sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Mengatakan “Tidak” dengan Sopan (How to Say “No” in English Politely)

Seringkali kita dihadapkan pada situasi di mana kita harus atau ingin menolak suatu hal, entah itu sebuah ajakan, undangan atau bahkan tawaran kerja. Mungkin sebagian dari kita bingung bagaimana cara menolak agar tidak menyinggung perasaan lawan bicara kita. Apalagi jika kita harus menolak bukan menggunakan bahasa Indonesia melainkan dengan bahasa Inggris. Tentu saja kita tidak bisa sekadar berkata “No” atau “tidak” karena hal tersebut akan memberikan kesan tidak sopan dan tidak menghargai tawaran atau permintaan dari lawan bicara kita. Oleh karena itu, mari belajar cara menolak dengan sopan dalam bahasa Inggris melalui poin-poin berikut ini.

  • Gunakan kata “maaf” (“sorry”)

Cara paling mudah dan paling dasar adalah gunakan kata “maaf” atau “sorry”. Penggunaan kata ini bisa diterapkan dalam berbagai situasi. Penempatan kalimat ini bisa pada awal kalimat maupun akhir kalimat, tergantung susunan kata yang digunakan. Berikut contoh kalimat dan susunannya dengan penggunaan kata “sorry”.

    • Situasi non-formal: Sorry + reason (Maaf + alasannya)

Sorry, I can’t do that.  (Maaf, saya tidak bisa melakukan hal tersebut.)

    • Segala situasi: I’m sorry + reason (Saya minta maaf + alasannya)

I’m sorry, I can’t go because I have things to do. (Saya minta maaf, saya tidak bisa pergi karena ada beberapa hal yang harus saya    lakukan.)

I’m sorry but I can’t make it. I will be out of town. (Saya minta maaf tetapi saya tidak bisa datang. Saya akan pergi keluar kota.)

Bisa juga menambahkan kata “so” (sangat) diantara kata “I’m” dan “sorry” saat anda merasa sangat menyesal. Contohnya:

I’m so sorry but I’m not able to make it this month. (Saya sangat menyesal tetapi saya tidak bisa menyelesaikannya bulan ini.)

  • Gunakan kata “terima kasih” (“thank you”)

Cara kedua yang paling mudah adalah gunakan kata “terima kasih” atau “thank you” untuk menunjukkan bahwa anda menghargai ajakan atau undangan lawan bicara anda. Penggunaan kata “thank you” bisa diterapkan saat anda menolak tawaran atau undangan seseorang secara halus. Berikut contoh kalimat dan susunannya dengan penggunaan kata “thank you”.

    • Thank you for the offer/invitation, but + reason (Terima kasih atas tawarannya/undangannya, tapi + alasannya)

Thank you for the offer, but I should pick up my son now. (Terima kasih atas tawarannya, tetapi saya harus jemput putra saya sekarang.)

    • Reason + but thank you for the offer/invitation. (Alasannya + tapi terima kasih atas tawarannya/undangannya.)

I’m afraid I’m not fit in that position, but thank you for the invitation. (Saya khawatir saya tidak cocok dengan posisi itu, tetapi terima kasih atas     undangannya.

Alternatif kalimat lain dengan makna yang sama dengan kata “thank you”.

    • I appreciate the offer/invitation, but + reason (Saya menghargai tawarannya/undangannya, tetapi + alasan)

I appreciate the offer, but I should pick up my son now. (Saya menghargai tawarannya, tetapi saya harus jemput putra saya sekarang.)

Kata “sorry” dapat ditambahkan pada akhir kalimat di atas tetapi hal tersebut bersifat opsional.

Thank you for the offer, but I should pick up my son now. Sorry. (Terima kasih atas tawarannya, tetapi saya harus jemput putra saya sekarang. Maaf.)

  • Gunakan kata yang positif pada awal kalimat

Selain kata yang telah disebutkan di atas, anda juga bisa menggunakan kalimat lain sebagai alternatif untuk berkata tidak dalam bahasa Inggris. Sama halnya dengan penggunaan kata “thank you”, usahakan untuk memberikan kesan bahwa anda menghargai tawaran/undangan/permohonan dari lawan bicara anda dengan menggunakan kalimat yang positif. Berikut beberapa contoh kalimat alternatif yang bisa anda terapkan. Kata “sorry” dapat ditambahkan pada akhir kalimat-kalimat di bawah tetapi hal tersebut bersifat opsional.

    • That sounds great but + reason (Itu terdengar menarik tetapi + alasannya)

That sounds great but I already accepted another freelancer. (Itu terdengar menarik tetapi saya sudah menerima pekerja lepas lainnya.)

    • That would be great but + reason (Itu akan menyenangkan tetapi + alasannya)

Tawaran kembali bisa ditambahkan pada akhir kalimat (opsional).

That would be great but I am going to have a party tonight. You can come too if you want to. (Itu akan menyenangkan tetapi aku akan mengadakan pesta malam ini. Kamu juga bisa ikut kalau kamu mau.)

    • I’d love to, but + reason (Saya ingin sekali, tetapi + alasannya)

I’d love to, but I can’t. Sorry. (Saya ingin sekali, tetapi saya tidak bisa. Maaf.)

    • I wish I could (verb.), but + reason (Saya harap saya bisa (kata kerja.), tetapi + alasannya)

I wish I could come but unfortunately I have to visit my grandma this Monday. (Saya harap saya bisa tetapi sayangnya saya harus mengunjungi nenek saya hari Senin ini.)

Unfortunately, it is not a good time. / Unfortunately I can’t. (Sayangnya, sekarang bukan waktu yang tepat. / Sayangnya saya tidak bisa.)

  • Hindari kata “saya sibuk”

Penggunaan kata “saya sibuk” atau “I’m busy” sebagai alasan anda menolak suatu tawaran/ajakan/undangan memberi kesan tidak sopan atau kasar. Dibandingkan menggunakan kata tersebut, gunakan kalimat lain yang memiliki makna yang bisa menggambarkan bahwa anda sibuk tetapi dengan kesan yang lebih halus, seperti:

    • I have things to do. (Ada beberapa hal yang harus saya kerjakan.)
    • I already have plans tonight. (Saya sudah ada janji malam ini.
    •  dan lain sebagainya.
  • Menolak dengan jujur tetapi tanpa terlalu banyak detail

Ketika menolak suatu hal usahakan untuk selalu berkata jujur tanpa memberikan terlalu banyak detail. Hal tersebut berlaku baik pada saat anda benar-benar sibuk atau pada saat anda hanya tidak ingin menerima tawaran/undangan/hal lain yang ditanyakan kepada anda. Berikut contoh kalimat yang perlu dihindari dan contoh kalimat yang lebih baik untuk diterapkan.

    • Hindari terlalu banyak detail

I’m sorry I can’t make it, my cat is sick and I need to give him medicines in a hour. (Maaf saya tidak bisa datang, kucing saya sakit dan saya harus memberikan obat dalam satu jam.)

    • Gunakan kalimat yang jelas dan jujur tanpa terlalu banyak detail

I’m sorry I can’t make it, I already have plans tonight. I hope it goes well! (Maaf saya tidak bisa datang, saya sudah aja janji malam ini. Saya harap semua berjalan dengan lancar!)

I would love to but I’m not free then. I’m sorry. (Saya ingin sekali tetapi saat itu saya tidak bebas. Maafkan saya.)

  • Hindari penggunaan kalimat yang memberi kesan setuju

Saat anda tidak ada keinginan untuk menerima atau mempertimbangkan tawaran yang diberikan kepada anda, lebih baik anda memberikan jawaban yang jelas dan tidak harapan palsu kepada lawan bicara anda. Contohnya seperti penggunaan kalimat berikut ini.

    • Maybe, let’s see how things go. (Mungkin, dilihat saja bagaimana nanti.)
    • I hope I can help/join/be there for you. (Saya harap saya bisa membantu/ikut/berada di sana bersamamu.)
    • I’m pretty busy now, I’ll see if I have any spare time. (Saya lumayan sibuk sekarang, saya lihat nanti apakah saya ada waktu luang. )

Jawaban-jawaban seperti di atas seperti memberikan harapan bahwa anda akan berkata iya. Hal tersebut bisa menambah kekecewaan lawan bicara anda jika anda benar-benar tidak ada keinginan untuk menyetujui. Oleh karena itu, lebih baik gunakan jawaban yang jelas seperti kalimat-kalimat pada poin 1-5.

  • Cara menolak ketika Anda sudah berkata “iya” sebelumnya

Nah, mungkin ini situasi yang paling susah untuk dihadapi oleh banyak orang. Terkadang kita sudah menyetujui suatu hal tapi mendadak keadaan berubah dan kita tidak bisa menepati hal yang sudah kita setujui. Lalu bagaimana? Berikut tiga langkah yang bisa kamu ambil saat situasi ini terjadi.

    • Pertama, minta maaf dan jelaskan.

Cara yang paling mudah untuk menyusun kalimatnya yaitu dengan menggunakan kalimat seperti pada poin satu.

      • I’m so sorry, but I can’t do this project timewise I just can’t make it happen. (Saya sungguh menyesal, tetapi saya tidak bisa mengerjakan proyek ini, saya tidak dapat mewujudkannya tepat waktu.)

Berikut alternatif kalimat lain yang juga bisa digunakan.

      • I feel bad about this but I won’t be able to … . I have a lot on my plate right now and I can’t make it happen. I’m so sorry. (Saya merasa tidak enak tentang ini tetapi saya tidak akan bisa untuk … . Terlalu banyak hal yang harus saya lakukan saat ini dan saya tidak dapat    mewujudkannya. Saya sungguh menyesal.)
      • I’m so sorry to let you down but I can’t … . Things are so hectic right now and I have over-committed. I’m so sorry. (Saya sungguh menyesal karena saya mengecewakan anda tetapi saya tidak bisa … . Situasi saya sangat tidak terkendali sekarang dan saya sudah melebihi           kapasitas dari kemampuan saya. Saya sungguh menyesal.)
    • Kedua, berikan alternatif (jika ada).
      • I have some time next month, maybe we could do it then? (Saya ada waktu luang bulan depan, mungkin kita bisa melakukannya saat itu?)
      • Maybe (name) could help you? (Mungkin (nama) bisa membantu anda?)
      • Perhaps I could ask if (name) could help/come/take it on? (Mungkin bisa saya tanyakan apakah (nama) bisa membantu/datang/mengambil      alih?)
    • Ketiga, sisipkan harapan anda.
      • I hope it goes well. (Saya harap semua berjalan lancar.)
      • I hope you can understand/forgive me/find someone else. (Saya harap anda bisa mengerti/memaafkan saya/menemukan orang lain.)

Sekarang anda sudah memahami ada berbagai cara untuk berkata “tidak” dalam bahasa Inggris bahkan pada situasi anda telah berkata “iya” sebelumnya. Ingat, yang terutama adalah anda menunjukkan bahwa anda bersikap baik, sopan dan tidak langsung berkata “tidak”. Selamat belajar dan mencoba.

 

Berbicara dalam Bahasa Inggris dengan Sopan dan Diplomatis (How to Speak Polite & Diplomatic English)
Frasa/Kalimat Sopan yang Digunakan oleh Resepsionis di Hotel
Cara Menolak Undangan dengan Sopan (How Do You Politely Decline An Invitation)
Bagaimana Mengatakan Sesuatu Sejujurnya?
Berbagai Cara Mengatakan Lapar dalam Bahasa Inggris
Memulai E-mail dengan Sopan dalam Bahasa Inggris (How to Start a Polite E-mail in English)
Cara Lain Mengatakan Excuse Me Beserta Jawabannya
Cara Lain Mengatakan “Nice To Meet You”
Cara Mengatakan Orang Lain Cerdas / Bodoh
Sopan Santun dalam Berbahasa Inggris