sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kosakata tentang Kesehatan Gigi (Dental Care)

Apa yang terlintas di benak kamu ketika berbicara tentang perawatan gigi atau dental care? Apakah horor seperti yang kerap ada di komik anak-anak, atau sudah menjadi kebiasaan yang baik untuk memeriksakan gigi ke dokter gigi?

Ada banyak cerita seputar dental care termasuk istilah-istilah yang digunakan terutama dalam bahasa Inggris. Setiap perawatan punya nama yang berbeda satu sama lain dan maknanya pun berbeda. Itulah yang akan menjadi fokus utama kita dalam artikel kali ini.

Seperti biasa, kami telah menyiapkan beberapa kosakata atau vocabulary seputar perawatan gigi (dental care) lengkap dengan definisinya. Simak satu persatu ya, siapa tahu kamu membutuhkannya suatu saat nanti!

Kosa Kata “Dental Care

  • Bicuspids

Gigi yang terletak di samping gigi taring. Biasanya istilah dalam dunia kesehatan gigi adalah premolars. Terdapat 4 gigi bicuspids di atas dan 4 di bawah.

  • Braces

Populer digunakan untuk merapikan gigi, dalam bahasa Indonesia disebut dengan kawat gigi. Kawat ini diletakkan di gigi atas atau bawah, bisa pula keduanya, untuk membentuk gigi berada di posisi yang tepat.

Contohnya dalam kalimat:

“I noticed gaps between my son’s teeth and I think he might need braces.” (Ada jarak antar gigi anakku dan sepertinya dia memerlukan kawat gigi)

  • Bridge

Satu set gigi palsu.

“A prosthetic replacement of one or more missing teeth is called a bridge.” (Satu set gigi palsu untuk menggantikan gigi yang hilang disebut dengan bridge)

  • Canines

Gigi yang terletak di samping incisors, dalam bahasa Indonesia bisa disebut dengan gigi taring. Terdapat dua di bagian atas dan dua di bagian bawah.

  • Cavity

Lubang pada gigi karena ada kerusakan.

“I went to the dentist for a check-up and he noticed two cavities that have to be filled.” (Saya memeriksakan gigi ke dokter dan dia menemukan dua lubang yang harus ditambal)

  • Crown

Perawatan restorasi gigi yang hampir menutupi seluruh bagian asli dari gigi.

“A crown is often a recommended solution if a tooth has been broken or is at high risk of breaking due to large fillings or cracks.” (Crown seringkali menjadi solusi jika sebuah gigi mengalami kerusakan atau rentan rusak karena tambala tau retak)

  • Decay

Infeksi bakteri yang menyebabkan lapisan tisu dari gigi rusak dan terjadi demineralisasi.

“Brush your teeth after each meal to prevent tooth decay” (Sikat gigimu setiap usai makan untuk mencegah kerusakan)

  • Dental technician

Anggota dari tim dokter gigi yang menciptakan gigi palsu, implant, dan semacamnya.

“To construct the crown, the dental technician will need a dental model.” (Untuk bisa membuat gigi mahkota, seorang teknisi dokter gigi memerlukan model giginya)

  • Dentures

Gigi palsu yang bisa dilepas pasang untuk menggantikan gigi yang hilang.’

“It is suggested to use dentures if there are insufficient teeth to support a bridge.” (Direkomendasikan untuk menggunakan gigi palsu jika gigi yang ada kurang untuk mendukung keseluruhan gigi palsu)

  • Enamel

Lapisan putih terluar pada gigi.

“Enamel is the hardest substance in the human body and contains the highest percentage of minerals” (Enamel adalah substansi keras di tubuh seseorang dan mengandung persentase kandungan mineral tertinggi)

  • Endodontist

Dokter spesialis yang fokus pada perawatan akar gigi.

“The dentist told me that the nerve had to be removed and the root would have to be filled, so I made an appointment with an endodontist.” (Dokter gigi memberitahuku bahwa saraf itu perlu diangat dan bagian akarnya diisi, itu sebabnya aku membuat janji dengan endodontist)

  • Extract

Tindakan dokter untuk mencabut sebuah gigi.

“The cavity was so large and decay so widespread that the tooth had to be extracted” (Lubang dan kerusakanya sangat besar dan sudah menyebar sehingga giginya harus dicabut)

  • Filling

Tambalan pada gigi berlubang.

“I have to make an appointment with my dentist because one of my fillings has fallen out” (Aku harus membuat janji dengan dokter gigi karena salah satu tambalanku terlepas)

  • Gums

Dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan gusi, lapisan tisu tempat akar gigi.

“Improper oral hygiene may lead to gum disease” (Kebersihan oral yang tidak baik bisa menyebabkan penyakit pada gusi)

  • Implant

Elemen titanium kecil yang menggantikan akar dari gigi alami yang telah hilang.

“An implant is placed in the jaw bone and serves as an anchor for a replacement tooth.” (Implan diletakkan di tulang rahang dan menjadi tempat gigi palsu berdiri)

  • Incisors

Empat gigi di bagian atas dan bawah, biasanya disebut juga dengan gigi seri.

  • Molars

Setelah bicuspids, barulah molars atau akrab disebut geraham. Ada empat di bagian atas dan bagian bawah.

  • Orthodontist

Spesialis dokter gigi yang fokus untuk merapikan susunan gigi.

“Consult an orthodontist if your teeth are crooked or there are gaps between them.” (Konsultasikan pada orthodontist jika gigimu tidak rata atau ada jarak di antaranya)

  • Root canal

Dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan akar gigi, yaitu sebuah ruang kecil di bagian akar gigi yang rentan terinfeksi.

“Treating the nerve of a tooth is referred to as root canal treatment.” (Merawat saraf gigi terkait dengan perawatan akar)

  • Wisdom teeth

Gigi geraham yang tumbuh ketika sudah berusia 17 hingga 21 tahun. Ada dua di bawah dan dua di atas. Banyak orang yang harus mengoperasi gigi molar ketiga ini karena tumbuh miring dan lebih aman untuk dicabut.

Bagaimana, familiarkah kamu dengan istilah-istilah dalam bidang perawatan gigi di atas? Atau masih ada istilah lain yang belum kamu pahami? Tentu sangat luas cakupan dari topik dental care karena ada banyak spesialisasi untuk penanganan gigi.

Bahkan topiknya tak hanya sekadar menambal atau mencabut gigi saja, tapi bisa berkaitan dengan kawat gigi untuk estetika, hingga bedah mulut untuk perawatan yang berkaitan dengan saraf di bagian mulut manusia.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa jaga kebersihan gigi kamu ya!

 

Kosakata Seputar Hubungan (Dating & Marriage)
Vocabulary: Nama-nama Bumbu Dapur dalam Bahasa Inggris
English Vocabulary: Part of Day (Bagian Hari)
English Vocabulary: Greetings (Salam)
Kosakata Peralatan Rumah Tangga dalam Bahasa Inggris
English Vocabulary: Head Parts (Bagian-Bagian Kepala)
Kosakata Terkait Cybercrime dalam Bahasa Inggris
English Vocabulary: Health (Kesehatan)
English Vocabulary: Shopping (Belanja)
Kosakata Bahasa Inggris Yang Berhubungan dengan Romantis