sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kata Transisi dalam Tulisan dalam Bahasa Inggris

Kata-kata transisi dalam Bahasa Inggris adalah kata-kata yang dipergunakan untuk membangun hubungan antara ide yang satu dengan ide lainnya dalam suatu tulisan agar tulisan atau ucapan kita dapat dipahami dengan baik oleh mereka yang membacanya. Menggunakan kata-kata transisi juga dapat membuat tulisan kita menjadi lebih padu dan memiliki kesan profesional.

1. Kata-kata transisi untuk membandingkan atau menunjukkan ketidaksamaan

Kita dapat menggunakan kata-kata transisi di bawah ini ketika membandingkan atau menunjukkan dua ide yang memiliki perbedaan:

  • On the other hand, scientists agree that spinach can slow down the growth of cancer cells, particularly the cervical cancer (di sisi lain, para ilmuwan sependapat bahwa bayam dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker, terutama kanker rahim)
  • Due to the possibility of causing diarrhea, we have to pay attention on how we serve the spinach in the bowl (dikarenakan kemungkinannya menyebabkan diare, kita harus memerhatikan bagaimana kita menyajikan sayur bayam di dalam mangkuk)

Kata-kata transisi lainnya yang dapat kita gunakan antara lain: comparatively… (secara perbandingan…), eventhough… (walaupun…), hence… (karenanya…/ maka dari itu…), in contrast… (kebalikannya…/sebaliknya…), besides… (di samping itu…), however… (namun…/tetapi…), instead… (malahan…/sebagai gantinya…), nevertheless… (walaupun demikian…), whereas… (sedangkan…/sebaliknya…), other than… (selain daripada itu…), outside of… (di luar daripada…), dan yet… (sekalipun begitu…/sekalipun demikian…).

2. Kata-kata transisi untuk menjabarkan ide

Ketika kita menjabarkan ide melalui pidato, debat, atau artikel yang kita tulis, akan lebih baik apabila menambahkan kata transisi pendukung seperti di bawah ini:

  • In addition to the first research I have been explained, there are other supporting researches that explain the importance of a vaccin through the years (menambahkan penelitian pertama yang telah saya jelaskan, ada beberapa penelitian pendukung yang menjelaskan pentingnya vaksin dari tahun ke tahun).
  • Along with all the reasons I have been stated in my arguments, it is clear that smoking is dangerous to all aspects in our lives. Moreover, it is a danger to our planet (bersamaan dengan semua alasan yang sudah saya kemukakan dalam argumen saya, sudah jelas bahwa merokok itu membahayakan seluruh aspek kehidupan kita. Ditambah lagi, rokok juga berbahaya untuk planet kita).

Kata-kata transisi lain yang diantaranya dapat kita gunakan adalah: one other thing… (satu lagi hal lainnya…), in fact… (faktanya….), in addition to… (sebagai tambahan dari…), identically… (secara identik…), for example…. (sebagai contoh…), likewise… (begitu pula sebaliknya….), similarly… (sama halnya dengan…), dan coupled with… (ditambahkan lagi dengan…).

3. Kata-kata transisi untuk menunjukkan sebab atau tujuan dari suatu hal

Apabila kita ingin mengutarakan sebab atau tujuan dari sesuatu yang terjadi dan apa yang melatarbelakanginya, kita dapat menggunakan kata-kata transisi seperti pada contoh kalimat di bawah:

  • As you can see this chart shows that the number of passive smokers is way higher than active smokers in this university (seperti yang bisa Anda lihat grafik ini menunjukkan bahwa angka para perokok pasif cenderung lebih tinggi ketimbang para perokok aktif di universitas ini).
  • This is why I propose my idea to the board of university to make a campaign about smoking, so then our students will understand what danger a single cigarette can cause (inilah mengapa saya mengajukan ide saya kepada dewan universitas untuk membuat kampanye tentang merokok, jadi semua mahasiswa akan memahami bahya apa yang dapat disebabkan satu batang rokok).

Dan kata-kata transisi lain yang bisa digunakan adalah: due to…. (berkat….), following this… (mengikuti… ini), as a result… (sebagai hasilnya…), subsequently… (selanjutnya….), accordingly…. (sesuai dengan semuanya itu….), dan for all those reasons… (untuk semua alasan-alasan demikian…).

4. Kata-kata transisi untuk memberikan penekanan

Kita dapat menggunakan kata-kata transisi yang akan ditampilkan di bawah apabila kita ingin memberikan penekanan pada apa yang kita jelaskan pada orang lain, baik melalui lisan atau tulisan kita.

  • Undoubtely, teenage years is a stage where all the teenage girls and boys question their existence and what do they want for their lives. whether they can trust their family and friends or not, and whether they should have a lover or not. There are many things they need to consider (tidak diragukan lagi, masa remaja adalah suatu tahap di mana semua perempuan dan pria remaja mempertanyakan eksistensi hidup mereka dan apa yang mereka inginkan untuk hidup mereka).
  • Particularly what do they want: whether they can trust their family and friends or not, whether they should go to work immediately after high school, and whether they should have a lover or not. There are many things they need to consider. In this situation, they need help from their closest relative – their own family (khususnya apa yang mereka inginkan: apakah mereka bisa memercayai keluarga dan teman-teman mereka, apakah mereka harus bekerja segera setelah tamat SMA, dan apakah mereka harus memiliki pacar atau tidak. Ada banyak yang harus mereka pertimbangkan. Dalam situasi ini, mereka membutuhkan bantuan dari orang-orang terdekat mereka – keluarga mereka sendiri).

Dan kata-kata transisi lain yang boleh digunakan yakni: as usual… (biasanya…), assuredly…. (dan pastinya…), speaking generally… (berbicara secara umum…), for the most part… (untuk sebagian besar bagian…), unquestionably… (tak perlu lagi dipertanyakan…), dan admittedly… (harus diakui…/tak dapat disangkal…).

Demikianlah, teman-teman, pembahasan kita mengenai kata-kata transisi dalam Bahasa Inggris yang semoga bermanfaat bagi pembelajaran Bahasa Inggris teman-teman.

 

Kata-kata / Kalimat Percakapan Guru di Kelas
Frasa/Kata/Kalimat yang Digunakan dalam Perbankan
Kata Mutiara Tentang Kemunafikan dalam Bahasa Inggris
Kalimat / Frasa dalam Tulisan Akademik Dalam Bahasa Inggris
Mengenal Makna Kata Therefore dan Penggunaannya
Kata-kata yang Digunakan untuk Mengungkapkan Kekecewaan
Kumpulan Kata-Kata Bahasa Inggris yang Sudah Tidak Digunakan Lagi
Kata-kata Untuk Meminta Maaf (Selain “Sorry”)
Kata-Kata Motivasi dalam Bahasa Inggris
Kata Mutiara Bahasa Inggris tentang Cinta