sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Merespon E-mail Interview

Responding to Interview Email

Di dunia yang sudah serba modern ini, dalam memudahkan segala keperluan juga memanfaatkan ehnologi modern yang ada. Salah satunya adalah ketika melamar pekerjaan, saat ini sudah dimudahkan dengan diperbolehkannya mengirimkan berkas melalui email.

Dengan begitu, undangan untuk melakukan interview juga sering dikirimkan bukan lagi melalui telepon, namun melalui surat elektronik atau email. Namun, bagaimana cara kita merespon undangan tersebut dengan tata cara yang baik terutama jika undangan tersebut berbahasa inggris?

Dalam artikel ini akan diberikan beberapa cara dalam membuat balasan atau respon suatu undangan untuk wawancara melalui email.

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan dan struktur yang dapat digunakan untuk menyusun email balasan secara tepat:

1. Gunakan sapaan resmi

Pada Ketika membalas email yang pada dasarnya berasal dari perusahaan, sebaiknya gunakan sapaan formal, seperti Mr., Ms., Dr., etc.

Contoh:

  • “Ms. Petrova” (jika anda mengetahui nama belakangnya)
  • “Mr. Interviewer”(jika anda tidak mengetahui nama orang yang mengirim email tersebut)

2. Langsung pada pokok tujuan dari email anda

Dalam membalas, hindari kalimat yang bertele–tele. Langsung katakan secara singkat, padat dan jelas tujuan anda mengirim email tersebut. Sampaikan rasa terima kasih anda karena telah diundang, dan segera katakana bahwa anda dengan senang hati akan mengikuti undangan wawancara tersebut.

Contoh:

“Thank you for inviting me to interview for the position of marketing director in your company. I’m very excited to be considering for this position, and I look forward to having chance meeting with you.” (Terima kasih telah mengundang saya untuk wawancara untuk posisi direktur pemasaran di perusahaan anda. Aku sangat bahagia telah dipertimbangkn untuk posisi ini, dan telah menunggu waktu untuk dapat bertemu dengan anda)

3. Berikan detail jadwal untuk melakukan wawancara

Selanjutnya yang perlu dicantumkan adalah jawaban atas panggilan interview yang biasanya tela mencantumkan kapan dan dimana interview itu akan dilakukan. Pada bagian ini, anda harus mengatakan dengan pasti bahwa anda akan hadir tepat waktu sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Contoh:

“Per the scheduling option suggested in your email, I would like to schedule an interview on Monday, 28th of May 2019 at 10.00 a.m. And according to your email, the interview will be take place on the central tower building, at 134 Andydrive.” (Sesuai pilihan jadwal yang anda sarankan pada email anda, saya ingin menjadwalkan wawancara pada hari senin, tanggal 28 Mei 2019 pada pukul 10.00 pagi. Dan sesuai dengan email anda, wawancara akan bertempat di gedung menara Central, di Andydrive 123.)

4. Mintalah balasan atau respon dari si pengirim email

Setelah memberitahukan bahwa anda akan mengikuti wawancara dan kapan anda akan melakukan wawancara tersebut, anda juga perlu mendapatkan respon terkait dengan respon yang telah anda berikan. Hal ini untuk memastikan bahwa wawancara tersebut dapat dilakukan tepat waktu.

Contoh:

“Please confirm this is convenient for you, and if I got the right place” (Tolong konfirmasi bahwa permintaan tersebut sesuai untuk anda, dan tempat yang telah saya sebutkan merupakan tempat yang tepat)

5. Penutup yang sesuai dan sopan

Penutup suatu email sebenarnya tidak jauh berbeda dengan surat resmi pada umumnya. Gunakan bahasa yang padat dan jelas serta sopan.

Contoh:

“I look forward to interviewing with you and learning more about employment opportunities with Green Company” (Aku sangat menantikan wawancara dengan anda dan belajar lebih banyak tentang kesempatan bekerja di perusahaan Green.)

CONTOH BALASAN EMAIL UNTUK UNDANGAN INTERVIEW

Contoh 1

“Mr. Interviewer,

Thank you for inviting me to interview for a position as a Marketing Manager with Flow Art Company. I am very excited to be considered for this position, and I look forward to having a chance to meet with you. Per the scheduling options suggested in your email, I would like to schedule an interview with you on Monday, May 19 at 10 a.m. It is my understanding that the interview will take place at your corporate office, which is located at Joela Street, 145. Please confirm if this time is convenient for you, and that I have the correct location.

I look forward to meeting you in person and sharing information on how I can be an asset to Flow Art Company.

Regards,

Rizky Interviewee

08118726778”

(Tuan pewawancara,

Terima kasih telah mengundang saya untuk melakukan wawancara untuk posisi sebagai manajer pemasaran di perusahaan Flow Art. Aku sangat bahagia dan senang karena telah dipertimbangkan untuk mengisi posisi ini, dan sangat menantikan kesempatan untuk bertemu denganmu. Sesuai dengan jadwal yang anda telah sarankan pada email anda, aku ingin melakukan wawancara pada hari senin, tanggal 19 April 2019, dan  saya telah mengerti bahwa wawancara akan bertempat di kantor perusahaan anda, yang berlokasi di Jl. Joela, 145. Tolong konfirmasi anda jika jadwal tersebut sesuai dengan kesibukan anda, dan aku telah menyebutkan lokasi yang tepat.

Saya sangat menantikan kesempatan untuk bertemu dengan anda dan saling berbagi informasi tentang bagaimana saya bisa menjadi asset bagi perusahaan Flow Art.

Dengan hormat,

Rizky peserta wawancara,

08118726778)

Contoh 2

“Dear Ms. Sands,

Thank you for your consideration and the invitation to interview for the Public Relation position at Orango Company. I am available this Wednesday at 11.30 pm, and I look forward to meeting with you to discuss this position in more detail.

Please let me know if I can provide any additional information prior to our meeting on Wednesday afternoon at your offices.

Sincerely,

Gita Sherly

Phone: 08119918998

(Yang terhormat Bu Sands,

Terima kasih untuk pertimbangan dan undangan wawancara anda untuk mengisi posisi sebagai humas di perusahaan Orango. Saya dapat melakukan wawancara pada hari rabu ini pukul 11.30 siang, dan aku sangat menanikan untuk bertemu denganmu untuk mendiskusikan posisi ini lebih detail.

Tolong beritahukan apa saja informasi tambahan yang mungkin harus saya sediakan untuk pertemuan kita pada hari rabu siang di kantor anda.

Dengan hormat,

Gita Sherly

Telepon: 08119918998)

 

Writing: 15 Latihan Soal Independent Essay dalam Writing
Percakapan Inggris: Saat Wawancara Kerja (In The Job Interview)
Pertanyaan yang Sering Diajukan di Scholarship Interview
Contoh Surat Ucapan Terima Kasih kepada Orang Tua dalam Bahasa Inggris
Membuat Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris (Cover Letter)
Cara Membuat Kalimat tentang Kemampuan (Ability) dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) dalam Bahasa Inggris karena Sakit
Cara Menulis Perhitungan Matematis dalam Bahasa Inggris
Contoh Biodata dalam Bahasa Inggris
5 Pertanyaan Interview dan Jawabannya dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya