sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Komunikasi: Cara Mengubah Subyek Pembicaraan

Communication Phrases: Changing The Subject

Coba bayangkan. Kita sedang melakukan percakapan dengan seseorang. Kemudian orang tersebut menyinggung topik yang tidak ingin kita bicarakan. Apa yang harus kita lakukan? Kita mungkin memilih untuk mengakhir pembicaraan. Akan tetapi, mengakhiri pembicaraan secara tiba-tiba dan begitu saja terkadang bisa dianggap tidak sopan. Ada pilihan lain yang lebih baik yang bisa kita lakukan, yakni mengganti topik pembicaraan.

Bagaimana cara mengganti topik pembicaraan menggunakan bahasa Inggris? Di dalam bahasa Inggris, ada beberapa frasa yang bisa membantu kita untuk mengganti topik pembicaraan. Dalam kesempatan kali ini kita akan mempelajari frasa-frasa tersebut. Tanpa menunggu lama lagi, berikut adalah pembahasannya:

1. By the way

Frasa dalam bahasa Inggris yang paling umum digunakan untuk mengganti topik pembicaraan adalah “by the way”. Frasa ini memiliki arti “ngomong-ngomong”. Contoh: By the way, I just bought a new car. (Ngomong-ngomong, aku baru saja membeli mobil baru).

2. Anyway

Sama halnya seperti “by the way”, “anyway” juga merupkan frasa yang sangat umum digunakan sebagai frasa untuk mengganti topik pembicaraan. Contoh: Anyway, the food is already here. Let’s eat! (Ngomong-ngomong, makanannya sudah ada di sini. Mari kita makan!).

3. So…

“So…” dalam konteks ini berfungsi untuk memperkenalkan topik baru, bukan sebagai penghubung antar dua kalimat. Contoh: So… Mike, I heard you just got promoted. Congratulations! (Jadi… Mike, aku dengar kamu baru saja dipromosikan. Selamat!).

4. Speaking of

Frasa selanjutnya yang bisa dipakai sebagai pengubah topik pembicaraan adalah “speaking of”. Frasa ini berarti “ngomong-ngomong tentang”. Contoh: Speaking of food, have you tried the new menu in Restaurant Z? I heard that it is delicious. (Ngomong-ngomong tentang makanan, apakah kamu telah mencoba menu baru di Restoran Z? Aku dengar itu enak).

5. Speaking of which

“Speaking of which” mirip dengan “speaking of”. Hanya saja dalam “speaking of which”, topik yang dibicarakan masih berhubungan dengan topik yang sedang dibicarakan sebelumnya. Contoh:

Susan: Nice bracelet, Karen. Where did you buy it? (Gelangnya bagus, Karen. Beli di mana?)

Karen: Thanks, Susan. It is a gift from my husband. (Terima kasih, Susan. Ini hadiah dari suamiku)

Linda: Cool! Speaking of which, have you heard that Regina has lost her bracelet? You know, the one which cost a thousand dollars. (Keren! Ngomong-ngomong tentang itu, apakah kalian tahu bahwa Regina kehilangan gelangnya? Kalian tahu, gelang yang harganya seribu dolar)

Berdasarkan contoh ini, topik pertama yang dibicarakan adalah gelangnya Karen. Kemudian Linda mengganti topik pembicaraannya dengan gelangnya Regina. Kedua topik masih membicarakan tentang gelang, namun gelang yang berbeda.

6. Talking of

Frasa lainnya yang bisa digunakan untuk mengganti topik pembicaraan adalah “talking of”. Frasa ini pada dasarnya sama dengan “speaking of”. Contoh: Talking of movies, Titanic is my favorite movie. How about you? (Ngomong-ngomong tentang film, Titanic adalah film kesukaanku. Bagaimana denganmu?)

7. That reminds me of

“That reminds me of” juga merupakan frasa yang bisa digunakan sebagai pengenal topik baru. Contoh: That reminds me of our math homework. Have you done it? (Itu mengingatkanku pada PR matematika. Apakah kamu telah mengerjakannya?)

8. Before I forget

Kita bisa memakai “before I forget” untuk mengubah topik pembicaraan. Contoh: Oh… before I forget, next Saturday is John’s birthday. What should we do to celebrate it? (Oh sebelum aku lupa, hari Sabtu depan adalah hari ulang tahun John. Apa yang harus kita lakukan untuk merayakannya?)

9. While I remember

“While I remember” juga bisa digunakan sebagai pengganti subjek pembicaraan. Contoh: While I remember, I saw Dona with a man this afternoon. Does she have a new boyfriend? (Mumpung aku ingat, tadi siang aku melihat Dona bersama seorang pria. Apakah dia punya pacar baru?)

10. I wanted to tell you

“I wanted to tell you” termasuk ke dalam frasa untuk mengubah topik pembicaraan dan memperkenalkan topik baru. Contoh: Oh, I wanted to tell you that I’m having a baby. (Oh, aku ingin memberitahumu bahwa aku akan mempunyai bayi)

11. Totally unrelated

Jika kita menggunakan frasa ini, kita akan kelihatan sekali sedang mengganti topik pembicaraan. Contoh: It’s totally unrelated, but have you tried taking a bus to LA from New York? (Ini memang tidak nyambung, tetapi apakah kalian pernah mencoba naik bis ke LA dari New York?)

12. This has nothing to do with what we’re talking about, but

Sama seperti “totally unrelated”, frasa ini sangat kentara sekali menunjukkan bahwa kita ingin mengubah topik pembicaraan. Contoh: This has nothing to do with what we’re talking about, but Jack and Mia has just gotten engaged. I thought you all should know about that. (Ini tidak ada hubungannya dengan yang sedang kita bicarakan, tetapi Jack dan Mia baru saja bertunangan. Aku pikir kalian harus tahu tentang itu).

13. Completely changing the subject

Sesuai dengan artinya, “completely changing the subject” sangat jelas menunjukkan bahwa kita sedang mengganti topik pembicaraan. Contoh: Completely changing the subject, we’re finally graduating next month! (Benar-benar mengubah topik,  kita akhirnya akan lulus bulan depan!)

14. Changing a subject for a minute

Frasa ini bisa berarti bahwa kita meminta izin untuk membicarakan topik lain sebentar, yang kemudian pembicaraan akan kembali ke topik yang dibicarakan sebelumnya. Contoh: Changing a subject for a minute, have you tried buying clothes at the store near the park? (Ganti topik sebentar, apakah kalian sudah pernah mencoba belanja baju di toko dekat taman?)

Itulah sejumlah frasa yang dapat digunakan untuk mengganti topik pembicaraan. Semoga setelah membaca artikel ini pembendaharaan frasa bahasa Inggris kita bertambah dan kita bisa berkomunikasi dengan berbagai macam ungkapan dan frasa yang berbeda.

 

Cara Lain Mengatakan “I Know” / “I Understand”
Cara Lain Mengatakan “Yes”
Cara Lain Mengatakan Excuse Me Beserta Jawabannya
Sentence: What is Subject?
Cara Menulis Tanggal dalam Bahasa Inggris
Cara Meminta Maaf dalam Bahasa Inggris
Percakapan Memberi Contoh Cara/Tindakan yang Benar
Cara Meminta Barang dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Cara Meminta Kejelasan Suatu Peristiwa / Memberikan Klarifikasi dalam Bahasa Inggris