sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan “Advisor” dan “Adviser”

Dalam Bahasa Inggris ada banyak kata benda. Beberapa memiliki penulisan yang hampir sama yang mungkin membuat kita bertanya-tanya, apakah perbedaannya. Ada kata benda yang mengacu untuk  bentuk jamak dan singular seperti woman yang berarti satu orang wanita dan women yang berarti beberapa wanita.

Perbedaan Antara Kata Advisor dan Adviser

Untuk kata Advisor dan Adviser, perbedaan diantara keduanya sedikit berbeda. Kata ini tidak mengacu pada nominal yang terkait dengan kata bendanya. Kalau Anda seorang yang suka menari (dance) maka Anda menjadi seorang penari (dancer). Bila suka melukis (paint) makan akan disebut sebagai pelukis (painter).

Orang yang dimintai nasihat (advice atau advise) jadinya sebagai seorang penasihat(advisor atau adviser). Orang yang biasanya dinilai sebagai posisi tinggi, berpengalaman dan dituakan ini kerap dipakai dalam kalimat yang bersifat formal dan percakapan bisnis. Lalu, apa saja perbedaan dan bagaimana memakainya dalam kalimat? Berikut adalah ulasan singkatnya.

Segi Arti

Ketika kita melihat sebuah kata dalam Bahasa Inggris yang memiliki kemiripan, maka hal pertama yang dilihat adalah artinya dalam Bahasa Indonesia. Apakah berbeda atau sama? Karena dalam Bahasa Indonesia, kata benda tidak dibedakan untuk hal yang singular atau jamak. Jadi tentu membuat rasa penasaran.

Advisor atau Adviser memiliki arti orang yang memberikan saran atau nasihat. Bisa juga diartikan sebagai penasihat. Baik kata Advisor maupun Adviser memiliki makna yang sama dalam Bahasa Indonesia. Walaupun demikian dalam Bahasa Indonesia pun kita mengenal penulisan penasihat dan penasehat. Keduanya memiliki arti atau makna yang sama. Perbedaan yang mencolok hanya pada pengejaan serta penulisannya saja.

  • He is my Legal Advisor (dia adalah penasihat hukum saya)
  • The Company’s Financial Adviser suggests me to do an audit (Penasihat Keuangan perusahaan menyarankan saya untuk melakukan audit)

Asal Kata

Dilihat dari kata Advisor atau Adviser dapat ditebak asal kata yang membentuknya. Kata benda tersebut disinyalir berakar dari kata Advice dan Advise. Disini terdapat perbedaan dalam hal bentuk kata. Advice adalah kata benda sedangkan Advise adalah kata kerja. Posisinya tidak sama dalam kalimat.

  • He advises us not to take any legal action (dia menyarankan kami untuk tidak mengambil tindakan hukum sama sekali)
  • Thanks to your Advice, I enter a very popular University (terima kasih untuk saranmu, saya masuk ke Universitas yang populer)

Pengejaan dan Penulisan

Perbedaan yang paling mudah dilihat adalah penulisan dan pengucapan kata Advisor dan Adviser yang berbeda. Hurus “o” dan yang satunya memakai huruf “e”. Pengucapannya juga berbeda dan dibaca sesuai dengan penulisannya.

Bila melihat profesi seseorang dalam Bahasa Inggris maka kita kerap melihat kata benda dengan akhiran -or seperti doctor, mentor, supervisor, tailor dan masih banyak lagi. Namun, profesi dengan akhiran -er juga cukup lazim. Beberapa diantaranya termasuk office worker, carpenter, designer, driver, plumber dan masih banyak lagi.

Jadi, sebagai profesi penasihat dalam Bahasa Inggris dapat memakai kata Adviser atau Advisor dan memiliki arti yang sama. Bila dilihat dari penulisan Bahasa Inggris untuk profesi, akhiran – or maupun -er memiliki kepopuleran yang kurang lebih sama.

Kata Benda Singular dan Plural

Penasihat atau penasehat secara tata bahasa tidak akan menggangu makna sebuah kalimat. Posisinya bukan bentuk singular maupun jamak, dalam kalimat Anda dapat menuliskannya sebagai arti singular. Sedangkan untuk bentuk jamaknya, cukup menambahkan akhiran -s. Dengan demikian kata Advisor menjadi Advisors sedangkan kata Adviser menjadi Adviser.

  • My husband is my Advisor (suamiku adalah penasihatku)
  • Thank you for agreeing to be the school’s Adviser (terimakasih sudah menyetujui untuk jadi Penasehat’s sekolah)
  • The Company’s legal Advisers gather today for a very important meeting (Para penasihat perusahaan berkumpul hari ini untuk rapat yang sangat penting)
  • We have several Advisors that we can contact (kami memiliki beberapa penasihat yang bisa kami hubungi)

Pemakaian

Kedua kata tersebut walau memiliki ejaan yang berbeda namun pemakaiannya cukup umum. Kata Adviser lebih populer dalam penggunaan sehari-hari. Namun kata Advisor juga banyak dipakai.

Penasihat dan penasehat menunjukkan seseorang yang melakukan sesuatu. Jika Anda membaca artikel ini, Anda memberikan nasihat atau saran. Bila kita memakai kata Advisor atau Adviser untuk mengacu pada orang tersebut, secara umum akan dapat dipahami arti dan maknanya.

Jadi tidak perlu khawatir ada arti ambigu baik dari kata Adviser maupun Advisor. Advisor bisa dilihat dalam pemakaian Bahasa Inggris, lebih cocok untuk mengacu pada jabatan seseorang yang dihormati.

Beberapa contoh diantaranya termasuk Legal Advisor (Penasihat Legal), Sales Advisor (Penasihat Penjualan)·, Corporate Relation Advisor (Penasihat Hubungan Perusahaan), National Security Advisor (Penasihat Keamanan Nasional).

Namun kita juga tidak dapat memungkiri kalau kata Adviser dapat ditemukan baik dalam perusahaan maupun percakapan bisnis. The Presidental’s Adviser (Penasihat Kepresidenan), The School Committee Adviser (penasihat komite Sekolah).

Kita dapat melihat beberapa perusahaan yang memakai kata Legal Advisor, tapi juga ada yang menggunakan istilah Legal Adviser. Secara umum keduanya dapat diterima dan dipahami secara luas. Namun Advisor lebih populer pemakaiannya khususnya untuk jabatan profesional.

Jadi, kapankah kita memakai kata Advisor dan kapan pantasnya kata Adviser digunakan? Jika kedua-duanya merupakan penulisan dan ejaan yang benar. Kata Advisor merupakan pilihan yang lebih disukai, walau bukan berarti Adviser tidak dapat dipakai.

Apapun yang Anda pilih, gunakan salah satu saja untuk mempertahankan konsistensi. Hindari memakai kata Advisor untuk beberapa jabatan dalam perusahaan dan kata Adviser untuk jabatan lainnya. Hal ini akan membingungkan, bahkan untuk kalangan internal. Semoga penjabaran singkat ini dapat membantu.

 

Penggunaan Kata “On”
Mengenal Makna Kata Therefore dan Penggunaannya
Memahami Kata “Gonna” dan Contoh Penggunaannya Dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Fraud, Abuse, dan Cheating
Memahami Perbedaan Thank, Thank You, dan Thanks
Penggunaan ‘Reflexive Pronoun’
Penggunaan “Ever” vs “Never”
Penggunaan E.G. dalam Kalimat Bahasa Inggris
Penggunaan Kata “Also”
Perbedaan “Stationary” vs “Stationery”