sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Melakukan Parafrase dalam Percakapan Bahasa Inggris

Paraphrasing an Idea

Pernahkan anda mendengar istilah paraphrasing atau parafrase? Parafrasa menurut KBBI adalah pengungkapan suatu tuturan dari sebuah tingkatan atau macam bahasa menjadi yang lain tanpa mengubah pengertian. Atau pengertian yang lain adalah penguraian kembali suatu teks (karangan) dalam bentuk (susunan kata-kata) yang lain, dengan maksud untuk dapat menjelaskan makna yang tersembunyi.

Lalu apa yang dimaksud dengan memparafrasakan sebuah ide? Maksudnya adalah menguraikan kembali suatu ide atau pendapat dari orang lain dengan menggunakan bahasa kita sendiri. Biasanya kita menggunakan parafrasa untuk menanggapi, menegaskan, atau sebaliknya menjelaskan suatu ide kepada orang lain.

Paraphrasing tidak sama dengan quotation atau plagiarize. Quotation biasanya menggunakan tanda quotation dan untuk menjelaskan bahwa orang lain yang membicarakan hal tersebut. Sedangkan plagiarize menggunakan ide atau kata-kata orang lain tanpa mencantumkan sumbernya. Hal yang perlu diperhatikan dalam paraphrasing menggunakan bahasa Inggris adalah :

  • Paraphrasing menandakan bahwa anda memahami ide atau gagasan dan menunjukkan bahwa anda mempunyai kemampuan kosa kata (vocabulary) dan struktur bahasa (grammatical structures) yang baik dan dapat membantu anda menghindari plagiatisme (plagiarizing).
  • Ketika melakukan parafrasa anda tidak perlu mengganti setiap kata dalam kalimat tersebut khususnya untuk suatu hal seperti ide atau gagasan yang terkait dengan sains.
  • Gunakan bahasa atau kata yang anda pahami dan anda juga dapat menggunakan sinonim. Perhatikan pilihan sinonim yang anda gunakan karena tidak semua sinonim dapat diaplikasikan dalam suatu kalimat.

Paraphrasing dalam kalimat atau paragraf

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa kita harus memperhatikan penggunaan sinonim yang tepat. Karena tidak semau sinonim cocok digunakan dalam konteks kalimat tertentu. Seperti halnya pada contoh berikut:

Benar

The amount of fuel consumed by a person a day is about 1 L

The amount of fuel used by a person a day is about 1 L

(Jumlah bahan bakar yang dikonsumsi oleh seseorang dalam sehari adalah 1 L)

Salah

A person should take care of their personal hygiene to avoid dangerous germ or bacteria.

A human should take care of their personal hygiene to avoid dangerous germ or bacteria.

(Orang harus menjaga kebersihan dirinya untuk menghindari kuman dan bakteri berbahaya)

Penggunaan kata human sebagai pengganti kata person agak kurang tepat karena pada kalimat di atas konteksnya bukan membandingkan orang dengan spesies lain seperti hewan dan sebagainya. Human digunakan dalam konteks manusia sebagai spesies. Jadi sebaiknya gunakan kata people.

Frasa Dalam Paraphrasing

Berikut ini merupakan bentuk frasa yang dapat kita digunakan dalam paraphrasing :

  • So ….
  • In other words ….
  • I understand. You are saying that….
  • I see. You want to say that….
  • I get it. You mean….
  • So, what you mean is….
  • Let me see if you I understand you correctly
  • What I think you’re saying is….
  • If I’m hearing you correctly….

Paraphrasing juga dapat digunakan dalam percakapan sehari-hari. Jika anda ingin menjadi seorang pendengar yang baik atau ingin mengobrol dengan orang lain dan menjadi percakapan anda menjadi lebih berarti anda dapat menggunakan paraphrasing. Lalu bagaimana hal ini akan membantu anda dalam percakapan sehari-hari? Mari kita lihat contoh dalam percakapan berikut:

Gwen: What’s wrong Jane, you look awful. (Ada apa denganmu Jane, kau terlihat tidak baik.)

Jane: Oh, It’s you Gwen. Nothing, just I have a problem. (Oh, kau Gwen. Tidak, hanya ada masalah.)

Gwen: Hei, tell me what happened? Maybe I can help you. (Hai, ceritakan apa yang terjadi? Mungkin aku bisa membantumu.)

Jane: Well, Ema owe me money. Maybe it’s not a big one but for me it’s quite a lot. She promised me to pay it a month ago. And until now she did not pay it back. I always try to asked her, but I worried that she might be offended. (Hm, Ema berhutang uang padaku. Mungkin itu tidak terlalu besar tapi bagiku cukup besar. Dia berjanji akan mengembalikannya sebulan lalu. Dan sampai sekarang belum dibayar. Aku selalu berusaha untuk bertanya padanya, tapi aku takut dia tersinggung.)

Gwen: Aren’t you guys best friends? (Bukankah kalian teman baik?)

Jane: Yes, we are. That’s why I worried that it might affect our relationship. (Ya, betul. Itulah sebabnya aku takut akan mempengaruhi hubungan kami.)

Gwen: Oh, I see. So you want Ema to pay your money back, but you’re afraid to ask for it that it might ruin your relationship with her. Is that right? (Oh, aku tau. Jadi kau ingin Ema melunasi hutangnya, tapi kau takut memintanya karena mungkin akan merusak hubunganmu dengannya. Benar begitu?)

Jane: Yes, exactly Gwen. (Ya, betul sekali Gwen.)

Gwen: Jane, you should be honest to her. Maybe she forgot it, or maybe she have another reason. It’s okay to bring this up first. Because you have a right to ask for it. Don’t worry aren’t you guys best friends like forever? She won’t get offended. (Jane, kau harus jujur padanya. Mungkin dia lupa, atau dia punya alasan lain. Tidak masalah kau menanyakannya duluan. Karena kau punya hak untuk itu. Jangan khawatir, bukankah kalian teman baik dari lama? Dia tidak akan tersinggung.)

Jane: So, you’re saying that I have to talk about this first and not waiting for her to realize? (Jadi, menurutmu aku harus membahas ini duluan dan tidak usah menunggu dia menyadarinya sendiri?)

Gwen: Yes Jane. Come on, everything will be allright. (Iya, Jane. Ayolah, semua akan baik-baik saja.)

 

Percakapan Memberi Nasihat atau Peringatan
Contoh Pertanyaan dan Jawaban Frasa “Would You Rather”
Contoh Percakapan Inggris dengan Future Tense
Contoh Percakapan Membeli Tiket Pesawat di Indomaret/Alfamart & Terjemahannya
Kalimat Percakapan Memberi dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan antara Pasien dan Dokter Gigi (Dentist & Patient Conversation)
Percakapan Membeli Mobil Bekas dalam Bahasa Inggris
Percakapan Telepon Bahasa Inggris: Menawarkan Kartu Kredit
Percakapan Inggris tentang Game di Handphone
Reading TOEFL: Parafrase


 
Percakapan Memberi Dukungan terhadap Pendapat dalam Bahasa Inggris
Melakukan Parafrase dalam Percakapan Bahasa Inggris
Percakapan Membuat Pilihan dalam Bahasa Inggris
Menyela/Menginterupsi dalam Percakapan Bahasa Inggris
Memberikan Komentar dalam Percakapan Bahasa Inggris
Perbedaan Preposition In vs On vs Under
Bahasa Formal English dan Informal English
Contoh Ucapan Selamat Natal dalam Bahasa Inggris
Kesalahan Belajar Bahasa Inggris yang Umum
Apa Itu Oxymoron?