sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Memberi Peringatan Dalam Bahasa Inggris

Saat melihat seorang teman atau orang lain yang sepertinya tidak waspada dengan keadaan sekitarnya, sedangkan kita menyadari orang tersebut berada dalam kondisi yang berpotensi menyakitinya, secara refleks kita akan memberikan peringatan. Itulah bentuk respon alami kita menyikapi keadaan dimana kita menyadari adanya bahaya atau apapun yang menurut kita bukan kondisi yang menyenangkan.

Saat memberi peringatan biasanya hanya berupa satu hingga beberapa kata yang singkat karena memberi peringatan sering dilakukan dalam situasi yang spontan. Dalam bahasa Inggris, ada banyak contoh kata-kata yang digunakan untuk memberi peringatan.

Untuk itu, kali ini kami akan menunjukkan kata atau kalimat apa saja yang dapat digunakan saat Anda bermaksud memberi peringatan pada seseorang untuk waspada dengan situasi apapun itu.

  1. Take care

Take care digunakan untuk meminta seseorang berhati-hati, lebih waspada dan menjaga dirinya sendiri tetap aman.

Contoh kalimat:

Take care driving in wet weather like this. The road might be slippery. (Hati-hati mengemudi di cuaca hujan seperti ini. Jalanan mungkin saja licin)

  1. Look out!

Kata ini biasanya diucapkan dengan menaikkan nada suara yang menandakan Anda sedang berusaha memperingati seseorang.

Contoh kalimat:

Look out! There’s snake in your room. (Lihat! Ada ular dalam kamarmu)

  1. Watch out!

Watch out! Biasanya diucapkan dengan menaikkan nada suara tapi bukan dengan berteriak. Hal ini untuk mengindikasikan bahwa Anda sedang memperingatkan seseorang.

Contoh kalimat:

Watch out! There’s a door behind you. (Awas! Ada pintu dibelakangmu)

  1. Easy does it!

Easy does it! digunakan untuk memberitahukan seseorang agar mengerjakan sesuatu perlahan-lahan dan penuh kehati-hatian.

Contoh kalimat:

Move this table please. Easy does it! (Tolong pindahkan meja ini. Perlahan-lahan!)

  1. Steady

Steady digunakan untuk memperingatkan seseorang agar tetap tenang.

Contoh kalimat:

Steady! Don’t be in a hurry. I’ll help you. (Tenanglah! Jangan terbur-buru. Saya akan membantumu)

  1. Better safe than sorry

Better safe than sorry adalah pepatah atau kalimat bijak yang berarti hal terbaik yang harus dilakukan adalah tidak mengambil resiko walaupun tampaknya akan membosankan atau menyulitkan diri sendiri.

Contoh kalimat:

You should bring an umbrella and a flip-flops. Better safe than sorry. (Kamu harus membawa  payung dan sandal jepit. Lebih baik bersiap-siap)

  1. You can’t be too careful

Menurut Macmillan Dictionary, “you can’t be too careful” merupakan frasa yang digunakan untuk mengatakan bahwa penting adanya untuk tidak mengambil resiko.

Contoh kalimat:

You can’t be too careful when it comes to your own health. (Kamu tidak bisa mengambil resiko saat berhubungan dengan kesehatanmu sendiri)

  1. Be careful

Be careful tentu sudah sangat sering didengar. Menurut Cambridge Dictionary, kata careful termasuk dalam adjective (kata sifat) yang berarti perhatikan apa yang Anda lakukan sehingga Anda tidak mengalami kecelakaan, membuat kesalahan, atau merusak sesuatu. Intinya adalah berhati-hati.

Contoh kalimat:

Be careful where you put that knife. The kids might get it and play with it. (Perhatikan di mana kamu meletakkan pisau itu. Anak-anak mungkin mendapatkannya dan memainkannya)

  1. Beware

Menurut Cambridge Dictionary, beware berarti hati-hati akan sesuatu atau seseorang. Kata ini merupakan kata kerja (verb) yang memang digunakan untuk memperingatkan seseorang untuk berhati-hati. Biasa juga dituliskan di papan peringatan.

Contoh kalimat:

He tells me that he’s going to go to the remote jungle. I said beware of wild animals there. (Dia mengatakan padaku bahwa dia akan pergi ke hutan terpencil. Aku berpesan padanya untuk hati-hati dengan binatang buas di sana)

  1. Mind your head

Mind your head biasa diucapkan saat memberi peringatan kepada seseorang untuk memperhatikan kepalanya agar tidak tertumbuk sesuatu seperti atap yang rendah atau bagian pintu yang rendah.

Contoh kalimat:

Mind your head. The ceiling is too low. It might be hit your head. (Perhatikan bagian kepalamu. Atapnya terlalu rendah. Mungkin saja terkena kepalamu)

  1. Keep (mind) out of the way!

Kalimat ini bisa berupa “keep out of the way!” atau “mind out of the way!”. Kalimat peringatan ini biasanya diteriakkan saat kita berada dalam kondisi akan bertabrakan dengan seseorang yang posisinya berada terlalu dekat dengan kita.

Frasa ini juga bisa berarti Anda menghindari seseorang atau tidak ingin terlibat dengan seseorang atau sekelompok orang.

Contoh kalimat:

She warned me to keep out of the way of them as much as I could. (Dia memperingatiku untuk menjauh sebisa mungkin dari mereka)

  1. If I were you

Gunakan kalimat ini jika Anda ingin memberikan peringatan kepada seseorang dalam bentuk sebuah nasehat. Artinya tentu saja berarti “jika saya berada di posisi kamu” atau “jika saya menjadi kamu”.

Contoh kalimat:

If I were you, I would take care myself. (Jika saya adalah kamu, saya akan mengurus diriku sendiri)

  1. Look before you leap

Menurut Oxford Languages, look before you leap merupakan salah satu pepatah yang berarti seseorang seharusnya berpikir matang terlebih dahulu mengenai konsekuensi atau bahaya yang mungkin mengintai sebelum bertindak.

Contoh kalimat:

It will be hard to take a decision on this matter. Look before you leap. (Akan sangat sulit mengambil keputusan dalam hal ini. Pikirlah masak-masak sebelum bertindak)

  1. Red sky in the morning, shepherd’s warning

Maksud dari kalimat “red sky in the morning, shepherd’s warning” menunjukkan bahwa langit yang berwarna merah telah muncul karena sistem cuaca bertekanan tinggi telah bergerak ke timur yang berarti cuaca yang bersahabat telah berlalu dan berganti dengan cuaca yang berpotensi akan menurunkan hujan dan angin yang bertekanan rendah. Sederhananya kalimat ini menunjukkan bahwa hati-hati dengan cuaca buruk.

  1. Mind how you go

Mind how you go merupakan idiom yang biasanya lebih sering digunakan di United Kingdom. Artinya adalah be careful atau hati-hati. Idiom ini juga sering digunakan untuk mengucapkan selamat tinggal pada seseorang.

Contoh kalimat:

    • Mind how you go with that scissors. It can cut your fingers. (Hati-hati dengan gunting itu. Itu bisa memotong jari-jarimu)
    • Mind how you go when driving to home. The traffic is so crowded and messy. (Hati-hati saat mengemudi ke rumah. Lalu lintas sangat padat dan tidak beraturan) 

 

Cara Memberi Instruksi / Menyuruh dalam Bahasa Inggris
Frasa/Kalimat Meminta, Memberi, dan Menolak Opini (Ask, Give, Refuse Opinion)
Kalimat Percakapan untuk Meminta, Memberi, Menolak Sesuatu (Asking, Giving, Refusing)
Phrases for Expressing Opinion (Memberi Opini / Pendapat)
Cara Memberikan dan Menanyakan Pendapat dalam Bahasa Inggris
Frasa untuk Memberikan Pendapat (Useful Phrases for Giving Opinion)
Memberi Aba-aba Dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Kalimat Percakapan Memberi dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Memberi Contoh Cara/Tindakan yang Benar