sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Memahami Perbedaan Thank, Thank You, dan Thanks

Kata thank, thank you, dan thanks tentu sudah sering kita jumpai dalam berbagai konteks Bahasa Inggris. Ketiga kata ini memiliki arti yang sama dalam Bahasa Indonesia, yaitu terima kasih. Tapi apa yang kemudian membedakan ketiga kata ini?

Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai perbedaan kata thank, thank you, dan thanks. Berikut dengan cara penggunaannya yang tepat dalam Bahasa Inggris. Langsung saja simak pembahasannya dibawah ini, ya!

Thank

Yang pertama akan kita bahas adalah kata thank. Thank merupakan verb atau kata kerja yang bisa diartikan dalam Bahasa Indonesia dengan menyatakan terima kasih. Bisa juga diartikan dengan kata kerja berterima kasih atau menyampaikan rasa terima kasih.

Arti thank dalam Bahasa Inggris sendiri adalah express gratitude to someone, especially by saying thank you. Pengertian tersebut berarti menunjukkan rasa terima kasih kepada seseorang, terutama dengan mengucapkan terima kasih.

Dari pengertian ini bisa kita pahami bahwa thank lebih kepada menunjukkan, menyatakan, atau menyampaikan terima kasih. Bukan ucapan terima kasihnya itu sendiri. Namun tentu saja dapat ditunjukkan salah satunya dengan ucapan terima kasih.

Untuk lebih memahami kata thank, berikut beberapa contoh penggunaannya:

  • A: My student thanked me for teaching her well and she said that her grade is improving. That’s made me proud. (Muridku berterima kasih padaku karena telah mengajarinya dengan baik dan dia bilang nilainya meningkat. Itu membuatku merasa bangga)

B: You’re right. Hearing that made me proud too. (Kamu benar. Mendengar itu membuat aku merasa bangga juga)

  • A: You will not believe this. He thanked me a while ago for lending me lesson notes. (Kamu nggak akan percaya ini. Dia berterima kasih padaku tadi karena udah aku pinjamkan catatan pelajaran)

B: Really? That cold hearted guy? What did he say? (Beneran? Orang yang dingin itu? Apa yang dia bilang?)

A: He didn’t say much, you know how he is. But I know that he is sincere. (Dia nggak bilang banyak sih, kamu tahu gimana dia kan. Tapi aku tahu kalau dia tulus)

Thank You

Jika thank adalah menyatakan terima kasih, maka thank you adalah pernyataan atau ucapan terima kasihnya itu sendiri. Dalam hal ini, thank you berfungsi sebagai exclamation atau kata seruan. Ucapan ini yang kita sampaikan kepada orang lain ketika ingin menunjukkan rasa terima kasih.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

  • A: Do you want a cup of coffee? I’m buying! (Kamu mau minum segelas kopi? Aku traktir!)

B: Wow, that’s great. Thank you! (Wow, mantap. Terima kasih!)

  • A: Thank you for giving me another chance, dear. I promise that I won’t make you disappointed again. (Terima kasih sudah memberikan aku kesempatan lagi, sayang. Aku janji nggak akan buat kamu kecewa lagi)

B: You better keep your word. (Kamu harus penuhi janji kamu)

Selain sebagai excalamation, thank you juga berfungsi sebagai noun atau kata benda. Dalam fungsi ini, thank you digunakan sebagai sarana untuk mengungkapkan rasa terima kasih. Jadi bukan hanya ucapan, namun juga menunjukkan bentuk dari rasa terima kasih kita.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

  • A: This party is surely big, right? He’s giving all out this time. (Pesta ini benar-benar besar, ya? Dia totalitas habis kali ini)

B: Of course, he is. He made this party as a thank you to his girlfriend for taking him back. (Tentu aja lah. Dia buat pesta ini sebagai ungkapan terima kasih untuk pacarnya karena mau menerima dia lagi)

  • A: This is my thank you gift for you. It’s not much, but I hope you like it. (Ini hadiah ungkapan terima kasihku buat kamu. Nggak banyak sih, tapi aku harap kamu suka)

B: You don’t need to do this, really. I did it because I want to. (Kamu nggak perlu begini, beneran. Aku melakukannya karena aku yang mau)

Thanks

Kata thanks pada dasarnya memiliki makna dan fungsi yang serupa dengan kata thank you. Namun dalam fungsinya sebagai exclamation atau ucapan terima kasih, thanks bersifat lebih informal. Kata thanks bisa digunakan saat kita berbicara dengan orang yang sudah dikenal baik atau dalam situasi yang tidak begitu formal.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

  • A: I saved a seat for you. I know you’ll be late again today. (Aku sudah tempatin bangku buat kamu. Aku tahu kamu akan telat lagi hari ini)

B: Thanks! You’re indeed my best friend! (Terima kasih! Kamu emang teman terbaikku!)

  • A: Thanks for always being by my side, dear. (Terima kasih selalu berada disisiku, sayang)

B: That’s what a partner for, right? (Itulah gunanya pasangan, kan?)

Sama seperti thank you, kata thanks juga berfungsi sebagai noun atau kata benda. Kata thanks dapat kita gunakan sebagai bentuk ungkapan terima kasih kepada seseorang atau sesuatu.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

  • A: I don’t know how to express my thanks for what you’re doing. It’s really meaningful for me. (Aku nggak tahu gimana menyampaikan rasa terima kasihku atas apa yang kamu lakukan. Itu sangat berarti buat aku)

B: Just the word is okay. I know that you mean well. (Ucapan aja udah cukup. Aku tahu maksud kamu baik)

  • A: Do you know that the event was held to give thanks to the public? (Kamu tahu nggak kalau acara itu diadakan untuk menyampaikan terima kasih kepada masyarakat?)

B: Really? That’s great! (Benarkah? Itu bagus!)

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan kata thank, thank you, dan thanks dalam Bahasa Inggris. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Perbedaan Hear vs Listen
Perbedaan Guilt, Guilty, Shame, Blame, Fault, dan Remose
Perbedaan Passive Voice dan Active Voice
Perbedaan Ain’t, Gotta, Gonna, Kinda, Wanna
Perbedaan “Insane” dan “Crazy”
Perbedaan That vs Which vs Who vs Whom
Perbedaan Many dan Much dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Fun vs Funny
Perbedaan –Er dan –Est (Comparative)
Perbedaan Maybe, Perhaps, Possibly, dan Probably