sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Menanyakan Berapa Besaran Gaji (How To Ask Salary Offer Politely)

Jika anda menerima wawancara kerja atau bahkan tawaran kerja tentu anda akan merasa bersemangat tetapi bersamaan dengan perasaan itu, perasaan gugup juga pasti dirasakan. Entah anda menyiapkan diri untuk wawancara yang pertama maupun saat anda sudah menerima tawaran kerja, perasaan gugup pasti tetap ada terutama saat pembahasan mengenai gaji.

Mengungkit masalah gaji bukanlah hal yang mudah, terutama dalam bahasa Inggris. Bahkan di beberapa negara, pembicaraan mengenai gaji merupakan pembicaraan yang sensitif sehingga jika tidak dilakukan secara benar dapat menyebabkan kesalahpahaman. Saat menanyakan perihal gaji, penting bagi anda untuk tetap bersikap percaya diri dan sopan.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu anda lakukan dan perhatikan sebelum dan saat anda menanyakan perihal gaji. Oleh karena itu, berikut beberapa saran dan cara untuk menanyakan tawaran gaji secara sopan dalam bahasa Inggris.

1. Lakukan riset gaji

Hal pertama yang perlu anda cari dan persiapkan adalah riset mengenai gaji rata-rata yang diterima oleh orang dengan posisi kerja yang sama. Dengan mengetahui gaji rata-rata di pasaran, akan membantu anda untuk menentukan batas gaji yang anda minta atau bahkan bisa anda gunakan untuk mendukung permintaan anda. Informasi ini bisa anda dapatkan di berbagai situs online. Berikut beberapa pertanyaan yang bisa anda gunakan sebagai panduan saat anda memulai riset mengenai gaji.

  • Berapa gaji rata-rata nasional untuk posisi yang akan anda tempati?
  • Berapa gaji rata-rata di lokasi tempat kerja anda dan kota sekitarnya?
  • Berapa gaji yang di bayarkan oleh perusahaan yang serupa/perusahaan saingan di daerah anda kepada karyawan dengan posisi yang sama?
  • Apa keunikan diri anda yang dapat menambah nilai lebih untuk mendapatkan posisi yang anda inginkan?

2. Tentukan kisaran gaji yang anda inginkan

Setelah anda melakukan riset gaji, anda bisa mengetahui kisaran gaji yang bisa anda dapatkan. Tetapi jika anda merasa bahwa anda pantas mendapatkan lebih dari apa yang anda temukan karena kualifikasi diri anda yang melebihi kualifikasi orang-orang pada posisi tersebut, maka anda bisa mengajukan nilai gaji yang lebih tinggi. Berikut beberapa faktor yang bisa mendukung anda saat mengajukan kisaran gaji yang lebih tinggi dari rata-rata di pasaran.

  • Lokasi kerja
  • Lamanya pengalaman kerja pada posisi terkait
  • Lamanya pengalaman dalam memimpin
  • Tingkat pendidikan
  • Tingkat karier sebelumnya
  • Lisensi dan sertifikasi
  • Penghargaan atau pencapaian yang didapatkan sebelumnya
  • Kemampuan diri lainnya

Jika anda tidak memiliki kualifikasi yang melebihi kualifikasi rata-rata orang lain, anda juga perlu menaikkan kisaran gaji yang anda ajukan sebagai ruang untuk negosiasi.

3. Persiapkan jawaban mengenai nilai plus anda

Jika anda memilih untuk mengajukan kisaran gaji yang anda harapkan melebihi rata-rata di pasaran, maka anda perlu mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan yang umumnya akan timbul yaitu “mengapa anda pantas mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada yang ditawarkan atau melebihi gaji yang sekarang anda dapatkan?”. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pastikan bahwa anda mengumpulkan jawaban yang menunjukkan nilai plus yang anda miliki. Sampaikan hal tersebut secara spesifik, contohnya sebagai berikut.

  • I think I’m a particularly good match for this position, where I would add significant value to this company from day one. I have a strong [skill] background and have built and managed teams of people from this type of industry.

(Saya rasa saya sangat cocok untuk posisi ini, di mana saya akan menambahkan nilai yang signifikan bagi perusahaan ini sejak hari pertama. Saya memiliki latar belakang [keterampilan] yang kuat dan telah membangun serta mengelola tim dari industri ini.)

  • I am exceptionally good with clients, and have taught short courses on building rapport with and managing clients.

(Saya sangat baik dengan klien, dan telah mengajar kursus singkat tentang membangun hubungan dengan klien dan cara mengelola klien.)

  • I have a [degree or specialization] and have successfully managed many portfolios of business in the [industry name] over the past [X years].

(Saya memiliki [gelar atau spesialisasi] dan telah berhasil mengelola banyak portofolio bisnis di [nama industri] selama [X tahun] terakhir.)

  • I’ve been working with my previous employer for over [X years], and have experience with many of their partnership managers and leadership team.

(Saya telah bekerja dengan perusahaan saya sebelumnya selama lebih dari [X tahun], dan memiliki pengalaman dengan banyak manajer kemitraan dan tim kepemimpinan mereka.)

  • For starting salary, I am looking for something closer to [insert specific number]. The reason why is [specific reason].

(Untuk gaji awal, saya mencari sesuatu yang lebih dekat dengan [nilai gaji spesifik]. Alasannya adalah [alasan spesifik].)

4. Latihlah cara anda berbicara sebelum wawancara

Rasa gugup seringkali membuat seseorang lupa akan apa yang ia ingin bicarakan sebelumnya. Oleh karena itu, untuk menghindari kemungkinan anda lupa saat wawancara berlangsung, latihlah cara berbicara dan cara anda menjawab pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan kepada anda sebelum anda menghadiri wawancara tersebut. Anda bisa berlatih dengan teman, saudara atau secara monolog. Selain tatanan bahasa yang sopan, anda juga perlu memperhatikan intonasi, ekspresi dan sikap tubuh saat berbicara dalam wawancara kerja.

5. Sampaikan pertanyaan anda dengan percaya diri dan secara natural

Menanyakan gaji secara langsung bisa memberikan nilai positif maupun nilai negatif pada diri anda. Hal tersebut tergantung dengan bagaimana anda menyampaikan maksud anda. Jika anda menggunakan kata yang sopan dan dalam situasi yang tepat maka anda bisa menambah nilai diri anda di mata pewawancara bahwa anda merupakan orang yang percaya diri dan memiliki keterampilan dalam berkomunikasi. Saat anda menyampaikan pertanyaan mengenai gaji, usahakan untuk tetap percaya diri, ramah, sopan dan lakukan secara natural. Berikut beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk menanyakan gaji dalam bahasa Inggris.

  • To the point (Beresiko)
  • In my job search I’m focusing on roles in the X range, which is the going rate for people with my skillset and experience. Is this position in that range?

(Dalam pencarian kerja, saya berfokus pada peran dalam kisaran X, yang merupakan tarif yang berlaku untuk orang-orang dengan keahlian dan pengalaman seperti yang saya miliki. Apakah posisi ini dalam kisaran itu?)

Pastikan nilai yang anda sebutkan tidak berlebihan dan sesuai dengan kisaran gaji orang dengan pengalaman dan kemampuan yang sama dengan anda.

Pertanyaan yang umum dan aman untuk digunakan:

  • How much can I expect to earn per year/month in this role?

(Berapa penghasilan yang dapat saya peroleh per tahun/bulan pada posisi ini?)

  • How does the compensation for this position compares with the current market rate for similar roles?

(Bagaimana kompensasi untuk posisi ini dibandingkan dengan harga pasar saat ini untuk peran yang serupa?)

  • From my initial research, it looks like the salary for this type of role ranges from X to Y. Would you say that’s accurate?

(Dari riset/pencarian saya sebelumnya, sepertinya gaji untuk jenis pekerjaan ini berkisar dari X hingga Y. Apakah menurut anda itu akurat?)

  • If we decide to work together, I’m sure we’d find a salary that matches the value I’ll bring to your organization. Can you give me an idea what you’ve already budgeted for this position?

(Jika kita memutuskan untuk bekerja sama, saya yakin kita akan menemukan gaji yang sesuai dengan nilai yang akan saya berikan untuk organisasi anda. Dapatkah anda memberi saya gambaran mengenai anggarkan gaji untuk posisi ini?)

6. Bersikap fleksibel

Jika nilai yang diajukan oleh pewawancara anda dirasa terlalu rendah, anda berhak menegosiasikan gaji sesuai dengan keinginan dan kualifikasi diri anda. Anda bisa menyampaikan nilai plus anda seperti yang dijelaskan pada poin 3 untuk mendukung argumen anda. Anda juga bisa memberikan kalimat sebagai berikut sebagai tanggapan anda.

Pertanyaan yang menunjukkan bahwa anda kurang setuju dengan nilai yang diajukan tanpa memberi tuntutan maupun penolakan. Dengan menggunakan pertanyaan berikut, anda menunjukkan bahwa anda ingin negosiasi.

  • Is that number flexible at all? (Apakah angka itu fleksibel?)
  • Is there wiggle room? (Apakah [nilai] tersebut bisa diubah?)

Pernyataan yang menunjukkan bahwa anda tidak setuju dengan nilai yang diajukan dan anda menyampaikan keinginan anda.

I would be more comfortable if [specific ask]. (Saya akan lebih nyaman jika [pertanyaan khusus].)

Contoh kalimat yang bisa anda terapkan pada [specific ask].

  • We can settle on a base salary of X.  (Kita dapat menetapkan gaji pokok sebesar X.)
  • We can negotiate the salary based on my experience and skillset. (Kita dapat menegosiasikan gaji berdasarkan pengalaman dan keahlian saya.)

Jika pewawancara tetap menolak untuk menyetujui nilai gaji yang anda ajukan, anda juga bisa meminta negosiasi kompensasi di lain hal seperti uang makan, uang transportasi, nilai tunjangan, jatah hari libur dan lain sebagainya.

7. Ungkapkan rasa terima kasih anda

Negosiasi gaji adalah jalan dua arah, dan membutuhkan usaha dan investasi yang signifikan di kedua ujungnya. Pastikan untuk berterima kasih kepada atasan anda atas waktu dan perhatian mereka saat anda mendiskusikan permintaan gaji anda. Jika anda sedang mencari pekerjaan baru, ucapkan terima kasih karena telah mempertimbangkan anda dan atas kesempatan tersebut.

Pastikan untuk membagikan alasan spesifik mengenai hal-hal yang membuat Anda bersemangat dan tertarik dengan posisi tersebut, seperti budaya kerja atau produknya. Meskipun akhirnya anda menolak tawaran tersebut, penting untuk melakukannya dengan cara yang ramah dan profesional. Lagi pula, anda tidak akan pernah tahu peluang apa yang mungkin mereka miliki untuk anda di masa depan. Berikut contoh kalimatnya.

Alright, sir. Thank you for your attention and for this given opportunity. I look forward to see you again. Have a good day.

(Baik pak. Terima kasih atas perhatiannya dan atas kesempatan yang diberikan. Saya berharap dapat bertemu dengan anda lagi. Semoga hari anda menyenangkan.)

Jika pada akhirnya anda dan pewawancara anda tidak mencapai kesepakatan sesuai dengan keinginan anda, anda perlu memutuskan apakah pekerjaan tersebut seimbang dengan nilai yang diberikan. Jika tidak, anda perlu mempertimbangkan untuk menolak tawaran tersebut. Sekian pembelajaran hari ini. Selamat belajar dan mencoba.

 

Cara Mengatakan Kamu Kasar! (How to Politely Say Someone Is Rude?)
Berkata Buruk dengan Sopan (How To Say Bad Politely)
Cara Menunda Pertemuan (How to Ask Politely to Postpone a Meeting)
Berkata ‘Saya Tidak Suka’ Dengan Sopan (How To Say You Don’t Like Something Politely)
How to Ask Politely Who is This (When Someone Calling/Texting)
Cara Bertanya dengan Sopan (How to ask question politely)
Menolak Ajakan Keluar (How to Say No Politely to A Man Who Asks You Out)
Menyatakan Tidak Setuju dengan Sopan (Disagree Politely)
Cara Menolak Undangan dengan Sopan (How Do You Politely Decline An Invitation)
Cara Menolak Undangan dengan Sopan (Politely Decline an Invitation)