sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Memahami Dangling Modifier dalam Bahasa Inggris

Dalam mempelajari Bahasa Inggris, ada kaidah dan aturan grammar yang perlu diikuti. Salah satunya adalah penggunaan modifier atau pemodifikasi makna dalam kalimat. Namun ada kalanya penggunaan modifier ini kurang tepat, seperti halnya dangling modifier.

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas apa yang dimaksud dengan dangling modifier. Akan dibahas juga mengenai cara memperbaikinya beserta contoh-contohnya.

Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini, ya!

Pengertian Dangling Modifier

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai dangling modifier, kita akan mengulas kembali sekilas tentang modifier. Modifier adalah kata atau frasa yang memodifikasi makna suatu kata sehingga maknanya dapat berubah. Modifier juga dapat berfungsi untuk menambahkan informasi sehingga maknanya menjadi lebih spesifik.

Penggunaan modifier yang tepat adalah dengan menjelaskan kata yang ada di dekatnya. Dengan kata lain, modifier seharusnya menjelaskan suatu kata atau bagian yang berhubungan dengan apa yang dijelaskan. Namun pada dongling modifier, fungsi modifier ini tidak berjalan dengan semestinya.

Makna dangling modifier secara harfiah adalah modifer yang menggantung. Dangling modifier dapat dimaknai sebagai frasa yang memodifikasi kata yang tidak tertera dengan jelas dalam sebuah kalimat. Ketidakjelasan ini bisa pada maknanya, atau pada bagian tertentu yang tidak dijelaskan.

Misalnya tidak dijelaskan siapa subjek dalam frasa atau klausa tersebut, sehingga membuat makna kalimat menjadi tidak jelas. Atau tidak diketahui siapa yang melakukan suatu tindakan dalam kalimat tersebut, jadi membuat maknanya menjadi samar-samar.

Dangling modifier dapat dilihat pada contoh kalimat berikut:

Having arrived late for practice, a written excuse was needed.
(Datang terlambat untuk latihan, alasan tertulis dibutuhkan)

Pada kalimat di atas, having arrived late for practice merupakan dangling modifier. Dalam klausa tersebut, tidak jelas siapa yang datang terlambat. Begitu juga pada klausa selanjutnya, a written excuse was needed, tidak jelas kepada siapa alasan tertulis itu dibutuhkan.

Contoh dangling modifier yang lain dapat dilihat pada kalimat berikut:

To improve his results, the experiment was done again. (Untuk meningkatkan hasilnya, percobaan dilakukan lagi)

Dangling modifier pada kalimat diatas dapat dilihat pada klausa pertama, yaitu to improve his results. Pada klausa tersebut tidak jelas siapa yang ingin meningkatkan hasilnya. Begitu juga pada klausa selanjutnya, yaitu the experiment was done again. Di klausa ini juga tidak jelas siapa yang melakukan eksperimen lagi.

Cara Memperbaiki Dangling Modifier

Karena dangling modifier adalah penggunaan modifer yang tidak tepat, maka kita perlu untuk memperbaikinya. Pertama, karena kita perlu menuliskan kalimat dengan jelas agar maknanya juga ditangkap jelas oleh pembaca.

Kedua, kita perlu menulis kalimat Bahasa Inggris yang sesuai dengan kaidah grammar yang tepat. Membiarkan dangling modifier dalam sebuah kalimat akan merusak susunan kaidah grammar yang seharusnya ada.

Berikut beberapa cara memperbaiki dangling modifier:

  • Menambahkan subjek

Cara pertama untuk memperbaiki dangling modifier adalah dengan menambahkan subjek pada klausa utama. Klausa utama terletak pada klausa yang tidak terdapat dangling modifier di dalamnya.

Misalnya dari contoh yang sudah disebutkan di atas:

Having arrived late for practice, a written excuse was needed.

Kita dapat memperbaikinya menjadi kalimat seperti ini:

Having arrived late for practice, the team captain needed a written excuse. (Datang terlambat untuk latihan, kapten tim butuh alasan tertulis)

Pada kalimat yang sudah diperbaiki, kita menambahkan subjek the captain team untuk memperjelas maknanya. Ini berarti bagi siapapun yang datang terlambat maka harus memberikan alasan tertulis pada kapten tim. Bentuk kalimat ini tentu menjadi lebih jelas dibanding yang sebelumnya.

  • Mengganti subjek

Cara kedua untuk memperbaiki dangling modifier adalah dengan mengganti subjek pada klausa yang terdapat dangling modifier tersebut. Misalnya dari contoh yang sudah disebutkan di atas:

Having arrived late for practice, a written excuse was needed.

Kita dapat memperbaikinya menjadi kalimat seperti ini:

Because Johny arrived late for practice, a written excuse was needed (Karena Johny datang terlambat untuk latihan, alasan tertulis dibutuhkan)

Pada kalimat yang sudah diperbaiki, kita mengganti subjek dengan menyebutkan siapa yang melakukan perbuatan pada klausa tersebut. Dalam kalimat ini berarti Johny datang terlambat sehingga harus menyerahkan alasan tertulis. Jadi kita mengganti fokus subjek pada siapa yang terlambat, bukan pada siapa alasan tertulis itu diberikan.

  • Mengkombinasikan frasa dengan klausa utama

Cara terakhir untuk memperbaiki dangling modifier adalah dengan mengkombinasikan antara frasa yang terdapat dangling modifier dengan klausa utama. Misalnya dari contoh yang sudah disebutkan di atas:

To improve his results, the experiment was done again.

Kita dapat memperbaikinya menjadi kalimat sebagai berikut:

Mark improved his results by doing the experiment again. (Dia meningkatkan hasilnya dengan melakukan percobaan lagi)

Dalam kalimat yang sudah dikombinasikan tersebut, terlihat jelas siapa yang melakukan tindakan tersebut. Maknanya pun jadi jelas, bahwa Mark-lah yang ingin meningkatkan hasilnya dan dia melakukannya dengan percobaan kembali.

Contoh Dangling Modifier dan Perbaikannya

Berikut beberapa contoh dangling modifier dan perbaikannya yang dapat dilihat:

  • Dangling modifier: Without knowing his name, it was difficult to introduce him. (Tanpa tahu namanya, sulit untuk memperkenalkannya)

Perbaikan: Because Karina did not know his name, it was difficult to introduce him. (Karena Karina tidak tahu nama dia, sulit untuk memperkenalkannya)

  • Dangling modifier: Relieved of your responsibilities at your job, your home should be a place to relax. (Bebas dari kewajiban pekerjaan, rumahmu harus menjadi tempat bersantai)

Perbaikan: Relieved of your responsibilities at your job, you should be able to relax at home. (Bebas dari kewajiban pekerjaan, kamu seharusnya dapat santai di rumah)

  • Dangling modifier: The experiment was a failure, not having studied the lab manual carefully. (Percobaan itu gagal, tidak mempelajari panduan lab dengan hati-hati)

Perbaikan: They failed the experiment, not having studied the lab manual carefully. (Mereka menggagalkan percobaan itu, tidak mempelajari panduan lab dengan hati-hati)

Demikianlah pembahasan mengenai dangling modifier beserta contoh dan perbaikannya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Grammar: Apa itu Object?
Grammar-Adverb: Apa itu Comparative Adverb?
Figure of Speech: Apa itu Metaphor?
Verb -ing: Perbedaan Gerund vs Present Participle
Contoh Kata Kerja Imperatif
Perbedaan Kalimat Verbal dan Non Verbal
Past Tense: Simple Past vs Past Continuous
Perfect Tense: Past Perfect vs Present Perfect vs Future Perfect
Contoh Kalimat Past Future Continous Tense
Clauses: Apa itu Adjective Clause?