sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Mengundurkan Diri / Berhenti Kerja dengan Sopan

Apakah mungkin anda menginginkan untuk keluar dari pekerjaan anda? Mungkin ada banyak alasan yang melandasi mengapa anda ingin keluar dari pekerjaan anda saat ini. Bisa jadi karena anda merasa tidak nyaman kemudian bisa jadi juga karena ada kepentingan lain atau asalan lainnya kenapa anda berhenti bekerja.

Mungkin beberapa dari anda saat ini mengalami kondisi seperti ini namun tidak tahu bagaimana harus memulainya dan tidak tahu harus bagaimana mengatakan kepada bos anda bahwa anda ingin berhenti bekerja.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda semua mengenai how to say you’re quitting nicely atau dalam Bahasa Indonesianya adalah bagaimana mengatakan anda berhenti dengan baik. Simak ulasan pentingnya di bawah ini ya supaya anda bisa mempraktekannya!

Teeling your boss you are quitting your job (Memberitahu atasan anda anda berhenti dari pekerjaan)

Ketika anda ingin mengundurkan diri dari pekerjaan anda maka kemungkinan anda akan merasa khawatir bagaimana untuk mengatakan kepada atasan anda bahwa anda ingin keluar atau ingin berhenti dari pekerjaan anda.

Anda harus memikirkan beberapa hal yaitu seperti harus membuat pernyataan yang sopan dan juga menghargai. Jika anda ingin berhenti dari pekerjaan anda maka jangan sampai anda membuat surat pernyataan atau mungkin anda berbicara kepada atasan atau bos anda dengan tergesa-gesa karena mungkin bisa saja terjadi kesalahan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi penting kepada anda mengenai bagaimana anda bisa memberitahu atasan anda jika anda ingin berhenti dari pekerjaan dengan beberapa kondisi. Simak ulasannya berikut ini :

When you don’t like your job (Ketika anda tidak menyukai pekerjaan atau perusahaan anda)

Mungkin ada beberapa hal yang melandasi mengapa anda ingin keluar dari pekerjaan anda yang sekarang ini. Salah satu alsannya adalah mungkin karena anda merasa tidak cocok dan juga tidak nyaman dengan pekerjaan anda atau dengan tempat anda bekerja.

Namun tidak ada gunanya anda membenci atau mungkin bersikap negatif ketika anda tidak menyukai apa yang anda lakukan sekarang karena itu tidak juga akan menguntungkan anda. Justru akan membuat anda menjadi terlihat buruk di depan atasan anda.

Sehingga ketika anda memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan anda saat ini, maka ada baiknya supaya anda mengatakan alasan anda ingin keluar atau berhenti dari perusahaan kepada atasan anda dengan baik dan sopan.

Mungkin tidak masalah anda menyampaikan keluhan anda selama bekerja disana, namun sebaiknya jangan sampai anda terlalu menjelek-jelekkan perusahaan atau pihak tertentu. Jika anda ingin berhenti dari pekerjaan karena memang tidak menyukai pekerjaan disana atau hal lainnya, maka berhentilah dengan anggun.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat penjelasan Bahasa Inggris yang bisa anda coba untuk katakan kepada atasan anda bahwa anda ingin berhenti karena tidak menyukai pekerjaan disana:

I decided to quit my job at this company, before that I aplogize sir for the mistakes I might have done while working in here. The reason I quit was because I wasn’t comfortable with the work environment and it affected to my personality. I am grateful for the facilities that have been given to me and I hope that in the future this company can continue to grow (Saya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan saya di perusahan ini, sebelum itu saya minta maaf pak atas kesalahan yang mungkin pernah saya lakukan selama bekerja di kantor ini. Alasan saya berhenti adalah karena saya kurang nyaman dengan lingkungan kerja dan itu mempengaruhi kepribadian saya. Saya berterima kasih atas fasilitas yang telah diberikan kepada saya, dan saya berharap kedepannya perusahaan ini bisa terus berkembang)

When you love your job (Ketika anda menyukai pekerjaan anda)

Mungkin akan merasa sulit bahwa anda harus meninggalkan pekerjaan anda karena anda menyukai atau mencintai pekerjaan anda. Namun mungkin anda terpaksa harus keluar atau berhenti dari pekerjaan anda karena memang ada alasan lainnya.

Jika anda memang ingin berhenti dari pekerjaan, walaupun anda menyukai pekerjaan maka tentu saja anda harus menjelaskannya dengan baik ketika anda ditanya oleh atasan. Berikut adalah contoh pernyataan dalam Bahasa Inggris yang bisa anda ucapkan ketika ditanya mengapa anda meninggalkan pekerjaan anda.

Honestly, I really loved my job in this place Sir. But with a heavy heart, I have to quit this job because I’ve to continue my master’s degree in South Korea. I am very thankful for the facilities that have been given to me and I also want to apologize If I have made a mistake (Jujur saya sangat menyukai pekerjaan saya di tempat ini pak. Namun dengan berat hati saya harus berhenti dari pekerjaan ini karena saya harus melanjutkan pendidikan master saya di Korea. Say berterima kasih atas semua fasilitas yang pernah diberikan kepada saya dan saya juga ingin meminta maaf jika memang saya pernah melakukan kesalahan)

What you say when you quit your job (Apa yang harus dikatakan saat anda berhenti dari pekerjaan anda)

Jika anda sudah tahu alasan anda ingin berhenti bekerja mungkin karena anda memang tidak cocok bekerja disana atau mungkin anda harus keluar dari pekerjaan karena memang ada hal yang mengharuskan anda untuk keluar dari pekerjaan anda.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai apa yang harus anda katakan ketika anda ingin berhenti dari pekerjaan anda, karena masih ada beberapa orang yang tidak tahu harus berkata apa saja kepada atasan mereka ketika mereka ingin mengundurkan diri. Berikut adalah beberapa hal yang cukup penting dan harus anda katakan ketika anda ingin keluar atau berhenti dari pekerjaan anda:

Thank you for the opportunity (Terima kasih atas kesempatannya)

Langkah pertama, ketika anda ingin mengutarakan keinginan anda untuk berhenti dari pekerjaan anda kepada atasan anda maka anda harus mengungkapkan rasa terima kasih anda kepada atasan anda atas kesempatan yang diberikan karena dalam kurun waktu tertentu anda bisa melakukan pekerjaan dan berkembang di perusahaan tersebut. Ini merupakan salah satu pembuka yang sopan sebelum anda mengutarakan apa yang anda ingin katakan terkait keputusan anda untuk berhenti bekerja.

Berikut adalah contoh kalimat dalam Bahasa Inggris yang bisa anda ucapkan bersama dengan artinya :

  • Thank you Sir, for the opportunity you have give me so I can grow in this company. I am very grateful to be acble to work in this place (Terima kasih pak atas kesempatan yang telah anda berikan kepada saya sehingga saya bisa berkembang di perusahaan ini. Saya sangat mensyukuri karena bisa bekerja di tempat ini)
  • Before that, I was very grateful for the opportunity that has been given to me so I can work in this amazing company. I am very thankful to you because you have guided me patiently (Sebelumnya saya sangat berterima kasih karena kesempatan yang telah diberikan kepada saya sehingga saya bisa bekerja di tempat yang luar biasa ini. Saya sangat berterima kasih kepada bapak karena bapak telah membimbing saya dengan sabar)

Explanation of why you are leaving (Penjelasan kenapa anda berhenti)

Hal kedua yang paling penting dan harus anda jelaskan kepada atasan anda adalah anda harus menjelaskan mengapa anda berhenti, karena ini merupakan hal yang paling krusial. Jangan hanya mengatakan mengapa anda ingin berhenti atau keluar dari pekerjaan anda saja namun anda harus menjelaskannya dengan jelas apa alasan anda.

Anda tidak perlu menjelaskan kepada atasan anda apa pekerjaan baru yang akan anda kerjakan ketika anda keluar dari sana. Jika mungkin anda merasa bahwa anda hanya ingin keluar dari perusahaan itu karena anda rasa bahwa anda tidak suka dengan sistem kerja disana maka anda bisa mencari alasan untuk meninggalkan pekerjaan yang paling umum.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat menggunakan Bahasa Inggris yang nantinya bisa anda gunakan untuk mengatakan bahwa anda berhenti dari perusahaan tersebut :

  • I have to quit this job because I have to continue my master degree in South Korea. I hope you understand my decision (Saya harus berhenti dari pekerjaan ini karena saya harus melanjutkan pendidikan saya di Korea Selatan. Saya harap bapak mengerti keputusan saya)
  • I have to quit this job because there are some things I need to do this year. I am getting married and I will focus on taking care of my family. I hope you will understand and accept my reasons sir. I am very happy to be working in this company (saya harus berhenti dari pekerjaan ini karena ada beberapa hal yang harus saya lakukan di tahun ini. Saya akan menikah dan akan fokus mengurus keluarga saya, saya mohon bapak mengerti dan bisa menerima alasan saya.

Offer to help with the transition (Tawaran untuk membantu transisi)

Jika mungkin anda merasa bahwa pekerjaan anda sebenarnya sulit untuk diisi orang lain atau orang baru, dan mungkin anda merasa tidak enak kepada atasan anda karena anda merupakan pegawai yang teladan maka ketika anda memutuskan untuk keluar atau berhenti dari pekerjaan anda maka akan menawarkan untuk membantu transisi.

Misalnya saja anda menawarkan untuk membantu atasan anda mencari pengganti anda atau hal semacam itu. Berikut ini adalah contoh kalimat dalam Bahasa Inggris yang bisa anda gunakan ketika anda ingin memberikan tawaran untuk membantu transisi :

I know that finding my replacement for this position may be difficult. I will offer to help you find someone that can replace my position I will leave. I know someone who might be suitable for this position (Saya tahu mungkin menemukan pengganti saya di posisi ini bisa menjadi hal yang sulit. Saya akan menawarkan bantuan kepada anda utnuk menemukan seseorang yang bisa menggantikan posisi saya ketika nanti saya pergi. Saya mengenal seseorang yang mungkin cocok untuk posisi ini)

Itu tadi beberapa informasi menarik dalam Bahasa Inggris yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya mengenai how to say you’re quitting nicely atau dalam Bahasa Indonesianya adalah bagaimana mengatakan anda berhenti dengan baik.

Sekarang jika anda ingin berhenti dari pekerjaan anda maka anda bisa menggunakan contoh kalimat di atas. Sehingga anda bisa dengan sopan mengatakan kepada atasan anda bahwa memang anda ingin berhenti bekerja dengan baik-baik dan memang ada alasan tertentu mengapa anda harus berhenti bekerja. Semoga info ini dapat membantu anda ya!

 

Mengatakan “Tidak” dengan Sopan (How to Say “No” in English Politely)
Bagaimana Menawarkan Bantuan dengan Sopan (Polite Way to Say How Can I Help You)
Cara Resign dari Pekerjaan dengan Baik dan Sopan
Percakapan Inggris: Saat Wawancara Kerja (In The Job Interview)
Jawaban Pertanyaan Interview: “Why Do You Want to Leave Your Current Job?”
Cara Bertanya dengan Sopan (How to ask question politely)
Contoh Percakapan Wawancara Kerja Sebagai Sekretaris dalam Bahasa Inggris
Interview Kerja di Bank dalam Bahasa Inggris
Mengundurkan Diri / Berhenti Kerja dengan Sopan
Contoh Percakapan Inggris: Wawancara Kerja untuk Guru Bahasa Inggris