sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kata Penghubung dalam Bahasa Inggris

Halo, teman-teman sekalian! Semoga teman-teman selalu sehat dan berada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Pemurah.

Melalui artikel ini, kali ini kita akan membahas tentang kata-kata penghubung (linking or transition words) dalam Bahasa Inggris. Kata-kata penghubung sendiri adalah kata-kata yang fungsinya sebagai penyambung antara dua atau lebih kalimat untuk memberi informasi, mendeskripsikan urutan kejadian, serta menyatakan transisi dalam suatu kalimat.

Kata-kata penghubung dalam Bahasa Inggris terbagi dalam 4 kelompok besar, yaitu:

  • Additive words (kata-kata yang berfungsi memberi informasi tambahan)
  • Adversative words (kata-kata yang berfungsi untuk memberi penjelasan akan informasi yang saling bertolak belakang)
  • Causal words (kata-kata yang menghubungkan dua kalimat yang mengandung sebab dan akibat)
  • Sequential words (kata-kata yang berfungsi memberi informasi lanjutan dari informasi sebelumnya yang telah ada secara kronologis)

Setelah mengenal 4 kelompok besar dari kata-kata penghubung dalam Bahasa Inggris, kita akan mempelajari mengenai kata-kata penghubung urutan (sequential/sequence words). Seperti yang telah dijabarkan di atas, fungsi dari kata penghubung ini yaitu untuk memberikan keterangan atau informasi tambahan sebagai penjelas dari informasi yang sudah ada secara kronologis atau beruntut.

Kata-kata penghubung urutan pada umumnya diletakkan di permulaan kalimat atau paragraf. Namun, kata-kata penghubung urutan juga dapat diletakkan di tengah dan akhir kalimat. Ketika meletakkan kata-kata penghubung urutan di awal kalimat, tanda koma pasti selalu muncul setelah kita menambahkan kata penghubung urutan.

Saat kita meletakkan kata penghubung urutan di akhir kalimat, pastikan untuk selalu mengawalinya dengan tanda koma, lalu kemudian tambahkan kata-kata penghubung urutan.

Baiklah, mari kita simak dengan saksama contoh-contoh kalimat dengan kata-kata penghubung urutan di bawah ini!

1. Kata-kata penghubung numerik (numerical sequential linking word)

Berikut contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata penghubung numerik:

In the third place, we have Monica Jenkins who received the bronze trophy. In the second place, we have Hawa Mustafa and she now will be granted with the silver trophy. And now, we shall wait for the announcement of who will stand in the first place, who also will be the winner of this school’s beauty pageant (di tempat ketiga, kita memiliki Monica Jenkins yang menerima piala perunggu. Di tempat kedua, kita memiliki Hawa Mustafa dan ia akan dianugerahi piala perak. Dan sekarang, mari kita menunggu pengumuman siapa yang akan berdiri di tempat pertama, yang juga akan menjadi pemenang dari kontes kecantikan sekolah ini).

2. Kata-kata penghubung berkelanjutan (continuation sequence word)

Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan kata penghubung berkelanjutan:

Previously, on last week’s episode, Martha tried to forge her late husband’s will so that his assets would not fall into the hands of her stepdaughter, Sharon. When Martha managed to retrieve the will, Reese, the maid in the house, caught her. (sebelumnya, di episode minggu lalu, Martha mencoba memalsukan surat wasiat mendiang suaminya agar harta suaminya tidak jatuh ke tangan putri tirinya, Sharon. Ketika Martha berhasil mengambil surat wasiat tersebut, Reese, pembantu di rumah itu, memergokinya).

3. Kata-kata penghubung untuk mengganti topik (digression sequence word)

By the way, have you guys heard any news regarding Glinda? Since she moved to Ontario, I haven’t heard from her again. I’m afraid that Glinda avoids me and doesn’t want to be my friend anymore (omong-omong, apakah kalian mendengar kabar tentang Linda? Sejak ia pindah ke Ontario, aku sudah tidak pernah mendengar kabarnya lagi. Aku takut Glinda menghindariku dan tidak ingin menjadi temanku lagi).

4. Kata-kata penghubung untuk melanjutkan pembahasan tentang suatu topik (resumption sequence word)

At any rate, we will lose everything we have and everything will be owned by that company. We need to do something to ensure that rival company will lose everything instead. That plan is totally crazy and unacceptable. If our boss can’t do something, it means we are the one who should do it (dalam kondisi apapun, kita akan kehilangan apapun yang kita punya dan semuanya akan menjadi milik perusahaan tersebut. Kita harus melakukan sesuatu untuk memastikan perusahaan lawanlah yang akan kehilang semuanya. Rencana itu sungguh gila dan tidak bisa diterima. Apabila bos kita tidak bisa melakukan sesuatu, itu artinya kita-lah yang harus melakukannya.

5. Kata-kata penghubung ringkasan (summation sequence word)

To put it briefly, you also have to take care of the house chores alongside babysitting my newborn son. I hope it won’t become a burden to you, Sofia (singkatnya, kau juga juga harus mengerjakan tugas-tugas rumah sembari menjaga putraku yang baru lahir. Kuharap itu tidak menjadi beban bagimu, Sofia).

6. Kata-kata penghubung konklusi/kesimpulan (conclusion sequence word)

In the end, it was very hard for Jill to forgive her husband, Matthew, for abandoning her and their two children. Jill still remembers vividly how Matthew abused her and said he would never come back to them again. Jill asked Matthew to leave her and their two kids and never show his face anymore (pada akhirnya, sangat sulit bagi Jill untuk memaafkan suaminya, Matthew, karena telah menelantarkan dirinya dan kedua anaknya. Jill masih mengingat dengan jelas bagaimana Matthew melakukan kekerasan padanya dan berkata bahwa dia tidak akan pernah kembali pada mereka lagi. Jill meminta Matthew meninggalkannya dan kedua anaknya dan agar Matthew tidak pernah lagi memperlihatkan wajahnya).

Baiklah, teman-teman, demikian pembahasan kita mengenai kata-kata penghubung yang berhubungan dengan urutan dalam Bahasa Inggris.

 

Tip TOEFL: Aturan Penggunaan Kata Penentu “The”
Kata/Kalimat yang Digunakan Guru dan Siswa di Dalam Kelas
Frasa/Kata/Kalimat yang Biasa Digunakan dalam American English
Kata Mutiara Bahasa Inggris tentang Cinta
Memahami Perbedaan Kata Addict, Junkie, Dependent, Abusive, dan Abduct
Kata / Ungkapan untuk Mengekspresikan Cinta / “I LOVE YOU”
Perbedaan Penggunaan Kata Will dan Going To
Kata, Kalimat, atau Ungkapan Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Kekaguman
Kosakata Kata Tentang Nama-Nama Kejahatan / Kriminal
Apa Itu Kata atau Kalimat Himbauan?