sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kata, Kalimat, atau Ungkapan Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Selamat Tinggal

WORDS, SENTENCES, PHRASES TO EXPRESS GOODBYE

Mengucapkan selamat tinggal tidak selamanya adalah sesuatu yang buruk, ketika seseorang mengucapkan selamat tinggal atau dalam bahasa inggrisnya “goodbye”, seringkali hal tersebut dikaitkan dengan perasaan yang negatif dan kejadian yang buruk.

Terkadang pula, kita menjadi bosan akan kata kata “goodbye” yang terus menerus diulang ketika kita berada di dalam sebuah rapat dan harus pergi lebih dahulu dibandingkan dengan rekan kerjamu yang lain.

Begitu banyak pilihan kata yang dapat digunakan untuk mengekspresikan selamat tinggal selain kata “goodbye”, berikut adalah contoh beberapa:

1. Talk to you later

Ini bukanlah sebuah perpisahan. Secara harafiah, kalimat ini berarti “Berbicara denganmu lagi nanti”, menandakan bahwa pembicara masih ingin menjalin hubungan dengan lawan bicara dan bukan mengakhiri hubungan yang ada.

Kalimat ini seringkali digunakan di dalam sebuah percakapan ketika seseorang bertemu dengan rekan bisnis dan menjanjikan waktu temu yang lai untuk merencanakan hal-hal dan rencana lain, misalnya.

Selain diucapkan secara verbal, kalimat ini juga sering digunakan sebagai kalimat formal secara non-verbal, baik di dalam email maupun di dalam pesan singkat.

2. I’ve got to get going

Memiliki arti “Saya harus pergi,” kurang lebih kalimat ini memiliki makna yang sama dengan arti harafiahnya.

Pembicara yang menyatakan kalimat ini biasanya memiliki urusan lain yang perlu didatanginya sehingga ia harus pergi dari tempat itu dan meninggalkan lawan bicaranya.

Namun kalimat ini juga sering kali diucapkan dalam percakapan non-verbal ketika seseorang ingin pamit dan tidak akan bisa membalas baik email maupun pesan singkat.

3. I’m off

Dua kata sederhana ini paling sering digunakan di dalam konteks situasi atau percakapan informal ketika seseorang ingin berpamitan dengan teman akrab atau teman dan bukan rekan kerja yang berada di dalam konteks professional dan formal.

Kalimat ini tidak memiliki arti di bahasa Indonesia secara harafiah, namun pengertian yang paling tepat dan dekat dengan arti sebenarnya adalah “Saya pergi sekarang.”

4. Have a nice day

Sebuah harapan yang dilemparkan kepada orang lain juga dapat menjadi sebuah kata perpisahan dan digunakan untuk menutup pembicaraan. Selain itu, kalimat ini juga tergolong sebagai kalimat yang cukup sopan, terlebih kepada orang yang belum terlalu dekat dan akrab dengan kita.

Kita biasanya menggunakan kalimat ini kepada rekan kerja, atau kenalan yang lain, atau juga bisa kepada pelayan di restoran. Arti harafiah dari kalimat ini adalah “Semoga kamu memiliki hari yang indah!”

5. I look forward to our next meeting

Kalimat ini adalah kalimat yang sangat formal dan sangat sopan untuk digunakan kepada rekan kerja, terlebih apabila kita akan terus menerus bertemu dengan mereka untuk urusan bisnis dan keperluan formal lainnya.

Kalimat ini mengekspresikan bahwa walaupun kamu mengucapkan selamat tinggal dan harus pergi sekarang, kamu menunggu-nunggu pertemuan berikutnya dan hal itu memberikan kesan bahw kamu menyukainya sebagai rekan bisnis atau sebagai lawan bicara.

Arti harafiah dari kalimat ini adalah “Saya menunggu nunggu pertemuan kita berikutnya.”

6. It was nice to see you again!

Ketika kita bertemu dengan seseorang kita seringkali mengucapkan “It is nice to see you!” jadi ketika kita mengucapkan selamat tinggal, kita harus mengubah to be dengan was karena pertemuan it telah berlalu dan kamu akan segera pergi.

Kamu bisa menggunakan kalimat ini kepada teman lama atau teman yang belum terlalu akrab dan dekat denganmu, karena aura yang dibawakan dari kalimat ini adalah sopan dan sangat menyenangkan.

7. Goodnight

Ucapan selamat tinggal dapat diucapkan pada saat malam, ketika kita sedang berbicara secara baik verbal maupun non verbal, kita akan mengucapkan selamat tinggal.

Apabila kita bosan dengan mengucapkan “goodbye”, kita bisa mengucapkan “goodnight” karena itu mengindikasikan bahwa hari telah berakhir dan kamu berharap lawan bicara akan mendapatkan tidur yang nyenyak setelah hari yang panjang.

8. Peace out!

Kata kata atau ungkapan ini hanya dapat digunakan kepada teman dekat kita; harap diingat bahwa kalimat ini tidak memiliki arti harafiah di dalam bahasa Indonesia, tetapi memiliki makna kurang lebih mendoakan agar lawan bicara kita dapat mendapatkan kebahagiaan.

Ungkapan ini sering digunakan pada era 1990, jadi mungkin akan terkesan sangat tua apabila kamu menggunakan kalimat ini sekarang, namun orang-orang masih akan mengerti maksud kamu dan tidak akan bosan dengan ucapan “goodbye” yang terlalu biasa itu.

8. I gotta hit the road.

Secara harafiah, kalimat ini berarti “Saya akan memukul jalanan”, dan tentu saja makna sebenarnya dari kalimat ini bukanlah hal tersebut.

Kalimat ini merupakan kalimat slang dari kalimat formal “I’ve got to get going”, sehingga ekspresi ini dapat kamu berikan kepada teman baikmu dan bukan kepada rekan kerja, karena akan sangat terkesan tidak professional dan lawan bicaramu dapat menyangka bahwa kamu bukanlah orang yang sopan.

Apabila kamu merasa bahwa kalimat kalimat atau ungkapan yang telah diberikan ini belum cukup, kamu bisa terus menerus membaca dari sumber lain dan terus menerus membaca buku dalam bahasa inggris, atau mendengarkan dan menonton film dengan menggunakan subtitle inggris, karena hal itu akan sangat membantu.

Yang paling terpenting adalah terus belajar dengan mempraktekan dan membaca. Selamat belajar dan selamat berbahasa inggris!

 

English Idiom: Ungkapan Lucu dalam Bahasa Inggris
Kalimat atau Kata Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Kesakitan
English Idiom: Idiom Tentang Waktu
Daftar Kalimat & Pengumuman Pramugari di Pesawat dalam Bahasa Inggris
Tip TOEFL: Aturan Penggunaan Kata Penentu “The”
English Idiom: Idiom yang Berkaitan dengan Sakit
Kalimat Ucapan Selamat Pernikahan dalam Bahasa Inggris beserta Terjemahannya
Cara Mengekspresikan Simpati dalam Bahasa Inggris
English Idiom: Idiom Tentang Suka Cita
English Idiom: Idiom di Tempat Kerja


 
15 Cara Mengutarakan Maksud / Keinginan / Harapan (Expressing Intention) dalam Bahasa Inggris
Cara Mengungkapkan Perasaan dalam Bahasa Inggris (Expressing Feeling)
30 Idiom Inggris yang Berhubungan dengan Kematian
21 Funny English Proverbs (Peribahasa Bahasa Inggris yang Lucu)
Perbedaan Proverb, Idiom, dan Expression
25 Kata-kata Motivasi Bahasa Inggris dan Terjemahannya
20 Kutipan dari Orang-orang Terkenal dan Terjemahannya (Famous Quotes)
Ungkapan/Ekspresi Ketidaksetujuan (Expressing Disagreement)
25 Teka-teki Populer dalam Bahasa Inggris (English Riddle)
Kata, Kalimat, atau Ungkapan yang Mengekspresikan Rasa Penasaran