sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Parts of Speech (The Eight Parts of Speech)

Materi tutorial bahasa Inggris tentang parts of speech kali ini adalah rangkuman dari pelajaran bahasa Inggris yang sebelumnya telah kita pelajari.

Materi yang disebut juga dengan “The eight parts of speech” ini memiliki pengertiannya tersendiri, yang akan menuntun kita pada poin-poin artikel yang berikutnya.

Pengertian dari parts of speech atau the eight parts of speech akan kita simak pada poin selanjutnya dari artikel ini. Lalu, kita akan menyimak contoh-contoh penerapannya dalam kalimat, percakapan, maupun wujud kemunculannya dalam contoh soal dan pembahasan pada tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris yang serupa.

Pengertian Mengenai Parts of Speech (The Eight Parts of Speech)

Delapan bagian ceramah (“The eight parts of speech”) dibagi menjadi deskriptif, kata pelengkap atau ganti, dan kata penghubung. Secara umum, definisi dari 8 bagian ceramah dalam kategorinya adalah sebagai berikut:

Parts of Speech Definisi
Deskriptif
1. Noun Kata benda (untuk orang, hewan, tumbuhan, ide, dan sebagainya).
2. Verbs Kata kerja (menyatakan tindakan subject).
Kata Pelengkap Atau Ganti
3. Adjectives Keterangan sifat dari noun.
4. Adverb Menerangkan verbs, kata depan, conjunction, adjectives, atau keseluruhan isi kalimat.
5. Pronoun Kata ganti noun.
6. Interjection Kata yang membuat percakapan menjadi lebih hidup.
Kata Penghubung
7. Preposition Menghubungkan antar kata dalam kalimat.
8. Conjunction Menghubungkan kata, frasa, atau kalimat.

Contoh Penerapan Parts of Speech (The Eight Parts of Speech) Dalam Kalimat

Contoh-contoh kalimat acuan beserta arti bahasa Indonesianya yang terdapat pada poin ini memperlihatkan penerapan the eight parts of speech.

Untuk mempermudah pembelajaran, kami juga telah menyediakan panduan selain arti bahasa Indonesia, yakni bold untuk menandai bagian parts of speech yang digunakan dan garisbawah untuk hal-hal yang menjelaskan parts of speech.

Penjelasan lebih lanjut mengenai pelajaran parts of speech atau the eight parts of speech juga dapat kita simak setelah masing-masing contoh kalimat berikut ini:

1. My aunt and I have two rabbits (Bibiku dan aku memiliki dua kelinci).

Penjelasan:Rabbits” (kelinci) yang terdapat pada contoh kalimat ber-subject my aunt and I” (bibiku dan aku) ini adalah noun, dalam hal ini, kata benda untuk hewan.

2. Their artifacts are located right here (Artefak-artefak mereka ada di sini).

Penjelasan: Contoh kalimat ini memiliki subject yang sama dengan pronoun-nya, yakni “their” ((milik) mereka). Objek yang dimiliki mereka adalah “artifacts” atau artefak-artefak.

3. I will be late because there is a flood (Aku akan terlambat karena ada banjir).

Penjelasan:Because” (karena) dalam contoh kalimat ber-subject I” (aku) ini adalah conjunction yang berfungsi untuk menghubungkan dua frasa, yakni “I will be late” (aku akan terlambat) dan “there is a flood” (ada banjir).

Contoh Penerapan Parts of Speech (The Eight Parts of Speech) Dalam Percakapan

Untuk melihat lebih banyak mengenai penerapan parts of speech atau the eight parts of speech, kita akan membaca contoh percakapan dalam poin ini.

Mengingat contoh percakapan dalam poin ini akan kita jadikan acuan untuk belajar parts of speech, kita akan menggunakan panduan yang sama dengan poin sebelumnya.

Panduan tersebut mencakup arti bahasa Indonesia, bold pada bagian parts of speech, dan garisbawah pada hal-hal yang membantu menjelaskan parts of speech dari tiap baris percakapan.

Ingin belajar lebih banyak tentang penjelasan materi parts of speech atau the eight parts of speech? Simak saja contoh percakapan di bawah ini, lalu, simak penjelasan setelahnya:

Rina: The clown’s performance is truly awesome, isn’t it?

(Rina: Penampilan badutnya benar-benar mengagumkan, ya?)

Myra: Indeed! What’s more is that the clown prepared his properties effortlessly like a pro.

(Myra: Benar! Terlebih lagi, badutnya menyiapkan properti-propertinya tanpa kesulitan selayaknya profesional!)

Pia: He is also handsome! I wonder who his name is…

(Pia: Dia juga tampan! Aku penasaran namanya siapa…)

Myra: Caution, Pia, you already have Kacung. I remembered he walked past this ground

(Myra: Hati-hati, Pia, kamu sudah punya Kacung. Aku ingat dia berjalan melewati tempat ini…)

Pia: Ack! No, no, no… Please, don’t let him hear it!

(Pia: Ya ampun! Tidak, tidak, tidak… Tolong, jangan sampai dia dengar!)

Kita akan mulai melihat masing-masing dari baris pertama dan kedua contoh percakapan di atas untuk mempelajari tentang parts of speech, yakni yang ber-subject the clown” (badut(nya)).

Baris pertama memperlihatkan noun performance” (penampilan) yang dijelaskan oleh adjective awesome” (mengagumkan), sementara baris kedua memperlihatkan verb prepared” (menyiapkan) yang dijelaskan oleh adverb-nya, yakni “effortlessly” (tanpa kesulitan).

Selain adjective handsome” (tampan) pada baris ketiga, kita juga menemui banyak noun pada baris ketiga dan keempat. Noun yang paling menonjol pada baris ketiga maupun keempat adalah “he” (dia), “his” yang adalah variasi “he”, dan “I”, namun, masing-masing baris memiliki kata penjelas yang berbeda.

Misalnya, bila kita melihat baris ketiga, “I” digunakan sebelum verb penjelas “wonder” (penasaran) dan “his” ((milik)nya) digunakan sebelum noun penjelas “name” (nama), sementara “he” digunakan sebelum adjective handsome”. Dalam baris keempat, subject I” digunakan sebelum verb remembered” (ingat) dan subject he” digunakan sebelum verb walked” (berjalan).

Tidak lupa, kita pun mempelajari preposition sebagai salah satu parts of speech dalam contoh percakapan di atas, yakni “past” (melewati), yang diperjelas dengan adanya “this ground” (tempat ini). Selain itu, dalam baris terakhir percakapan, kita pun menemui “Ack!” (Ya ampun!) sebagai interjection dalam parts of speech.

Contoh Soal dan Pembahasan Parts of Speech (The Eight Parts of Speech) Dalam Tes TOEFL Maupun Tes-Tes Bahasa Inggris Sejenis

Materi yang bernama pendek “parts of speech” dalam tes-tes pengujian bahasa Inggris seperti TOEFL atau tes-tes yang sejenis ini sering muncul sebagai contoh soal yang mengharuskan kita merampungkan bagian kalimat yang rumpang. Selain itu, materi ini juga dapat muncul dalam soal written expression yang mengharuskan kita memilih abjad yang salah.

Dua versi kemunculan parts of speech tersebut dapat kita lihat dalam dua contoh soal yang telah dilengkapi arti bahasa Indonesianya dalam poin ini. Tidak hanya contoh soalnya saja, kita pun akan belajar jawaban yang benar lewat tanda bold dan pembahasan jawaban benar dari masing-masing contoh soal di bawah ini:

1. Does _________ know about my latest shoe collection’s location?

a. anyone      b. everyone      c. somebody      d. everybody

(1. Apakah __________ yang tahu mengenai tempat koleksi sepatu terbaruku?

a. ada      b. semuanya      c. siapapun      d. semua orang)

Catatan: Pilihan b dan d pasti salah, karena “does” tidak pernah bersanding dengan “everyone” atau “everybody” yang merujuk pada sekelompok orang dalam jumlah banyak. Pilihan c, yakni “somebody” (siapapun) juga salah, karena “somebody” seharusnya sudah jelas jumlah atau wujud “kasar” orangnya. Karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah a. anyone.

2. Choose the wrong alphabet:

You can’t just please any one you know.

A      B     C     D

(2. Pilih abjad yang salah:

Kamu tidak dapat sekadar menyenangkan hati siapa pun yang kamu ketahui.)

A     B     C     D

Catatan: Mengingat konteks contoh kalimat soal adalah terjadi saat ini, pilihan a dan d merupakan pilihan yang benar dan tidak dapat kita pilih.

Penambahan “just” pada pilihan b bukan boros kata atau filler words, namun menambah kesan kuat “can’t” dalam contoh kalimat.

Mengingat “any one” tidak dapat dipakai bila tidak ada “of”, sedangkan pilihan c tidak melekat pada “of”, maka pilihan c-lah abjad salah yang dapat kita pilih.

Demikian hal yang dapat kita pelajari mengenai parts of speech, atau the eight parts of speech.

Dalam artikel tutorial bahasa Inggris yang selanjutnya, kita akan membahas mengenai English spelling. Yuk, terus ikuti dan baca artikel tutorial bahasa Inggris dari kami supaya makin pandai berbahasa Inggris.

Artikel Terkait

  1. Apa itu Noun?
  2. Apa itu Pronoun?
  3. Apa itu Adjective?
  4. Apa itu Verb?
  5. Apa itu Adverb?
  6. Apa itu Interjection?
  7. Apa itu Preposition?
  8. Coordinating Conjunction

 

 

Parts of Speech (The Eight Parts of Speech)
Grammar-Adjective: Predicative Adjectives – Part 2
Grammar-Noun: Apa itu Uncountable Noun?
Apa itu Sentence Modifier?
Grammar-Verb: Apa itu Indicative Verb?
Grammar-Conjunction: Apa itu Correlative Conjunction?
Sentences: Apa itu Parenthetical Expressions?
Grammar-Noun: Apa itu Proper Noun?
Grammar-Adverb: Apa itu Adverbs?
Grammar-Noun: Compound vs Collective Noun


 
Apa itu Phrasal Verbs?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs