sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Mengatakan Harga Barang Terlalu Mahal Secara Sopan (Polite Way to Say Something is Too Expensive)

Berbelanja adalah suatu kegiatan yang tidak terlepaskan dari kehidupan kita dan sudah ada sejak zaman dahulu kala. Banyak yang bisa kita belanjakan: barang-barang kebutuhan rumah tangga, seperti sayuran, ikan, dan lauk pauk lainnya untuk orang-orang tersayang di rumah, hingga berbelanja pakaian dan tas, serta kosmetik.

Selain berbelanja, kita juga terbiasa menyewa sesuatu, baik berupa barang ataupun jasa seseorang. Saat berbelanja ataupun menyewa barang dan jasa, ada kalanya harga yang ditawarkan untuk suatu barang atau jasa tersebut tidak sesuai dengan kondisi keuangan kita atau kita merasa harga dari suatu barang dan jasa tersebut terlalu mahal. Hal ini bisa juga terjadi ketika kita akan membeli barang yang berasal dari luar negeri. Atau bisa juga ketika kita merasa harga seorang pengajar Bahasa Inggris tidak sesuai.

Saat merasa harga suatu barang yang kita inginkan tidak sesuai dengan kondisi keuangan kita atau harga suatu barang yang terasa terlalu mahal, kita pasti ingin mengatakan sesuatu kepada sang penjual, seperti mengatakan kalau kita batal membeli barang yang mereka tawarkan karena harga yang tidak sesuai tadi. Namun, ada rasa tidak enak kalau kita harus mengatakan barang yang ditawarkan penjual terlalu mahal dengan gamblang. Terutama ketika kita berhadapan dengan penjual yang berasal dari luar negeri.

Apa yang sebaiknya kita lakukan ketika dihadapkan pada situasi seperti ini?

Kita tidak perlu terlalu cemas. Yang harus kita lakukan adalah menemukan frasa atau ekspresi dalam Bahasa Inggris yang cocok untuk diucapkan ketika akan menolak harga dari suatu barang yang dirasa terlalu mahal. Menemukan frasa atau ekspresi yang cocok sangat berguna untuk beberapa alasan, seperti:

  • Menghindari adanya salah paham antara penjual dengan kita sebagai pembeli.
  • Frasa atau ekspresi yang cocok akan menimbulkan kesan sopan dan bersahabat.
  • Dengan mengatakan frasa yang cocok, alasan kita untuk batal membeli barang tersebut akan lebih bisa diterima oleh sang penjual.

Memilih frasa atau ekspresi untuk menyatakan harga suatu barang sangat mahal dalam Bahasa Inggris memang terbilang sulit, tapi bukan berarti tidak dapat dilakukan. Artikel ini akan membantu kita menemukan frasa atau ekspresi yang cocok digunakan apabila kita tidak jadi membeli suatu barang karena harganya yang mahal. Dalam artikel ini juga akan diberikan contoh penggunaan frasa tersebut dalam percakapan.

  • I’m sorry but I’m afraid the price doesn’t fit my current financial state (saya minta maaf tetapi sepertinya harga (barang) ini tidak sesuai dengan kondisi keuangan saya sekarang ini)

Frasa atau ekspresi pertama untuk menunjukkan bahwa kita batal membeli suatu barang adalah “I’m sorry but I’m afraid the price doesn’t fit my current financial state”. Menggunakan kata I’m sorry yang diikuti dengan kata I’m afraid terdengar sopan sekaligus tidak menyinggung perasaan dari sang penjual.

Contoh penggunaan frasa ini dalam percakapan:

Store employee: this sofa is extremely new, Ma’am. It is also the most comfortable sofa you have ever seen and I guarantee you that  if you purchase this particular sofa, you will get a comfort you have never experience before. What do you think, Ma’am? (Pegawai toko: sofa ini sangat baru, Nyonya. Sofa ini juga merupakan sofa ternyaman yang pernah Anda jumpai dan saya bisa menjamin bahwa jika Anda membeli sofa ini, Anda akan mendapatkan kenyamanan yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Bagaimana menurut Anda, Nyonya?)

Customer: I do like this particular sofa. I can see how comfort it is and it will match the wall color in my living room. It’s just… I… (Pelanggan: Saya sejujurnya memang menyukai sofa yang satu ini. Saya bisa melihat betapa nyamannya sofa ini dan kecocokan warna sofa ini dengan warna dinding di ruang tamu rumah saya. Hanya saja… Saya…)

Store employee: What is it, Ma’am? Is there any concern regarding this sofa? (Pegawai toko: Ada apa, Nyonya? Adakah hal yang mengganggu Anda mengenai sofa ini?)

Customer: I’m sorry but I’m afraid the price doesn’t fit my current financial state. (Pelanggan: Saya minta maaf tetapi sepertinya harga sofa ini tidak sesuai dengan kondisi keuangan saya sekarang ini.)

  • Thank you for the information, but I’m afraid the cost is too high (terimakasih atas informasinya, tetapi saya rasa harganya terlalu tinggi)

Frasa kedua untuk menyatakan keberatan kita atas mahalnya harga suatu barang dengan sopan yang kedua adalah “thank you for the information, but I’m afraid the cost is too high”. Sama seperti contoh pertama, penggunaan kata I’m afraid akan terdengar lebih sopan dan tidak menyinggung perasaan atau memicu kesalahpahaman.

Contoh penggunaan frasa ini dalam percakapan:

Beauty advisor: How is it, Miss? After trying all the shades and paying attention to all the benefits we offer, are you interested in buying our face powder? (Penasihat kecantikan: Bagaimana, Nona? Setelah mencoba semua warna dan memerhatikan seluruh keuntungan yang kami tawarkan, apakah Anda tertarik membeli bedak wajah kami?)

Customer: Thank you for the information, but I’m afraid the cost is too high for this particular face powder. Could you, perhaps, show me another options that a little bit cheaper? (Pelanggan: Terimakasih atas informasinya, tetapi saya rasa harga untuk bedak wajah yang ini terlalu tinggi. Apakah Anda, barangkali, dapat menunjukkan pada saya pilihan lain yang sedikit lebih murah?)

Beauty advisor: Ah! Of course, Miss. This shelf, please. (Penasihat kecantikan: Ah! Tentu saja, Nona. Bedaknya ada di rak sebelah sini.)

  • I’m sorry, but this one costs our entire savings for… (saya minta maaf, tetapi harga barang ini setara simpanan kami selama….)

Frasa atau ungkapan berikutnya yang menyatakan harga suatu barang amat mahal adalah “I’m sorry, but this one costs our entire yearly savings”. Mari kita lihat bagaimana frasa ini digunakan dalam suatu percakapan.

Contoh penggunaannya dalam kalimat percakapan:

Apartment building owner: Hello, good morning! Mr. Oliver, right? Thank you for calling us the other day, but you haven’t state your need.

(Pemilik gedung apartemen: Halo, selamat pagi! Tn. Oliver, benar? Terimakasih telah menghubungi kami beberapa hari yang lalu, namun Anda tidak sempat mengatakan keperluan Anda.)

Customer: Good morning. I’m really sorry about that. The thing is… my wife and I want to rent a unit of apartment. Preferably near the convenience store to make it easier for us to go shopping for our needs when necessary. (Pelanggan: Selamat pagi. Maafkan saya tentang itu. Ini tentang… saya dan istri saya ingin menyewa satu unit apartemen. Akan lebih baik bila apartemen tersebut berdekatan dengan toserba untuk memudahkan kami berbelanja keperluan kami bila dibutuhkan.)

Apartment building owner: Of course, of course. We do have a catalogue for apartment units and I’m sure you will find one that you like the most. An apartment unit in Manhattan usually cost around $700.000 – $900.000. (Pemilik gedung apartemen: Tentu saja, tentu saja. Kami memiliki katalog unit apartemen dan saya yakin Anda akan menemukan satu unit yang akan Anda sangat sukai. Satu unit apartemen di Manhattan biasanya berkisar antara 700.000 – 900.000 dolar.)

Customer: I like this one, but… is there any unit available for a cheaper price, maybe? (Pelanggan: Saya menyukai unit yang ini, tetapi… adakah unit lain yang tersedia dengan harga yang sedikit lebih murah, mungkin?)

Apartment building owner: Of course we have units with cheaper price. But, is there anything you don’t like about this unit, Sir? (Pemilik gedung apartemen: Tentu saja kami memiliki unit-unit lainnya dengan harga yang lebih murah. Tapi, apakah ada yang tidak Anda sukai dari unit yang ini, Pak?)

Customer: Oh, it’s not because I don’t like this particular unit. The problem is… um… I’m sorry but this one costs our entire savings for 6 years. If it’s alright with you, I really want to see another option you have. (Pelanggan: Bukannya saya tidak menyukai unit yang satu ini. Masalahnya adalah… um… Maafkan saya tetapi harga untuk unit yang ini setara simpanan kami berdua selama 6 tahun. Jika Anda tidak keberatan, saya benar-benar ingin melihat opsi lainnya yang Anda miliki.)

  • I think the cost is outside my entire budget (saya pikir harga barang ini di luar jangkauan uang simpanan saya)

Frasa berikutnya yang dapat kita gunakan untuk mengekspresikan bahwa kita tidak dapat membeli suatu barang karena harganya yang cenderung mahal adalah “I think the cost is outside my entire budget”.

Contoh penggunaan frasa ini dalam percakapan sehari-hari:

Lana: What do you think, Jessie? This dress is cute, right? And this one suits you feminine style. (Lana: Bagaimana menurutmu, Jessie? Gaun yang ini manis sekali, bukan? Gaun ini cocok dengan gaya berpakaianmu yang feminin.)

Jessie: I do like this dress. The color suits my taste, too. But, I think the cost is outside my entire budget. (Jessie: Saya sebenarnya menyukai gaun ini. Warnanya juga cocok dengan selera saya. Tapi, saya pikir harga gaun ini di luar jangkauan uang simpanan saya.)

  • It will costs of a lot of pennies (harga barang ini akan menghabiskan uang yang sangat banyak)

Frasa kelima yang dapat digunakan untuk mengekspresikan mahalnya harga suatu barang atau jasa adalah “it will costs a lot of pennies”. Dalam Bahasa Inggris, penny sendiri bisa diartikan sebagai uang koin.

Contoh penggunaan frasa ini dalam kalimat percakapan:

Julian: I think this giant wardrobe will be great to be put in our bedroom, Sweetheart. (Julian: Saya rasa lemari besar ini akan bagus jika diletakkan di dalam kamar tidur kita, Sayang.)

Miranda: But, this wardrobe… I think it will costs a lot of pennies, personally. (Miranda: Tetapi, lemari ini… saya pikir harga lemari ini akan menghabiskan uang yang sangat banyak.)

Julian: Very well. Then, we will check out whether there’s another wardrobe that way cheaper than this one. (Julian: Baiklah. Kalau begitu, kita akan mencari apakah ada lemari lain yang lebih murah daripada lemari yang ini.)

Itulah 5 frasa atau ekspresi yang dapat kita gunakan apabila kita merasa harga dari suatu barang atau jasa sangat mahal. Dalam menggunakan frasa seperti ini, satu hal penting lainnya yang harus kita perhatikan adalah intonasi suara kita. Pastikan intonasi suara kita terdengar ramah di telinga penjual atau pemberi jasa.

Jadi, jangan takut lagi menyuarakan pendapat kita apabila ada barang atau jasa yang terasa mahal bagi kita!

 

Bagaimana Mengatakan Sesuatu Sejujurnya?
Percakapan tentang Memberikan Barang kepada Orang Lain
Cara Menawar dalam Bahasa Inggris
Mengatakan Harga Barang Terlalu Mahal Secara Sopan (Polite Way to Say Something is Too Expensive)
Bagaimana Mengatakan Hal Buruk dengan Cara yang Baik?
Percakapan Menanyakan Letak Barang di Supermarket dalam Bahasa Inggris
Cara Resign dari Pekerjaan dengan Baik dan Sopan
Contoh Percakapan Menawar Harga dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris: Mencari Barang yang Hilang di Lost & Found
Cara Meminta Tolong dengan Sopan dalam Bahasa Inggris