sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kosakata tentang Pendidikan dalam Bahasa Inggris

Sejak masih kecil hingga kini, hidup kamu tentu bersinggungan dengan pendidikan atau education. Bahkan anak kecil pun sudah bisa mengakses pendidikan dengan metode bermain yaitu pre-school hingga berlanjut ke tahap-tahap selanjutnya.

Jadi, tentu istilah tentang dunia pendidikan bukan lagi hal yang asing bagi kamu kan? Namun yang perlu digarisbawahi, dalam bahasa Inggris ada istilah yang berbeda-beda antara setiap jenjang pendidikan setiap tahunnya.

Bahkan uniknya, ada juga negara yang memiliki istilah berbeda untuk jenjang pendidikan mereka dibandingkan dengan apa yang digunakan secara umum di negara lain. Nah, jika kamu ingin tahu lebih jauh tentang hal ini, kamu berada di halaman yang tepat. Artikel kali ini akan mengulas kosa kata tentang pendidikan dalam bahasa Inggris.

Siapa tahu, kamu suatu saat akan menempuh studi di luar negeri dan akan bersinggungan dengan istilah-istilah di bawah ini selama menuntut ilmu. Let’s start! 

  • Algebra

Dalam bahasa Indonesia juga disebut dengan aljabar yaitu formula yang digunakan dalam matematika.

“I need another book to note the aljebra throughout this year.” (Aku perlu buku lagi untuk mencatat aljabar sepanjang tahun ini)

  • Assign homework

Pekerjaan rumah yang harus dituntaskan di rumah dan akan dibahas atau dinilai oleh guru pada waktu yang ditentukan.

“The teacher needs to relax in assigning the homework for us. We have five homeworks each day!” (Guru kita perlu lebih santai memberikan pekerjaan rumah. Kita sudah punya lima tugas setiap harinya!)

  • Certificate

Ijazah yang biasanya berlaku untuk tahapan sampai SMA. Istilah ini juga digunakan berupa sertifikat yang diperoleh seseorang usai mengikuti seminar atau pelatihan tertentu.

“I need to collect at least 30 certificates to qualify for that scholarship.” (Aku perlu mengumpulkan sedikitnya 30 sertifikat untuk bisa mendapatkan beasiswa itu)

  • College

Di luar negeri, college adalah pendidikan lanjutan di tingkat SMA.

“We need to pay concern about bullying in college.” (Kita perlu memberi perhatian lebih pada kasus perundungan di tingkat SMA)

  • Freshman

Murid yang berada di tahun pertama perkuliahan.

“Being a college freshman can be a little overwhelming – it’s a huge change in most people’s lives.” (Menjadi anak kuliah di tahun pertama terkadang membuat keawalahan. Itu adalah perubahan besar bagi hidup sebagian besar orang)

  • Gap year

Jenjang waktu selama satu tahun usai lulus dari SMA sebelum menempuh jenjang perkuliahan. Biasanya digunakan untuk mencari pengalaman atau mengikuti kursus sembari menemukan jurusan apa yang akan ditempuh.

“The gap year is common here, but not Indonesia.” (Gap year cukup umum di sini, namun tidak demikian di Indonesia)

  • Higher education (university education)

Pendidikan lebih tinggi yang sudah masuk ke tingkat perkuliahan atau universitas. Ada juga istilah lain untuk hal ini yaitu tertiary education karena sudah tidak masuk dalam program wajib sekolah pemerintah.

“It’s so difficult to find a scholarship for a higher education nowadays.” (Sangat sulit untuk menemukan beasiswa untuk pendidikan tinggi sekarang ini)

  • Kindergarten

Pendidikan pre-school biasanya untuk anak-anak berusia 4 hingga 6 tahun.

“The parents are surveying the pre-schools with an easy transportation access.” (Orang tuanya sedang mencari kandidat sekolah pre-school dengan akses transportasi mudah)

  • Lab work

Istilah untuk menyebut eksperimen yang dilakukan dalam sebuah laboratorium. Biasanya, murid akan mengenakan jas lab dan berada di ruangan khusus untuk mempraktekkan eksperimen secara langsung.

“Do you know the schedule of lab work next week? I need to rent it for one day.” (Apakah kamu tahu jadwal laboratorium pekan depan? Aku perlu menyewanya selama sehari)

  • Note-taking

Aktivitas mencatat apa yang disampaikan pembicara atau dosen.

“I could do the note-taking better if you stop bothering me.” (Aku bisa mencatat dengan lebih baik jika kamu berhenti menggangguku)

  • Post-graduate school

Sekolah untuk murid yang telah lulus dari jenjang sarjana dan akan melanjutkannya ke bangku master dan seterusnya.

“I don’t even think about post-graduate school if the thesis is so difficult like this.” (Aku bahkan tak terpikir tentang melanjutkan kuliah jika tesis saja sudah sesulit ini)

  • Primary school

Sekolah tingkat pertama, di Indonesia disebut dengan sekolah dasar. Durasinya adalah selama enam tahun.

“Have you decide which primary school for next year?” (Sudahkah kamu memutuskan sekolah dasar mana untuk tahun depan?)

  • Secondary school

Dalam bahasa Indonesia, disebut juga dengan sekolah lanjutan yang setara dengan tingkat SMP.

“During the secondary school, the students start to know more about each other, especially the opposite gender” (Ketika berada di sekolah lanjutan, murid-murid mulai tahu lebih banyak tentang satu sama lain, terutama lawan jenis)

  • Sophomore

Murid yang berada di tahun kedua SMA atau college. Berasal dari kata sophism yang berarti “argument yang buruk yang meskipun cerdas namun salah” mengacu pada bagaimana perilaku mereka yang berada di tahun kedua. “Once you become sophomore, thinking you now knew everything, you pitied the freshmen for their confusion over how to write college papers”

  • To attend a lecture

Berarti aktivitas datang dan mengikuti sebuah perkuliahan.

“We attend a lecture and listen to a speaker at the university. There is a large audience there.” (Kami menghadiri perkuliahan dan mendengarkan dosen di sebuah universitas, Pesertanya sangat banyak)

  • To enroll a degree course

Berarti mendaftarkan diri untuk menempuh jenjang sarjana.

“I need to put my name down to enroll a degree course starting next year.” (Aku perlu menuliskan namaku untuk mendaftar jenjang sarjana mulai tahun depan)

  • Vocational course

Sebuah pelatihan yang mengajarkan hal spesifik yang bisa digunakan di dunia kerja.

“I join the engineering for my vocational course this summer.” (Aku mengikuti kursus vokasi di bidang teknik pada musim panas ini)

Beberapa kata-kata di atas hanya beberapa dari banyak istilah yang biasa digunakan berkaitan dengan pendidikan atau education. Ada di fase manakah kamu sekarang? Manapun itu, semoga pendidikan kamu berjalan lancar dan artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu ya!

 

Kosakata tentang Bayi dalam Bahasa Inggris
Kalimat/Frasa untuk Menjelaskan “Safety, Rules, & Etiquettes” bagi Tour Guide
English Vocabulary: Birds (Burung)
English Vocabulary: Personal Care (Perawatan Pribadi)
Kosakata Tentang Natal (Christmas) dalam Bahasa Inggris
Kosakata Bidang Olahraga
English Vocabulary: Colors (Warna)
Kosakata Tentang Hobi
Kosakata Bahasa Inggris yang Berhubungan dengan Bandara dan Pesawat
English Vocabulary: Cooking Equipment (Peralatan Memasak)


 
Kosakata tentang Pendidikan dalam Bahasa Inggris
Vocabulary: Nama-nama Bumbu Dapur dalam Bahasa Inggris
Kosakata Bahasa Inggris Bidang Internet
Kosakata tentang Bandara dalam Bahasa Inggris
Vocabulary: Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris
Kosakata Bahasa Inggris tentang Events & Celebrations
Kosakata Bahasa Inggris tentang Places in the City
Kosakata Bahasa Inggris Seputar Beauty & Hair Salon
Daftar Kosakata Bahasa Inggris tentang Bank Services
Kosakata Rutinitas Sehari-hari dalam Bahasa Inggris (Daily Routines)