the stars. Isn’t that fantastic!”

(Kita sejujurnya menyetir sangat jauh di tengah salju dan saya dapat lihat salju menyerbu kita dengan parah. Saya hampir tidak dapat melihat jalanan dan yang saya bisa lihat hanyalah bintang. Isn’t that fantastic!)

3. Salute

Di dalam konteksnya, terkadang kata ini digunakan di dalam konteks yang cenderung negative, namun tidak jarang kata ini digunakan di dalam konteks yang positif, seperti contohnya ketika seseorang ingin menyatakan bahwa dia sangat menghargai dan merasa bahwa pekerjaan yang dilakukannya sangat berkesan dan berhasil.

Arti kata ini sama dengan kata “salut” di dalam bahasa Indonesia, namun dengan penggunaan yang sedikit berbeda; arti dan makna dari kalimat ini adalah “mengagumi,”.

Adapun contoh penggunaan kata ini di dalam kalimat adalah sebagai berikut:

“You were really a legend back when you played soccer. I salute you, sir.”

(Kamu adalah legenda ketika kamu bermain sepak bola. Saya salute kamu, pak.)

4. Pay your respect

Kalimat ini biasanya digunakan ketika pembicara ingin menyampaikan kepada orang lain untuk memberikan apresiasi kepada orang lain, biasanya kepada orang yang telah meninggal, atau kepada para pahlawan dan tentara yang telah meninggal karena memperjuangkan kemerdekaan.

Selain itu, kalimat ini juga sering digunakan untuk menyatakan dan menghormati leluhur atau orang tua yang telah pergi mendahului kita.

Adapun contoh penggunaan kalimat ini di dalam percakapan atau percakapan informal adalah sebagai berikut:

“We need to go to the grave today. This is supposed to be his birthday, we should pay our respect.”

(Kita harus pergi ke makamnya hari ini. Hari ini seharusnya hari ulang tahunnya. Kita harus pay our respect.)

5. Idolize

Mengidolakan adalah kata yang menjadi arti harafiah dan makna yang juga sama untuk kata ini. Idolize merupakan kata kerja atau termasuk kategori “verb” dan digunakan ketika pembicara ingin menyatakan bahwa ia mengidolakan seseorang atau mengagumi seseorang.

Mengidolakan memiliki arti yang sedikit berbeda dengan mengagumi; mengidolakan biasanya digunakan untuk ketertarikan atau kekaguman terhadap artis atau orang-orang terkenal, sementara mengagumi (adore) biasa dan bisa digunakan untuk orang-orang biasa yang menjadi kenalan pembicara.

Adapun contoh penggunaan kata ini di dalam kalimat adalah sebagai berikut:

“I idolize him badly. I think he sings really good and he’s capable of so many things.”

(Saya sangat mengidolakannya. Saya rasa dia menyanyi dengan sangat baik dan dia memiliki talenta di bidang lain yang masih banyak.)

Begitu banyak cara untuk menyampaikan kekaguman kita kepada seseorang, baik dengan mengatakannya secara langsung (I adore you/ Saya mengagumi anda), juga bisa dengan memuji sesuatu dari dirinya yang membuat kita kagum (I really adore your paintings/ Saya sangat mengagumi lukisan-lukisan anda), tetapi yang terpenting adalah masih begitu banyak ekspresi di dalam bahasa inggris yang bisa digunakan untuk mengekspresikan kekaguman, yang terpenting adalah terus menerus membaca untuk menjadi akrab dengan bahasanya dan terus menerus melatih kemampuan kita agar kita tidak lupa dengan semua yang telah kita pelajari. Selamat belajar dan selamat berbahasa inggris!

 

Perbedaan Kalimat Imperative Vs Exclamatory
Speaking TOEFL: Seni Diplomasi dalam Percakapan Bahasa Inggris
Idioms atau Ungkapan yang Berhubungan dengan Masalah dalam Bahasa Inggris
English Idiom: Idiom Tentang Kesedihan
English Idiom: Idiom Tentang Cinta
Daftar Adverb of Manner dan Contoh Kalimatnya
Perbedaan Proverb, Idiom, dan Expression
English Idiom: Idiom tentang Rindu
Speaking TOEFL: Kenali Perbendaharaan Kata untuk Debat
Kata, Kalimat, atau Ungkapan Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Kekaguman


 
Ungkapan/Ekspresi Ketidaksetujuan (Expressing Disagreement)
25 Teka-teki Populer dalam Bahasa Inggris (English Riddle)
Kata, Kalimat, atau Ungkapan yang Mengekspresikan Rasa Penasaran
Kata, Kalimat, atau Ungkapan Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Selamat Tinggal
Kata, Kalimat, atau Ungkapan yang Mengekspresikan Terima Kasih dan Rasa Syukur
Kata, Kalimat, atau Ungkapan untuk Menggambarkan Kebahagiaan dalam Bahasa Inggris
Idiom atau Ungkapan yang Berhubungan dengan Hari dalam Bahasa Inggris
Idiom atau Ungkapan Bahasa Inggris yang Menggunakan Makanan pada Kalimatnya
Idiom atau Ungkapan Bahasa Inggris tentang Kehidupan
Idiom atau Ungkapan tentang Uang dalam Bahasa Inggris