sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Memberikan Komentar dalam Percakapan Bahasa Inggris

Commenting in Ongoing Conversation

Ketika terlibat dalam suatu percakapan seringkali kita merasa ingin berkomentar atas pernyataan lawan bicara kita. Atau ketika sedang berbicara dalam suatu forum diskusi tak jarang orang lain akan berkomentar atau berpendapat atas hal yang kita bicarakan atau kita sampaikan. Memberikan komentar atau berpendapat ketika suatu percakapan sedang berlangsung sebenarnya bukan hal yang salah. Namun yang harus kita perhatikan adalah, jangan sampai orang lain tersinggung.

Jika kita hendak memberikan komentar atau pendapat dalam sebuah percakapan yang tengah berlangsung, agar terdengar sopan benarkanlah atau klarifikasi pernyataan lawan bicara anda sebelumnya untuk kemudian menyatakan pendapat anda sendiri. Dengan melakukan hal tersebut orang lain akan senang karena anda mendengarkan dan mengakui pendapatnya juga.

Frasa yang Dapat Digunakan

Ada beberapa frasa dalam bahasa Inggris yang dapat kita gunakan ketika ingin memberikan pendapat pada percakapan yang tengah berlangsung. Contohnya seperti :

  • That’s amazing. I think that….
  • It’s interesting. I think that….
  • Interesting point. I would add….
  • That’s interesting.
  • I hadn’t thought of that before.

Beberapa pertanyaan juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menyampaikan pendapat baru pada suatu percakapan. Contohnya seperti frasa di bawah ini:

  • What do you think about….
  • Have you considered….
  • Have you think about….
  • What about….

Atau pendekatan langsung juga dapat digunakan seperti contoh di bawah ini:

  • Can I add something here?
  • (Do you) mind if I interject something here?

Penerapan Commenting dalam Percakapan

Untuk memudahkan pemahaman tentang commenting in on going conversation mari kita lihat beberapa contoh di bawah ini :

Contoh I

Lia: What do you think about the climate change right now, Em? Isn’t that scary, I mean we all have been affected by this. (Apa pendapatmu tentang perubahan iklim saat ini, Em? Bukankah mengerikan, maksudku kita semua sudah terkena dampaknya.)

Ema: Yes, I agreed. You know, it should have been rainy season this month but until now the heat just going up. The dry season has no sign of going to end and it is getting worse. (Ya, aku setuju. Kau tahu, harusnya bulan ini sudah musim hujan tapi sampai sekarang panasnya justru meningkat. Musim kemarau tidak ada tanda-tanda akan berakhir dan malah memburuk.)

Ami: That’s interesting. I also think that we have to stop to cut down on trees and do all activities that could damage the nature. Don’t you think so? (Itu menarik sekali. Aku juga berfikir bahwa kita harus berhenti menebang pohon dan melakukan aktivitas yang dapat merusak alam. Bukankah begitu?)

Lia: That’s it, we have to stop it. We can start with ourselves, how about starting a project? (Itu dia, kita harus menghentikan ini. Kita dapat mulai dari diri kita sendiri, bagaimana jika kita memulai sebuah proyek?)

Ami: What’s project Lia? (Proyek apa Lia?)

Lia: We don’t have to start with a big one, but how about planting some trees around here. (Kita tidak perlu memulai dengan suatu yang besar, bagaimana jika kita mulai menanam pohon disekitar sini.)

Ema: That’s amazing, how about gardening too?  (Menarik sekali, bagaimana jika berkebun juga?)

Ami: That’s sounds great. We can start it from the field there. It had been stretched for a long time and spacious enough to plant some trees and gardening. (Itu terdengar bagus. Kita dapat memulai dari lahan disebelah sana. Lahan itu sudah terbengkelai lama sekali dan cukup luas untuk ditanami pohon dan berkebun.)

Lia: Well, okay. Let’s start it. (Baiklah, oke. Mari segera kita mulai.)

Contoh II

Lia: The book is awesome. I love every detail on it. What do you think? (Bukunya sangat bagus sekali. Aku suka semua detail di dalamnya. Bagaimana menurut kalian?)

Ami: Well, it’s not the type of book I like. But the story line makes me interested on it. (Hmm, itu bukan jenis buku yang aku suka. Tapi jalan ceritanya membuatku tertarik.)

Lia: What, really? So what kind of book do you like? (Apa, benarkah? Jadi jenis buku apa yang kau sukai?)

Ami: Well I like mistery or story about detective and so forth. Since it make me curious. (Ya aku suka misteri atau cerita tentang detektif dan semacamnya. Karena itu membuatku penasaran.)

Linda: What do you think about the Green Book? That book is great. (Apa pendapat kalian tentang Buku Green? Buku itu sangat bagus.)

Ami: Yeah, I’ve read the book, and the author is great at combining everything. You should read it Lia. (Ya, aku sudah membacanya, dan penulisnya pintar menyatukan semuanya. Kau harus membacanya Lia.)

Linda: Yes, it’s kinda combination of mistery and fiction. It’s your thing. (Ya, buku itu kombinasi misteri dan fiksi. Itu kesukaanmu.)

Lia: Never read that, maybe I have to put it on my list for this weekend. Is the plot heavy enough? (Belum pernah membacanya, mungkin aku harus memasukannya dalam daftar untuk akhir pecan ini. Apakah alurnya cukup berat?)

Ami: I don’t think so, it’s quite easy to read and refreshing at some point.  (Kurasa tidak, bukunya mudah dibaca dan menyegarkan pada poin tertentu.)

Linda: Yes, this is a book that must be read. (Ya, buku ini wajib dibaca.)

 

Percakapan Menanyakan Cuaca dalam Bahasa Inggris
Percakapan di Restoran: Memesan Makanan di Restoran dalam Bahasa Inggris
Cashier Conversation: Percakapan Umum yang Dilakukan oleh Kasir dalam Bahasa Inggris
Menanyakan Harga dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan dan Jawaban yang Sering Dilontarkan Guru Kepada Murid
Percakapan tentang Kemungkinan (Possibilty or Impossiblity)
Kalimat atau Frasa yang Sering Digunakan di Rumah Sakit/Klinik Dokter
Percakapan Inggris: Saat Wawancara Kerja (In The Job Interview)
Kalimat Percakapan Memberi dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Memesan Taksi Melalui Telepon (Taxi Booking via Phone)


 
Memberikan Komentar dalam Percakapan Bahasa Inggris
Perbedaan Preposition In vs On vs Under
Bahasa Formal English dan Informal English
Contoh Ucapan Selamat Natal dalam Bahasa Inggris
Kesalahan Belajar Bahasa Inggris yang Umum
Apa Itu Oxymoron?
Imperatives: Cara Memberi Perintah dalam Bahasa Inggris
Cara Memberi Nasihat dalam Bahasa Inggris (Giving Advice)
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan Naik Angkutan Umum Bus Kota
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan ketika Menanyakan Arah