sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kosakata Bahasa Inggris Saat Travelling ke Luar Negeri

Kamu berencana untuk liburan ke luar negeri? Apa kamu sudah mempersiapkan diri dengan belajar beberapa kosakata penting? Kalau belum, di bawah ini ada beberapa daftar kosakata yang bisa kamu pelajari sebelum kamu berangkat. Kamu juga bisa belajar cara penggunaannya, lho.

Kalau kamu akan travelling ke luar negeri, maka alat transportasi yang kamu pakai adalah pesawat. Nah, di bandara biasanya kamu akan melihat berbagai kosakata dalam Bahasa Inggris.

Ini karena bandara (airport) adalah terminal utama orang-orang bisa masuk dan ke luar negeri. Oleh karena itu digunakanlah bahasa internasional sebagai bahasa komunikasi.

Berikut beberapa kosakata yang akan sering kamu temui saat travelling:

1. Check-in: Melapor dan mendaftar di hotel atau bandara (airport)

Ini adalah tahap pemeriksaan tiket yang kamu beli di biro perjalanan (travel agency). Kalau kamu memesan secara online, kamu hanya perlu menunjukkan bukti booking tiket kamu untuk ditukar dengan tiket di dalam.

2. Arrivals: Kedatangan, Departure: Keberangkatan, Delayed: Keberangkatan Tertunda

Kamu akan melihat ketiga kata itu di papan pengumuman di ruang tunggu setelah kamu check-in dan melakukan pemeriksaan isi tas di bagian custom. Di sana tas kamu akan mendapatkan pemeriksaan, seperti barang-barang berbahaya dan batas jumlah cairan yang dapat dibawa.

3. Boarding: Masuk ke dalam pesawat

Kamu akan melihat kata ini di tiket (ticket) pesawatmu. Kata ini biasanya diikuti dengan waktu. Waktu itu menunjukkan saat kamu harus masuk ke dalam pesawat. Biasanya tulisan ini juga tertera di papan pengumuman untuk mengingatkanmu agar segera masuk ke pesawat. Boarding ini biasanya membutuhkan waktu minimal 15 menit sebelum keberangkatan.

4. Passport: Paspor, Visa: Visa

Paspor dan visa adalah dua dokumen yang kamu perlukan ketika liburan ke luar negeri. Ketika kamu sampai di negara tujuan, biasanya kamu akan ditanya, “can you show me your passport, please” atau hanya “your passport, please.” Itu artinya kamu diminta menunjukkan paspor kamu.

5. Cab (U.S.) / Taxi (U.K.): Taksi

Setelah keluar dari bandara, kamu bisa segera mencari taksi yang banyak berkeliaran di sana.

Kamu bisa menanyakan, “can you show me the nearest hotel, please” kalau kamu belum booking hotel. Namun, ada baiknya jika kamu memesan kamar di hotel sebelum berangkat karena ada banyak kemungkinan semua kamar di hotel penuh di musim libur. Jika begitu, kamu hanya perlu menyebutkan nama hotelnya dan sopir (driver) akan mengantarkanmu.

6. Hotel: Hotel

Untuk kasus kamu belum memesan kamar, kamu bisa menanyakan, “do you have any room/ vacancies?” yang artinya “apakah ada kamar kosong?” Kalau kamu sudah memesan kamar, kamu hanya perlu bilang, “I have booked a room,” yang artinya “saya sudah memesan kamar.” Lalu, kamu hanya perlu menunjukkan bukti pemesanannya.

Kalau kamu melakukan perjalanan mandiri dan butuh taksi untuk pergi ke suatu tempat, kamu bisa menanyakan ke resepsionis, “can you call me a taxi, please. I want to go to a beach/ museum/ park.” Artinya: tolong pesankan taksi. Saya ingin ke pantai/ museum/ taman.

7. Train Station: Stasiun Kereta Api

Kalau kamu memutuskan ke stasiun untuk pergi ke tempat lain, kamu bisa ke loket (ticket window). Di sana, kamu hanya perlu mengatakan “one ticket to Saint Petersburg, please.” Artinya: satu tiket ke Saint Peterseburg.

Kamu juga bisa bertanya tentang harga tiket dengan “how much is round-trip ticket to Sochi?” yang artinya “berapa harga tiket pulang-pergi ke Sochi?”

8. Restaurant: Restoran, Cafe: Kafe

Selama di luar negeri, mungkin tempat makan yang paling sering kamu temui adalah restoran dan kafe dan mungkin ada beberapa food court. Untuk menanyakan tempat makan, kamu bisa menggunakan, “where is the nearest restaurant or cafe around here?” yang artinya “di mana restoran atau kafe terdekat di sini?”

9. Tour Agent: Agen Tur

Kalau kamu berlibur menggunakan jasa tur dan travel, kamu hanya perlu mengikuti ke mana alat transportasi membawamu. Kamu juga hanya perlu mendengarkan pemandu (guide) yang menjelaskan beberapa tempat dan menanyakan padanya jika kamu menemukan kesulitan atau membaca buku panduan (guidebook). Mungkin agen turmu juga menyewa seorang penerjemah (translator) untuk membantumu.

10. Ship: Kapal laut
11. Boat: Perahu
12. Port (U.S.) / Harbor (U.K): Pelabuhan
13. Route: Rute
14. No trespassing: Tidak boleh lewat (misal: menginjak rumput)
15. Sunrise: Matahari terbit, Sunset: Matahari terbenam
16. Art: Seni, Show: Pertunjukan, Exhibition: Pameran
17. Destination: Tujuan
18. Parking lot: Tempat parkir

 

Percakapan Inggris: Mempelajari Penggunaan Bahasa Inggris di Supermarket
Percakapan Bahasa Inggris: Saat Keluar dari Kedai Minuman
Aturan Menggabung Kalimat Bahasa Inggris (Jenis Struktur Kalimat)
Kosakata Bidang Keuangan dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya
English Vocabulary: Stuff at Office (Peralatan di Kantor)
25 Ucapan Lebaran dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya
English Vocabulary: Greetings (Salam)
Percakapan di Restoran: Cara Menanyakan Bill dalam Bahasa Inggris
Alternatif Mengucapkan “I Don’t Know” dalam Bahasa Inggris
Ucapan Bersyukur dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya


 
Kosakata tentang Dunia Hukum (Law Related Vocabulary)
Kosakata Kepolisian (Police Related Vocabulary)
Kalimat/Frasa untuk Menjelaskan “Safety, Rules, & Etiquettes” bagi Tour Guide
Kosakata Bahasa Inggris seputar Rumah Tangga (Housekeeping)
Vocabulary: Kosakata Bahasa Inggris yang Digunakan dalam Industri Penerbangan
Vocabulary Profesi di Dunia Medis
Vocabulary Profesi di Dunia Food & Beverage
Vocabulary: Kosakata Bahasa Inggris untuk Tour Guide
Kosakata untuk Kasir (Cashier)
Kosakata dalam Industri Perhotelan Internasional